cat anti korosi besi terbaik

Cat anti korosi besi atau anti karat menjadi pilihan terbaik untuk melindungi berbagai permukaan besi atau baja dari ancaman kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk cat besi anti karat terbaik dengan formula dan bahan yang sesuai.

Apabila Sedulur menggunakan cat anti karat untuk kebutuhan rumah, maka hal ini bisa menjadi investasi cerdas karena akan melindungi aset dari kerusakan jangka panjang. Itu sebabnya, dibutuhkan pemahaman yang cukup untuk memilih jenis cat terbaik yang sesuai kebutuhan dan area aplikasinya.

BACA JUGA: Bikin Nyaman, Ini 15 Inspirasi Warna Cat Kamar Ala Korea!

Beragam Jenis Cat Besi Anti Karat

rekomendasi cat tembok luar
Unsplash/Joseph Perez

Sebelum mulai pembahasan soal rekomendasi cat anti korosi. Sedulur perlu mengetahui terlebih dahulu jenis cat besi agar bisa memilih sesuai kebutuhan. Cat besi sendiri dibedakan berdasarkan jenis bahan dasarnya. Umumnya cat besi anti karat dapat diklasifikasikan menjadi berbagai jenis. Berikut ini beberapa jenisnya.

-->

1. Cat besi anti karat berbasis air

Cat berbasis air dikenal lebih aman bagi lingkungan karena menggunakan air sebagai bahan pengencer. Zat aktif yang umum digunakan adalah pigmen merah besi atau seng fosfat, dan lebih cocok untuk jenis aplikasi yang memerlukan produk ramah lingkungan.

2. Cat besi anti karat berbasis minyak

Jenis ini sangat umum digunakan. Biasanya menggunakan minyak alkyd sebagai bahan pengikat dan pigmen merah besi sebagai zat aktif. Ini adalah pilihan yang baik untuk berbagai bidang aplikasi.

3. Cat besi anti karat berbasis epoxy

Cat ini dikenal karena kekuatan dan daya tahannya yang luar biasa. Biasanya menggunakan resin epoxy sebagai bahan pengikat dan seng fosfat sebagai zat aktif. Ini adalah pilihan yang sangat tahan lama dan cocok untuk aplikasi yang butuh perlindungan maksimal, contohnya seperti Cat Primer Epoxy Tosadah.

BACA JUGA: 8+ Tips Memilih Warna Cat Kusen, Cocok untuk Semua Warna Dinding

Rekomendasi Cat Anti Korosi

Tentu dalam memilih cat yang anti karat, terdapat beberapa cara yang harus Sedulur perhatikan. Terlebih, untuk besi yang termasuk rentan karat. Jadi, penting untuk memilih produk terbaik untuk aset Sedulur. Lalu apa saja rekomendasi cat anti korosi besi terbaik? Berikut ini diantaranya.

1. Nippon Paint Bodelac 2-in1 Cat Anti-Karat (Primer+Topcoat)

cat anti korosi besi terbaik
Unsplash/Anderson Schmig

Berbicara tentang rekomendasi merek cat besi anti karat, hadir merek Nippon Paint. Bisa dibilang, merek yang satu ini termasuk dalam salah satu di perintis jajaran perusahaan cat di Jepang. Telah melayani konsumennya selama 130 tahun, Nippon Paint terus berkomitmen menyediakan pilihan produk cat besi anti karat terbaik.

Seperti halnya produk cat mereka yang lain, produk cat besi anti karat terbaik dari Nippon Paint hadir dengan kualitas terbaik dan mutu terjamin. Semuanya tentu telah melewati riset mendalam dan quality control yang ketat.

Salah satu produk cat besi anti karatnya yang bisa Sedulur pilih adalah Nippon Paint Bodelac 2-in-1, yang memiliki daya kilap tinggi dan mampu menempel lama pada besi.

2. Dulux V-Gloss Cat Kayu & Besi

Selanjutnya ada merek cat besi anti karat terbaik yang sudah terkenal produk-produknya, yakni merek cat Dulux. merek cat besi anti karat Dulux ini terkenal akan produk-produk dengan kualitas yang premium. Tentu saja, hasil yang diberikan terkenal lebih elegan dan menawan, serta memiliki daya tahan yang terbaik.

