sifat benda gas

Sifat benda gas mempunyai perbedaan dibandingkan dengan benda cair maupun padat. Benda ini pada umumnya mempunyai volume dan bentuk yang cenderung berubah sesuai dengan wadahnya meskipun sulit dilihat seperti halnya benda cair dan padat.

Penjelasan mengenai sifat benda gas sebenarnya telah dipelajari sejak masih mengenyam bangku sekolah. Biasanya materi ini dibahas dalam ranah Ilmu Pengetahuan Alam dengan jurusan yang  spesifik di Fisika.

Meski telah diulas sejak duduk dibangku sekolah, bila ditanya dan disuruh sebutkan sifat sifat benda gas, cair, hingga padat, materi ini masih relevan untuk dipelajari. Mengingat ketiga sifat benda ini sangat berkaitan dalam aktivitas sehari-hari. Supaya lebih paham, simak pengertian lengkapnya di bawah ini.

Pengertian benda gas

Dalam Fisika, kita mengenal tiga sifat benda dan contohnya. Ada benda padat, cair, dan gas. Yang menarik untuk dibahas adalah benda gas. Ini adalah salah satu bentuk dan wujud zat yang mempunyai volume dan bentuk berubah-ubah yang dipengaruhi oleh wadahnya.

-->

Benda ini cukup sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Bahkan sifat sifat benda gas berbeda dengan cair atau pun padat yang mana gas sukar untuk dipegang

BACA JUGA: 8 Alat Bantu Pernapasan yang Harus Kamu Tahu

1. Mengisi seluruh ruangan

sebutkan sifat-sifat benda gas
yuksinau

Sifat sifat benda gas yang pertama adalah dapat mengisi seluruh ruangan yang ditempati. Sifat ini merupakan keunikan yang dimiliki benda gas dibanding zat cair atau padat. Udara merupakan campuran berbagai zat gas yang tidak bisa dilihat. Tidak mempunyai warna, tidak beraroma bahkan tidak memiliki bau.

Kamu dapat mencoba membuktikan sifat benda gas ini ketika meniup sebuah udara  ke dalam balon karet atau balon udara. Balon yang kamu tiup semakin lama akan semakin besar. Sebab, gas udara menekan lapisan pada karet balon.

Perlu diketahui jika meniup balon udara adalah bagian dari percobaan sifat benda gas. Dari balon tersebut, maka wujud gas terbentuk dan bisa menyesuaikan bentuk balon. Misalnya saja balon bentuk kepala hewan maka gas yang ditiup pun akan mengikuti bentuk balon tersebut.

2. Ada di segala tempat

sebutkan sifat sifat benda gas
ngertiaja

Sifat-sifat benda gas berikutnya adalah selalu ada di segala tempat. Benda gas sifatnya bisa berubah-ubah, sulit dilihat, bahkan untuk dipegang pun juga tidak akan mudah. Benda gas mampu berada pada segala tempat sehingga bisa kita temukan di  mana saja. Seperti di dalam rumah, lingkungan kantor, kampus, hingga sekolah. Bahkan di ruang kosong sekalipun bakal dikelilingi oleh zat ini.

Selain dapat menempati segala ruangan, sifat berikutnya adalah tidak memiliki warna dan berbau. Cukup sulit untuk dilihat dan terdeteksi keberadaanya. Karena sifat sifat benda gas yang dapat ditemukan di segala tempat ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup lama bila tanpa oksigen. Sebab oksigen adalah contoh benda gas yang sifatnya sangat dibutuhkan oleh manusia.

3. Menekan ke segala arah

sifat sifat benda gas
gramedia

Selain ada di segala tempat, sifat gas selanjutnya adalah dapat menekan ke segala arah. Kamu bisa melakukan percobaan sifat benda gas yaitu ketika meniup balon udara. Saat meniup balon udara berbahan karet, maka gas akan menekan ke segala arah di dalam ruangan balon karet. Pada akhirnya balon akan mengembang sempurna karena isian gas.

Gas akan mengisi seluruh wadah yang terdapat pada rongga balon kemudian menekannya hingga ke seluruh bagian wadah. Hal ini bisa terjadi karena zat gas mempunyai unsur molekul yang dapat bergerak bebas dengan mudah. Pergerakan zat gas ke segala arah ini membuktikan bahwa unsur kimia zat gas yang lebih ringan di udara.

BACA JUGA: 1 Galon Berapa Liter, Ini Penjelasan & Cara Hitung Mudah

4. Memiliki massa

massa
kompas

Selain bisa mengisi dan menekan ke segala arah, zat ini mempunyai massa. Massa atau berat zat gas mungkin berbeda dengan ukuran benda yang ada pada benda padat dan cair. Tidak hanya masalah massa, dalam perhitungan zat gas pun juga berbeda-beda. Misalnya saat menghitung massa gas karbondioksida dengan berat kering yang dihasilkan oleh biomasa akan berbeda perhitungan tentang persamaan gas yang ideal.

