Bahan makanan tinggi protein merupakan konsumsi sehari-hari dan konsumsi wajib bagi Sedulur yang sedang diet. Bukan hanya untuk diet, protein merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh dan merupakan salah satu nutrisi yang penting.

Maka dari itu, bukan hanya baik untuk diet, namun sebagai sebuah nutrisi penting untuk dikonsumsi untuk tubuh. Terdapat beberapa bahan makanan tinggi protein yang perlu Sedulur ketahui dan wajib dikonsumsi untuk kebaikan tubuh.

Berikut ini beberapa daftar bahan makanan tinggi protein yang wajib Sedulur konsumsi. Apa saja bahan makanan yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Daftar Makanan Bergizi untuk Menambah Tinggi Badan Si Kecil

-->

1. Telur

bahan makanan tinggi protein
iStock

Bahan makanan tinggi protein yang pertama adalah terlur. Semua bagian yang terdapat di dalam telur mengandung protein tinggi yang mudah diserap oleh tubuh. Bukan hanya protein, telur juga mengandung nutrisi seperti vitamin b12, vitamin A hingga selenium.

2. Dada ayam

bahan makanan tinggi protein
iStock

Semua bagian daging ayam tentu mengandung protein, karena daging ayam sendiri merupakan bahan protein hewani yang tinggi. Namun bagian yang mengandung banyak protein adalah bagian dada. Bukan hanya menggandung protein, dada ayam juga mengandung seperti kolin, selenium dan vitamin B.

3. Daging sapi tanpa lemak

bahan makanan tinggi protein
iStock

Daging sapi tanpa lemak merupakan bahan makanan tinggi protein selanjutnya. Dalam daging sapi bebas lemak ini sendiri, tidak hanya ada protein saja. Tapi, juga zat besi serta vitamin B yang mampu mencegah anemia. Sedulur wajib mengkonsumsi daging sapi secara rutin dan berkala.

4. Ikan salmon

bahan makanan tinggi protein
iStock

Ikan salmon adalah rekomendasi bahan makanan tinggi protein yang bisa dikonsumsi selanjutnya. Dalam 100 gram ikan salmon, terdapat sekiranya 9 gram protein. Dalam ikan salmon terkandung berbagai nutrisi seperti potassium, vitamin B6 dan B12.

5. Udang

bahan makanan tinggi protein
iStock

Udang merupakan bahan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Dalam setiap 3 ons udang, terdapat 20 gram protein di dalamnya. Bukan hanya itu, di dalam udang juga terkandung nutrisi yang menyehatkan, seperti antioksidan, yodium, kalsium dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

6. Ikan tuna

Daging ikan tuna
The Spruce Eats

Rekomendasi selanjutnya adalah ikan tuna. Dalam tuna sendiri telah terkandung 16 gram protein per setengah kaleng. Tidak hanya itu saja, dalam ikan tuna juga ada kandungan penting lain, misalnya kalsium, selenium dan potassium.

7. Susu

bahan makanan tinggi protein
iStock

Susu dikenal dengan kandungannya yang tinggi akan protein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Sehingga mengkonsumsi susu merupakan kewajiban, usahakan untuk mengkonsumsi susu murni agar kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya lebih tinggi.

8. Kacang kedelai

iStock

Kacang kedelai merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Bukan hanya itu, kacang kedelai juga mengandung 9 jenis asam amino esensia di dalamnya. Kacang kedelai bisa jadi pilihan untuk makanan yang wajib Sedulur konsumsi.

9. Brokoli

iStock

Jika Sedulur mencari sayuran yang mengandung protein tinggi, brokoli adalah jawabannya. Di dalam sayuran hijau yang satu ini, terdapat 2,5 gram protein per 100 gram. Selain itu, brokoli juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin K dan kalium.

10. Biji labu

iStock

Biji labu merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Dalam 100 gram biji labu terdapat setidaknya 18,9 gram protein. Bukan hanya itu, di dalam biji labu juga terkandung nutrisi lainnya, yaitu vitamin C, zat besi dan kalsium.