Adapun salah satu produk cat besi anti karat terbaik dari Dulux yang bisa Sedulur pilih adalah Dulux V-Gloss Doff. Produk ini disebut-sebut telah menggunakan teknologi mutakhir yang mampu membuatnya memiliki daya sebar yang luas dengan penutupan lapisan besi yang maksimal.

3. Belkote Zinc Chromate

Rekomendasi produk cat besi anti karat selanjutnya adalah dari merek Belkote. Harga jualnya jauh lebih merakyat dan produknya mudah untuk ditemukan. Produk ini dikemas dalam ukuran 1 kg yang awet untuk digunakan dan tahan lama.

Adapun aneka warna yang dapat Sedulur pilih antara lain blue, white, green, oxide red, black, dan grey. Fungsi utama dari produk ini adalah untuk mencegah terjadinya karat pada besi.

Tentunya, punya daya lekat yang begitu baik dan mudah untuk Sedulur aplikasikan. Teksturnya juga lebih halus dan cepat untuk mengering. Cocok diaplikasikan untuk material besi karena bisa meminimalisir resiko perkaratan dengan sangat optimal.

Masa umur simpan dari cat besi anti karat merek Belkote tersebut yaitu selama 12 bulan. Cat akan mengering secara sempurna dalam waktu 60 menit pada suhu 30 derajat Celcius.

Menariknya lagi, Sedulur bisa mengoleskan produk ini menggunakan bantuan semprotan atau besi. Hasilnya akan membuat Sedulur lebih puas dan ketagihan untuk menggunakan produk ini. Agar hasilnya lebih maksimal, Sedulur bisa mengamplas permukaan besi sebelum dibalurkan cat.

4. Envi Cat Kayu & Besi

Tidak hanya Belkote, merek cat besi anti karat berikutnya yang sudah dikenal dengan luas adalah Envi. Dalam hal ini, produk cat keluaran merek ini sudah terbukti memiliki kualitas yang terjamin, dengan harga yang tentunya masih terjangkau. Hasil yang diberikan dari merek cat besi anti karat terbaik ini juga tentunya sangat bagus.

Demi memenuhi kebutuhan akan cat besi anti karat, Envi terus melakukan pengembangan produk dengan menghadirkan berbagai macam variasi warna yang menarik dan indah.

Adapun salah satu produk cat besi anti karat terbaik Envi adalah Envi Anti Corrosive Primer yang diklaim memiliki daya tahan yang tinggi akan sinar matahari dan juga karat.

5. Bitaguard Cat Besi dan Kayu Anti Karat

Merek cat besi anti karat yang bagus dan berkualitas premium salah satunya berasal dari merek Bitaguard. Dalam satu kemasannya, produk ini terdiri atas 20 liter. Selain bisa digunakan untuk besi, Sedulur dapat mengaplikasikannya pada kayu.

Produk ini memiliki sejumlah kelebihan yang meliputi cepat kering, mampu melindungi besi dari proses perkaratan, dan super kilap tentunya. Kemudian, punya daya rekat yang lebih kuat. Bahkan, cat besi anti karat dari Bitaguard ini tahan dari paparan sinar matahari. Pastinya, tidak akan menguning dalam waktu yang lama.

Lalu, daya serapnya pada debu dan kotoran jadi lebih rendah. Sedulur bisa langsung mengoleskan cat ini pada besi atau kayu tanpa harus menggunakan cat primer terlebih dahulu. Aman digunakan karena tidak mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Agar hasilnya jauh lebih optimal ketika permukaan yang akan dicat telah Sedulur amplas. Sedulur juga harus membersihkan bagian permukaan yang akan dicat dari kotoran, minyak, debu, dan partikel lainnya.

Sedulur bisa mengoleskan cat tersebut menggunakan kuas maupun semprotan. Aneka warna yang tersedia yaitu orange, yellow ribbon, cream, milk cream, golden yellow, dan white.

