Cara menghilangkan kantung mata bisa dilakukan dengan berbagai metode. Tentunya, yang alami lebih baik!

Padatnya aktivitas sering kali berefek pada kesegaran tubuh. Kebiasaan tidur larut malam dan kurangnya istirahat membuat beberapa anggota tubuh menunjukan ketidaksegaran akibat kelelahan. Salah satu anggota tubuh yang rentan menunjukan kelelahan adalah mata yang berkantung. Meski tidak menyakitkan, namun keberadaannya cukup mengganggu penampilan.

Pada umumnya, penyebab kantung mata adalah siklus tidur yang tidak teratur. Baik kurang maupun kelebihan waktu tidur, keduanya memiliki dampak yang sama. Pada saat tidur, darah yang mengandung oksigen berkumpul di bawah mata. Sementara ketika kurang tidur, pembuluh darah di bawah mata bisa melebar. Keduanya bisa mengundang munculnya kantung mata.

Tak hanya itu, munculnya kantung mata juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Menurut ahli dermatologi, orang yang memiliki kulit lebih gelap memiliki konsentrasi pigmen yang lebih banyak, terutama di bawah mata. Hal itu bisa saja mengakibatkan warna kulit menjadi tidak rata dan membentuk bayangan hitam melingkar di sekitar mata.

-->

Faktor-faktor lain yang bisa memunculkan kantung mata adalah gaya hidup tidak sehat, pengaruh produk pembersih make up, gejala flu, kurangnya nutrisi, alergi, dan penuaan. Meski demikian, jika Sedulur sudah terlanjur memiliki kantung mata, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata hitam yang bisa Sedulur coba. Simak saja cara menghilangkan kantung mata berikut ini.

Baca Juga: 8 Manfaat Meditasi yang Perlu Kamu Tahu & Cara Melakukannya

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan-Bahan Alami

1. Menghilangkan Kantung Mata dengan Irisan Mentimun

1. Menghilangkan Kantung Mata dengan Irisan Mentimun
grid.id

Cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa Sedulur lakukan adalah menggunakan irisan mentimun. Kandungan air serta vitamin A, B, dan C yang tinggi pada mentimun bermanfaat untuk membantu menyegarkan mata. Selain itu, mineral seperti kalium, magnesium, dan silikon baik dimanfaatkan sebagai penghilang kantung mata.

Untuk cara menghilangkan kantung mata menggunakan mentimun hanya perlu mengiris-iris mentimun menjadi bagian tipis, kemudian simpan di dalam kulkas. Jika sudah dingin, letakkan di kedua mata yang tertutup. Biarkan kondisi tersebut dalam keadaan berbaring selama 10-15 menit. Lakukan secara rutin untuk kondisi mata yang fresh.

2. Cara Menghilangkan Kantung Mata Menggunakan Tomat dan Lemon

2. Cara Menghilangkan Kantung Mata Menggunakan Tomat dan Lemon
kompas.com

Tidak hanya mengandung vitamin C, tomat juga dikenal memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Sedulur bisa mengonsumsi jus tomat dengan campuran lemon dan daun mint untuk menyegarkan mata.

Selain itu, cara menghilangkan kantung mata yang bisa Sedulur lakukan menggunakan tomat adalah dengan mencampurkan satu sendok teh jus tomat dengan satu sendok teh jus lemon. Kemudian, usapkan di bawah mata dan biarkan mengering. Tunggu selama 10 menit, bilas dengan air bersih.

3. Kompres Dingin untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

3. Kompres Dingin untuk Melancarkan Sirkulasi Darah
halodoc.com

Sirkulasi darah menjadi salah satu faktor yang paling sering menyebabkan munculnya kantung mata. Memberikan suhu dingin ke area mata, dapat mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

Sedulur bisa melakukannya dengan mengompres mata menggunakan es balok yang dibungkus dengan kain lembut agar tidak terlalu dingin. Cara menghilangkan kantung mata menggunakan pendingin bisa juga dilakukan dengan sendok yang sebelumnya dimasukan ke dalam freezer terlebih dahulu, kemudian letakan di atas mata.

