Buah-buahan merupakan sumber vitamin, nutrisi, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah-buahan secara teratur dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar dalam beraktivitas sehari-hari.

Pentingnya mengonsumsi buah, maka Sedulur perlu mengetahui beberapa cara memilih buah-buahan agar terhindar mendapatkan buah yang busuk. Mengonsumsi buah yang busuk tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh karena nutrisinya sudah berkurang.

Apa saja sih cara memilih buah-buahan yang segar? Yuk, mari kita simak ulasannya.

BACA JUGA: 12 Cuka Apel Vinegar Terbaik dan Paling Laris 2023

-->

Tips Memilih Buah-buahan Segar

1. Pilih buah berwarna cerah

Unsplash

Tips memilih buah-buahan yang segar dan matang pertama adalah dengan melihat warna buah yang akan Sedulur beli. Pilih buah yang memiliki warna yang cerah, karena warna buah menentukan tingkat kematangan dari buah itu sendiri.

Jangan memilih buah yang berwarna pucat dan cenderung gelap, biasanya warna buah seperti itu merupakan buat yang terlampau matang dan akan menuju busuk. Tips memilih buah-buahan dengan melihat warna dan tingkat kecerahan adalah hal pertama yang wajib Sedulur lakukan.

2. Cek kulit buah

Unsplash

Tips memilih buah-buahan selanjutnya adalah cek kulit buah yang akan Sedulur Super beli. Jika Sedulur mengecek kulit buah, bisa mengukur sejauh mana tingkat kematangan buah yang akan Sedulur beli.  Biasanya, buah yang masih segar akan memiliki kulit yang bagus dan tidak rusak.

Sebaliknya dengan buah yang telah terlampau matang dan menuju busuk, akan memilih kulit buah yang keriput, lembek atau bahkan rusak. Jadi pastikan memilih buah dengan kulit yang benar-benar cerah ya Sedulur.

BACA JUGA: Beda Beras Premium dan Medium: Berikut Ciri-Ciri Lengkapnya!

3. Rasakan tekstur buah

Unsplash

Cara memilih buah-buahan selanjutnya adalah dengan merasakan tekstur buah dan menekan buahnya. Biasanya, buah yang memiliki tekstur yang lembek merupakan buah yang sudah busuk atau terlalu matang dan menuju busuk.

Cara ketiga ini bisa Sedulur lakukan setelah memeriksa warna dan kulit buah. Biasanya, terdapat beberapa buah yang memiliki warna yang cerah dan kulit yang masih bagus namun ketika dipegang teksturnya sudah lembek.

4. Cium aroma buah

Unsplash

Tips memilih buah-buahan yang segar dan matang selanjutnya adalah dengan mencium aroma buah. Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan terkadang cenderung manis. Sama seperti warna, aroma sebuah buah bisa menunjukan tingkat kematangan buah-buahan.

Sedangkan buah yang belum matang biasanya cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Selain itu, Sedulur Super wajib menghindari buah yang berbau asam dan menyengat karena bisa jadi buah tersebut telah busuk. Walaupun buah memiliki warna cerah dan menggiurkan.

Itu dia sejumlah tips memilih buah segar yang bisa Sedulur praktikkan. Namun, untuk memilih buah-buah tertentu, ada tips tambahan yang perlu Sedulur perhatikan lho. Seperti misalnya buah naga dan alpukat. Untuk memilih buah naga dan alpukat yang bagus, tak cukup hanya dengan empat tips di atas. Sedulur perlu memperhatikan hal-hal tambahan berikut ini:

1. Perhatikan kelopak pada buah naga

Unsplash

Kelopak pada kulit buah naga berfungsi seperti daun yang menutupi kulit buah naga. Tips memilih buah naga yang segar dan matang adalah dengan cek kelopak pada kulit buah naga. Pastikan setiap kulit dari buah naga tidak cacat dan sempurna.

Biasanya, buah naga yang memiliki warna kulit yang segar dan tidak memiliki tanda berwarna coklat merupakan buah naga yang segar dan baik untuk dikonsumsi. Ketika Sedulur membeli buah naga, dan terdapat tanda berwarna kecoklatan, hindari membeli buah naga seperti itu. Biasanya telah busuk atau ada cacat pada daging buah naga.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Teh Celup Terbaik dan Terbaru 2023

2. Perhatikan letak biji alpukat dan lihat bagian bawahnya

Unsplash

Selanjutnya adalah buah alpukat, buah yang sangat umum sekali kita temui sehari-hari. Cara memilih alpukat matang yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan memperhatikan letak biji alpukat. Sedulur pasti bingung bagaimana menerapkan cara ini ketika alpukat belum dibelah kan?

Cara ini sebenarnya merupakan cara tradisional untuk memilih alpukat. Biji buah yang sudah matang biasanya mudah terlepas dari dagingnya, untuk itu coba goyangkan alpukat dan dengarkan pantulan bijinya. Biji alpukat yang sudah matang biasanya tidak menempel pada dagingnya sehingga akan terdengar bunyi pantulan bijinya apabila digoyangkan.

Selain itu, alpukat yang sudah matang juga biasanya lebih ringan dibandingkan dengan yang masih mentah. Selanjutnya adalah cara terakhir yang bisa Sedulur lakukan untuk memastikan alpukat sudah matang, yaitu dengan cara  memeriksa bagian bawah buah, yakni tempat tumbuhnya batang alpukat. Jika lubang tempat tumbuhnya batang tersebut berwarna hijau berarti alpukat sudah matang. Sedangkan, jika berwarna kecoklatan artinya alpukat masih mentah.

Tips memilih buah-buahan di atas semoga dapat membantu Sedulur saat akan memilih buah yang segar dan matang. Konsumsi buah secara rutin karena bisa menambah energi untuk beraktivitas. Namun, untuk terus menjaga kesehatan, Sedulur juga harus mengonsumsi jenis makanan lain agar asupan seimbang. Tak hanya buah, asupan protein dan karbohidrat juga perlu diperhatikan lho. Asupan protein didapat dari daging-dagingan, sementara karbohidrat bisa didapat dari nasi, kentang, roti, dan semacamnya.

Untuk melengkapi asupan karbohidrat, ada berbagai merk beras premium di Aplikasi Super.  Aplikasi Super adalah aplikasi kulakan kebutuhan pokok yang super lengkap, harga terjangkau, dan menawarkan gratis ongkir. Tak hanya beras, di Aplikasi Super juga tersedia bumbu dapur, cemilan, hingga kebutuhan rumah tangga seperti sabun, sampo, pembersih lantai, dan masih banyak lainnya.