Cara Ampuh Memilih Buah-Buahan Segar

Terdapat cara memilih buah yang benar, agar Sedulur tidak mendapatkan buah yang busuk.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin, nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah-buahan secara teratur dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar dalam beraktivitas sehari-hari.

Namun, Sedulur Super perlu mengetahui ada beberapa cara memilih buah-buahan yang wajib Sedulur Super perhatikan agar terhindar mendapatkan buah yang busuk. Jika cara memilih buah-buahan ini tidak diperhatikan, Sedulur Super akan mendapatkan kerugian karena membeli buah yang busuk.

Apa saja cara memilih buah-buahan yang segar yang dapat menguntungkan Sedulur Super? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Tips Memilih Sayuran Segar

Tips Memilih Buah-buahan Segar

1. Pilih Buah Berwarna Cerah

Tips memilih buah-buahan yang segar dan matang pertama adalah dengan melihat warna buah yang akan Sedulur Super beli. Pilih buah yang memiliki warna yang cerah, karena warna buah menentukan tingkat kematangan dari buah itu sendiri.

Jangan memilih buah yang berwarna pucat dan cenderung gelap, biasanya warna buah seperti itu merupakan buat yang terlampau matang dan akan menuju busuk. Tips memilih buah-buahan dengan melihat warna dan tingkat kecerahan adalah hal pertama yang wajib Sedulur Super lakukan.

2. Cek Kulit Buah

Tips memilih buah-buahan selanjutnya adalah cek kulit buah yang akan Sedulur Super beli. Cara memilih buah-buahan ini juga bisa dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kematangan buah yang akan Sedulur Super beli.  Biasanya, buah yang masih segar akan memiliki kulit yang bagus dan tidak rusak.

Sebaliknya dengan buah yang telah terlampau matang dan menuju busuk, akan memilih kulit buah yang keriput, lembek atau bahkan rusak. Tips memilih buah-buahan ini juga berlaku untuk memilih sayuran, lho. Kulit dari buah-buahan bisa menunjukan tingkat kesegaran dan kematangan itu sendiri.

Sedulur Super diharapkan sangat berhati-hati dalam memilih buah, terutama agar terhindar mendapatkan buah yang busuk. Cek kulit buah merupakan salah satu tips memilih buah-buahan yang segar dan matang.

3. Rasakan Tekstur Buah

Cara memilih buah-buahan selanjutnya adalah dengan merasakan tekstur buah dan menekan buahnya. Biasanya, buah yang memiliki tekstur yang lembek merupakan buah yang sudah busuk atau terlalu matang dan menuju busuk.

Tips memilih buah-buahan ini bisa Sedulur Super lakukan setelah Sedulur Super cek warna dan kulit buah. Biasanya, terdapat beberapa buah yang memiliki warna yang cerah dan kulit yang masih bagus namun ketika memegang teksturnya telah lembek dan bahkan busuk.

Tips memilih buah-buahan yang ini akan menentukan apakah buah yang akan Sedulur Super beli tersebut benar-benar matang dan segar atau bahkan telah busuk. Jangan sampai, Sedulur Super mendapatkan kerugian dengan membeli buah yang busuk.

4. Cium Aroma Buah

Tips memilih buah-buahan yang segar dan matang selanjutnya adalah dengan mencium aroma buah. Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan terkadang cenderung manis. Sama seperti warna, aroma sebuah buah bisa menunjukan tingkat kematangan buah-buahan.

Sedangkan buah yang belum matang biasanya cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Selain itu, Sedulur Super wajib menghindari buah yang berbau asam dan menyengat karena bisa jadi buah tersebut telah busuk. Walaupun buah memiliki warna cerah dan menggiurkan.

Selain keempat tips memilih buah-buahan di atas yang umum bisa dilakukan untuk setiap buah, terdapat beberapa tips memilih buah-buahan yang khusus, seperti kepada buah alpukat dan buah naga. Untuk dua jenis buah ini, perlu beberapa tips untuk mengetahui apakah buah alpukat atau buah naga sudah matang atau belum.

5. Periksa Kelopak yang Menutupi Kulit Buah Naga

Kelopak pada kulit buah naga berfungsi seperti daun yang menutupi kulit buah naga. Tips memilih buah naga yang segar dan matang adalah dengan cek kelopak pada kulit buah naga. Pastikan setiap kulit dari buah naga tidak cacat dan sempurna.

Biasanya, buah naga yang memiliki warna kulit yang segar dan tidak memiliki tanda berwarna coklat merupakan buah naga yang segar dan baik untuk dikonsumsi. Ketika Sedulur Super membeli buah naga, dan terdapat tanda berwarna kecoklatan, hindari membeli buah naga seperti itu. Karena biasanya buah naga seperti itu telah busuk atau ada cacat pada daging buah naga.

Baca Juga: Berbagai Macam Bisnis Rumahan

6. Perhatikan Letak Biji Alpukat dan Lihat Bagian Bawah Buah Alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat, buah yang sangat umum sekali kita temui sehari-hari. Cara memilih alpukat matang yang bisa Sedulur Super lakukan adalah dengan memperhatikan letak biji alpukat. Sedulur Super pasti bingung bagaimana menerapkan cara ini ketika alpukat belum dibelah kan?

Cara ini sebenarnya merupakan cara tradisional untuk memilih alpukat. Biji buah yang sudah matang biasanya mudah terlepas dari dagingnya, untuk itu coba goyangkan alpukat dan dengarkan pantulan bijinya. Biji alpukat yang sudah matang biasanya tidak menempel pada dagingnya sehingga akan terdengar bunyi pantulan bijinya apabila digoyangkan.

Selain itu, alpukat yang sudah matang juga biasanya lebih ringan dibandingkan dengan yang masih mentah. Selanjutnya adalah cara terakhir yang bisa Sedulur Super lakukan untuk memastikan alpukat yang Sedulur beli sudah matang, yaitu dengan cara  memeriksa bagian bawah buah, tempat tumbuhnya batang alpukat. Jika lubang tempat tumbuhnya batang tersebut berwarna hijau berarti alpukat sudah matang. Sedangkan, jika berwarna kecoklatan artinya alpukat masih mentah.

Tips memilih buah-buahan di atas semoga dapat membantu Sedulur Super saat akan memilih buah yang segar dan matang. Namun, jika Sedulur ingin membeli buah yang segar dan matang dengan kualitas terjamin tanpa harus ribet. Sedulur Super tinggal belanja buah di Aplikasi Super saja.

Setiap sembako, sayuran dan buah-buahan sekaligus juga setiap barang yang ada di Aplikasi Super sangat terjamin kualitasnya, ditambah harga barang di Aplikasi Super jauh lebih murah dibandingkan tempat lainnya. Yuk, klik di sini untuk Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super.