tips mendekor kamar sempit

Beberapa orang mungkin merasa terbatas dalam kamar yang kecil dan merasa tidak memiliki banyak ruang gerak. Namun, bukan berarti tidak ada solusi untuk masalah ini. Ada beberapa tips mendekor kamar sempit yang dapat diterapkan untuk membuat kamar terlihat lebih lapang.

Salah satu caranya adalah dengan memilih furnitur yang tepat dan menempatkannya dengan strategis. Selain itu, pencahayaan yang baik juga dapat membantu memperluas tampilan kamar. Sedulur juga dapat memanfaatkan setiap inci lantai dan dinding dengan trik tertentu sehingga tak ada ruang yang terbuang.

Agar Sedulur tidak bingung lagi, berikut adalah 14 tips mendekor kamar sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman. Kiat-kiat ini dapat diterapkan tidak hanya untuk kamar tidur utama, tetapi juga untuk kamar kos anak-anak yang biasanya memiliki ruang terbatas.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Kamar Mandi Warna Pink jadi Cantik Terbaru 2023

-->

Tips menata kamar sempit

Kamar yang tidak diurus dengan baik mungkin tidak akan meningkatkan produktivitas atau menarik minat Sedulur sama sekali. Padahal seharusnya kamar dapat menjadi tempat yang menyenangkan bagi Sedulur untuk mendapatkan inspirasi atau sekedar merenung.

Oleh karena itu, penting untuk memberikan sentuhan dekorasi yang tepat agar kamar Sedulur menjadi lebih fungsional dan nyaman. Ini dia beberapa tips mendekor kamar sempit yang bisa Sedulur coba:

1. Hindari menyimpan banyak barang

tips mendekor kamar sempit
iStock

Untuk membuat kamar yang sempit terlihat lebih luas, salah satu tips yang pertama adalah mengurangi jumlah barang yang ditempatkan di dalamnya. Pilihlah furnitur yang benar-benar penting dan hindari menempatkan terlalu banyak barang yang dapat memenuhi ruang kamar.

Cobalah untuk menata barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, dan jika perlu, Sedulur dapat menambahkan lemari atau tempat penyimpanan tambahan untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Sedulur juga dapat mengurangi jumlah barang di kamar dengan menyortir semua barang yang tidak lagi berguna, rusak, atau tidak bermanfaat. Meskipun mungkin sedikit memakan waktu, namun dengan melakukan ini, Sedulur akan memiliki lebih banyak ruang kosong yang dapat membuat kamar terlihat lebih lega.

2. Pilih perabotan kecil namun fungsional

The Spruce

Tidak masalah jika Sedulur ingin menempatkan lemari atau meja belajar di dalam kamar tidur Sedulur. Namun, sebagai tips sederhana untuk mengatur kamar tidur yang sempit, pilihlah furnitur dengan dimensi yang kecil.

Sedulur juga dapat menerapkan gaya tertentu dalam dekorasi kamar tidur, seperti gaya minimalis. Salah satu ciri khas dari gaya minimalis adalah filosofi “less is more”, sehingga furnitur yang digunakan biasanya lebih simpel dan minimalis. Dengan memilih furnitur yang ringkas dan sederhana, Sedulur dapat menciptakan tampilan yang lebih lapang pada kamar tidur Sedulur.

3. Gunakan cat warna netral

The Spruce

Salah satu tips mendekor kamar sempit adalah dengan menggunakan warna-warna netral dan lembut pada dinding kamar. Beberapa warna yang direkomendasikan antara lain putih, biru muda, dan abu-abu muda.

Perpaduan warna cat yang dipilih untuk desain interior kamar minimalis ini tidak hanya memberikan kesan lapang pada kamar, tetapi juga menciptakan suasana yang nyaman dan hangat. Dengan menggunakan warna-warna yang tenang dan lembut, Sedulur dapat menciptakan tampilan yang elegan dan minimalis pada kamar tidur Sedulur.

