rumah sederhana di kampung

Gaya rumah sederhana di kampung, dapat menjadi inspirasi dalam membangun hunian yang simpel namun tetap nyaman. Ya, pada umumnya model rumah yang ditemukan di daerah pedesaan, cenderung terlihat sederhana. Sangat berbeda yang ada di kawasan urban.

Desain hunian di perkampungan dan di perkotaan memang beberapa perbedaan, dan paling signifikan ada pada ukuran rumahnya. Walaupun tidak terlalu luas, hunian ala pedesaan benar-benar nyaman untuk ditempati. Dijamin seluruh anggota keluarga jadi lebih sering berkumpul di rumah.

Tidak hanya itu, desainnya simpel dan tak terlalu banyak dekorasi, membuat perawatannya juga menjadi lebih mudah dan tentunya murah. Dengan begitu, Sedulur bisa lebih menghemat pengeluaran dan mengalihkannya untuk biaya-biaya lainnya.

BACA JUGA: 13 Ide Desain Rumah Mediterania Minimalis, Seperti di Luar Negeri!

Model Rumah Sederhana di Kampung

Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai menyukai model rumah sederhana seperti yang ada di kampung. Nah, jika Sedulur penasaran dengan rumah sederhana di kampung dan ingin coba membuatnya, simak beberapa model yang ada di bawah ini.

1. Rumah kampung sederhana atap jerami

Unsplash rumah sederhana di kampung
Unsplash/Mathew Schartz

Seperti yang telah diketahui, rumah di daerah kampung masih banyak yang menggunakan atap dari jerami. Hal itu akan membuat bangunan terlihat lebih alami dan juga tradisional. Atap jerami pun juga sering ditemukan pada gazebo di sebuah kafe maupun gubuk di tengah sawah.

Jerami sendiri memang dikenal tahan lama serta sulit terbakar. Untuk mengaplikasikan jerami pada hunian, jerami tersebut harus diikat dalam satu buntalan terlebih dahulu. Selain itu, jerami juga cukup kuat untuk dijadikan sebagai penopang bangunan.

Jadi tidak heran banyak masyarakat yang menggunakannya untuk menopang dinding bangunan. Sedulur dapat menjadikan model rumah sederhana di kampung dengan atap jerami ini, sebagai inspirasi desain hunian yang terlihat natural dan alami.

2. Rumah panggung sederhana

Mungkin Sedulur sudah tidak asing dengan model rumah yang satu ini. Ya, rumah panggung sendiri merupakan konsep rumah tradisional yang memiliki desain lantai yang dibuat lebih tinggi dari tanah dan masih menggunakan tiang-tiang kayu.

Menariknya, rumah panggung tidak hanya menghadirkan tampilan yang klasik dan estetis, akan tetapi juga menjadi bangunan yang anti banjir dan tahan terdapat gempa. Ketinggiannya yang lebih tinggi dari tahan, sangat berguna untuk manfaat-manfaat tersebut.

Nah, rumah panggung tersebut bisa Sedulur jadikan sebagai inspirasi desain rumah sederhana di kampung yang menarik untuk dipilih. Hanya saja, pastikan untuk menggunakan kayu yang berkualitas terutama untuk tiang penyangga rumah.

3. Rumah kampung dengan halaman luas

Sudah tidak asing lagi jika kita melihat rumah-rumah di daerah kampung dengan halaman yang luas. Sedulur dapat menjadikan hal tersebut sebagai inspirasi, karena halaman yang luas dapat dijadikan sebagai taman yang ditumbuhi dengan rerumputan dan juga pepohonan yang rindang.

Dengan begitu, maka dapat menghasilkan hunian dengan lingkungan yang terasa asri dan segar. Nah, untuk inspirasi desain rumah kampung sederhana di kampung ini, Sedulur bisa menggunakan tiang-tiang kayu dengan ukuran kecil sebagai penyangga utama hunian tersebut.

Rumah pun akan terlihat lebih sederhana serta ciamik. Selain itu, halaman yang luas juga menyediakan ruang yang ideal untuk acara keluarga, piknik, atau bahkan pesta kecil-kecilan. Area ini bisa menjadi tempat berkumpul yang sangat nyaman bagi keluarga dan teman-teman.

4. Rumah kampung minimalis

Bukan hanya kayu dan juga atap dari jerami saja, rumah sederhana di kampung juga banyak yang dibuat dengan menggunakan bata dan semen sebagai material dasarnya. Bahkan, keramik pun juga dapat menjadi salah satu material yang menarik digunakan pada bagian dinding fasad rumah.

Nah, untuk menampilkan kesan hunian yang cantik dan tetap minimalis, Sedulur bisa memilih kombinasi warna seperti cokelat dan orange, putih dan biru, dan lain sebagainya. Desain yang minimalis juga memberikan penekanan pada efisiensi ruang.

Hunian tersebut menghadirkan tata letak yang terorganisir dengan baik, sehingga setiap ruang bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal. Tentu saja ukuran yang lebih kecil dan desain yang sederhana, perawatan rumah ini cenderung lebih mudah.

