rumah mewah eropa modern

Desain rumah mewah Eropa modern sekarang cukup banyak digandrungi. Pasalnya, ide rumah ini memiliki ciri khas tersendiri dan sering menjadi inspirasi bagi negara-negara lain, salah satunya Indonesia. Rumah gaya Eropa bisa dibilang cukup fleksibel, karena kamu bisa membuatnya dengan kesan klasik, minimalis, dan modern.

Desain rumah Eropa ini sudah cukup lama digunakan oleh masyarakat Indonesia karena adanya penjajahan bangsa Eropa dulu kala. Jadi gak kaget kalau sampai sekarang masih menjadi konsep gaya rumah favorit banyak orang.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Rumah Batu Alam Berbagai Gaya, Pasti Suka!

Rekomendasi Rumah Mewah Eropa Modern

rumah mewah eropa modern
One Kindesign

Bagi kamu yang sedang membutuhkan inspirasi gaya Eropa, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi untuk Sedulur. Untuk itu, berikut ini rumah mewah Eropa modern dan minimalis yang bisa menjadi inspirasi. Simak di bawah ini sampai selesai!

1. Rumah Gaya Eropa Sederhana dan Elegan

Siapa bilang rumah gaya Eropa selalu terlihat extravagant dan penuh ornamen dekorasi? Rumah konsep Eropa sederhana rupanya eksis dan bisa dijadikan inspirasi untuk hunian kamu.

Meskipun sederhana, rumah gaya Eropa satu ini tetap tidak menanggalkan kesan elegan. Konsep tiang penyangga depan rumah menjadi elemen yang tidak boleh dilupakan dari hunian ala Eropa. Jangan lupakan atap tinggi, sehingga memberikan kesan megah meskipun bangunan terbilang mungil.

2. Rumah Gaya Eropa Modern

Desain rumah gaya Eropa selanjutnya bisa dipadukan dengan gaya modern. Fasad bangunannya bisa dibuat lebih simpel, minim dekorasi, namun tetap terlihat mewah dan megah berkat dengan penggunaan jendela besar.

Penggunaan warna netral seperti putih sangat disarankan apalagi jika kamu ingin menonjolkan kesan minimalis. Jika takut terlalu monoton, tambahkan aksen penggunaan batu alam pada sebagian kecil fasad rumah gaya Eropa.

3. Rumah Gaya Eropa Klasik

The Spruce

Rasanya tak lengkap jika tak membahas gaya rumah klasik untuk hunian berdesain Eropa. Kesan klasik dan gaya Eropa memang tak bisa dipisangkan soal konsep rumah. Keduanya saling melengkapi, terutama dalam menonjolkan kesan elegan dan mahal pada hunian. 

Jika kamu menyukai desain rumah Eropa yang sedikit ‘kuno’ dan orisinal, maka konsep ini bisa menjadi pilihan. Sedikit tips, fokuslah pada ornamen dekorasi bila ingin menonjolkan tampilan rumah yang elegan. Kesan klasik kian kuat dengan penggunaan detail berupa ukiran pada fasad bangunan. Kamu bisa mengaplikasikannya pada dinding, pilar, bahkan pintu atupun jendela.

4. Desain Rumah Bata Ekspos ala Eropa

Kamu pun bisa bermain dengan material bangunan untuk hunian bergaya Eropa. Misalnya dengan menonjolkan dinding yang terbuat dari batu bata ekspos. Selain fasadnya cantik, rumah batu bata ekspos juga cocok dibangun di iklim tropis.

Warna batu bata ekspos yang tergolong cukup cerah membuat tampilan hunian terlihat lebih mencolok. Supaya tercipta kontras yang apik, kamu bisa mengaplikasikan warna putih pada bagian daun pintu serta jendela.

5. Model rumah Eropa Minimalis

Desain rumah bergaya Eropa tapi minimalis juga sangat apik. Pasalnya, bentuknya tetap menarik dan modern.Rumah yang minimalis bisa menyuguhkan dominasi warna ivory atau putih. Kemudian kamu juga bisa mengandalkan bentuk-bentuk fasad atau dekorasi yang simpel.

