Cara menghilangkan ngantuk saat puasa

Di bulan puasa saat ini, seringkali kita merasa ngantuk dengan mudah. Jika Sedulur mudah mengantuk saat bekerja di bulan puasa, tentu hal tersebut merupakan tantangan yang perlu Sedulur atasi. Apabila pada hari biasa bisa dengan mudah mengatasinya dengan minum kopi atau ngemil. Tidak demikian saat bulan puasa. Untuk itu Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat puasa agar bisa tetap segar seharian.

Terdapat beberapa tips dan cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang bisa Sedulur lakukan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas secara lengkap apa saja hal yang bisa dilakukan agar menghilangkan kantuk saat puasa. Yuk, mari kita simak!

BACA JUGA: 10 Tips Agar Kuat Puasa, Bisa Bantu Jalani Hari Puasamu

Kenapa saat puasa mudah mengantuk?

cara menghilangkan ngantuk saat puasa
Halodoc

Sebelum masuk ke tips dan cara menghilangkan ngantuk saat puasa, Sedulur harus tahu terlebih dahulu kenapa saat bulan puasa tubuh seringkali mudah mengantuk. Hal ini disebabkan pola aktivitas yang berubah selama bulan Ramadan.

-->

Pertama, Sedulur harus bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur, maka waktu tidur otomatis berkurang rata-rata 40 menit hingga 1 jam dalam sehari. Durasi tidur pulas atau rapin eye movement akan berkurang. Hal ini akhirnya berdampak pada aktivitas di siang harinya menjadi mudah merasa ngantuk.

Kondisi ini juga dipengaruhi faktor lain seperti reaksi tubuh yang tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama belasan jam. Situasi tersebut bisa membuat tubuh semakin lemas dan memperparah rasa kantuk yang dialami. Maka pada dasarnya, wajar jika saat puasa Sedulur sering mengantuk.

Tentu hal ini menjadi tantangan yang harus diatasi. Nah, ada beberapa tips dan cara menghilangkan ngantuk saat puasa bisa Sedulur terapkan. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Bergerak atau jalan kaki

iStock

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang pertama adalah dengan bergerak atau berjalan kaki. Ketika Sedulur bekerja di depan laptop atau komputer dengan hanya duduk saja, rasa ngantuk bisa dapat berkali-kali lipat. Apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Untuk menghilangkan ngantuk, Sedulur bisa bergerak sebentar atau jalan kaki ringan. Karena aktif bergerak bisa jadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang cukup ampuh. Tak perlu yang berat-berat, cukup berjalan santai di luar ruangan sudah bisa menghilangkan rasa kantuk.

Dalam penelitian yang dilakukan para ahli yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Public Health, menyampaikan bawah dengan berjalan atau bergerak selama 10 menit dapat meningkatkan kinerja otak secara signifikan. Aktif bergerak dapat membuat seseorang terjaga karena aliran darah mengalir ke otak. Hal tersebut yang membuat otak lebih aktif dan dapat menghilangkan kantuk.

2. Tidur siang sebentar

cara menghilangkan ngantuk saat puasa
iStock

Jika rasa kantuk Sedlur tidak tertahankan lagi, maka tidak ada cara lain selain tidur. Sedulur bisa mencuri waktu di siang hari untuk tidur. Sedulur bisa memanfaatkan waktu istirahat sholat di siang hari untuk tidur siang sebentar. Ini merupakan cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang sangat efektif.

Namun tidur siang juga jangan terlalu lama, karena jika Sedulur tidur siang terlalu lama, bukannya segar malah Sedulur akan semakin lemas karena jam biologis tubuh akan sangat terganggu. Sedulur bisa mengatur waktu tidur sekitar 5-30 menit untuk tidur siang.

5-30 menit waktu yang cukup untuk tidur siang, tidak terlalu lama juga tidak terlalu sebentar. Cukup untuk kembali menyegarkan tubuh dan siap melakukan kembali aktivias selama bulan Ramadan.

3. Ubah pemandangan

iStock

Mengubah pemandangan atau mengubah pandangan Sedulur merupakan cara menghilangkan ngantuk saat puasa yang efektif. Terutama jika Sedulur seharian menghadap komputer atau laptop. Hal tersebut bisa membuat mata terasa lelah sehingga menjadi cepat mengantuk.

Maka dari itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang. Sedulur bisa mengalihkan pandangan dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar. Sehingga bisa menghilangkan kantuk.

Saran di poin sebelumnya bisa diterapkan, yaitu dengan keluar ruangan sebentar, selain mendapatkan sinar matahari sehingga kantuk bisa hilang, juga bisa menghirup udara segar sambil melihat pemandangan. Usahakan melihat pemandanga yang hijau-hijau agar mata semakin rileks.

4. Berbincang atau mengobrol

iStock

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa selanjutnya yaitu dengan berbincang atau mengobrol dengan keluarga atau rekan kerja di kantor. Mengobrol juga bisa jadi cara menghilangkan kantuk saat puasa yang ampuh.

Membicarakan topik-topik tertentu, seperti ide bisnis, masalah pekerjaan, atau bahkan politik bisa membuat otak kembali aktif dan segar. Sedulur bisa memilih teman mengobrol yang juga ngantuk supaya sama-sama bisa segar dan menghilangkan kantuk.

