rekomendasi cat tembok luar

Memiliki rumah dengan cat tembok putih terbaik tentu menjadi impian banyak orang untuk hunian. Cat putih akan memberi kesan bersih, luas, dan terang pada rumah yang Sedulur tinggali. Apalagi jika Sedulur merupakan sosok yang peduli pada kebersihan dan nilai estetik sebuah rumah.

Cat dinding berwarna putih memang sudah sangat umum dipakai. Pasalnya, warna putih adalah warna netral dan paling aman dikombinasikan dengan warna lainnya. Namun, Sedulur perlu mengetahui bahwa warna putih tidak hanya ada satu jenis saja. Ada banyak varian warna putih yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan tema rumah.

Misalnya, ada warna putih tulang, putih gading, putih salju, putih mutiara, dan lain-lain. Setiap varian warna putih memiliki nuansa yang berbeda-beda, seperti hangat, dingin, atau netral. Semua varian itu juga dimiliki oleh berbagai merek cat tembok di pasaran.

BACA JUGA: 7+ Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Efektif

-->

Deretan Cat Tembok Putih Terbaik untuk Rumah

Apabila Sedulursedang mencari rekomendasi cat tembok putih terbaik untuk hunian? Maka bisa menyimak secara lengkap daftar cat tembok kali ini karena ada beberapa merek cat tembok putih terbaik yang bisa menjadi pilihan.

1. Decolith

Unsplash/Roselyn Tirado

Apakah Sedulur sedang mencari merek cat tembok yang sekaligus dapat diaplikasikan pada plafon? Jika memang demikian, Decolith dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Produk cat tembok yang satu ini juga ramah lingkungan, ya!

Hal itu karena produk ini berbahan dasar air, bebas timbal, dan tentunya juga tidak mengandung merkuri. Hebatnya, produk dalam negeri ini juga telah meraih penghargaan yang salah satunya adalah “Satria Brand Award” pada tahun 2013, 2014, 2015, dan 2017.

2. Mowilex Weathercoat Supreme

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat tembok rumah adalah batu bata. Sedulur dapat membiarkan batu bata tersebut tetap terlihat dengan warna yang menjadi ciri khasnya.

Tapi jika Sedulur memilih untuk mengecatnya, maka merek cat tembok yang sebaiknya dipilih adalah Mowilex Weathercoat Supreme. Selain itu, produk ini juga dapat Sedulur gunakan untuk mengecat beton maupun dinding luar rumah yang sudah dipoles.

Tidak perlu memikirkan kualitas merek cat tembok terbaik ini karena produknya sudah teruji untuk menghadapi cuaca ekstrem, kotoran yang ada di luar rumah, serta kelembapan yang cukup tinggi.

Dengan begitu, tembok rumah Sedulur akan tetap terlihat menarik meskipun cat tembok sudah cukup lama diaplikasikan. Selain itu, cat tembok eksterior yang berbahan dasar air ini juga memiliki daya sebar yang cukup luas dan rendah kandungan VOC sehingga cat tembok ini aman untuk keluarga.

3. No Drop

Salah satu merek cat tembok yang paling diminati adalah No Drop. Cat ini diformulasikan memiliki sifat tahan air, elastis, dan tahan terhadap perubahan cuaca. Tak hanya itu, merek cat ini juga diklaim sebagai cat anti jamur, tahan Alkali dan Efflorescence, serta dapat melindungi dinding hingga 7 tahun.

Ada banyak sekali pilihan warna yang ditawarkan oleh No Drop, mulai dari warna cerah, putih, gelap, hingga warna matte.

4. Dulux Pentalite

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan merek cat tembok yang satu ini, bukan? Dulux yang sudah berdiri sejak bertahun-tahun lamanya ini tentu telah membuktikan bahwa kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi. Salah satu produknya adalah Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish yang water based.

Menariknya, produk ini sudah mendapatkan Singapore Green Label yang menandakan bahwa merek cat tembok terbaik ini ramah lingkungan. Hal itu karena cat tembok ini tidak mengandung merkuri, rendah kandungan Volatile Organic Compound, tidak terlalu menimbulkan bau, dan tidak mengandung bahan berbahaya lainnya.

Dengan daya sebar 12-14 m²/L, produk dari cat tembok ini membutuhkan waktu pengeringan kurang lebih selama 1-2 jam.

5. Nippon Paint Vinilex

Selain Dulux, ada juga merek cat tembok lainnya yang sudah dikenal oleh banyak orang di Asia Pasifik bernama Nippon Paint. merek ini berasal dari Jepang dan berekspansi ke beberapa negara, termasuk Indonesia sehingga berdirilah Nippon Paint Indonesia pada tahun 1969.

Salah satu produknya adalah Nippon Paint Vinilex yang cocok untuk mewarnai tembok rumah di bagian dalam ruangan. Agar rumah tampak depan terlihat menarik, cat tembok ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena memang dibuat untuk interior dan exterior tembok.