BACA JUGA: Daftar Bahan Makanan yang Tahan Lama Tanpa Disimpan di Kulkas

11. Kacang almond

iStock

Kacang almond merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kandungan protein nabati. Dalam setiap 28 gr kacang almond terdapat sekitar 6 gram protein. Selain tinggi protein, kacang almond juga mengandung vitamin E, magnesium, serat, dan mangan.

12. Greek yogurt

iStock

Selanjutnya adalah greek yogurt yang merupakan bahan makanan tinggi protein. Dalam setiap 200 gr greek yogurt, mengandung sekitar 19.9 gr protein yang mencukupi sekitar sepertiga dari rekomendasi asupan protein harian.

13. Quinoa

iStock

Quinoa merupakan bahan makanan tinggi protein yang wajib Sedulur konsumsi, bukan hanya tinggi protein, di dalam quinoa juga terkading banyak nutrisi lainnya seperti serat, folat dan zat besi. Bukan hanya itu, di dalam quinoa juga terkandung 9 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

14. Kerang

iStock

Selanjutnya ada kerang yang juga mengandung tinggi protein di dalamnya. Jenis-jenis kerang seperti oyster, clam, scallops adalah sumber protein  yang baik dengan jumlah protein sekitar 21.8 gr setiap 85 gr kerang. Diolah dengan berbagai resep membuat kerang sangat nikmat dan bermanfaat untuk tubuh.

15. Oats

iStock

Oats merupakan makanan tinggi protein selanjutnya yang wajib Sedulur konsumsi. Oats memiliki kandungan sekitar 13 g protein per 100 gr. Oats juga menjadi sumber karbohidrat kompleks yang baik. Oats juga bisa Sedulur olah dengan bahan makanan tinggi protein lainnya.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Bahan Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

16. Tempe

iStock

Rekomendasi bahan makanan selanjutnya yaitu tempe. Jumlah protein tempe juga tinggi, dalam setiap 100 gr tempe, terdapat sekitar 20 gr protein yang mencukupi sepertiga asupan harian. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang tersedia dengan berbagai jenis resep nikmat.

17. Selai kacang

iStock

Selai kacang yang biasa Sedulur oleskan pada roti juga merupakan makanan yang mengandung tinggi protein. Dalam 2 sendok makan selai kacang saja mengandung sekitar 7.2gr protein. Bagi Sedulur yang sering sarapan roti dan selai kacang, hal tersebut merupakan keputusan yang tepat.

18. Kacang lentil

iStock

Kacang lentil adalah salah satu sumber protein nabati dengan kandungan tinggi. Dalam 100 gr kacang lentil yang telah dimasak terdapat 9 gr protein. Membuat kacang lentil menjadi salah satu pilihan sumber protein yang baik untuk tubuh.

19. Cottage cheese

iStock

Cottage Cheese merupakan jenis keju yang rendah lemak dan kalori, namun tinggi protein. Cottage cheese juga kaya akan kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, dan vitamin B2. Sangat baik untuk tubuh sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

20. Protein powder

iStock

Protein powder adalah sumber protein yang sering digunakan oleh binaragawan atau orang-orang yang ingin meningkatkan massa otot. Protein powder bisa jadi solusi sumber protein saat Sedulur sedang sibuk, sehingga tidak sempat menyiapkan makanan sumber protein lainnya.

Nah itulah daftar bahan makanan tinggi protein yang bisa Sedulur konsumsi untuk menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tentu saja tujuan utamanya agar tubuh Sedulur tetap sehat. Bagi Sedulur yang diet, jangan sampai melewatkan mengkonsumsi protein di atas ya!

Sedulur juga bisa membeli bahan makanan tinggi protein di Aplikasi Super. Bukan hanya itu saja, namun ada berbagai macam produk kebutuhan rumah yang bisa Sedulur dapatkan dengan mudah. Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik lho.

Beberapa bahan lain yang bisa Sedulur dapatkan ketika kulakan mudah di Aplikasi Super antara lain seperti tepung beras, kecap manis, terasi udang, tepung terigu, dan santan kelapa. Yuk, lengkapi bahan dapur di rumah dengan belanja melalui Aplikasi Super dan download di Google PlayStore sekarang juga!