bunga bougenville

Bunga bougenville adalah salah satu jenis tanaman hias yang cukup mudah ditemui dan populer di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini perawatan dan cara untuk menanamnya cukup mudah untuk dipraktikkan. Tak hanya itu saja, jenis tanaman hias ini juga mampu untuk mengurangi polusi udara yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan. 

Tidak ada perbedaan bunga kertas dan bunga bougenville, karena keduanya merupakan jenis yang sama. Apabila Sedulur ingin menanam tanaman kertas untuk memperindah rumah, berikut adalah beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA: Mitos & 5 Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan, Sudah Terbukti!

1. Bougenville Bambino Baby Lauren

gambar bunga bougenville
dekoruma

Bambino Baby Lauren memiliki warna utama ungu yang terkesan lebih lembut. Jenis ini akan mekar dengan sempurna dari musim semi hingga akhir musim gugur. Walaupun demikian, Bambino termasuk jenis bunga bougenville yang tahan terhadap cuaca yang panas. Jadi, jenis ini bisa ditanam dan tumbuh dengan sempurna dengan zona iklim tropis dan mediterania, seperti di Indonesia. 

-->

Sedulur bisa menanam jenis ini dengan mudah di dalam pot gantung atau pot biasa untuk mempercantik rumah. Setelah menanam bibit Bambino Baby Lauren, tunggu selama kurang lebih 12 minggu untuk melihat pertumbuhan jenis ini menuju mekar. Jika sudah mekar, maka pekarangan rumah yang menghiasinya akan tampak lebih hidup serta berwarna. 

2. Bougenville Baby Victoria

Baby Victoria
servergambar

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah Baby Victoria. Hampir sama dengan Bambino Baby Laurent, Baby Victoria juga berwarna keunguan. Namun, warna yang ada dalam gambar bunga bougenville yang satu ini cenderung magenta. Tanaman hias ini akan bermekaran sepanjang tahun dan memberikan kesan elegan jika ditanam di pekarangan rumah.

Pembeda jenis ini dari yang lainnya adalah daunnya yang bercorak kuning kehijauan. Tempatkan tanaman hias ini di sudut pekarangan rumah Sedulur. Selain memberikan kesan yang indah, Baby Victoria juga bisa membuat rumah menjadi segar dan asri.

BACA JUGA: 12 Fakta Bunga Edelweis Cantik yang Langka & Dilarang Dipetik

3. Bougenville Coconut Ice

Coconut Ice
hipwee

Apabila Sedulur lebih menyukai tanaman hias yang menyegarkan sekaligus berwarna lembut, maka Coconut Ice bisa menjadi pilihan. Jenis tanaman hias yang satu ini akan mekar dengan cantik di sepanjang tahunnya. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, varian yang satu ini memiliki jenis kombinasi warna yang beragam dan akan selalu mekar di sepanjang tahun. Untuk itu, Coconut Ice menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi rumah, bahkan di halaman rumah yang kecil.

Ciri-ciri yang dimiliki oleh Coconut Ice adalah daun yang berwarna hijau tua dan polos tanpa memiliki corak. Selain itu, batangnya memiliki warna coklat tua dengan cabang yang banyak tumbuh dari bawah. Sehingga, ia memiliki kesan sebagai tanaman hias yang bergerombol. Harga bunga bougenville jenis Coconut Ice ini ada di kisaran 80 ribuan. 

4. California Gold

harga bunga bougenville
rimbakita

Meskipun California Gold bukan merupakan harga bunga bougenville termahal, namun daya tarik yang dihasilkan sangat menawan. Jenis ini memiliki warna kelopak yang bergradasi dari emas ke jingga. Tanaman hias ini juga mempunyai sifat menggugurkan bunga dengan cepat, tak jauh setelah bermekaran. California Gold juga merupakan salah satu jenis bunga kertas kuning yang paling populer di kalangan masyarakat.

BACA JUGA: 8 Cara Menanam Bunga Hias di Rumah, Agar Cepat Tumbuh

5. Bougenville Gold Rush

Gold Rush
hipwee

Walaupun memiliki warna yang cenderung sama dengan California Gold, jenis yang satu ini mempunyai warna kelopak yang jauh lebih cerah. Warna dari kelopak Gold Rush adalah kuning keemasan yang cocok untuk memberikan sentuhan yang berbeda di halaman tempat tinggal Sedulur. Bukan hanya untuk menghiasi halaman saja, manfaat bunga bougenville yang satu ini juga bisa untuk mengurangi polusi udara. Sehingga, rumah akan menjadi indah sekaligus terbebas dari polusi udara.

6. Barbara Karst

Barbara Karst
kumparan

Barbara Karst merupakan bentuk hibrida lainnya dari jenis Bougainvillea Glabra dan Bougainvillea Peruviana. Warna yang bisa dipilih pun beragam, mulai dari merah, magenta, sampai warna scarlet. Tekstur yang dimiliki dari salah satu jenis bunga bougenville ini adalah halus. Ia juga akan mekar dengan indah di sepanjang tahun. Tak hanya itu, jenis ini bisa digunakan oleh Sedulur sebagai tanaman rambat yang digantung.

BACA JUGA: Inspirasi Model Rak Bunga Kayu Artistik & Cara Membuatnya!

