tips puasa di hari pertama

Bulan Ramadan 1444 Hijriyah telah tiba, sebagai umat muslim tentu wajib menjalankan ibadah puasa. Pada hari dan minggu pertama, bisanya setiap umat muslim akan merasa kaget dan belum terbiasa. Maka dari itu penting untuk mengetahui tips puasa hari pertama.

Mengetahui tips puasa di awal puasa ini penting lantaran tubuh akan mengalami perubahan kebiasaan baik pola makan hingga pola tidur. Apalagi, kalau Sedulur masih memiliki banyak aktivitas di bulan puasa, maka perlu mempersiapkannya dengan matang. Nah, dalam kesempatan kali ini, agar tidak kaget dan cepat terbiasa, akan dibiahas beberapa tips puasa hari pertama. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Resep Sayur Daun Kelor, Sajian Sehat Buka Puasa

1. Istirahat secukupnya

tips puasa hari pertama
iStock

Tips pertama yang perlu Sedulur lakukan di awal puasa yaitu istirahat yang cukup. Hal ini tidak lepas dari kewajiban untuk bangun sahur pada dini hari. Bangun lebih pagi tentu akan membuat Sedulur jadi kurang tidur dan mudah mengantuk di siang hari.

-->

Maka dari itu, Sedulur harus bisa mengatur waktu istirahat dan jangan begadang sebelum sahur. Hal ini penting supaya tubuh tetap fit melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Perhatikan menu saat sahur

iStock

Tips penting selanjutnya untuk Sedulur perhatikan yaitu menu saat sahur. Selama berpuasa, tubuh akan kekurangan energi dan asupan makanan. Maka dari itu, santap sahur perlu Sedulur perhatikan.

Disarankan untuk menyantap makanan tinggi serah untuk memberikan rasa kenyang lebih lama. Sedulur bisa lebih sering menyantap buah dan sayuran selama sahur. Juga hindari makanan asin secara berlebihan agar Sedulur tidak gampang haus di siang hari.

3. Banyak minum air putih

tips puasa hari pertama
iStock

Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih. Hal tersebut disebabkan karena tubuh manusia membutuhkan air, jika tubuh kekurangan air akan mengalami dehidrasi dan juga mengalami gangguan metabolisme dan kinerja tubuh.

Sedulur bisa lebih memperhatikan kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Di bulan puasa, Sedulur bisa melakukan pola minum 2-4-2, yaitu 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam, dan 2 gelas air saat subuh.

4. Ibadah tepat waktu

iStock

Tips puasa hari pertama yaitu untuk selalu beribadah tepat waktu. Jangan sampai Sedulur melupakan ibadah, baik itu sholat, mengaji atau ibadah-ibadah lainnya. Selama Ramadhan pahala berkali-kali lipat untuk setiap ibadah yang dilakukan. Baik ibadah wajib atau sunnah. Sedulur juga akan merasakan ketentraman jiwa sehingga hari-hari selama Ramadan akan terasa sangat good vibes.

5. Jangan lupa beramal dan sedekah

iStock

Salah satu ibadah lain yang wajib dilakukan selama bulan puasa agar Sedulur cepat terbiasa yatu dengan melakukan amal sedekah. Sedekah merupakan amal baik yang sebenarnya bisa Sedulur lakukan setiap hari di bulan-bulan lainnya. Namun melakukan amal sedekah di bulan puasa, tentu saja amal pahala yang bisa Sedulur dapatkan akan berkali-kali lipat.

6. Lakukan olahraga ringan

iStock

Selama bulan Ramadan, tentu tubuh mengalami perubahan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Maka dari itu, untuk menjaga tubuh tetap bugar, Sedulur bisa melakukan olahraga ringan. Olahraga yang bisa Sedulur lakukan selama bulan puasa yaitu jogging, yoga, bersepeda atau sekedar berjalan kaki saja cukup.

7. Hindari makan berlebihan saat buka puasa

tips puasa hari pertama
iStock

Tips puasa di awal yang perlu Sedulu biasakan adalah hidari makan berlebihan saat buka puasa. Betul memang kita telah menahan haus dan lapar seharian, namun bukan berarti harus berlebihan saat berbuka puasa.

Secukupnya saja, minum air putih, berbuka dengan yang manis (sunnah Rasul dengan manyantap buah kurma dalam jumlah yang ganjil). Tahan terlebih dahulu, lalu sholat atau ibadah lebih dahulu. Biarkan makanan yang disantap pertama turun dan diproses terlebih dahulu.

8. Makan secukupnya

iStock

Setelah selesai sholat maghrib dan makanan awal terlah turun dan diproses, Sedulur bisa lanjut untuk makan dan menyantap menu takjil. Namun perhatikan porsi yang dimakan. Makan secukupnya saja, agar Sedulur tidak terkena risiko gangguan pencernaan.

Bukan hanya istirahat yang perlu cukup, namun memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi saat buka juga perlu diperhatikan.

9. Sholat tarawih di malam hari

iStock

Tips puasa hari pertama selanjutnya yaitu jangan lupa untuk sholat tawarih di malam hari, tepatnya setelah selesai sholat isya dan sebelum sahur. Lebih baik Sedulur sholat tarawih berjamaah di masjid. Agar Sedulur terhindar dari makan secara berlebihan, Sedulur bisa menunda makan setelah sholat tarawih.

Jadi saat berbuka, Sedulur bisa menyantap takjil secukupnya dan menaham makan setelah sholat tarawih. Selain juga Sedulur akan mendapatkan amal atas ibadah sholat tarawih, tubuh Sedulur juga akan mendapatkan jeda dan terhindar dari sakit lambung atau gangguan pencernaan.

BACA JUGA: 12 Ide Usaha Rumahan yang Bisa Dicoba Saat Bulan Puasa

Penuhi kebutuhan sembako untuk Ramadan

Kebutuhan pokok
Aplikasi Super

Tips terakhir selama puasa di minggu pertama yang sangat penting adalah dengan membeli setiap kebutuhan sembako selama Ramadan. Penting untuk stok sembako secara berkala, Sedulur bisa stok secara mingguan atau selama beberapa hari. Tentu tujuannya agar Sedulur tidak boros dan dapat menghemat.

Agar Sedulur dapat lebih berhemat, Sedulur bisa belanja sembako dan kebutuhan dapur selama Ramadan dengan belanja di Aplikasi Super. Mulai dari beras, minyak, bumbu dapur hingga kebutuhan camilan untuk takjil tersedia lengkap di Aplikasi Super.

Banyak promo dan diskon yang diberikan Aplikasi Super, tentu hal ini dapat membuat Sedulur lebih berhemat. Pengeluaran pun tidak begitu membengkak. Selain itu, setiap belanjaan yang Sedulur pesan di Aplikasi Super, akan diantarkan langsung ke depan rumah Sedulur.

Jadi Sedulur tidak perlu repot belanja ke luar rumah atau ke pasar. Sedulur bisa lebih optimal memikirkan rumah dan beristirahat selama bulan puasa. Sehingga persiapan awal puasa Sedulur pun  bisa dilakukan secara maksimal.

Makanya, jangan lupa untuk rajin-rajin gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan dapur dan rumah selama bulan Ramadan ini, ya! Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, Sedulur bisa segera download di Playstore dan gunakan untuk hidup yang lebih mudah dan untung melimpah.

Nah itulah beberapa tips puasa hari pertama atau minggu-minggu awal yang perlu Sedulur persiapkan agar Sedulur bisa menjalankan ibadah puasa dan aktivitas sehari-hari tanpa suatu hambatan apapun. Tetap semangat dan jangan kedor untuk beribadah ya, Sedulur!