6. Rumah Gaya Eropa Modern Kontemporer

Housing

Bagaimana dengan rumah model Eropa bergaya modern kontemporer? Konsep ini biasanya tidak ada pilar atau detail ornamen yang mencolok. Namun desainnya identik dengan kemegahan.

Model rumah Eropa ini punya desain pintu dan jendela yang juga megah dan menawan. Sedangkan untuk jendelanya, rumah klasik Eropa menggunakan jendela berbentuk melingkar atau busur pada bagian atasnya.

7. Rumah Gaya Eropa ala Victorian

Rumah gaya Eropa lain yang terkenal dengan fasad mewah adalah konsep era Victorian. Arsitektur Eropa Victorian merupakan gaya arsitektur dari abad pertengahan hingga akhir abad ke-19, masa kekuasaan Ratu Victoria.

Tak hanya identik dengan material batu, rumah Eropa bergaya Victorian juga memakai kayu untuk bagian eksterior bangunan. Tiga hal paling menonjol dari gaya rumah ini adalah dekorasinya yang asimetris, atap berbentuk limas, dan memiliki nilai seni tinggi.

BACA JUGA: 10 Perabotan Interior Gaya Klasik, Beri Kesan Mewah & Elegan!

Ciri-ciri Rumah Gaya Eropa

rumah mewah eropa modern
Design DCA

Mungkin gak sedikit dari kamu yang masing bingung untuk mengenali rumah gaya Eropa seperti apa. Meskipun desainnya sudah semakin berkembang, tapi konsep ini tidak pernah meninggalkan ciri khas sebagai pakemnya. Untuk itu, berikut ini ciri-ciri rumah gaya Eropa.

1. Atap miring dan tinggi

Salah satu ciri paling menonjol dari rumah gaya Eropa ialah atapnya yang miring dan tinggi. Ciri tersebut sangat berbeda dengan rumah modern yang memiliki atap rata dan sederhana.

Fungsi dari atap yang tinggi salah satunya, yakni untuk membuat hunian terasa lebih sejuk dan nyaman.  Langit-langit tinggi pun bisa jadi solusi dalam menciptakan rumah sehat, sebab sirkulasi udara di dalamnya tergolong baik.

2. Jendela besar

Berbeda pula dengan rumah minimalis pada umumnya, rumah Eropa memiliki jendela besar yang mencolok. Umumnya rumah Eropa cukup megah dan luas, sehingga jendela dengan ukuran serupa dapat menyeimbangkan penampilan dari keseluruhan bangunan.

Sedulur jua  bisa menerapkan ciri ini untuk memberi kesan klasik pada hunian. Jendela ini juga membuat tampilan rumah jadi lebih estetis.

3. Punya banyak detail

Gaya rumah Eropa juga memiliki ciri khas pada bagian fasad, yang umumnya memiliki banyak detail seperti ukiran. Tak jarang juga rumah gaya Eropa menggunakan batu bata atau konsep rumah batu alam sebagai material utama.

Selain membuat struktur bangunan lebih kokoh, penggunaan kedua material tersebut dapat mempercantik tampilan hunian.

4. Balkon dan pilar megah

Jika ingin memberikan tampilan yang lebih elegan dan menawan, biasanya kehadiran balkon dan pilar menjadi sebuah keharusan. Pilar misalnya, menjadi salah satu elemen penting yang kerap ditemukan pada bagian fasad rumah.

Tak perlu terlalu banyak pilar, kamu cukup membangun dua buah pada bagian tertentu agar tampilannya terlihat lebih megah. Begitu juga dengan balkon, kamu bisa membangun satu hingga dua balkon di area yang terbilang mudah terlihat. Balkon akan memberikan kesan klasik dan estetis pada hunian.

Itulah tadi berbagai ide rumah mewah Eropa modern sekaligus klasik dan minimalis yang bisa menjadi inspirasi. Semoga artikel ini bisa memberi wawasan soal rumah Eropa ya.