Terdapat dua jenis nyeri haid, ada yang normal dan tidak normal. Simak perbedaannya di bawah ini!

Ketika mengalami masa haid, Sedulur mungkin akan merasakan nyeri yang luar biasa. Namun, apakah Sedulur mengetahui ternyata terdapat dua jenis nyeri haid yang Sedulur rasakan, yaitu nyeri yang normal dan tidak normal. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari penyebab nyeri haid yang berlebihan dan sebagainya.

Nyeri menstruasi atau nyeri pada saat haid memang tidak bisa Sedulur cegah, Sedulur hanya bisa mengurangi rasa nyeri ketika haid. Umumnya, nyeri yang dirasakan adalah rasa sakit perut ketika haid. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara membedakan nyeri haid yang normal dan tidak normal. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Tawar Untuk Kesehatan. Bisa Cegah Kanker?

Perbedaan Nyeri Haid Normal dan Tidak Normal yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Nyeri Haid Normal Berlangsung Maksimal 3-4 Hari

1. Nyeri Haid Normal Berlangsung Maksimal 3-4 Hari
tribunnews.com

Saat masa menstruasi, endometrium atau lapisan rahim akan mengalami penebalan. Hal tersebut terjadi untuk mempersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang berhasil dibuahi. Ketika sel telur tidak berhasil dibuahi, endometrium akan meluruh bersama dengan darah.

Pada saat yang bersamaan juga, zat kimia dalam rahim yang bernama prostaglandin akan dilepaskan dan dapat memicu peradangan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kontraksi otot perut atau kram perut. Jika nyeri haid yang Sedulur alami normal, Sedulur hanya akan merasakan nyeri maksimal 3-4 hari saja. Jika nyeri berlangsung lebih dari waktu tersebut, maka tandanya nyeri yang dialami saat haid tidak normal.

2. Nyeri Haid Normal Mudah Diatasi

2. Nyeri Haid Normal Mudah Diatasi
faktualnews.co

Kram perut saat haid yang terjadi normal biasanya akan mudah diatasi. Sedulur bisa meredakannya hanya dengan bantal pemanas, botol berisi air panas atau meminum obat antiradang yang tersedia. Sederhananya, jika Sedulur mengalami nyeri haid normal, nyeri yang terjadi akan mudah diatasi.

Dengan meminum suplemen yang mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin D, Sedulur sudah mampu untuk mengatasi nyeri saat haid. Namun akan lebih aman lagi jika Sedulur melakukannya dengan tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli dalam bidang ini. Hal tersebut juga akan mengurangi risiko atau kemungkinan buruk yang terjadi.

3. Nyeri Haid Tidak Normal Akan Mengganggu Aktivitas

3. Nyeri Haid Tidak Normal Akan Mengganggu Aktivitas
liputan6.com

Jika Sedulur mengalami nyeri haid yang tidak normal, hal tersebut dapat mengganggu aktivitas atau kegiatan sehari-hari Sedulur. Karena, nyeri haid yang tidak normal dapat memberikan rasa nyeri yang luar biasa, bahkan melebihi ambang batang nyeri yang dimiliki setiap manusia. 20% wanita di dunia, pernah mengalami rasa nyeri haid yang tidak normal.

Wanita yang mengalami kram perut yang parah biasanya lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur dan meringkuk menahan sakit perut. Tidak hanya sakit secara fisik, kebanyakan wanita juga mengalami ketidaknyamanan secara psikologis. Hal tersebut yang membuat kegiatan sehari-hari bisa terganggu.

Baca Juga: 7 Manfaat di Balik Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Wajib Tau!

4. Nyeri Haid Tidak Normal Tidak Dapat Diatasi dengan Obat Biasa

4. Nyeri Haid Tidak Normal Tidak Dapat Diatasi dengan Obat Biasa
detik.com

Secara otomatis, Sedulur akan langsung meminum obat pereda nyeri atau antiradang saat haid, hal tersebut dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri saat haid atau juga untuk mengatasi rasa nyeri yang berlebih. Biasanya, jika Sedulur mengalami nyeri saat haid yang tidak normal, meminum obat antiradang atau obat pereda nyeri akan tidak mempan.

Sedulur harus berkonsultasi dengan dokter dan meminta resep khusus sebagai obat pereda nyeri. Hal tersebut dapat membuat Sedulur merasakan perbedaan dari rasa nyeri yang dialami, dan rasa nyeri pun bisa diatasi. Karena dokter biasanya mengetahui penyebabnya secara  tepat dan memberikan obat yang sesuai.

5. Nyeri Haid Normal Terjadi Secara Tidak Teratur

5. Nyeri Haid Normal Terjadi Secara Tidak Teratur
klikdokter.com

Jika nyeri saat haid yang Sedulur alami terjadi secara tidak teratur, hal tersebut menandakan bahwa nyeri yang Sedulur alami saat haid tidak normal. Biasanya, nyeri saat haid yang normal, tidak akan langsung mengalami nyeri di awal. Namun jika nyeri sudah dirasakan di awal, hal tersebut menunjukan bahwa nyeri yang terjadi tidak normal.

6. Nyeri Haid Tidak Normal Tidak Hilang Setelah Haid Selesai

6. Nyeri Haid Tidak Normal Tidak Hilang Setelah Haid Selesai
idntimes.com

Jika masa haid telah berlalu namun Sedulur masih merasakan nyeri, hal tersebut menunjukan bahwa rasa nyeri yang Sedulur alami saat haid tidak normal. Karena umumnya, jika nyeri saat haid hilang ketika masa haid setiap bulannya selesai, maka hal tersebut adalah normal. Namun jika yang terjadi sebaliknya, Sedulur perlu memeriksanya lebih lanjut.

Konsultasikan persoalan ini kepada dokter, karena bisa saja terjadi gejala atau permasalahan lain. Dokter bisa mengetahui persoalannya dan bisa memberikan obat atau saran untuk pencegahan, jika ternyata memang hal buruk yang terjadi.

7. Nyeri Haid Tidak Normal Tidak Merasakan Gejala Mual dan Muntah

7. Nyeri Haid Tidak Normal Tidak Merasakan Gejala Mual dan Muntah
halodoc.com

Jika saat haid Sedulur akan merasakan nyeri yang bisa menyebabkan mual dan muntah, hal tersebut adalah hal biasa yang umumnya terjadi. Namun jika Sedulur haid dan tidak meraskan hal tersebut, bisa jadi Sedulur sedang merasakan haid yang tidak normal. Sedulur bisa langsung memeriksanya kepada dokter, khawatir sesuatu yang berisiko terjadi pada Sedulur.

Apapun penyebab sakit saat haid, Sedulur tentu saja harus melakukan pencegahan agar rasa sakit atau nyeri bisa Sedulur atasi. Sedulur bisa menyiapkan obat yang Sedulur biasa minum untuk mengatasi nyeri saat haid. Sedulur juga bisa membeli produk obat-obatan tersebut di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super memiliki Super Care yang menyediakan setiap obat-obatan untuk kesehatan dan kecantikan. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super.

Jangan lupa pantengin terus Aplikasi Super, karena akan ada flash sale bernama Super Bohay yang pelaksanaannya diperpanjang hingga tanggal 20 Desember 2020 nanti. Jangan sampai Sedulur menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Sedulur bisa klik di sini untuk mempelajari Super Bohay lebih lanjut. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, terdapat banyak program menarik yang bisa Sedulur ikuti untuk mendapatkan keuntungan.