Keindahan yang ditawarkan dari jenis bunga yang satu ini membuat banyak orang tertarik untuk merawatnya di halaman rumah. Apalagi, didukung dengan iklim di Indonesia yang cocok untuk pertumbuhannya. Meskipun begitu, perlu diperhatikan cara menanam bunga mawar yang baik dan benar agar bisa tumbuh dengan sempurna.

Perawatannya akan menjadi lebih mudah jika tanaman ditaruh di tempat yang terkena cahaya matahari yang cukup. Selain itu, ada pula hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatannya. Lalu, bagaimana cara menanam bunga mawar yang baik dan benar? Simak informasi lengkapnya disini.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bunga Dandelion Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

1. Siapkan pot yang sesuai

cara menanam bunga mawar
pexels

Pertama-tama, Sedulur harus menyiapkan terlebih dahulu pot yang sesuai. Pot ini nantinya akan digunakan untuk menanam bunga mawar. Agar bisa tumbuh dengan baik dan sempurna, Sedulur harus memilih pot dengan ukuran yang sesuai, yaitu besar dan tinggi.

-->

Jangan menggunakan pot yang diameternya kurang dari 28 sentimeter. Tanaman hias jenis ini memiliki akar yang cukup dalam. Maka, jika pot yang digunakan semakin tinggi, pertumbuhannya pun akan menjadi semakin sempurna.

Selain memperhatikan ukuran pot, jangan lupa untuk memilih jenis pot yang tepat juga. Akan lebih baik untuk menggunakan pot yang berjenis tanah liat daripada plastik. Pot yang terbuat dari tanah liat diklaim bisa mengirimkan panas matahari ke dalam tanah lebih lambat.

Apabila harus menggunakan pot berbahan plastik, maka usahakan untuk memilih warna yang terang seperti kuning atau putih. Selain itu, pastikan juga pot sudah memiliki lubang drainase yang cukup pada bagian bawahnya. Juga, letakkan beberapa kerikil kecil sekitar kurang lebih satu inci di dalam dasar pot.

2. Siapkan media tanamnya

cara menanam bunga mawar
pexels

Tak hanya menyiapkan pot, Sedulur juga harus menyiapkan media tanam yang akan digunakan. Jika memilih media tanam berupa tanah, pilih tanah yang teksturnya berpasir, berstruktur gembur, aerasi dan drainase yang baik, lalu kaya akan unsur organik tanah. Guna pemilihan tanah dengan drainase yang cukup dan baik adalah untuk mencegah pembusukan akar serta mencegahnya agar selalu lembab dan tidak kering.

Menanam bunga mawar dapat dilakukan dengan cara menambahkan tanah yang akan menjadi media tanamnya dengan satu sendok bahan organik, seperti kompos jamur, pupuk kompos, serta kompos taman untuk setiap tiga sendok tanah pot biasa. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan sesendok lumut gambut agar kelembabannya terjaga.

Tambahkan pula satu sendok tepung tulang supaya mendapatkan fosfor dan nitrogen ekstra. Kemudian, butiran polimer penahan air juga bisa menjadi salah satu tambahan untuk perkembangan tumbuhan agar bisa melepaskan kelembaban ketika tanah sedang kering. Semua bahan itu bisa Sedulur dapatkan dengan mudah di toko tanaman.

3. Cara menanam bunga mawar dari batang

cara menanam bunga mawar
paktanidigital

Apabila dibandingkan dengan menanam melalui biji atau benihnya, cara stek batang ini akan menjadi lebih mudah. Dengan langkah ini, maka tanaman akan menjadi lebih mudah untuk tumbuh, karena tunas barunya tumbuh dan berasal dari ruas batangnya. 

Tentunya, hal ini mudah untuk dilakukan jika dibanding dengan melakukan pengecambahan melalui benih atau biji. Selain itu, langkah ini dinilai lebih menghemat waktu, karena jika melalui biji atau benih, waktu yang digunakan kurang lebih sekitar dua bulan.

Maka dari itu, akan lebih mudah untuk membudidayakannya melalui stek batang. Jika Sedulur ingin membudidayakannya juga melalui stek, berikut adalah langkah yang bisa diikuti:

Alat dan bahan

Sebelum memulai penyetekan melalui batangnya, siapkan beberapa alat dan bahan seperti berikut ini:

  • Air secukupnya.
  • Gunting atau pisau khusus tanaman steril dan tajam.
  • Pot plastik, pot tanah liat, atau wadah lainnya sebagai tempat tanaman tumbuh.
  • Media tanam yang sudah disiapkan seperti tanah.
  • Pupuk organik tanaman cair

Cara stek bunga mawar

  • Sebelum memulainya, sebaiknya lakukan stek pada waktu pagi hari karena tanaman masih dalam keadaan segar.
  • Selanjutnya, potong batang tanaman mawar sepanjang 15 hingga 20 cm dengan menggunakan pisau steril atau gunting tajam yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Kemudian, batang yang sudah dipotong direndam ke dalam larutan pupuk organik cair selama satu jam agar batangnya tetap segar dan tidak layu. Selain itu, merendamnya dengan pupuk juga bisa membuat tanaman tidak stress pasca pemotongan batang. Pertumbuhan daun baru juga bisa dipercepat setelah penanaman, serta bibit penyakit juga akan hilang. 
  • Gunting dengan hati-hati jika terdapat beberapa daun pada batang yang akan di stek.
  • Bibit bunga mawar siap untuk ditanam.

