cara menghilangkan cat di baju

Bagaimana cara menghilangkan cat di baju? Ya, banyak orang yang langsung merasa panik ketika menyadari bahwa ada noda cat yang menempel di baju mereka. Terlebih untuk baju dengan warna-warna cerah, adanya noda cat tentu saja akan mengganggu penampilan.

Jika saja nodanya seperti noda tanah atau debu, mungkin akan lebih mudah dihilangkan dengan cara dicuci. Namun untuk noda cat, dicuci berapa kali pun biasanya akan susah hilang. Apalagi jika noda tersebut membandel dan sudah lama menempel.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika baju terkena cat? Tidak usah bingung, berikut ini beberapa tips dan cara menghilangkan cat di baju yang bisa dicoba!

BACA JUGA: Cara Mencuci Baju Batik Agar Warna Tidak Pudar dan Luntur

1. Ketahui dulu jenis cat yang menempel

Grove Collaborative

Berdasarkan pada bahan pembuatnya, ada dua jenis cat yakni water based (berbahan dasar air) dan oil based (berbahan dasar minyak). Bisa dibilang cat berbahan dasar air lebih mudah dibersihkan, karena bisa dilarutkan dengan air.

Sementara untuk cat berbahan dasar minyak, akan sedikit sulit dihilangkan. Hal ini karena lebih jenis cat tersebut memiliki kekentalan yang tinggi serta mudah melekat pada baju. Jika sudah tahu jenis cat yang menempel, barulah Sedulur bisa mengetahui metode pembersihan yang paling tepat.

2. Mencuci baju dengan segera

Ketika sudah mengering, maka noda cat semakin sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu, segera cuci pakaian yang terkena noda cat ketika Sedulur mengetahuinya. Nah, pakaian yang terkena noda cat bisa dicuci dengan aliran air yang deras, serta menggunakan detergen khusus noda membandel.

Lakukan pencucian baju ini secara manual, kemudian sikat bagian-bagian yang terkena noda cat. Pastikan untuk menyikatnya secara perlahan agar tidak merusak serat pada pakaian tersebut. Jika tidak juga berhasil, maka bisa lanjut ke cara-cara yang berikutnya.

3. Menggunakan cairan pengencer cat

Cara menghilangkan cat di baju berikutnya adalah menggunakan cairan pengencer cat, seperti halnya thinner. Caranya untuk melakukannya pun cukup mudah, kok. Aplikasikan thinner tersebut menggunakan spons atau lap, kemudian gosok perlahan sampai noda cat benar-benar luntur.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci baju sampai bersih. Namun harus diingat, bahwa tidak semua jenis pakaian cocok untuk menggunakan cara menghilangkan noda yang satu ini, lho. Beberapa bahan seperti rayon, nilon, dan polyester akan menjadi rusak ketika terkena cairan khusus pengencer cat.

4. Menggunakan minyak tanah

cara menghilangkan cat di baju
Family Handyman

Jika tidak memiliki pengencer cat seperti thinner, Sedulur dapat menggunakan minyak tanah sebagai alternatif. Caranya juga tidak terlalu susah, dimulai dengan menyisipkan tisu di bagian bawah pakaian yang terkena noda cat. Hal ini dilakukan agar nantinya noda cat tidak menyebar ketika dibersihkan.

Kemudian oleskan minyak tanah pada bagian permukaan pakaian yang terkena cat. Sikat perlahan agar tidak merusak serat-serat pada pakaian, hingga noda cat mulai hilang. Jangan lupa untuk mencuci dengan pewangi agar bau minyaknya hilang.

5. Menggunakan alkohol 70%

Perlu untuk diketahui, bahwa alkohol 70% juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda cat yang membandel pada pakaian, baik itu yang berbahan dasar air ataupun minyak. Sedulur hanya perlu mengoleskan alkohol pada permukaan bagian pakaian yang terkena cat.

Lalu sikat dengan menggunakan sikat gigi, dan tunggu beberapa saat sampai noda cat larut. Berikutnya cuci baju seperti biasa, baik itu secara manual maupun dengan menggunakan mesin cuci. Namun jangan lupa untuk mengikuti peringatan yang tertera pada label baju.

6. Menggunakan bensin

cara menghilangkan cat di baju
Grove Collaborative

Bensin memang dikenal cukup efektif untuk membersihkan noda membandel pada pakaian. Nah, Sedulur bisa mengaplikasikan bahan bakar ini dengan menggunakan spons, kemudian gosokkan pada bagian yang terkena cat. Selain spons, Sedulur juga bisa menggunakan sikat gigi yang permukaannya masih halus.

Oh iya, jangan lupa beri tisu di bagian bawah pakaian, agar noda tidak menyebar. Pastikan cat sudah bersih sebelum dicuci menggunakan detergen dan juga pewangi pakaian khusus untuk agar menghilangkan bau bensin yang menempel pada pakaian hilang.

7. Menggunakan cuka

Cara menghilangkan cat di baju yang berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Ya, cuka juga dikenal dapat digunakan untuk membersihkan noda cat pada pakaian. Sedulur cukup mengoleskan cuka di bagian baju yang terkena noda cat. Kemudian tunggu selama beberapa menit hingga noda cat mulai hilang.

Jika sudah, gosok bagian pakaian tersebut dengan menggunakan sikat halus atau spons secara perlahan. Sedulur juga dapat menambahkan garam dan baking soda pada larutan cuka, agar noda cat bisa lebih cepat hilang. Langkah terakhir, yakni cuci dan bilas pakaian tersebut sampai benar-benar bersih.

8. Menggunakan lakban

cara menghilangkan cat di baju
Apartment Therapy

Cara untuk hilangkan noda cat di baju yang terakhir adalah dengan menggunakan lakban. Nah, lakban ini bisa Sedulur gunakan untuk menghilangkan cat berjenis lateks yang telah benar-benar mengering. Untuk melakukannya, pastikan bahwa kain tidak dalam keadaan basah.

Setelah itu, ambil potongan lakban dan gunakan sisi yang lengket untuk mengelupaskan noda cat dari kain. Sedulur hanya cukup menekan lakban hingga merekat secara maksimal, kemudian angkat dengan cepat. Lakukan secara berulang sampai cat benar-benar hilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan cat di baju yang dapat dicoba. Silahkan lakukan semua cara di atas sampai cat yang menempel pada baju bisa dihilangkan. Namun perlu untuk Sedulur tahu, beberapa jenis kain tertentu mungkin memerlukan perhatian secara khusus.

Jadi berhati-hatilah ketika mencoba menghilangkan noda cat. Selain itu, ada pula beberapa warna cat yang cukup sulit untuk dihilangkan dan membekas.