tips supaya puasa kuat

Sering merasa lemas saat berpuasa? Eits, tentu saja bermalas-malasan apalagi menghabiskan waktu hanya untuk tidur bukanlah solusi agar tubuh tidak lemas saat berpuasa. Melainkan ada beberapa tips supaya kuat menjalani ibadah puasa yang bisa Sedulur ikuti, seperti yang sudah dirangkum berikut ini.

BACA JUGA: Tips Puasa Untuk Ibu Menyusui Beserta Manfaatnya

Tips supaya kuat jalani puasa

Seperti diketahui, puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Islam saat bulan Ramadan. Dalam menjalankan puasa, Sedulur harus menahan diri dari nafsu serta berbagai hal lain yang dapat membatalkannya sejak terbit fajar hingga tenggelamnya matahari, termasuk makan dan minum. Sayangnya, hal ini kerap kali membuat tubuh menjadi lemas karena perubahan pola makan sementara tubuh tetap membutuhkan energi untuk beraktivitas.

Jika Sedulur berpikir bahwa solusi untuk menghindari lemas saat berpuasa adalah dengan mengurangi aktivitas, hal itu rupanya kurang tepat. Sebab menjalankan ibadah puasa seharusnya tidak lantas membuat kita menjadi tidak produktif dan hanya bermalas-malasan.

-->

Apalagi ternyata ada beberapa tips yang bisa dicoba supaya kuat menjalani puasa. Mulai dari tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, hingga rutin berolahraga. Berikut informasi selengkapnya.

1. Tidur yang cukup

tips supaya puasa kuat
iStock

Tidur atau istirahat yang cukup merupakan salah satu kunci penting untuk mendapatkan tubuh yang bugar saat berpuasa. Hal ini dikarenakan tidur yang cukup dan berkualitas bisa memberikan energi bagi tubuh dalam menjalani aktivitas.

Mengingat Sedulur harus bangun lebih awal untuk santap sahur, hindari begadang pada malam hari agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sedulur bisa langsung beristirahat setelah melaksanakan tarawih sampai satu jam sebelum sahur.

Di sisi lain, jika memungkinkan Sedulur juga bisa tidur siang selama 20-30 menit untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras untuk beraktivitas. Perlu diketahui bahwa tidur siang yang terlalu lama juga bisa memberikan dampak buruk seperti tubuh semakin lemas ketika bangun.

2. Sahur dengan menu yang kaya nutrisi

tips supaya puasa kuat
iStock

Tips supaya kuat puasa yang berikutnya adalah santap sahur dengan menu yang kaya nutrisi. Meski terdengar sepele, hal ini nyatanya kerap diabaikan karena kebanyakan orang hanya mementingkan rasa kenyang ketika sahur. Padahal sahur adalah momen di mana Sedulur bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sebagai bekal untuk beraktivitas. Untuk itu, pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur mengandung nutrisi seimbang, termasuk karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, perhatikan juga porsi makanan saat sahur. Meski makanan tersebut akan menjadi bekal untuk beraktivitas seharian, bukan berarti Sedulur harus mengonsumsi dalam jumlah besar sebagai pengganti sarapan dan makan siang. Sebab, makan melebihi porsi normal malah bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas akibat terlalu kenyang. Sehingga Sedulur tidak perlu menambah porsi namun cukup pilih makanan yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, gandum, dan tahu.

BACA JUGA: 12 Tips Sahur Agar Tidak Haus Saat Puasa, Dijamin Berhasil!

3. Cukupi kebutuhan cairan

tips supaya puasa kuat
iStock

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, mencukupi kebutuhan cairan juga bisa membuat tubuh lebih berenergi ketika berpuasa. Sedulur bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air sebanyak 2-3 liter atau 8 gelas setiap harinya. Nah agar tidak bingung, berikut tips konsumsi air ketika puasa yang bisa Sedulur ikuti.

  • 2 gelas saat sahur
  • 2 gelas saat buka puasa
  • 4 gelas sebelum tidur

4. Hindari kafein

tips supaya puasa kuat
iStock

Meski harus mencukupi kebutuhan cairan, bukan berarti Sedulur tidak perlu memperhatikan jenis minuman yang dikonsumsi. Sebab ternyata ada beberapa jenis minuman yang malah bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Misalnya adalah minuman-minuman berkafein seperti teh dan kopi.

Kedua jenis minuman tersebut juga dikenal memiliki efek diuretik yang membantu kerja ginjal dalam melepaskan lebih banyak garam dan air ke dalam urine. Sehingga mendorong Sedulur untuk lebih sering buang air.