6. Emco Lux

Unsplash/Daniel Chekalov

Emco Lux adalah cat kayu dan besi yang telah terbukti menjadi yang terbaik dalam kelasnya selama bertahun-tahun. Diformulasikan dengan resin dan pigmen berkualitas tinggi, cat ini memberikan tampilan mengkilap yang tahan cuaca.

Daya tutup dan daya sebarnya luar biasa, serta hemat penggunaannya. Tersedia dalam lebih dari 90 varian warna dan tiga jenis kemasan.

Emco Lux memberikan perlindungan optimal terhadap korosi pada besi dan dapat diaplikasikan pada berbagai substrat. Dalam tiga varian kualitas yang berbeda, cat ini memastikan kualitas finishing yang baik dengan dua lapisan aplikasi.

Dengan daya tahan terhadap cuaca ekstrem, Emco Lux adalah pilihan terbaik untuk melindungi furnitur besi Sedulur.

7. Avian High Gloss Enamel For Wood & Metal

Merek cat besi anti karat terbaik yang satu ini, tidak bisa dikatakan pemain baru lagi dalam industri pengecatan. Mulai dari spesialis hingga umum, banyak yang memilih Avian dalam urusan pengecatan mereka.

Hal ini tentu tidak terlepas dari masifnya pendistribusian merek cat besi anti karat ini yang didukung pula dengan promosi yang cukup gencar. Selain mudah didapatkan, produk-produk cat besi anti karat dari Avian juga pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Adapun untuk keperluan pengecatan besi, Avian sejatinya memiliki beberapa produk unggulan. Beberapa di antara produk cat besi anti karat terbaik-nya yang mungkin sudah pernah Sedulur dengar adalah Avian High Gloss Enamel dan Avian Yoko High Gloss Enamel.

8. Propan Aqua Primtop WaterBased Metal Primer + Top Coat

Merek selanjutnya dari daftar rekomendasi merek cat besi anti karat adalah Propan. Spesialis dalam bidang pengecatan tentunya sudah tidak asing lagi dengan merek cat yang satu ini.

Tidak hanya untuk cat dinding saja, namun juga cat besi anti karat terbaik. Tidak heran jika merek yang telah memegang sertifikasi ISO90001 ini disebut-sebut sebagai The Paint Specialist.

Sebagai penyedia cat besi anti karat, tentunya Propan telah mampu menghadirkan berbagai macam produk dengan mutu dan kualitas terjamin. Beberapa produk cat besi anti karat terbaik-nya adalah Propan Primtop PT-88, Propan Primtop Synthetic Anti Corrosion, dan Propan Aqua Primptop APT-90WB.

9. Mowilex Cat Kayu & Besi Syntethic Enamel

Sama halnya seperti beberapa brand raksasa sebelumnya, Mowilex juga tampil sebagai salah satu merek penyedia cat besi anti karat terbaik yang patut Sedulur perhitungkan. Bagaimana tidak, merek yang satu ini telah lama dikenal sebagai salah satu cat yang memiliki kualitas terbaik, baik itu untuk cat tembok, kayu, hingga cat besi anti karat.

Salah satu produk yang telah diproduksi oleh Mowilex dan sering disebut sebagai cat besi anti karat terbaik adalah Mowilex Acrylic Gloss. Hasil akhir dari cat ini menghasilkan lapisan besi yang lebih mengkilap. Daya sebarnya yang cukup luas juga menjadikan cat besi anti karat ini sangat mudah, cepat, dan hemat saat pengecatan.

10. Jotun Gardex Premium Gloss Wood & Metal

Jotun adalah rekomendasi merek cat besi anti karat berikutnya. merek cat yang berasal dari Norwegia yang satu ini memang sudah mendunia dan terkenal akan produk-produknya yang berkualitas.

Dalam hal ini, produk cat dari Jotun lebih banyak berfokus pada jenis cat decorative paints, protective coating, marine coating, dan powder coating hingga cat besi anti karat terbaik.