7. Afterglow

bunga bougenville 5 warna
tabloidbintang

Walaupun jenis Afterglow bukan merupakan bunga bougenville 5 warna, namun variasi warna yang ditawarkan cukup beragam. Adapun warna bunga kertas yang satu ini adalah jingga, koral, merah, dan merah muda yang terletak di kelopaknya. Jenis ini juga merupakan salah satu favorit, karena bunganya bisa mekar berulang kali pada sepanjang tahun. Tanaman hias yang dihasilkan dari persilangan antara Bougainvillea Peruviana dan Bougainvillea Glabra ini cocok untuk ditanam di halaman rumah, taman atap, rambat dingin, dan pekarangan rumah.

Tips merawat 1: Pastikan kebutuhan air tercukupi

Tips merawat
unsplash

Setelah mengetahui berbagai jenis bunga bougenville diatas, maka hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah tips merawatnya. Pastikan untuk selalu menjaga kebutuhan air pada tanaman hias ini, ya. Siram tanaman ini setiap hari, dan biarkan sekitar satu inchi pertama dalam tanah menjadi kering, sebelum akhirnya disiram kembali.

Perlu diingat dan diketahui bahwa pertumbuhan tanaman hias akan menjadi terlalu hijau apabila Sedulur menyiram dengan air yang terlalu banyak. Akibatnya, akar pada tanaman hias ini akan menjadi cepat busuk. Namun, jangan memberikan air yang terlalu sedikit juga, ya. Tanaman akan menjadi mudah layu jika air yang diterima terlalu sedikit. 

BACA JUGA: Ini 8 Jenis Bunga Keladi Mahal di Indonesia & Cara Merawatnya

Tips merawat 2: Perhatikan pencahayaannya

perbedaan bunga kertas dan bunga bougenville
unsplash

Karena bunga kertas ini termasuk sebagai tanaman yang suka cahaya matahari, jadi mereka sangat butuh paparan sinar matahari harian supaya bisa berkembang dengan baik. Maka dari itu, jenis ini banyak ditemukan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Apabila Sedulur tidak mempunyai cukup ruang untuk meletakkan tanaman hias ini, maka bisa meletakkannya di dalam rumah saja. Taruh bunga bougenville di dekat jendela yang besar, agar cahaya matahari bisa ditangkap dengan baik. 

Tak hanya itu saja, Sedulur juga harus mempertimbangkan untuk selalu memutar tanaman pada seluruh bagian rumah seiring berjalannya hari, agar cahaya yang didapatkan olehnya bisa cukup. Akan tetapi, hasil pemekarannya mungkin tidak akan sebanyak apabila diletakkan di luar rumah. 

Banyaknya paparan sinar matahari yang didapatkan oleh tanaman hias ini ternyata berkaitan erat dengan saturasi warna yang akan dihasilkan. Bunga yang bermekaran akan memiliki warna yang lebih cerah apabila cahaya yang masuk lebih banyak.

Mitos bunga bougenville

mitos bunga bougenville
ilmupot

Selain mengetahui tentang jenis serta tips perawatannya, ada pula beberapa mitos dan kepercayaan dari bunga bougenville. Berikut adalah beberapa mitosnya. 

Merusak rumah tangga

Misteri bunga bougenville yang pertama adalah dipercaya sebagai salah satu tanaman yang bisa merusak rumah tangga. Salah satu kepercayaan beberapa masyarakat lokal ini juga menganggap tanaman hias ini bisa meningkatkan hasrat seseorang untuk bermain hati dan mengkhianati pasangannya. Kemudian, hubungan akan menjadi renggang dan rumah tangga akan rusak.

Susah mendapat jodoh

Beberapa masyarakat percaya apabila belum memiliki pasangan, sebaiknya tidak menanam tanaman hias ini di depan hunian tempat tinggal. Hal tersebut berkaitan dengan filosofi bunga bougenville dalam adat Jawa, yang menyebutkan bahwa bunga ini memiliki sifat satrio wirang. Artinya, tanaman hias ini akan mendatangkan berbagai dampak negatif bagi sang pemilik rumah. Apabila menanamnya di depan rumha, maka laki-laki yang tinggal di sana akan tidak betah. Jika perempuan. Maka akan sulit untuk mendapatkan jodoh.

Menjadi boros

Fengshui mengatakan bahwa tanaman hias ini tidak boleh ditanam di halaman rumah. Menurut tafsirnya, bunga bougenville dianggap sebagai pertanda buruk dan bisa membuat seseorang menjadi tidak hemat dan selalu menghamburkan uang untuk hal yang kurang bermanfaat.

Itu dia beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui mulai dari jenis, cara merawat, bahkan mitos dan misteri yang beredar di kalangan masyarakat. Walaupun memiliki beberapa filosofi negatif, ada pula filosofi bunga bougenville yang positif, yaitu berarti kebaikan bagi seluruh isi rumah.

Hal ini didasari dengan pemilihan warna yang tepat. Misalnya, merah dipercaya memberikan kekayaan dan keberkahan. Tak hanya itu saja, warna merah juga bisa menghindarkan sang pemilik rumah dari orang yang punya niat buruk. Jadi, apakah Sedulur mempercayainya?