4. Selektif pilih warna dan pola karpet

iStock

Jika Sedulur ingin menciptakan suasana yang lebih nyaman dan berbeda pada kamar sempitmu, Sedulur bisa mempertimbangkan untuk menambahkan karpet sebagai salah satu sentuhan akhir pada dekorasinya.

Namun, sebelum memilih karpet, pastikan Sedulur mempertimbangkan warna dan polanya dengan cermat agar bisa menciptakan efek visual yang lebih leluasa pada kamarmu.Salah satu tips dalam memilih karpet untuk kamar sempit adalah memilih warna-warna netral dan motif garis kecil yang berulang.

Karpet dengan motif garis kecil yang berulang dapat menciptakan ilusi optik pada kamarmu sehingga terlihat lebih luas dan teratur. Pilihan warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige juga dapat membuat kamar terlihat lebih luas dan memberikan kesan bersih dan elegan.

Selain itu, Sedulur juga perlu memperhatikan ukuran karpet yang akan dipilih. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan ukuran kamar dan posisinya. Misalnya, karpet yang hanya sebatas di bawah tempat tidur atau karpet yang mencakup seluruh area kamar. Memilih ukuran karpet yang tepat juga dapat membantu memberikan kesan lebih luas pada kamar.

5. Jangan menggantung baju di belakang pintu

iStock

Banyak orang memiliki kebiasaan yang tidak baik yaitu menggantungkan pakaian pada belakang pintu, yang mana dapat menciptakan suasana ruangan yang sempit dan kurang nyaman.

Selain itu, hal ini dapat meningkatkan suhu di dalam ruangan dan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Lebih bijaksana untuk langsung menaruh pakaian yang kotor ke dalam keranjang cucian dan menghindari menggantungnya di belakang pintu.

Apabila ingin menggantungnya, sebaiknya letakkan pada lemari dan pisahkan dengan pakaian yang bersih. Jangan lupa untuk menambahkan bahan kamper dalam lemari guna menjaga kesegaran dan menghilangkan bau yang tidak sedap.

6. Manfaatkan ruang kosong

iStock

Kosongnya dinding pada ruanganmu bisa dimanfaatkan untuk menempatkan beberapa barang, sehingga tidak semua barangmu perlu diletakkan di lantai. Beberapa pilihan yang dapat Sedulur gunakan antara lain rak dinding dan gantungan baju.

Namun, sebaiknya hindari menggantung terlalu banyak barang pada dinding agar tidak menciptakan kesan ruangan yang sempit dan sumpek.

7. Gunakan tempat tidur bertingkat

iStock

Selain memberikan tampilan yang menarik, ranjang bertingkat juga merupakan salah satu solusi praktis untuk mengatasi masalah ruang di kamar sempit. Dengan memilih ranjang bertingkat, Sedulur dapat menghemat ruang yang terbatas sambil memberikan fungsi yang lebih banyak pada kamar tidur Sedulur.

Terlebih lagi, ranjang bertingkat dapat membantu mengatur kamar yang sempit menjadi lebih rapi dan terorganisir. Selain itu, keuntungan lain dari memiliki ranjang bertingkat adalah Sedulur dapat memanfaatkan ruang di bawah ranjang sebagai area kerja atau tempat penyimpanan.

Sedulur dapat menambahkan meja belajar, rak buku, atau lemari pakaian kecil di bawah ranjang untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Hal ini akan membantu Sedulur memiliki area kerja yang fungsional dan nyaman untuk belajar atau bekerja di dalam kamar Sedulur.

8. Pakai storage tambahan

waktu bermain sudah berakhir - storage kamar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Lemari tidak hanya digunakan untuk menyimpan pakaian, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil. Untuk menciptakan kesan yang rapi, tambahkan penyimpanan tambahan seperti tas, kotak penyimpanan, dan peralatan multifungsi yang tersedia di pasar.

Jika diperlukan, kamar dapat dimodifikasi dengan menambahkan lemari built-in yang melekat pada dinding. Konsep hunian Jepang menawarkan teknik pengaturan ruangan yang fungsional untuk unit kamar mereka.