Salah satu produk cat besi anti karat terbaik dari Jotun adalah Jotun Gardex Premium Gloss yang memiliki finishing premium dan berkualitas tinggi. Keunggulan yang mampu diberikan oleh produk ini adalah sifatnya yang tidak berbau, ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan tubuh.

11. Penlux Cat Kayu & Besi Syntethic High Gloss Enamel

cat anti korosi besi terbaik
Unsplash/Karolina de Costa

Hadir dengan slogan, “Satu cat untuk segala kebutuhan”, Penlux adalah salah satu rekomendasi merek cat besi anti karat berikutnya yang perlu Sedulur pertimbangkan. Pasalnya, merek cat besi anti karat terbaik yang satu ini sudah terkenal akan daya tahannya yang terbilang bagus dan oleh karenanya kerap menjadi pilihan banyak orang.

Salah satu produk cat besi anti karat dari merek yang satu ini adalah Penlux Synthetic High Gloss Enamel, yang hadir dengan formula cepat kering dan tahan lama pada besi. Selain itu, tampilan yang dihasilkan dari cat besi anti karat terbaik ini mampu menimbulkan kesan yang mengkilap dan indah.

12. Seiv Paint – Undercover Agent Spesialis Anti Karat

Rekomendasi merek cat besi anti karat ini mungkin tidak begitu sering terdengar. Namun, itu tidak menjadi alasan untuk Sedulur mengabaikannya, karena Seiv hadir dengan beragam produk cat besi anti karat terbaik. Cat besi Seiv dalam hal ini disebut-sebut mampu bertahan dalam segala cuaca dan kondisi.

Sebut saja produk cat besi anti karat Seiv Wrought Iron Paint. Cat yang satu ini mampu mengurangi dampak cuaca ekstrem, bahkan melindungi besi dari karat yang disebabkan oleh bensin, oli, dan solar.

Selain itu, ada pula produk cat besi anti karat terbaik Seiv Paint Flintkote Undercover 007, yang berwarna hitam pekat seperti aspal dan tahan panas hingga suhu 120 derajat.

13. Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel

Merek cat besi berkualitas dengan nama Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel memang belum terdengar familiar di telinga. Namun siapa sangka jika cat besi yang satu ini adalah salah satu cat berkualitas yang cocok mewarnai besi dan kayu.

Cat ini juga mampu memberikan perlindungan yang maksimal dari segala cuaca, sehingga sangat cocok untuk dijadikan cat eksterior maupun interior. Cat Ftalit terbuat dari pigmen berkualitas, sehingga dia memiliki daya lekat dan daya sebar yang maksimal.

Hal tersebut membuat lapisan besi tidak mudah berkarat dan warnanya tidak mudah pudar. Bahkan, dengan pemakaian cat ini, lapisan cat akan lebih cepat kering, sehingga debu dan kotoran tidak menempel.

14. Kansai Cat Besi & Kayu – Syntethic Super Gloss Enamel

Jika dibandingkan dengan merek cat besi anti karat sebelumnya, memang merek yang satu ini cukup jarang terdengar. Namun, di Indonesia sendiri banyak juga yang memilih Kansai dalam urusan cat besi anti karat terbaik.

Adapun salah satu produk cat besi anti karat yang telah diproduksi oleh merek ini adalah Kansai Ftalit Synthetic Super Gloss Enamel. Hasil pengecatan dengan cat besi anti karat terbaik ini menghadirkan tampilan yang impresif pada besi Sedulur.

Selain itu, daya tahannya yang kuat dengan segala cuaca juga menjadikan merek ini sebagai pilihan terbaik untuk Sedulur.

15. Masterlac Super Gloss

Cat minyak Masterlac Super Gloss adalah solusi ekonomis bermutu tinggi untuk melindungi dan memberikan kilau pada besi dan kayu. Dengan daya sebar teoritis 1 Kg untuk 12 m2, produk ini tahan sinar UV, anti jamur, dan cepat kering. Formula sempurnanya tidak mengandung logam berat atau timbal, menjadikannya ramah lingkungan.