5. Rumah kampung sederhana tapi cantik

Desain rumah sederhana di kampung ini, lebih mengutamakan fungsi dan estetika. Hal ini bisa diwujudkan dengan memadukan elemen-elemen tradisional yang biasa ditemukan di daerah pedesaan. Untuk fasad rumah, dilapisi dengan cat serba abu-abu sehingga memberikan kesan elegan.

Kendati demikian, kesederhanaannya tetap dipertahankan dengan baik. Namun pastikan furnitur kayu yang digunakan tetap sederhana dan fungsional. Kemudian di sekitar halaman, diberi pepohonan ditempatkan dan tanaman hias yang indah.

Tanaman-tanaman tersebut akan menambah sentuhan alami yang menyatu dengan lingkungan sekitar. Nah, kombinasi elemen alam dan warna mampu memberikan karakter yang unik pada rumah ini. Menjadikannya sebagai tempat yang memesona serta nyaman untuk dihuni.

6. Rumah kampung kayu

Unsplash/Lera Nekrashevich

Ketika Sedulur berkunjung ke kampung halaman, biasanya untuk rumah sederhana di kampung banyak yang masih menggunakan material kayu. Kayu memang telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bahan dan struktur konstruksi bangunan utama.

Perlu untuk diketahui, jika kayu bisa menjadi bahan yang sangat kuat, terlebih kayu tersebut didapatkan dari jenis pohon yang sangat kuat seperti kayu jati, kayu meranti merah, kayu merbau, kayu kelapa, kayu kamper, dan lain sebagainya.

Penggunaan bahan dasar kayu yang berkualitas sebagai material rumah, juga memiliki keunggulan berupa tahan terhadap serangga dan mampu menghadirkan keindahan dekoratif yang ciamik. Sedulur dapat menjadikan rumah sederhana berbahan kayu ini sebagai inspirasi dalam membuat hunian yang menarik.

7. Rumah indah di kampung

Untuk model rumah sederhana di kampung yang satu ini, memiliki struktur bangunan yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu dan batu, sehingga tercipta bangunan yang indah. Bisa dibilang jika hunian ini menyerupai rumah panggung.

Hanya saja, rumah ini dibuat dengan desain yang lebih minimalis tanpa adanya banyak dekorasi dan juga elemen yang berlebihan. Sedulur bisa memilih desain arsitektur yang unik dan menarik seperti atap bertingkat, jendela besar, serta elemen-elemen dekoratif seperti veranda atau teras.

Dengan begitu, maka rumah tersebut dapat memberikan daya tarik visual yang lebih menarik. Selain itu, Sedulur bisa menggunakan palet warna yang terkesan alami dan hangat seperti coklat, krem, hijau, atau biru lembut. Warna-warna tersebut mampu menciptakan suasana yang damai dan bersahaja.

8. Rumah kampung kecil tapi nyaman

Rumah sederhana berukuran kecil, merupakan salah satu desain hunian yang banyak digunakan pada pemukiman tapak di Indonesia. Model hunian semacam ini biasanya cocok untuk tipe rumah 42 atau tipe rumah 36, dengan spesifikasi 3 hingga 4 kamar tidur.

Hunian yang satu ini menggunakan atap genting dengan warna coklat muda, sehingga dapat melengkapi kesan alami yang mempercantik dan menghiasi bagian atapnya. Untuk menambah keindahannya, Sedulur bisa memperkaya rumah ini dengan taman kecil dengan beragam bunga dan tanaman hijau.

Secara tidak langsung, hidup di dalam rumah kecil sederhana bernuansa ala perkampungan memang mampu membantu mengurangi tingkat stres. Atmosfer yang tenang dan juga sederhana dapat memberikan keseimbangan dan juga ketenangan.

9. Model rumah sederhana tapi elegan

Inspirasi rumah sederhana di kampung yang berikutnya ini, memiliki bentuk yang sederhana tapi elegan. Nah, bangunan rumah tersebut memang terlihat sederhana, namun penerapan sejumlah batu alam dan ornamen di bagian fasad, mampu membuat hunian yang satu ini terlihat elegan.

Supaya terlihat lebih cantik, di bagian depan hunian dapat Sedulur tambahkan unsur dekorasi. Misalnya saja seperti motif ukiran yang diaplikasikan di antara jendela atau bisa juga dengan penambahan lampu hias di tiang-tiang fasadnya.

Tidak hanya itu, Sedulur juga dapat menerapkan unsur kehijauan, seperti rumput supaya rumahnya terkesan lebih adem dan asri. Jadi jika ingin membuat model rumah sederhana di kampung, maka desain rumah ini bisa dijadikan sebagai inspirasi. 

10. Model rumah sederhana dengan teras luas

Untuk inspirasi desain rumah sederhana di kampung yang terakhir, ada model rumah sederhana yang memiliki teras luas. Tentu saja teras di bagian tersebut dapat digunakan atau difungsikan untuk beberapa macam kegiatan.

Misalnya saka ketika sore hari tiba, seluruh anggota keluarga dapat berkumpul di teras tersebut. Atau bisa jadi menjadi tempat untuk mengobrol dengan tamu yang datang. Kemudian teras ini bisa juga dimanfaatkan sebagai ruang tambahan ketika diadakan sebuah acara di rumah.