9. Gunakan hidden storage di tempat tidur

iStock

Tempat tidur adalah salah satu perabot yang dapat dimodifikasi dengan hidden storage. Dibawah tempat tidur, tambahkan beberapa laci yang dapat berfungsi sebagai wadah penyimpanan barang.

Selain dapat menciptakan kamar yang lebih rapi, teknik kreatif ini sangat efektif sebagai tips sederhana untuk menata kamar tidur yang sempit. Banyak orang muda menyukai konsep hidden storage karena dapat membuat kamar menjadi lebih tertata dan rapi.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Cat Kamar Warna Biru dan Pink, Kesan Feminim

10. Aplikasikan cermin

tips mendekor kamar sempit
iStock

Cermin sering kali disebut-sebut dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Tidak perlu memasang banyak cermin di dinding kamar karena akan memakan ruang yang berharga. Sebaliknya, tempatkan cermin besar yang menghadap ke pintu atau jendela kamar. Hal ini dapat menciptakan ilusi optik yang akan membuat kamar terlihat lebih lapang.

11. Buat jendela ke luar

tips mendekor kamar sempit
iStock

Untuk anak kos atau penghuni indekos, kamar dengan luas yang terbatas mungkin menjadi pilihan yang terbaik. Untuk mengakalinya, pilihlah kamar yang memiliki jendela langsung menghadap ke luar ruangan.

Namun, pastikan jendela menghadap ke arah luar ruangan, bukan ke koridor bangunan. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, jendela yang menghadap ke luar ruangan dapat memberikan ilusi optik yang akan membuat kamar terlihat lebih luas.

12. Menjaga kebersihan dan kerapihan kamar

tips mendekor kamar sempit
iStock

Sudah menerapkan berbagai tips menata kamar sempit, namun tetap saja kamar terasa pengap dan tidak nyaman? Salah satu faktornya bisa jadi karena kebersihan dan kerapihan kamar kurang terjaga. 

Kebiasaan membersihkan dan merapikan kamar secara rutin sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyegarkan. Pastikan untuk menyapu dan mengepel lantai kamar, membersihkan debu dari perabotan, serta merapikan tempat tidur setiap harinya.

13. Dekor kamar dengan kreativitas

tips mendekor kamar sempit
iStock

Menghidupkan kamar sempit bisa dilakukan dengan menciptakan dekorasi yang kreatif, baik pada dinding maupun langit-langit ruangan. Sedulur bisa mempertimbangkan untuk menambahkan lemari tanam yang unik agar kamar terlihat lebih menarik. 

Selain itu, gunakan area di bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan tambahan agar tidak memboroskan ruang. Sedulur juga dapat membeli gantungan pakaian yang dapat dipasang di dinding dan pastikan tidak terlalu banyak baju yang digantung agar ruangan tidak menjadi sarang nyamuk.

BACA JUGA: 20 Aturan Feng Shui Kamar Tidur Agar Mendatangkan Hoki!

14. Pakai meja gantung

tips mendekor kamar sempit
iStock

Jika memiliki kamar sempit, gunakan meja gantung untuk memaksimalkan ruang yang ada. Pilihlah rak yang dapat menampung barang-barang yang dibutuhkan dan hindari rak yang terlalu banyak sehingga tidak mengambil banyak ruang. 

Sedulur juga bisa memilih meja tanpa kaki atau meja yang dapat dilipat ke dinding agar tidak memakan banyak ruang. Dengan mempertimbangkan faktor ini, kamar sempit Sedulur akan terlihat lebih lapang dan nyaman.

Demikianlah beberapa tips mendekor kamar sempit yang dapat Sedulur coba untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, terhindar dari kesan sesak, dan pastinya menghemat ruang. Sedulur dapat menerapkan cara-cara tersebut sendiri di rumah untuk menata kamar tidur yang terbatas ruangannya. Semoga bermanfaat!