atap rumah american klasik

Membangun sebuah rumah memang jadi impian semua orang. Ada banyak sekali desain rumah mulai dari minimalis, mediteranian, hingga konsep american klasik yang kembali populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu yang membuat gaya ini naik kembali adalah atap rumah american klasik yang sangat unik.

Jika Sedulur seorang yang menyukai gaya rustik, klasik, tapi juga mengedepankan nilai estetik maka bisa mencoba beberapa ide berikut ini. Kami sendiri sudah menyiapkan cukup banyak ide untuk bisa menginspirasi Sedulur saat membangun rumah dengan gaya atap rumah american klasik.

BACA JUGA: 11 Desain Plafon Rumah Kayu Beserta Langkah Perawatannya

Ciri Gaya Rumah American Klasik

Pexels/Jack Sparrow

Sebelum kita memberikan gambaran tentang atap rumah american klasik, tentu Sedulur perlu mengetahui bagaimana ciri dasar rumah ala negeri Paman Sam ini. Setidaknya ada 3 ciri utama yang bisa membuat rumah memiliki kesan klasik dan estetik ala Amerika.

1. Furniture ukuran besar adalah kunci

Berbeda dengan gaya minimalis yang lebih melihat fungsi dan cenderung memiliki furniture berukuran standar, di mana gaya hunian American klasik mengusung konsep berbeda. Ciri khas dari desain interior rumah klasik ini justru menonjolkan furnitur berukuran besar yang bertujuan meningkatkan kesan mewah.

Hal tersebut terlihat pada pemilihan meja, kursi hingga lampu gantung di beberapa ruangan. Sementara untuk bahan pelapis furnitur biasanya menggunakan kain atau velvet dan ditambah sentuhan kaki ramping dengan bentuk simetris beserta dudukan yang oversize.

2. Mainkan dominasi warna putih pada ruangan

Selain itu, penanda dari gaya rumah American classic juga memiliki palet warna lembut dengan satu tone yang sama. Di mana warna-warna lembut dipadankan melalui pemilihan material dari alam seperti penggunaan lantai kayu, batu atau marmer untuk memunculkan kesan hangat.

Selain itu, adanya aksen di bagian kamar tidur biasanya menggunakan warna pastel yang dominan putih dan krem.

3. Beri sentuhan dekorasi pada dinding

Ciri khas hunian dengan gaya desain interior American klasik cenderung memasukkan detail pada bagian seluruh ruangan. Di mana nuansa klasik dihadirkan dengan konsisten, yakni pemilihan dekorasi dinding.

Ada pun wallpaper yang dipakai memiliki warna lembut disertai elemen alam berupa gambar dedaunan, bunga dan burung-burung. Gabungan dari semua ini akan menghasilkan hunian bergaya klasik yang berkesan mewah, elegan dan nyaman untuk ditinggali.

BACA JUGA: 7 Desain Rumah Mewah Gaya Eropa yang Klasik dan Minimalis

Inspirasi Atap Rumah American Klasik

Setelah mengetahui apa saja ciri khas dari rumah bergaya American. Sedulur bisa langsung menyimak beberapa inspirasi rumah ala barat berikut ini.

1. Gaya atap American klasik tudor revival

Unsplash/Ian Macdonald

Inspirasi rumah yang pertama yakni desain tudor revival. Sama halnya namanya, desain rumah amerika klasik minimalis ini memang terinspirasi dari bangsa Tudor yang memasuki kawasan Amerika.

Untuk fasadnya itu sendiri, rumah ini memiliki garis atap yang menyiku. Bahkan bentuknya mirip dengan segitiga tanpa alas. Sementara untuk keseluruhan bangunan, dominan menggunakan ornamen kayu.

2. Konsep american contemporary house

Gaya rumah american contemporary memiliki eksterior yang mengesankan. Atap segitiga dengan penggunaan atap datar, sehingga tampil lebih modern. Ditambah penggunaan banyak kaca, lantai terbuka dan desain inventif. Bisa dibilang desain bangunan ini perpaduan antara Amerika klasik modern.

Konsep pada hunian ini bergaya simpel dengan garis geometris yang kuat. Arsitektur kontemporer sendiri mulai banyak digunakan pasca perang yang melahirkan banyak ide modern dalam estetika bangunan Amerika. 

3. Mengusung model farmhouse

Inspirasi desain rumah american classic selanjutnya yaitu farmhouse. Untuk membangunnya, Sedulur tak perlu menyiapkan lahan yang luas. Pasalnya, rumah ini memiliki ukuran tak terlalu besar.

Di sekeliling rumah juga perlu dihiasi dengan rerumputan hijau beserta tanaman hias. Agar kesan klasik semakin terasa, Sedulur juga bisa bermain dengan pemilihan cat. Seperti warna merah dan putih.

