Indonesia kaya akan alamnya yang masih terjaga asri sampai saat ini. Saking asrinya, banyak ditemukan spesies bunga dengan tampilan menawan dan memesona. Bahkan tak jarang, spesies bunga itu bisa dipakai dalam hal kesehatan, yaitu bunga cempaka. Ya, bunga dengan kelopak warna putih dan sedikit aksen kuning di tengahnya ini, ternyata dapat dijadikan bahan kesehatan. Khususnya mengeluarkan racun dan mengatasi bau badan

Jenis bunga ini dapat kamu temui di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah negeri Serambi Mekah, Aceh. Di negeri Tanah Rencong itu, bunga cempaka wangi dijadikan sebagai flora khas atau maskot kebanggaan Provinsi Aceh. Penasaran mengenai bunga cempaka, jenis, manfaat hingga cara merawatnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA : 7 Jenis Bunga Bougenville Tercantik & Cara Merawatnya

1. Penjelasan cempaka

bunga cempaka
kompas

Bunga cempaka mempunyai nama latin yaitu magnolia champaca. Dan dalam bahasa Indonesia, kata cempaka merujuk pada pinjaman dari bahasa Sansekerta. Meski banyak ditemukan di  Indonesia khususnya Provinsi Aceh, nyatanya bunga yang satu ini dapat ditemui pula di negara Benua Asia lain. Salah satunya berada di India. Dalam bahasa India, namanya menjadi Champac, Sampangi hingga  Sonchaapaa.

-->

Setelah mengetahui asal-usul kata Cempaka, selanjutnya mengetahui ciri-ciri pohon bunga yang satu ini. Kita tahu, pohon bunga ini mampu tumbuh tinggi dan menjulang. Penasaran seperti apa karakter pohon ini, yuk simak ulasan selanjutnya.

2. Morfologi bunga cempaka

bunga cempaka
lamanriau

Sebagai tanaman khas Aceh, pohon bunga yang satu ini mampu tumbuh mencapai 30 meter. Meski demikian, kebanyakan tinggi pohon bunga ini hanya mencapai kisaran 15 meter hingga 5 meter. Saat menyentuh kulit batang atau ranting pohon, maka sedikit ada semacam bulu rambut yang halus. Keunikan bunga ini adalah bentuk kelopak bunganya yang panjang dengan bagian ujung meruncing.

Diketahui, bahwa bunga cempaka juga mempunyai beragam jenis. Tentunya, mempunyai pesona dan keindahannya masing-masing. Untuk menemukannya pun, masih berada di  seputaran Indonesia. Penasaran dengan jenis-jenis  cempaka? Maka ada baiknya, Sedulur menyimak dengan seksama penjelasan selanjutnya.

BACA JUGA: Mitos & 5 Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan, Sudah Terbukti!

3. Jenis-jenis bunga cempaka

bunga cempaka
pertanianku

Selama ini kita tahu, bahwa cempaka yang biasa ditemui hanyalah jenis wangi. Memiliki warna kuning dan putih. Namun, selain jenis itu, masih banyak lagi jenis cempaka yang belum terekpos banyak orang. Sebab, cempaka mempunyai 4 jenis dari 50 spesies anggota genus michelia yang tersebar dari India, Indocina, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, dan Kepulauan Sunda Kecil. Tentu dengan warna kelopaknya yang unik dan menarik untuk dipandang. Penasaran apa saja jenis bunga cempaka ini, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Cempaka putih

Di Indonesia banyak orang menamakan jenis bunga cempaka putih sebagai bunga kantil. Ketika kembang masih kuncup, maka keindahan dari bunga ini akan terlihat. Kemudian saat mekar, maka warnanya pun akan berubah menjadi putih bersih. Bunga dengan nama latin michelia alba ini mempunyai warna ranting keabu-abuan. Untuk tinggi tanaman ini, bisa mencapai 30 meter.

Cempaka Kuning

Selain cempaka putih, ada lagi bunga cempaka kuning. Bunga ini mengeluarkan aroma  wangi di antara jenis cempaka. Maka sebab itu, biasanya cempaka jenis ini banyak diolah menjadi bahan wewangian. Untuk ciri khas cempaka kuning, tanaman ini bisa tumbuh mencapai 25 meter. Tidak hanya itu, karakter daun bunga ini berbentuk oval seperti bulat telur, berwarna hijau cerah dan ujung daunnya berwarna putih.

