Yaumul ba'ats

Yaumul Ba’ats merupakan peristiwa ketika Allah SWT membangkitkan semua umat manusia yang telah meninggal dari alam kubur. Peristiwa ini dikenal dengan istilah “akan berjalan ke Padang Mahsyar”. Pada peristiwa ini setiap umat manusia akan mendapatkan kebangkitannya setelah ditiupkan sangkakala kedua oleh Malaikat Israil.

Sesungguhnya Yaumul Ba’ats adalah sebuah keniscayaan. Bagi umat muslim, mempercayai peristiwa ini merupakan salah satu bagian dari keimanan. Kebenaran peristiwa ini tercantum dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kita mulai dengan membahas pengertian Yaumul Ba’ats.

BACA JUGA: Pengertian Hari Kiamat: Jenis, Dalil & Tanda-Tandanya

Pengertian Yaumul Ba’ats

Yaumul ba'ats
Wajib Baca

Yaumul Ba’ats pengertiannya adalah suatu hari ketika kiamat datang, Allah SWT akan membangkitkan setiap manusia dari alam kubur. Secara sederhana, Yaumul Ba’ats berarti hari kebangkitan setiap umat manusia yang berjalan menuju Padang Mashyar untuk melakukan penimbangan.

Sedulur dapat memaknai bahwa Yaumul Ba’ats adalah peristiwa yang terjadi antara alam kubur ke Padang Mahsyar. Tempat berkumpulnya semua umat manusia untuk melakukan penimbangan amalan selama hidup di dunia.

Yaumul Ba’ats dalam Al-Qur’an

Baca Madani

Yaumul Ba’ats artinya hari kebangkitan umat manusia yang telah menghabiskan waktunya di alam kubur. Ketika umat manusia yang telah mati kemudian dihidupkan kembali. Terkait peristiwa ini, Allah SWT telah berfirman di dalam Al-Qur’an untuk menerangkan kepada setiap umat manusia tentang setiap ketentuannya. Beberapa ayat dalam surah-surah di Al-Qur’an menjelaskan tentang Yaumul Ba’ats. Tujuannya adalah untuk dipelajari dan diketahui oleh umat manusia.

Ayat tentang Yaumul Ba’ats

Yaumul ba'ats
Diadona

Yaumul Ba’ats yaitu kehidupan setelah kematian. Kebangkitan manusia yang telah meninggal dan hidup di alam kubur. Beberapa ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Yaumul Ba’ats adalah sebagai berikut.

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَإِذَا هُم مِّنَ ٱلْأَجْدَاثِ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنسِلُونَ

Artinya: Lalu ditiuplah sangkakala (yang kedua kalinya), maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya (QS. Yasin: 51).

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ ٱلنَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا۟ أَعْمَٰلَهُمْ

Artinya: Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka (QS. Al Zalzalah: 6).

وَقَالَ ٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ وَٱلۡإِيمَٰنَ لَقَدۡ لَبِثۡتُمۡ فِي كِتَٰبِ ٱللَّهِ إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡبَعۡثِۖ فَهَٰذَا يَوۡمُ ٱلۡبَعۡثِ وَلَٰكِنَّكُمۡ كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ

Artinya: Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya (QS. Ar Rum: 56).

Gambaran kejadian

Kumparan

Yaumul Ba’ats disebut juga sebagai hari kebangkitan. Jika beberapa ayat di atas menjelaskan tentang definisinya, maka dalam QS. An Nahl ayat 38, dijelaskan tentang gambaran kejadian hari ini. Berikut gambarannya.

وَأَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ ۙ لَا يَبْعَثُ اللَّهُ مَنْ يَمُوتُ ۚ بَلَىٰ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Dan mereka bersumpah dengan (nama) Allah dengan sumpah yang sungguh-sungguh, “Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati.” Tidak demikian (pasti Allah akan membangkitkannya), sebagai suatu janji yang benar dari-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

BACA JUGA: Al-Qur’an Surat Al-Hajj Ayat 7, Kepastian Datangnya Kiamat

Hikmahnya

Abu Muhammad

Dari penjelasan terkait dalil di atas, apa hikmah yang bisa kita ambil sebagai umat muslim? Berikut ini adalah hikmah yang bisa didapatkan.

  • Mendorong manusia untuk senantiasa taat dan ikhlas dalam menjalankan perintah Allah SWT.
  • Tanggung jawab dan berhati-hati dalam melakukan setiap perbuatan agar tidak mendatangkan dosa.
  • Menunjukkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
  • Teguh dalam melakukan setiap perbuatan dan pekerjaan yang diridhai Allah SWT.
  • Senantiasa menjalani hidup dengan penuh harap karena yakin adanya pahala dari Allah SWT.
  • Menyadarkan manusia untuk tidak terlena terhadap kesenangan dan gemerlap dunia.

Itulah penjelasan yang bisa Sedulur pelajari terkait hari kebangkitan ini, sebuah ketentuan dari Allah SWT kepada setiap umat manusia ketika setelah kiamat nanti. Semoga dengan mengetahui pengertiannya, kita bisa menjadi umat muslim yang lebih baik lagi ke depannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini ajaI