Keunggulan yang dimiliki oleh produk dari merek cat tembok terbaik ini, antara lain tidak mudah berjamur dan tidak mudah pudar sehingga Sedulur tidak perlu mengecat ulang dalam waktu dekat.

Selain itu, cat tembok ini juga water based sehingga Sedulur hanya membutuhkan air bersih untuk sedikit mengencerkannya. Jika dirasa hasil satu kali pengecatan masih kurang memuaskan, pastikan bahwa Sedulur telah memberi jeda kurang lebih selama 2 jam sebelum mengecat lagi.

BACA JUGA: 15 Merek Cat Anti Korosi Besi Terbaik, Cocok untuk Pagar!

6. Propan Decorcryl DI-400

rekomendasi cat tembok luar
Unsplash/Anshu A

Rekomendasi merek cat tembok yang khusus dibuat untuk diaplikasikan pada tembok interior adalah Propan Decorcryl DI-400. Jika cat tembok sebelumnya berbahan dasar air, maka lain halnya dengan cat tembok yang satu ini. Produk ini terbuat dari bahan acrylic emulsion dengan kandungan Volatile Organic Compound (VOC) yang sangat rendah.

Selain karena kandungan VOC yang rendah, hal lain yang menjadikannya ramah lingkungan adalah tidak berbau dan tidak mengandung logam berat. Sama halnya dengan merek cat tembok terbaik lainnya, warna dinding rumah Sedulur akan awet karena produk ini memiliki ketahanan warna yang baik, tidak mudah berjamur, maupun berlumut. 

7. Jotun Essence Coverplus

Jika Sedulur mencari merek cat tembok dengan hasil akhir sheen, maka Jotun Essence Cover Plus adalah pilihan yang tepat. Cat emulsi akrilik yang disempurnakan ini memungkinkan Sedulur dapat lebih mudah membersihkan noda membandel pada dinding interior.

Selain itu, produk ini juga anti jamur sehingga tembok rumah akan tetap terlihat indah meskipun sudah bertahun-tahun diaplikasikan. Cat tembok ini juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menimbulkan bau menyengat.

Jotun Essence Coverplus ini memiliki daya sebar yang cukup luas. Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, cat tembok ini perlu diaplikasikan setidaknya dua kali yang tentunya harus dijeda beberapa waktu.

8. Avitex One Coat

Apakah Sedulur pernah mendengar atau bahkan familiar dengan Avian? Salah satu produknya adalah Avitex One Coat yang menjadi salah satu merek cat tembok terbaik di Indonesia dan sudah memiliki Green Label Singapore.

Dengan begitu, produk ini ramah lingkungan, aman bagi Kesehatan, dan aman digunakan untuk mengecat tembok rumah. Menariknya cat tembok yang satu ini dapat mempercantik tembok rumah hanya dengan satu kali pengecatan. Meskipun demikian, waktu pengeringannya juga tidak terlalu lama karena karakter cat ini yang cepat kering. 

9. Kansai Anti Mosquito

Kansai Anti Mosquito menjadi pelopor cat tembok anti nyamuk di Indonesia karena produk ini dibuat dari bahan resin Modified Acrylic bermutu tinggi dengan Teknologi MosQick yang bekerja secara efektif mengusir nyamuk.

Dengan begitu, Sedulur dan keluarga akan menjadi lebih aman dari gigitan nyamuk penyebab penyakit tersebut. Tidak hanya untuk manusia, cat tembok interior ini tentu juga aman untuk hewan peliharaan kesayangan.

Cara menggunakannya cukup mudah karena Sedulur hanya perlu mencampurkan produk dari merek cat tembok terbaik ini dengan air bersih.

10. Belmont All In One

Belmont All In One merupakan salah satu rekomendasi cat eksterior untuk rumah. Cat ini dibuat dari bahan acrylic yang berfungsi melapisi bagian dinding rumah. Selain dapat digunakan untuk dinding, Belmont All In One juga dapat digunakan untuk melapisi dak beton, atap, dinding kolam, marka jalan, hingga kayu dan besi.

Selain multifungsi, cat ini juga diformulasikan tahan air dan tahan dari perubahan cuaca. Jika Sedulur tertarik untuk menggunakan Belmont All In One pada dinding rumah, cat menyediakan lebih dari 30 pilihan warna yang variatif.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Cat Tembok Luar Terbaik untuk Rumahmu!

11. BITAL Mastertex

Pexels/Malte Luk

Cat tembok rumah terbaik dari merek BITAL dengan varian Mastertex ini menjadi andalan setiap orang dalam hal memperbaharui cat rumah. Ukuran dalam setiap kemasannya yaitu mencapai 5 kg dengan kualitas yang terbaik dan tidak mudah rusak sama sekali.

