cara memutihkan mata

­­Bagi yang memiliki warna mata yang tidak putih, itu berarti harus mencari tahu cara memutihkan mata. Banyak sebab yang membuat mata tidak jernih atau putih. Pertama bisa jadi karena polusi atau kurang tidur. Penggunaan gadget atau barang elektronik lainnya dapat juga menjadi mata menjadi tidak jernih.

Berikut ini merupakan beberapa cara memutihkan mata yang bisa Sedulur lakukan untuk mendapatkan mata yang putih jernih. Lebih disarankan untuk melakukan cara-cara alami, agar tidak mempengaruhi kesehatan mata. Namun, cara-cara lain juga boleh dilakukan, selama telah berkonsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan mata.

BACA JUGA: Mengenal Suntik Putih, Manfaat & Efek Sampingnya, Amankah?

1. Gunakan rendaman air mawar

1. Cara memutihkan mata gunakan rendaman air mawar
herstory

Cara memutihkan mata kuning pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan rendaman air mawar sebagai kompresan pada mata. Air mata dipercaya mengandung anti inflamasi yang bisa meredakan mata yang merah dan perih. Selain kompres, Sedulur bisa menggunakan rendaman air mawar sebagai obat tetes agar mendapatkan mata jernih kembali.

-->

2. Kompres dengan rendaman air daun sirih

2. Kompres dengan rendaman air daun sirih2. Kompres dengan rendaman air daun sirih
halodoc

Selain menggunakan air mawar, Sedulur juga bisa melakukan cara memutihkan bola mata dengan menggunakan rendaman air daun sirih. Perlu Sedulur ingat, cara ini mungkin akan membuat mata Sedulur perih. Namun cara ini sangat efektif untuk memulihkan kembali kondisi mata Sedulur. Sedulur bisa merebus terlebih dahulu beberapa lembar daun sirih selama 10 menit, biarkan dingin dan kompres ke bagian mata Sedulur.

3. Menggunakan potongan mentimun

3. Menggunakan potongan mentimun
alodokter

Menggunakan potongan mentimun merupakan cara memutihkan mata merah yang paling umum dilakukan. Hal tersebut karena mentimun memiliki kandungan vitamin C dan asam folat yang tinggi, yang dapat merangsang antioksidan dan melawan rancun yang ada di dalam mata, yang bisa jadi menjadi dalang dibalik mata Sedulur yang tidak jernih. Bagi Sedulur yang memiliki mata kotor akibat polusi, potongan mentimun bisa membersikan polusi yang ada pada mata dan membuatnya jernih kembali.

BACA JUGA: 15 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami & Aman

4. Gunakan rendaman air bunga telang

4. Gunakan rendaman air bunga telang
alodokter

Bunga telang terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan mata. Sedulur bisa menggunakan rendaman air bunga telang sebagai cara memutihkan kelopak mata. Selain membersihkan mata. Air bunga telang juga bisa Sedulur gunakan untuk mengatasi keluhan ringan pada mata, seperti perih, gatal atau mata yang kelelahan akibat terlalu lama bekerja.

5. Menggunakan obat tetes mata

5. Menggunakan obat tetes mata
hellosehat

Berikut ini merupakan cara memutihkan mata yang umum dilakukan. Menggunakan obat tetes mata bisa membuat mata Sedulur kembali jernih. Terutama jika kondisi mata Sedulur yang kotor akibat polusi. Namun, pastikan obat tetes mata yang digunakan aman untuk kesehatan mata Sedulur. Pastikan juga Sedulur telah melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli mata.

BACA JUGA: Bahaya Suntik Putih bagi Kesehatan Kulit dan Tubuh

6. Kurangi asupan gula halus dan karbohidrat

cara memutihkan mata
halodoc

Bisa jadi mata Sedulur tidak jernih disebabkan oleh kelebihan asupan gula dan karbohidrat. Sedulur bisa mulai mengurangi asupan gula halus dan karbohidrat lalu menggantinya dengan asupan sayur dan buah-buahan. Hal tersebut dapat secara bertahap mengurangi jumlah gula rafinasi dan karbohidrat yang menyebabkan mata Sedulur tidak jernih. Cara ini merupakan cara memutihkan mata yang paling alami yang bisa Sedulur lakukan.

7. Perbanyak minum air putih

7. Cara memutihkan mata dengan Perbanyak minum air putih
freepik

Cara memutihkan mata alami yang bisa Sedulur lakukan selanjutnya adalah dengan meminum air putih dalam jumlah yang ideal dan secara teratur. Pada dasarnya kunci untuk memiliki mata yang cerah dan jernih adalah memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain memutihkan mata, cara ini juga ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan kemerahan. Sedulur bisa mulai konsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 sehari.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

8. Tidur yang cukup

cara memutihkan mata
freepik

Langkah dan cara memutihkan mata secara efektif adalah tidur yang cukup dan hindari begadang. Karena dengan begadang dan kurangnya tidur, mata Sedulur akan merah dan kesehatan mata akan terancam. Karena mata akan bekerja lebih lama dari seharusnya dan menyebabkan kelelahan. Hal ini tentu saja bukan hanya membuat mata Sedulur tidak jernih namun juga dapat membuat mata Sedulur tidak sehat.

9. Minum suplemen

cara memutihkan mata
klikdokter

Sedulur juga bisa minum suplemen secara teratur sebagai cara memutihkan mata. Hal ini untuk mengatasi kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sedulur bisa meminum kapsul omega 3 atau suplemen minyak ikan untuk meningkatkan kadar omega 3 dalam tubuh yang dapat membuat mata tampak jernih, bersih dan putih.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami dan Aman

10. Jalani gaya hidup sehat

cara memutihkan mata
freepik

Harus diakui meskipun berat, mata yang tidak jernih bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kita jalani tidak sehat. Tanpa harus melakukan cara memutihkan mata di atas, mata Sedulur bisa kembali putih dan jernih tanpa menggunakan cara apapun. Namun dengan satu syarat, Sedulur harus menjalani gaya hidup sehat.

Kurangi juga penggunaan gadget (smartphone dan laptop),kurangi konsumsi junkfood dan mulai konsumsi makanan sehat. Dengan melakukan gaya hidup sehat tersebut, secara perlahan kondisi mata Sedulur akan kembali jernih dan putih.

Sekian daftar cara memutihkan mata yang telah diulas lengkap di atas. Semoga bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang mengalami kondisi warna mata yang tidak jernih. Jangan lupa juga untuk mempraktikan gaya hidup sehat. Terutama mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat.

Mulai pilih bahan makanan yang sekiranya bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Mata merupakan jendela hati, dengan mata yang sehat dan putih, bisa menjadi cerminan hati dan pikiran Sedulur yang jernih.