Tidak tahan dengan nyeri haid? Yuk, simak daftar rekomendasi obat pereda nyeri haid di bawah ini!

Ketika memasuki periode menstruasi, Sedulur akan merasakan nyeri di bagian perut, akibat kontraksi otot yang disebabkan oleh menstruasi. Untuk meredakan rasa nyeri, tentu saja Sedulur membutuhkan rekomendasi obat nyeri saat haid. Obat pereda nyeri haid akan sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Terdapat beberapa rekomendasi obat untuk menghilangkan nyeri haid. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa obat nyeri haid paling ampuh. Sedulur mungkin tahu, jangan asal pilih menggunakan obat haid atau obat menstruasi, karena jika tidak cocok bukannya meredakan nyeri haid tapi malah bisa memperparah rasa nyeri.

Yuk, langsung saja kita simak daftar rekomendasi obat sakit perut ketika haid yang ampuh untuk meredakan sakit haid dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Nyeri Haid Normal & Tidak Normal

Daftar Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Haid, Terbukti Ampuh!

1. Ibuprofen

1. Ibuprofen
pharmacy.bix

Obat pereda nyeri haid yang pertama, selain sangat ampuh untuk meredakan nyeri haid, obat ini juga sangat ampuh digunakan untuk meredakan demam, sakit punggung, atau sakit gigi. Obat jenis ini juga termasuk dalam jenis obat golongan OAINS, yang bekerja dengan cara mengurangi produksi hormon yang menjadi penyebab utama munculnya peradangan dalam tubuh dan nyeri. Sedulur bisa meminum obat ini setelah makan dengan dosisi yang sesuai.

2. Asam Mefenamat

2. Asam Mefenamat
bukalapak.com

Sama seperti obat pereda nyeri haid sebelumnya, Asam Mefenamat juga termasuk obat golongan OAINS. Karena obat ini bersifat asam, disarankan untuk meminum obat ini setelah makan. Terutama bagi Sedulur yang memiliki gangguan asam lambung. Asam mefenamat adalah obat yang hanya bisa digunakan untuk jangka pendek, yaitu kurang dari 7 hari, untuk meredakan nyeri yang sifatnya ringan hingga sedang.

3. Naproxen

3. Naproxen
medicalnewstoday.com

Salah satu obat pereda nyeri haid yang dianggap paling ampuh adalah Naproxen, obat yang juga termasuk dalam jenis obat golongan OAINS, yang bekerja dengan cara mengurangi produksi hormon yang menjadi penyebab utama munculnya peradangan dalam tubuh dan nyeri. Sedulur bisa meminum obat ini setelah makan dengan dosisi yang sesuai. Disarankan Sedulur mengkonsumsi obat ini dengan dosis yang kecil terlebih dahulu, terutama bagi Sedulur yang memiliki gejala asma.

Baca Juga: 20+ Manfaat Kunyit yang Ajaib Untuk Kesehatan & Pengobatan

4. Aspirin

4. Aspirin
tirto.id

Jenis obat pereda nyeri haid selanjutnya adalah Aspirin, Sedulur yang berumur di bawah 16 tahun tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini. Karena beberapa kandungan dalam obat ini akan menimbulkan efek buruk bagi yang mengkonsumsi di bawah 16 tahun. Sama seperti Naproxen, obat ini disarankan untuk dikonsumsi dari dosis yang paling rendah terlebih dahulu, terutama bagi yang memiliki gangguan asma, lambung, ginjal dan hati.

5. Ketoprofen

5. Ketoprofen
bukalapak.com

Ketoprofen juga bisa dijadikan obat nyeri haid, terutama yang dirasakan akibat kram menstruasi. Obat ini masih termasuk dalam golongan NSAID, dan biasa digunakan untuk meredakan rasa sakit yang ringan. Bagi Sedulur yang masih berusia remaja, bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri haid satu ini, karena obat ini sangat aman dikonsumsi untuk semua umur.

6. Paracetamol

6. Paracetamol
m.bisnis.com

Obat pereda nyeri haid selanjutnya adalah paracetamol. Paracetamol tidak termasuk dalam golongan OAINS. Jadi jika Sedulur memiliki alergi akan obat-obatan golongan tertentu, paracetamol bisa menjadi salah satu alternatif penggantinya. Obat ini tidak hanya bisa redakan demam, tapi juga rasa sakit tingkat ringan hingga sedang.

Sekian informasi mengenai obat pereda nyeri haid yang telah berhasil dirangkum oleh Superapp.id. Semoga bisa membantu Sedulur untuk menentukan obat mana yang cocok dan harus dibeli untuk meredakan nyeri haid.

Sedulur bisa menyiapkan obat yang Sedulur biasa minum untuk mengatasi nyeri saat haid. Sedulur juga bisa membeli produk obat-obatan tersebut di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super memiliki Super Care yang menyediakan setiap obat-obatan untuk kesehatan dan kecantikan. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super.