Varian warna dari produk cat tembok ini antara lain teratai, kaktus, dukuh, july, tiara, selat, timun, limun, golf, metro white, mocca, stone grey, dan grape. Adapun untuk kategori warna yang lainnya meliputi mawar, biola, matahari, ash grey, portland, anggrek, dan crystal white.

Sedulur dapat menentukan warna yang dipilih untuk mempercantik hunian. Tampilan dari warna pada cat tembok bermerk BITAL ini adalah matt atau doff. Dengan sejumlah warna-warna tersebut, pastinya rumah akan tampak lebih menarik dan kece.

12. INDANA Decofresh

Produk cat tembok rumah terbaik dari merek INDANA kini hadir dengan varian Decofresh. Dalam satu kemasannya, produk cat tembok ini berisi 5 kg yang awet digunakan dan tahan lama.

Pilihan warna dari merek cat tembok ini sangat banyak yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika ingin menggunakan warna khusus, INDANA juga menyediakannya untuk kamu. Mulai dari warna super black, super snow white, dan pure white.

Produk cat tembok rumah dari INDANA tersebut dibuat menggunakan basis styrene acrylic. Salah satu keistimewaannya adalah tahan terhadap cuaca yang panas. Lalu, tidak mudah untuk mengelupas meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Terdapat formulasi secara khusus yang terdapat pada produk cat tembok ini. Khususnya dalam hal memperindah langit-langit, permukaan dinding, dan menutup dinding.

13. Permacoat Exterior

Merk cat tembok eksterior terbaik selanjutnya adalah Permacoat Exterior. Cat ini terbuat dari bahan full acrylic yang menghasilkan warna yang tahan lama. Permacoat Exterior juga diformulasikan tahan dengan berbagai perubahan cuaca, tahan dari serangan jamur, serta memiliki tingkat penyerapan debu yang rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan cat eksterior rumah. 

Keunggulan lain dari Permacoat Exterior adalah bahannya yang ramah lingkungan dan tidak mengandung merkuri. Hasil akhir cat ini membuat dinding rumah lebih mudah dibersihkan. Permacoat Exterior juga memberikan garansi penggunaan hingga 5 tahun.

14. Sanlex Prodigio

Rekomendasi merek cat tembok yang terakhir adalah Sanlex Prodigio dengan berbagai macam pilihan warnanya yang menarik. Menariknya, produk ini dilengkapi dengan teknologi Light Scattering sehingga mampu menyebarkan cahaya serta menjadikan permukaan dan warna terlihat rata. 

Selain itu, cat tembok ini cocok diaplikasikan pada tembok interior maupun exterior karena memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca. Sedulur cukup mengaplikasikannya sebanyak dua kali.

Tidak hanya bisa diaplikasikan pada tembok yang siap dicat, produk dari merek cat tembok ini juga bisa digunakan untuk mengecat gypsum, beton, eternit, softboard, dan hardboard.

15. Puffin Super Clean

Kamu ingin menampilkan hasil akhir glossy pada tembok rumah? Jika memang demikian, merek cat tembok yang satu ini dapat menjadi pilihan tepat. Puffin Paint yang dimiliki oleh PT Indowijaya Sakti Teguh ini juga menjadi salah satu brand bergengsi yang produknya memiliki kualitas baik.

Salah satu produknya adalah Puffin Super Clean yang cocok untuk tembok rumah bagian dalam. Sesuai dengan nama produknya, Super Clean menunjukkan bahwa cat tembok ini anti noda, anti jamur, dan tidak mudah berlumut.

Agar mempermudah Sedulur saat mengaplikasikan cat pada tembok, Sedulur perlu mengencerkannya menggunakan air bersih maksimal sebanyak lima persen. Selain berbahan dasar air, produk dari merek cat tembok terbaik ini juga termasuk ramah lingkungan.

BACA JUGA: 16 Warna Cat Ruang Tamu Mewah, Cerah, dan Elegan

Tips Memilih Cat Tembok Paling Tepat

Pexels/Blue Bird

Memiliki rumah yang indah dan nyaman tentunya idaman semua orang. Agar rumah terlihat indah tentunya tak lepas dari cat temboknya. Memilih cat tembok bukanlah hal yang mudah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti pemilihan warna, lokasi ruangan, kualitas cat hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu ada baiknya Sedulur simak beberapa tips berikut ini.