Perlu kamu ketahui bahwa massa gas udara di Bumi mempunyai komposisi volume kasar dari sekitar 68% molekul nitrogen. Molekul oksigen sendiri sekitar 21% dan terakhir adalah adanya 1% gas. Di mana di dalamnya termasuk molekul bernama karbondioksida.

5. Jarak antar partikel berubah-ubah

partikel
pinhome

Selain mempunyai massa, sifat sifat benda gas lainnya yang tak kalah unik adalah memiliki partikel dan molekul dalam penyusunya. Hal ini sama dengan sifat benda padat dan benda cair. Selanjutnya, dari partikel dan molekul penyusun gas ternyata mempunyai jarak yang berubah-ubah sehingga membuatnya tidak tetap. Benda ini sangat berbeda dengan benda berbentuk padat dan cair ketika benda padat dan cair molekulnya malah cenderung tetap.

Perlu kamu tahu juga bahwa jarak partikel pada gas yang kerap berubah-ubah bisa membuat gas dapat dengan mudah bergerak bebas. Zat uni akan cenderung dapat mengisi ke segala arah di setiap ruangan walaupun di sebuah wadah yang kosong sekalipun.

Tidak hanya itu, bahwa  padat dan cair pun bisa memiliki kandungan zat gas di dalamnya. Mengapa dapat terjadi demikian? Hal ini terjadi karena kerapatan pada partikel dan molekul yang ada pada zat gas.

BACA JUGA: Sistem Tata Surya: Definisi, Sususan & Teori Pembentukannya

6. Susunan partikelnya tidak teratur

sifat-sifat benda gas

Tidak seperti benda padat dan cair yang memiliki sifat teratur, gas cenderung memiliki  susunan partikel yang tidak teratur. Sifat-sifat gas adalah susunan partikelnya mudah bergerak sehingga akan lebih mudah pula dalam berubah.  Adanya susunan partikel yang tidak teratur, membuat sifat benda gas atau partikel benda gas bisa dengan mudah  berubah massa dan volumennya.

Meski demikian, pada dasarnya partikel pada gas memang sangat tidak beraturan. Maka wajar saja bila zat gas tidak  mudah untuk dilihat oleh mata manusia. Pasalnya, tidak bisa dikenali bentuknya, maka tidak diketahui apa saja unsur-unsur kimianya.

Tidak hanya itu, unsur kimia gas juga sangat sulit untuk dibedakan. Dalam hal ini yang dibedakan adalah bentuk. Itulah yang menjadi keunikan yang dimiliki oleh zat gas. Dibandingkan dengan zat benda cair dan benda yang padat.

7. Gaya tarik antar partikel sangat lemah

Gaya tarik
grid

Tidak hanya sifatnya yang tidak beraturan, gas juga punya gaya tarik antar partikel yang cenderung lemah. Statement ini dikuatkan oleh penjelasan menurut para ahli. Banyak ilmuwan mengatakan bahwa gaya tarik menarik di antara partikel zat hampir mustahil ada. Sebab, hal ini terjadi karena unsur partikel yang menyusun zat gas sangat ringan dan bahkan tidak beraturan. Akibatnya, gaya di antara partikel zat gas bahkan tidak ditemukan.  

8. Gerakan partikel sangat bebas

Gerakan partikel
alvianisme

Sifat sifat benda gas yang terakhir adalah gerakan partikel yang sangat bebas. Sebagai benda yang sukar dilihat, diraba, hingga tidak berwarna membuat zat ini sangat misterius. Termasuk salah satunya mengenai gerakan partikel. Gerakan partikel pada zat gas malah cenderung dapat bergerak bebas. Zat gas yang mudah bergerak bebas akan membuat banyak energi malah akan muncul ataupun tercipta dengan mudahnya.

Kamu dapat melakukan percobaan sifat benda gas yang bergerak bebas pada hembusan angin. Hmbusan angin dapat terjadi secara alami di mana gas bisa bergerak secara tidak beraturan dan mengikuti tekanan ataupun suhu yang terjadi pada ruang tertentu. Meski sifat gas tidak terlihat, tidak berwarna ataupun berbau, kita bisa merasakan gas yang bisa bergerak ke sana dan kemari.

Demikian secuil ulasan ilmiah yang dibahasakan dalam istilah yang mudah dipahami oleh orang awam mengenai sifat benda gas. Zat inimemang cenderung punya partikel zat yang bisa bergerak bebas ke sana dan kemari. Meski tak bisa dilihat dengan mata telanjang, kehadirannya lah yang membuat semua mahluk di Bumi bisa hidup dengan baik dan nyaman. Semoga informasi di atas ini bisa memperluas wawasan dan pengetahuan Sedulur, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.