Cempaka merah

Kekayaan cempaka berlanjut dengan bunga cempaka merah. Bunga dengan warna kelopak merah ini, sangat jarang ditemui di Indonesia. Kalaupun ada, hanya beberapa orang yang menanamnya. Meski demikian, cempaka merah ini mengeluarkan aroma wangi yang kuat seperti halnya cempaka warna kuning. Bunga biasa dikenal dengan istilah red magnolia.

Tidak hanya memberikan aroma wangi, cempaka merah mempunyai keunikan tersendiri. Bunga yang satu ini hanya mekar secara singkat, yaitu sekitar 2 jam. Nah, dalam 2 jam itu, kita bisa menikmati indahnya bunga cempaka merah sempurna. Lalu setelah 2 jam, maka bunga pun langsung layu.

Cempaka Ungu

Bunga yang satu ini, memiliki nama latin magnolia liliflora. Atau biasa juga dinamakan sebagai  bunga purple magnolia. Warna ungu yang ditonjolkan, tak kalah cantik dengan tiga jenis cempaka sebelumnya. Diketahui wangi cempaka ungu pun sangat harum. Morfologi bunga yang satu ini, mekar saat awal musim penghujan saja.

Keunikan yang lain dari jenis cempaka ungu adalah mudah beradaptasi dan tumbuh di mana pun. Namun, bunga ini bisa tumbuh maksimal di kawasan dataran tinggi. Biasanya, suhu yang tepat untuk menanam bunga ini adalah berada dalam kisaran 20 sampai 26 derajat celcius.

4. Filosofi bunga cempaka

bunga cempaka
floradanfauna

Banyak orang mengaitkan jika bunga cempaka atau bunga kantil, selalu identik dengan mitos hadirnya makhluk halus. Sebab, aroma wangi yang ditimbulkan konon bisa mengundang kehadiran jin. Jika ada bunga cempaka putih, mitosnya sangat disukai makhluk halus khususnya kuntilanak. Terlebih jika bunga ini berada dekat rumah, maka sang penghuni tak akan hidup tenang.

Namun, terlepas dari mitos tersebut, kantil atau cempaka mempunyai nilai tradisi yang kuat bagi masyarakat Jawa. Dalam tradisi masyarakat Jawa, setiap akan mengadakan pesta pernikahaan, selalu memakai bunga kantil untuk hiasan rambut mempelai wanita dan pria. Tak beda jauh dengan kebiasaan masyarakat Jawa, di pulau Bali bunga ini dipakai untuk pewangi rambut. Ya, caranya tinggal menyelipkan pada sela-sela rambut pengantin.

Namun ada pula mitos yang berkembang di masyarakat Bali tentang bunga ini. Menurut mitos, bunga kantil dipercaya bisa mendeteksi keperawanan sang pengantin. Konon, jika pengantin wanita sudah tidak gadis lagi, maka bunga yang dipakai wanita itu tidak mengeluarkan aroma wangi. Lalu sebaliknya, saat sang pengantin wanita masih perawan, maka bunga cempaka akan menguncup dan menebar aroma wangi.

Arti bunga kantil dalam bahasa Jawa, diartikan sebagai menggantung. Bunga kantil memiliki makna mendalam yaitu kemantil-kantil. Dan biasanya diartikan, selalu ingat di mana pun ketika kita berada. Tidak hanya itu, kantil diartikan sebagai mempunyai hubungan erat walaupun alamnya sudah berbeda.

Demikianlah filosofi yang masih tetap dipegang erat oleh masyarakat Jawa. Sekaligus sebagai bentuk rasa apresiasi mereka terhadap karya seni berupa bunga kantil. Selanjutnya kita membahas mengenai manfaat dari bunga kantil. Jadi, tak harus melulu soal mitos atau kehadiran makhluk halus. Yuk, simak manfaat berharga dari mengonsumsi bunga yang satu ini.   

BACA JUGA: 12 Fakta Bunga Edelweis Cantik yang Langka & Dilarang Dipetik

5. Manfaat bunga cempaka

bunga cempaka
ilmubudidaya

Selain indah, wangi, dan sedap dipandang mata, bunga yang satu ini ternyata dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah dapat dipakai dalam mengatasi bau badan. Sebab, kantil mengeluarkan aroma wangi sehingga layak dijadikan kebutuhan kesehatan. Meski demikian, masih banyak lagi kegunaan dari bunga ini. Lantas apa saja manfaat yang bisa diambil dari bunga ini? Yuk simak selengkapnya.