Baca Juga: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

4. Menyehatkan Area Mata dengan Minyak Zaitun

4. Menyehatkan Area Mata dengan Minyak Zaitun
kitakini.news

Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat yang mampu menyehatkan kulit. Beberapa diantaranya adalah menghaluskan, mencerahkan, menghidrasi, dan melembabkan kulit. Kandungan antioksidan didalamnya menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan hanya mengoleskan minyak zaitun ke area mata lalu pijat secara perlahan.

5. Cara Menghilangkan Kantung Mata Memanfaatkan Kantong Teh Celup

5. Cara Menghilangkan Kantung Mata Memanfaatkan Kantong Teh Celup
tribunnews.com

Setelah menggunakan teh celup, sebaiknya Sedulur jangan dulu membuangnya ya. Ternyata, kantong teh celup terkenal sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan cepat loh. Kandungan tanin dalam teh celup mampu membantu mengurangi pembengkakan dan warna hitam di area mata.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan merendam teh celup dalam air dingin atau simpan saja di dalam kulkas. Setelah dingin, kantung teh sudah siap digunakan untuk mengompres mata. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan kantung teh hijau atau chamomile.

6. Lidah Buaya untuk Menutrisi Kulit

6. Lidah Buaya untuk Menutrisi Kulit
okezone.com

Selanjutnya, ada cara agar kantung mata tidak hitam yang bisa Sedulur pilih, yakni menggunakan lidah buaya. Mata Sedulur bisa ternutrisi dengan vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam lidah buaya.

Untuk cara menghilangkan kantung mata menggunakan lidah buaya, Sedulur bisa menumbuk dahulu lidah buaya hingga halus. Tempelkan tumbukan lidah buaya ke area mata yang berkantung. Setelah itu, tunggu selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

7. Menggunakan Madu untuk Membantu Meregenerasi Kulit

7. Menggunakan Madu untuk Membantu Meregenerasi Kulit
brilio.net

Cara menghilangkan kantung mata yang selanjutnya adalah memanfaatkan madu. Madu terkenal sebagai obat berbagai penyakit, tidak terkecuali untuk menghilangkan kantung mata. Tidak hanya kantung mata, khasiat lain dari madu adalah mampu mengobati peradangan kornea, mata belekan, radang kelopak hingga selaput mata akibat alergi.

Untuk mengaplikasikan manfaatnya pada kantung mata, Sedulur hanya perlu mengoleskan madu pada kantung mata. Kemudian tunggu selama 20 menit. Setelahnya bilas menggunakan air bersih. Lakukan setiap hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal ya, Sedulur.

8. Khasiat Putih Telur untuk Kulit yang Mengendur

8. Khasiat Putih Telur untuk Kulit yang Mengendur
detik.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa putih telur memiliki khasiat mengencangkan kulit, termasuk kulit yang sudah terlanjur mengendur. Cara menghilangkan kantung mata dengan putih telur hanya dengan mengoleskan putih telur di area kantung mata. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

9. Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Minyak Kelapa

9. Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit yang kering. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga mampu menyembuhkan sel kulit yang rusak. Termasuk asam laktat dalam minyak kelapa juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit.

Cara menghilangkan kantung mata  dengan minyak kelapa adalah usapkan minyak kelapa ke area kantung mata yang sudah dibersihkan. Kemudian, pijat secara perlahan selama beberapa menit. Gunakan sebelum tidur dan biarkan mengering hingga Sedulur bangun tidur.

10. Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Air Mawar

10. Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Air Mawar
womantalk.com

Air mawar biasanya mudah ditemui dalam bentuk produk skin care. Namun, untuk bahan yang lebih alami Sedulur bisa menggunakan air rendaman mawar asli. Cara menghilangkan kantung mata dengan air mawar dibantu dengan kapas untuk mengaplikasikannya. Kemudian tempelkan kapas di area kantung mata selama 15 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

Itulah cara menghilangkan hitam di bawah mata yang bisa Sedulur lakukan. Alangkah baiknya apabila cara menghilangkan kantung mata di atas diikuti dengan pola hidup yang sehat dan olahraga teratur. Selain itu, Sedulur juga perlu lebih memperhatikan penyebab yang bisa membuat munculnya kantung mata.

Sesungguhnya, lebih  baik mencegah dari  pada mengobati. Sedulur bisa membeli bahan-bahan alami di atas di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan bisa mendapatkan segala kebutuhan harian dengan mudah. Selamat mencoba!