BACA JUGA: 12 Jenis Bunga Begonia yang Mempesona & Perawatannya

4. Cara menanam stek

cara menanam bunga mawar
gdmorganik

Cara menanam bunga mawar dengan batang bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Pertama, buat lubang pada media tanam di dalam pot dengan menggunakan ranting sepanjang dan sedalam 4 hingga 7 cm. Ukuran bisa disesuaikan tergantung dari panjang bibitnya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kedalaman batang sekitar setengah dari tinggi batang yang sebelumnya sudah dipotong. 
  • Kemudian, batang dimasukkan ke dalam lubang yang sudah dibentuk tadi, dengan kedalaman sekitar ¾ atau ½ bagian.
  • Tutup dengan menggunakan media tanam berupa tanah.
  • Siram dengan menggunakan air sampai terlihat lembab. Namun, jangan sampai air menggenangi pot, ya. 
  • Letakkan pada tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, namun bukan langsung terkena sinar matahari. Jika terkena matahari secara langsung, maka tanaman yang baru tumbuh malah menjadi kering bahkan seperti terbakar.

5. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman mawar

pexels

Cara menanam bunga mawar dari batang agar cepat berbunga menyiramnya secara rutin dengan waktu yang tepat. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, tanaman ini perlu disirami sampai tanahnya terlihat lembab. Namun, tanah yang lembab bukan berarti tanah dengan kondisi yang basah, ya.

Umumnya, waktu yang tepat untuk menyiramnya adalah pada pagi hari sekitar jam 10 serta pada sore hari sekitar jam 6. Pada waktu tersebut merupakan waktu terpanas dan menyebabkan penguapan menjadi lebih cepat. Sebisa mungkin, jauhkan air dari daun ketika melakukan penyiraman.

Jika daun basah oleh air ketika sedang menyiram tanaman, maka akan menyebabkan infeksi jamur dan embun tepung. Keduanya merupakan penyakit tanaman yang umum terjadi. Alternatifnya adalah dengan melakukan irigasi tetes saat melakukan penyiraman. Sistem ini dirancang khusus agar air dapat mengalir langsung ke dalam akar. Jadi, dedaunan tidak akan terkena air.

6. Jangan lupa untuk memberikan pupuk

pexels

Baik cara menanam bunga mawar di air maupun di tanah, semuanya memerlukan pupuk untuk pertumbuhannya. Pupuk merupakan makanan yang penuh nutrisi dan bisa menyehatkan tanaman. Apalagi, jika tumbuhan ditanam di kebun, pastinya nutrisi yang harus dicukupi harus lebih dibandingkan yang lainnya. 

Pilih dan gunakan pupuk yang dirancang khusus untuk tanaman yang satu ini. Gunanya adalah untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman sudah cukup dan terpenuhi. Sehingga, tanaman bisa tumbuh dengan subur dan sempurna.

Terdapat beberapa jenis pupuk yang mengandung berbagai bahan tambahan untuk mencegah berbagai penyakit pada tanaman, seperti jamur dan hama. Agar dedaunannya juga tumbuh dengan sehat, Sedulur bisa memberikan garam epsom sebanyak satu sendok pada sekitar pangkalnya.

BACA JUGA: 6 Manfaat Bunga Cempaka Serta Jenis & Cara Merawatnya

7. Simpan di tempat yang lembab

pexels

Cara menanam bunga mawar merah dan warna yang lainnya semuanya sama, yaitu disimpan di tempat yang lembab serta terkena sinar matahari yang cukup. Ingat, cukup bukan berarti menyimpannya di bawah sinar matahari secara langsung. Tempatkan tanaman di tempat yang teduh, namun masih terkena sinar matahari secara tidak langsung.

Selain itu, tanaman ini bisa disimpan di tempat yang berair, karena air akan memperlambat proses layu pada bunganya. Namun, jangan terlalu lama menyimpannya pada air. Jika terlalu lama, maka ia akan terbiasa di tempat yang dingin disamping tempat yang bersuhu tinggi.

Apabila sudah terbiasa, maka tanaman akan menjadi layu ketika suatu waktu ditempatkan ke tempat yang temperaturnya tinggi. Maka dari itu, simpan tanaman cantik ini di tempat yang normal atau cenderung lembab. Suhu yang tepat untuk meletakkan tanaman ini adalah sekitar 34 sampai 36 derajat celcius.

8. Potong batangnya secara rutin

kompas

Cara yang bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar selanjutnya adalah dengan memotong batangnya secara rutin. Biasanya, batang pada tanaman ini lambat laun akan mengering dan mengelupas.  Maka dari itu, potong bagian yang dirasa kering sebelum akhirnya membusuk. Jika sudah membusuk, maka bagian lainnya bisa jadi dapat tertular dan ikut membusuk juga.

Selain itu, memangkas bagian batang atau rantingnya juga bisa membuat bunga menjadi tambah banyak dan memperbesar ukurannya.

Nah, itu dia beberapa cara menanam bunga mawar dan perawatannya yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik dan sempurna. Tanaman yang satu ini memiliki pemeliharaan yang umumnya sama dengan tanaman lainnya. Namun, Sedulur harus tetap memeriksanya setiap hari agar bisa memastikan apakah terdapat gulma atau hama lainnya yang menempel pada tanaman dan juga menyiramnya untuk menjaga kelembaban tanaman. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.