Panduan penggunaan termasuk persiapan permukaan yang kering dan bersih, adukan cat sebelum digunakan, serta pengenceran optimal dengan thinner. Dianjurkan pula menggunakan cat dasar anti karat Btachrom untuk hasil terbaik.

Dengan mutu dan harga terjangkau, Masterlac Super Gloss adalah pilihan tepat bagi perlindungan dan tampilan yang menawan.

BACA JUGA: 16 Warna Cat Ruang Tamu Mewah, Cerah, dan Elegan

Manfaat Penggunaan Cat Besi Anti Karat

cat anti korosi besi terbaik
Unsplash/Engin Akyurt

Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui penggunaan cat besi anti karat. Secara umum, berikut ini berbagai keunggulan dan manfaat penggunaannya. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Melindungi besi dari korosi dan karat

Manfaat utama dari penggunaan cat ini tentu saja adalah perlindungan terhadap korosi dan karat. Logam, terutama besi dan baja, sangat rentan terhadap korosi ketika terpapar kelembaban dan oksigen.

Untuk itu, cat anti karat akan membentuk lapisan pelindung di atas permukaan logam dengan tujuan menghalangi interaksi logam dengan lingkungan yang menyebabkan korosi. 

Dengan demikian, cat ini dapat membantu memperpanjang umur dan daya tahan logam sekaligus menghemat biaya perawatan dan penggantian dalam jangka panjang.

2. Meningkatkan estetika tampilan

Selain memberikan perlindungan, cat besi anti karat juga dapat membantu memperindah tampilan permukaan logam secara visual. Karena itu, pemilihan warna yang sesuai dengan estetika yang diinginkan harus diperhatikan.

Permukaan logam yang dicat dengan baik akan tampak lebih rapi, bersih, dan berkilau. Ini penting untuk jenis aplikasi yang mengutamakan tampilan, seperti kendaraan, peralatan rumah tangga, atau perabotan berbahan logam.

3. Peningkatan daya tahan finishing

Selanjutnya, cat besi anti karat dapat membantu membentuk lapisan dasar yang kuat untuk memperkuat hasil aplikasi cat akhir (finishing). Itu sebabnya, cat anti karat umum digunakan sebagai lapisan cat dasar atau cat primer.

Tanpa cat dasar yang kuat, cat akhir tidak bisa melekat dengan baik pada permukaan logam, hingga mengakibatkan pengelupasan.

BACA JUGA: 15 Ide Kombinasi Cat Kamar Tidur 2 Warna yang Bisa Dicoba

Tips Memilih Cat Besi Anti Karat Terbaik

Unsplash/Roselyn Tirado

Agar tidak salah memilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk cat besi anti karat. Mulai dari aspek jenis bahan hingga kualitas. Berikut ini tips lengkap yang bisa Sedulur ikuti.

  • Perhatikan jenis cat

Jenis cat anti karat dapat berbeda-beda tergantung pada bahan dasarnya. Beberapa di antaranya termasuk cat berbasis minyak, cat berbasis air, dan cat berbasis epoxy. Pilihlah jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan tempat cat akan digunakan.

  • Kualitas dan ketahanan

Pastikan untuk memilih cat besi anti karat terbaik berkualitas tinggi yang menawarkan perlindungan jangka panjang. Investasi awal yang sedikit lebih tinggi dalam cat berkualitas akan membantu menghemat uang Sedulur dalam jangka panjang.

  • Biaya perawatan

Selanjutnya, perhatikan pula bagaimana biaya perawatan dan pemeliharaannya. Cat besi anti karat yang baik akan meminimalkan perawatan yang diperlukan, sehingga bisa mengurangi biaya jangka panjang.

  • Pertimbangkan aspek lingkungan

Faktor kondisi lingkungan di mana cat akan digunakan juga penting untuk diperhatikan. Beberapa jenis cat anti karat umumnya sudah bersifat ramah lingkungan dan dapat menjadi pilihan yang baik.

Itulah tadi rekomendasi cat anti korosi besi terbaik yang bisa Sedulur pilih. Tentu banyak sekali merek yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.