5. Kurangi konsumsi gula

iStock

Jenis makanan atau minuman lain yang sebaiknya dihindari saat puasa adalah yang mengandung gula. Selain tidak baik untuk kesehatan, konsumsi gula berlebih ternyata juga bisa membuat tubuh lebih cepat merasa lapar. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung gula akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat.

Setelah itu, kadar gula dalam darah turun dengan cepat dan menstimulasi produksi hormon ghrelin. Perlu diketahui bahwa hormon ghrelin adalah hormon lapar yang diproduksi lambung. Hormon ini berperan memberikan sinyal kepada otak bahwa Sedulur merasa lapar.

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

6. Olahraga secara teratur

iStock

Olahraga kerap dianggap sebagai aktivitas fisik yang menguras energi sehingga dihindari saat berpuasa bahkan bulan Ramadan. Padahal olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk membuat otot lebih kuat dan tubuh menjadi lebih berenergi.

Khusus saat berpuasa, Sedulur bisa memilih jenis olahraga yang intensitasnya rendah, seperti jalan kaki, yoga, atau senam ringan. Sedulur juga bisa memilih waktu-waktu tertentu yang dianggap aman untuk berolahraga, misalnya sebelum berbuka, setelah berbuka atau setelah tarawih, dan sebelum sahur.

7. Hindari makan secara berlebihan saat berbuka

iStock

Tak hanya makanan yang dikonsumsi saat sahur saja yang harus diperhatikan, namun juga saat berbuka. Jelang waktu berbuka, banyak di antara kita yang tergoda dengan beraneka jenis makanan sehingga menyiapkan banyak menu. Tak jarang hal itu menyebabkan perut terasa begah atau terlalu kenyang.

Meski terlihat sepele, makan terlalu banyak dalam satu waktu ternyata tidak sekadar memberikan rasa kenyang semata. Melainkan juga bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan. Untuk itu, tetap konsumsi makanan dalam porsi normal sehingga kesehatanmu tetap terjaga.

BACA JUGA: 10 Tips Persiapan Puasa Pada Awal Bulan Ramadan 2023

8. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

iStock

Selama puasa terutama jelang berbuka tidak jarang Sedulur akan merasa lapar dan bahkan nafsu makan seolah meningkat. Hal itu menyebabkan munculnya keinginan untuk menyantap beraneka hidangan. Tak hanya itu, kondisi lidah yang menjadi pahit selama puasa juga mendorong kita mengonsumsi makanan dengan rasa yang sangat kuat. Padahal makanan-makanan dengan rasa serupa kebanyakan bisa memberikan dampak kurang baik bagi tubuh.

Misalnya makanan yang sangat manis dengan kandungan gula tinggi ataupun makanan asin dan gurih karena tinggi natrium. Padahal konsumsi gula dan natrium secara berlebihan bisa membahayakan kesehatan. Makanan-makanan tersebut juga membuat Sedulur lebih cepat halus meskipun sudah banyak minum dan juga merasa lemas. Untuk itu, ada baiknya selalu perhatikan makanan yang dikonsumsi dan pastikan makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu jangan lupa untuk menyelipkan protein pada menu makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

9. Hindari aktivitas berat

iStock

Meski dianjurkan untuk tetap berolahraga selama bulan Ramadan, Sedulur tetap perlu memahami kemampuan tubuh terlebih saat dalam kondisi berpuasa. Menghindari aktivitas fisik yang berat bisa menjadi tips supaya kuat saat puasa. Dengan menghindari aktivitas serupa, tubuh akan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian dan tidak cepat lemas. 

10. Konsumsi suplemen jika perlu

iStock

Tips supaya tetap kuat saat puasa yang terakhir adalah mengonsumsi suplemen. Meski aneka bahan makanan seperti buah, sayuran, dan daging bisa menjadi sumber nutrisi untuk tubuh, tak ada salahnya Sedulur menambah suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sekaligus mencegah tubuh lemas. Nah, agar konsumsi suplemen lebih aman, Sedulur bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Itu dia beberapa tips supaya kuat saat puasa yang bisa Sedulur ikuti agar tetap produktif. Berdasarkan uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa pola tidur dan pola makan menjadi dua hal yang penting diperhatikan. Sebab, istirahat yang cukup dan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan memberikan dampak besar bagi tubuh sehingga tidak mudah lemas ketika puasa.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama Ramadan, Sebelum bisa berbelanja aneka bahan makanan di Aplikasi Super. Mulai dari air mineral, susu UHT, beras, hingga berbagai bahan memasak lainnya bisa Sedulur dapatkan dengan harga murah hanya di Aplikasi Super. Selain murah, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman gratis ongkir yang bikin belanja makin mudah. Menarik bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super di Google Play Store sekarang!