Akan lebih baik lagi jika rumah Sedulur dikelilingi oleh pemandangan alam atau kebun. Teras yang luas ini dapat memberikan pandangan yang lebih terbuka terhadap keindahan yang ada di sekitarnya. Dijamin, waktu berkumpul di teras rumah akan terasa lebih menyenangkan.

BACA JUGA: 18 Desain Ruangan Rumah Minimalis, Sederhana, dan Modern

Tips Membuat Rumah Sederhana di Kampung

rumah sederhana di kampung
Unsplash/Scott Webb

Dari beberapa rekomendasi yang ada di atas, apakah ada model rumah yang menjadi inspirasi Sedulur dalam merancang hunian? Nah, selain itu, ada beberapa tips ketika membuat rumah sederhana di kampung. Kurang lebih, beberapa tips tersebut adalah seperti yang ada di bawah ini.

1. Desain eksterior yang sederhana

Pilihlah desain eksterior rumah yang terkesan sederhana dan juga tradisional. Contohnya saja seperti atap bertingkat dengan kemiringan yang lebar, jendela-jendela besar, serta pintu kayu menjadi ciri khas dari rumah di pedesaan.

Selain itu, tempatkan furniture eksterior yang sederhana di teras atau beranda. Kursi-kursi kayu atau batang bambu dengan bantal-bantal berwarna netral mampu memberikan kenyamanan. Nah, buat tata letak yang asimetris dan tidak terlalu simetris. Hal ini menciptakan kesan keberagaman dan memberikan tampilan yang terasa lebih ramah.

2. Material alami

Yang berikutnya, gunakan material-material alami seperti kayu, batu, dan juga bambu. Material alami tersebut mampu menciptakan tampilan yang terasa lebih rustik dan sejalan dengan estetika pedesaan. Jadi memang penting untuk menggunakannya pada hunian sederhana di kampung.

Sedulur juga bisa menambahkan elemen tradisional lain seperti pagar bambu, ukiran kayu, hingga lampu gantung etnik yang memberikan sentuhan budaya pada desain. Kemudian gunakan lantai atau trotoar batu untuk menghubungkan area eksterior. Material ini mampu mendukung tampilan yang alami dan rustik.

3. Atap jerami atau genteng

Atap jerami atau genteng dengan warna netral dinilai mampu menambahkan sentuhan pedesaan yang terasa sangat kental dan juga khas. Penggunaan dari kedua material tersebut, memberikan penampilan yang tradisional dan alami, sehingga tercipta daya tarik visual dan atmosfer pedesaan yang hangat.

Tidak hanya memberikan penampilan yang indah, atap ini juga menciptakan isolasi termal yang baik. Hal ini berarti hunian akan tetap terasa sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin, mengurangi kebutuhan untuk pemanas maupun pendingin udara.

Penggunaan jerami atau genteng alami juga mendukung prinsip yang ramah lingkungan. Bahan baku tersebut bisa didaur ulang maupun diperoleh dari sumber-sumber yang berkelanjutan.

4. Warna-warna alami

Berikutnya adalah dengan memilih palet warna yang alami dan netral seperti coklat muda, krem, hijau, atau biru muda. Warna-warna tersebut mampu menciptakan kesan yang alami dan juga bersahaja, menciptakan harmoni warna dengan alam sekitar yang memberikan tampilan lebih alami dan meresapi karakter lokal.

Warna-warna alami memang lebih sering digunakan dalam desain rumah pedesaan, karena dapat memberikan daya tarik tradisional yang terasa sangat khas. Hal ini akan membuat rumah tampak akrab dengan lingkungan di pedesaan.

Selain itu, pemilihan warna alami juga dapat membantu menyamarkan batas antara bangunan dan alam sekitar. Rumah terlihat akan lebih menyatu dengan lingkungannya, tercipta tampilan yang lebih alami.

5. Tanaman hias dan kebun

Terakhir hiasi halaman depan dengan tanaman hias dan juga kebun. Taman yang terawat rapi dengan bunga warna-warni dan tanaman sayuran, memberikan nuansa pedesaan yang terasa segar. Tanaman hias dan kebun ini memberikan sentuhan visual yang menyegarkan dan memperindah tampilan rumah.

Nah, kombinasi beragam warna, tekstur, dan juga bentuk tanaman mampu menciptakan pemandangan yang menarik dan dinamis. Selain itu, berkebun di tanaman rumah dapat meredakan stres, meningkatkan mood, serta memberikan rasa kesejahteraan.

Tanaman hias juga akan membantu menyaring udara dari polusi dan menghasilkan oksigen, sehingga menciptakan udara yang lebih segar di dalam ruangan.

Itu dia beberapa inspirasi rumah sederhana di kampung dan tips ketika Sedulur ingin membuatnya. Ya, rumah sederhana ala kampung ini memang memancarkan kehangatan, keasrian alam, dan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan sekitar.

Kelebihan-kelebihan itulah yang membuatnya terasa sangat menarik bagi Sedulur yang mencari kedamaian dan koneksi dengan alam yang lebih mendalam.