1. Sesuaikan warna cat dengan kesan rumah

Hal pertama yang harus Sedulur pikirkan sebelum mengecat tembok adalah pemilihan warna. Pemilihan warna tembok sebaiknya tidak asal-asalan karena warna tembok dapat mempengaruhi mood penghuninya. Simak beberapa kriterianya:

  • Warna Lembut: Warna lembut seperti hijau muda, hijau pupus, biru laut, biru muda dan ungu merupakan warna yang memiliki karakter tenang. Warna-warna ini mampu memberikan suasana yang menyejukan, menenangkan dan mampu menghilangkan stres serta mampu menyeimbangkan emosi.    
  • Warna Natural: Warna ini biasanya untuk menghadirkan suasana yang hangat, nyaman, harmonis dan akrab. Warna-warna lembut ini sperti merah, coklat, kuning, orangte dan terakota. Warna ini cocok digunakan untuk kalian yang memiliki kepribadian hangat, bersemangat, simpel dan bersahabat.
  • Warna Ceria: Buat kalian yang ingin menciptakan rumah bernuansa yang fresh dan penuh vitalitas, kalian dapat memilih warna ceria. Warna ceria ini seperti putih kebiru-biruan, kuning muda, kuning lemon, hijau limau, hijau apel, biru laut dan pink. Warna-warna tersebut sangat cocok untuk kalian yang senang berinteraksi dengan alam atau gemar mencoba hal-hal baru.
  • Warna Cerah dan Tegas: Warna ini mampu menimbulkan perasaan bebas, penuh percaya diri, ekspresif dan mampu meningkatkan daya konsentrasi. Warna-warna tegas ini terdiri dari hijau tua, biru tua, kuning menyala, merah menyala, pink tua dan biru dongker.

2. Pilih cat berdasarkan karakteristiknya

Selain warna, hal yang harus Sedulur pertimbangkan ketika memilih cat warna yaitu hasil akhir cat. Ada beberapa hasil akhir cat yang dapat Sedulur pilih, berikut ini penjelasannya.

  • Glossy: Memiliki dua jenis yaitu high gloss dan semi gloss. Cat tembok yang memiliki hasil akhir high gloss, saat terkena cahaya temboknya akan terlihat lebih berkilau. Cat tembok ini sangat cocok digunakan untuk tembok luar yang sering terpapar sinar matahari. Selain itu terdapat juga semi gloss dimana cat tembok ini cocok untuk dapur atau kamar mandi karena tidak mudah mengelupas. Keunggulan dari cat ini yaitu mudah dibersihkan saat ada noda yang menempel di tembok.
  • Doff atau Matte: Jika kurang suka dengan hasil akhir yang berkilau, Sedulur dapat menggunakan cat tembol dengan hasil akhir doff atau matte. Dengan menggunakan cat ini Sedulur pun dapat menutupi kecacatan warna atau tekstur permukaan tembok. Selain itu karakter cat ini lembut dan terlihat menyatu pada dinding serta menawarkan kesan yang kalem dan sederhana. Namun sayangnya cat ini lebih mudah mengapur dibandingkan cat glossy. Cat ini juga lebih sulit dibersihkan jika terdapat noda yang menempel.
  • Eggshell: Buat kalian yang ingin hasil akhir temboknya bertekstur dan mudah dibersihkan pilihlah cat eggshell. Eggshell merupakan cat dinding yang memiliki tekstur halus dan tidak terlalu memantulkan sinar matahari.
  • Satin: Jika kalian ingin menghadirkan kesan mewah, gunakanlah cat satin. Cat ini tidak terlalu mengkilat seperti glossy dan menempel seperti doff. Namun saat disentuh, cat dinding ini terasa lembut di tangan. Selain itu, cat ini juga mudah dibersihkan sehingga cocok diaplikasikan di dinding kamar atau ruang tamu.

3. Sesuaikan cat dengan lokasi tembok

Hal ini perlu Sedulur perhatikan karena tembok bagian dalam atau bagian luar memiliki jenis cat yang berbeda. Untuk dinding bagian dalam, Sedulur bisa menggunakan cat khusus interior. Cat ini biasanya berbahan dasar air dan mudah dibersihkan saat ada noda yang menempel. 

Sedangkan cat untuk dinding luar menggunakan cat khusus eksterior yang fleksibel atau berbahan latex acrylic. Hal ini dikarenakan dinding bagian luar rumah sering terkena paparan sinar matahari, air hujan serta polusi asap kendaraan.

Maka dari itu diperlukan cat yang elastis yang mampu menghadapi perubahan cuaca serta tidak mudah mengelupas.

4. Perhatikan kualitas dan daya tahan cat

Setiap orang tentunya ingin memiliki rumah yang catnya awet hingga bertahun-tahun. Untuk itu pentingnya memilih cat tembok yang berkualitas. Ketika memilih, pastikan jika cat tersebut mampu bertahan dalam segala terpaan cuaca, tidak mudah mengelupas dan tidak mudah jamuran.

Selain itu pilihlah cat yang mudah dibersihkan ketika terdapat noda yang menempel.

Itulah tadi berbagai merek cat tembok putih terbaik. Jadi Sedulur bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, apakah untuk bagian interior atau eksterior. Semoga artikel ini bisa membantu ya.