Mengeluarkan racun

Bunga cempaka putih dikenal dapat mengeluarkan racun berbahaya di tubuh. Sebab, bunga ini memiliki zat bernama liriodenin dan alkaloid mikelarbina. Kedua bahan ini mempunyai sifat diuretik sehingga dapat melancarkan dan memudahkan proses urinasi. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Caranya cukup mudah dan praktis. Cukup ambil beberapa bunga kantil atau cempaka. Kemudian rebus hingga matang. Maka selanjutnya, ambil rebusan bunga kantil dan minumlah dengan rutin. Jika dikonsumsi secara teratur, maka bisa mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Mengatasi bau badan

Persoalan bau badan bisa dialami siapa saja. Biasanya, bau badan muncul karena biang keringat. Sehingga aroma tubuh yang apek pun dapat keluar dan membuat dirimu tak percaya diri. Untuk mengatasi masalah ini, maka kamu bisa memakai bunga cempaka. Ya, diketahui bunga ini mengeluarkan aroma wangi. Dan biasanya, dipakai saat pernikahaan dan diberikan kepada mempelai pria dan wanita.

Buat kamu yang ingin menggunakan bunga ini, caranya sangat mudah. Hal yang wajib kamu lakukan adalah merebus bunga dengan air panas. Kemudian kamu minum setiap hari. Namun, ada cara lain dalam menggunakan bunga ini untuk menghilangkan bau badan. Cukup petik bunga kantil dan campurkan ke air saat hendak mandi.

Kita bisa merendamnya terlebih dahulu bunga ini ke dalam bak berisi air selama beberapa menit. Kemudian, gunakan untuk membilas badan. Agar mendapatkan hasil yang optimal, maka bisa memakai bunga kantil warna kuning yang dianggap paling wangi.

Mengobati batuk berdahak

Persoalan batuk berdahak bisa mengganggu aktivitasmu, jika masalah ini berlangsung terus menerus. Maka dari itu, kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi bunga kantil. Bunga kantil mengandung zat liriodenia dan mikelarbin yang bersifat ekspektoran. Sehingga sangat baik untuk mengobati batuk berdahak.

Cara menggunakan bunga ini untuk obat batuk berdahak sangat mudah. Caranya adalah dengan merebus daun pohon bunga cempaka dengan air mendidih. Untuk menambah rasa hangat, kamu bisa menambahkan ramuan jahe pada rebusan daun-daun ini. Hal ini berguna, supaya tubuh menjadi hangat dan merasa nyaman.

Mengatasi perut kembung

Perut kembung karena salah makan atau cuaca memang sangat mengganggu aktivitas. Bahkan, seseorang yang mengalami kembung, membuat perut menjadi terasa penuh dan kencang. Tentu saja, aktivitas ini bisa membuatmu merasa tak nyaman. Saat kamu merasakan masalah seperti ini, rebuslah bunga cempaka dengan ramuan tradisional seperti jahe dan kapulaga. Rebus selama 10 menit. Kemudian, minum air rebusan itu dengan rutin.

Mengatasi vertigo

Pernah merasakan sakit kepala yang tak kunjung sembuh? Mungkin bisa jadi kamu terserang vertigo. Untuk mengatasi vertigo, kamu hanya perlu mengeringkan bunga kantil terlebih dahulu. Kemudian, ambil 5 kuntum yang sudah kering dan rebus sampai mendidih selama 10  menit. Kemudian, minum rebusannya saat masih hangat.

Meredakan kecemasan

Saat seseorang merasa gelisah dan cemas, maka emosi akan tidak stabil. Maka dari itu, cara paling mudah menghilangkan kecemasan adalah mengonsumsi bunga kantil. Dalam pengobatan tradisional China, manfaat bunga ini berguna dalam menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh. Meski demikian, rasa cemas tak bisa hilang dengan cepat. Butuh waktu bertahap saat kamu ingin menghilangkan rasa cemas ini.

Setelah mengetahui manfaat bunga kantil, selanjutnya adalah penjelasan mengenai cara perawatannya. Buat kamu yang memiliki bunga ini, wajib simak apa saja yang harus dilakukan agar tanaman kantilmu sehat.

6. Cara merawat bunga kantil

pohon bunga kantil
kompasiana.com

Dalam merawat pohon bunga kantil, sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu rutin melakukan penyiraman dan berikan pupuk secara bertahap. Saat pemberian pupuk, berikan ketika awal musim hujan dan menjelang musim kemarau. Lalu kemudian, lakukan penyiangan supaya tanaman tumbuh sesuai  yang diinginkan. 

Demikian  ulasan mengenai bunga cempaka. Mulai dari manfaat, mitos dan cara merawatnya. Semoga menambah pengetahuan buat Sedulur tentang dunia tumbuhan ya.