BACA JUGA: 8 Tips Aman Berpuasa Untuk Ibu Hamil Agar Janin Makin Sehat!

5. Cari sinar matahari

iStock

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa bulan puasa selanjutnya yaitu cari sinar matahari. Karena rasa kantuk juga bisa muncul ketika cahaya yang diterima mata berkurang drastis. Jika Sedulur kesulitan mendapatkan sinar matahari secara langsung, Sedulur bisa menyalakan lampu ruangan agar terang.

Karena jika cahaya atau sinar yang ditangkap mata meredup, maka mata akan menangkapnya sebagai sinyak untuk beristirahat sehingga tubuh akan merasa ngantuk. Salah satu cara efektif untuk menghilangkan kantuk yaitu dengan mencari sinar matahari atau menyalakan lampu ruangan.

Namun disarankan untuk mencari langsung sinar matahari dan pergi keluar ruangan, agar Sedulur juga sekalian menghirup udara segar sehingga bisa tersadar dan kantuk pun hilang dengan sempurna.

6. Tarik nafas yang dalam

cara menghilangkan ngantuk saat puasa
iStock

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa selanjutnya yatu dengan menarik nafas yang dalam. Hal yang sederhana dan efektif untuk menghilangkan ngantuk. Bernafas dalam bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Bernafas dalam juga bisa menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi udara. Kondisi ini bisa menambah energi dan menghilangkan kantuk secara alami. Tentu saja hal ini sangat efektif jika Sedulur mengalami ngantuk ketika sedang beraktivitas.

7. Duduk tegak

iStock

Tips yang bisa Sedulur lakukan untuk menghilangkan ngantuk saat puasa yaitu dengan duduk tegak. Meskipun Sedulur sangat menginginkan rebahan atau tiduran, namun hal tersebut justru akan membuat Sedulur semakin merasa ngantuk.

Langkah yang paling tepat adalah dengan duduk tegak dan fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena duduk tegak dapat mengaktifkan saraf simpatis. Saraf inilah yang mengontrol sistem saraf pusat untuk tetap terbangun dan waspada. Sehingga kantuk yang Sedulur rasakan saat puasa dijamin bisa hilang dengan segera.

8. Tidur cukup dan berkualitas di malam hari

iStock

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa terakhir adalah dengan tidur cukup dan berkualitas di malah hari. Usahakan setiap malamnya, Sedulur mendapatkan istirahat yang cukup agar esok harinya tidak mengalami rasa kantuk yang sangat berat.

Karena rasa kantuk yang menyerang di siang hari, bisa jadi disebabkan oleh tidur yang kurang di malam hari atau bisa jadi istirahat tidur yang tidak berkualitas. Terdapat beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan agar bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Sedulur bisa mengatur kasur senyaman mungkin atau dengan memasang kipas angin dan AC agar ruangan cukup sejuk untuk beristirahat. Sedulur juga bisa mematikan lampu kamar agar tidur bisa semakin nyenyak dan berkualitas.

BACA JUGA: Tips Persiapan Puasa Ramadan tahun 2023

Tips menghilangkan rasa kantuk

iStock

Beberapa cara menghilangkan ngantuk saat puasa di atas bisa Sedulur terapkan secara efektif. Namun cara di atas bisa Sedulur lakukan setelah Sedulur merasa ngantuk saat puasa. Ada beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan untuk mencegah ngantuk. Berikut di antaranya:

  • Usahakan tidur yang cukup, sekitar 5-6 jam selama bulan puasa. Penting untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman agar tidur bisa berkualitas.
  • Jangan bermain gadget setidaknya selama 30 menit sebelum tidur. Karena cahaya dari gadget bisa membuat Sedulur tetap terjaga dan menghilangkan rasa ngantuk.
  • Jangan pernah melewatkan sahur. Berpuasa tanpa sahur bisa membuat kadar gula darah selama berpuasa jadi semakin rendah. Ini akan membuat kamu jadi lebih mengantuk saat puasa.
  • Hindari mengonsumsi kafein 4-6 jam sebelum tidur, hal ini dapat membuat Sedulur sulit tidur dan mempengaruhi keesokan harinya.
  • Minum yang cukup agar tidak dehidrasi, karena tanda tubuh sedang dehidrasi adalah mengantuk.
  • Konsumsi makanan sehat yang tinggi protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat saat sahur. Nutrisi ini akan membantumu memiliki energi dan mencegah kantuk saat puasa di siang hari. Hindari makan terlalu banyak karena malah akan membuat Sedulur mengantuk.
  • Sempatkan diri untuk berolahraga agar membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah mengantuk.

Nah itulah beberapa tips dan cara menghilangkan ngantuk saat puasa, Sedulur juga kini sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan agar tidak mudah mengantuk. Kendati pun mengantuk saat puasa merupakan hal normal, namun tentu perlu diatasi jika tidak aktivitas Sedulur akan terganggu.

Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk dapat tetap berkualitas menjalani hari selama bulan puasa ini dan selalu menghasilkan sesuatu yang produktif, ya!