4. Jangan lupa gaya craftman bungalow

Desain rumah american classic modern yang satu ini sangat cocok bagi Sedulur para pecinta kerajinan. Hal ini karena Craftman Bungalow dihadirkan dengan konsep penuh elemen kerajinan tangan yang berasal dari material kayu, bebatuan, dan bata.

Sedangkan untuk modelnya, biasanya memiliki konsep dasar 2 lantai dan memiliki beranda depan. Lebih lanjut, desain rumah American klasik 2 lantai ini juga menggunakan jendela di panel atas maupun bawah dan memiliki atap rendah.

5. Gaya klasik dengan midcentury modern

atap rumah american klasik
Unsplash/Ian Macdonald

Sedulur juga bisa jadikan desain ini sebagai rumah impian. Rumah ini mampu menampilkan kesan klasik sekaligus modern. Hal ini dikarenakan desain rumah Amerika klasik modern ini menggunakan kaca berukuran besar, ruang terbuka, dan bentuk yang estetik.

6. Coba aja gaya colonial revival

Tertarik untuk memiliki desain rumah ini? Mudah saja. Sedulur hanya perlu membangun desain simetris pada dinding rumah american style dengan menggunakan batu bata merah.

Selain pemanfaatan material tersebut, Sedulur juga perlu menaambahkan pintu masuk megah. Pintu masuk ini juga harus dikelilingi jendela agar terkesan semakin klasik.

7. Atap ranch house yang istimewa

Gaya rumah model ini sering sekali menghiasi film Hollywood dengan setting waktu tahun 1932-1980-an. Desain ranch menjadi salah satu konsep arsitektur yang sering digunakan di sisi selatan dan barat Amerika. 

Rumah ini selalu tampil dengan desain terbuka, garasi besar, penggunaan elemen kaca dan halaman yang luas. Untuk Sedulur yang ingin mencoba desain ini, coba tampilkan khas atap model gergaji miring di satu sisi bangunan. Tambahkan dengan penggunaan tembok batu yang gelap.

8. American klasik ala townhouse

Desain ini menampilkan arsitektur modern dan klasik yang menarik untuk diaplikasikan. Dengan ciri khas dan keunikan tersendiri, desain rumah American style modern ini masih banyak digunakan di era sekarang. Sedulur pun juga jangan sampai ketinggalan untuk ikut menerapkan desain hunian ini.

9. Gaya Richardson Romanesque

Unsplash/Sieuwet Otterloo

Arsitektur Richardson Romanesque dikenal pada tahun 1870 oleh arsitek Henry Richardson.  Rumah gaya Richardsonian Romanesque tampil dengan eksterior dengan material batu dan bata.

Sedulur juga bisa menemukan ciri khas atap rumah ini yang berbentuk asimetris dengan sisi khas Romawi, jendela melengkung dan cerobong asap yang menghiasi atap rumah

BACA JUGA: 10 Desain Rumah Sederhana di Kampung yang Nyaman

Tips Memberikan Gaya American Klasik yang Kental

atap rumah american klasik
Pexels/Pixabay

Bagaimana? Menarik sekali bukan ide-ide terkait atap rumah American klasik di atas. Namun, agar Sedulur bisa membuat kesan gaya amerika yang begitu kental, maka wajib banget mencoba 3 tips ini ya.

1. Gunakan material alami

American Style lebih menyasar pada desain hunian yang simpel dengan penggunaan material alami serta minim berbagai detail dan ukiran. Material alami yang dimaksud adalah kayu atau bisa diganti dengan penggunaan parket atau vinyl motif kayu.

Penggunaan bahan-bahan bernuansa alam ini juga cocok untuk lantai rumah. Selain itu, lantai pada desain ini bisa dengan material marmer atau batu.

2. Coba selalu gunakan atap pelana

Salah satu khas rumah American Style yang tidak boleh ketinggalan adalah bentuk atap yang digunakan. Atap pelana menjadi pilihan yang pas karena pada dasarnya rumah ini lebih memanfaatkan bagian atas sebagai tambahan ruang fungsional.

3. Mainkan pewarnaan

Tak hanya desain dan material, warna banguan american style juga lebih sederhana tanpa banyak pilihan, berkisar warna-warna netral atau pastel. Sedulur bisa menerapkan pilihan warna soft taupe, beige, atau coklat tua untuk bagian dinding atau ruangan.

Sementara warna hitam dapat diperoleh dari warna furniture seperti meja, sofa atau lemari. Perpaduan ini akan menambah kesan hidup dan tidak monoton pada desain interiornya.

Nah, demikian tadi ulasan lengkap tentang atap rumah American klasik yang wajib Sedulur ketahui. Jangan lupa untuk mengikuti tips-tips di atas, apabila Sedulur ingin serius membangun rumah bergaya amerika ya. Jadi selamat mencoba!