aksara murda

Pernahkah Sedulur mendengar tentang aksara Murda? Aksara tersebut merupakan bagian dari aksara Jawa yang apabila kita samakan dengan huruf Latin, maka ia berfungsi seperti huruf kapital. Aksara tersebut biasanya ada pada depan suatu nama, entah itu nama orang, nama tempat, nama lembaga, dan lain-lain.

Masih bingung bagaimana cara penggunaan aksara Murda yaiku apa? Jangan khawatir, Sedulur. Di bawah ini merupakan penjelasan singkat dari pengertian aksara tersebut, perkembangannya, huruf-huruf, hingga aturan penggunaan. Simak baik-baik, ya.

BACA JUGA: Tulisan Aksara Jawa Lengkap dan Cara Mudah Memahaminya

1. Pengertian

pengertian
Depositphotos

Aksara Murda adalah beberapa huruf khusus dalam huruf Jawa yang berjumlah tujuh buah. Fungsi dari aksara tersebut adalah seperti huruf kapital dalam huruf Latin. Ia hanya dipakai pada saat menuliskan nama orang, nama lembaga, nama tempat terkenal, dan nama-nama lainnya.

-->

Penulisan dari aksara tersebut dapat dituliskan di bagian depan kalimat atau dapat juga dituliskan pada keseluruhan kata yang digunakan. Jumlahnya terbatas hanya tujuh buah. Apabila seseorang ingin menulis huruf kapital selain huruf dalam aksara itu, maka gantinya adalah menggunakan aksara Jawa.

BACA JUGA: Kata Serapan: Pengertian & Contohnya dalam Berbagai Bahasa

2. Perkembangan huruf Murda

perkembangan aksara murda
Depositphotos

Dalam penggunaannya sehari-hari, penggunaan huruf Jawa dan juga Murda biasanya dapat digantikan dengan dengan menggunakan huruf Latin. Cara penggunaan tersebut diketahui pertama kali dilakukan pada zaman kolonial Belanda di abad ke-19. Kemudian, sesuai dengan perkembangan teknologi yang pesat, aksara Jawa dan Murda resmi dimasukkan dalam versi Unicode 5.2 sejak 2009. 

Walaupun begitu, kerumitan yang terdapat pada aksara Jawa dan Murda hanya dapat ditampilkan dalam program yang memiliki teknologi Graphite SIL, seperti browser Firefox dan juga beberapa program olah kata yang memiliki sistem open source

Alhasil, penggunaan dari aksara tersebut tidak bisa efisien seperti penggunaan huruf Latin pada umumnya. Kesulitan penggunaan aksara Jawa dan Murda dalam media digital menjadi salah satu faktor kurang populernya aksara pemanfaatan tersebut bagi masyarakat umum.

BACA JUGA: 10 Contoh Naskah Pidato Singkat dengan Berbagai Macam Tema

3. Huruf-huruf yang bisa dipasangi

huruf
passinggrade.co.id

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat tujuh jenis huruf Murda yang kita kenal. Berikut merupakan daftar ketujuh huruf tersebut.

  • ꦟ = Na
  • ꦑ = Ka
  • ꦡ = Ta
  • ꦯ = Sa
  • ꦦ = Pa
  • ꦓ = Ga
  • ꦨ = Ba

Ketujuh huruf di atas juga memiliki pasangan aksara murda masing-masing yang dapat digunakan ketika dibutuhkan dalam suatu kalimat. Sedulur dapat memperhatikan gambar yang tertera sebelumnya.

BACA JUGA: Contoh Mosi Debat Beserta Pengertian & Fungsinya

4. Aturan penggunaan

Grid.ID

Aksara Murda sebagai pelengkap dalam rangkaian huruf Jawa tidak bisa digunakan dengan sembarangan. Terdapat beberapa kaidah dan aturan yang berlaku apabila seseorang ingin menggunakan aksara Murda.

  • Aksara tersebut tidak bisa dijadikan sebagai huruf mati.
  • Sama seperti aksara Jawa biasa, huruf Murda dapat diberi pasangan, atau yang biasa disebut sebagai sandhangan.
  • Awal kalimat tidak perlu selalu menggunakan huruf Murda, kecuali jika pada awal kalimat tersebut terdapat nama orang, gelar, nama lembaga, tempat geografis, dan sebagainya.
  • Cara penggunaannya adalah dengan menyesuaikan urutan mulai dari awal kata hingga akhir kata. Apabila huruf awal tidak memiliki bentuk huruf Murdanya, maka diletakkan di huruf kedua, ketiga, dan seterusnya.
  • Satu kata cukup menggunakan satu huruf Murda, tidak lebih.

BACA JUGA: Notulen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Susunan & Contohnya

5. Aksara murda contoh

Aksara murda contoh
Depositphotos

Setelah memahami pengertian aksara Murda, jenis-jenis, dan aturan pemakaiannya, sekarang Sedulur bisa mulai menerapkannya sendiri. Coba perhatikan contoh-contoh di bawah ini.

  • Indonesia – ꦆꦤ꧀ꦢꦺꦴꦟꦺꦱꦶꦪ
  • Mas Bayu lagi futsal – ꦩꦱ꧀​ꦨꦪꦸ​ꦭꦒꦶ​ꦥ꦳ꦸꦠ꧀ꦱꦭ꧀
  • Pak Andi nitih sepeda – ꦥꦏ꧀​ꦫꦑ​ꦤꦶꦠꦶꦃ​ꦱꦺꦥꦺꦢ
  • Aku lungo menyang Surakarta – ꦄꦏꦸ​ꦭꦸꦔ​ꦩꦺꦚꦁ​​ꦯꦸꦫꦏꦂꦠ

Sedulur sudah lebih paham dengan seluk beluk dari aksara Murda? Ternyata penggunaannya tidak serumit yang dibayangkan sebelumnya, ya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang ingin mempelajari aksara Jawa dan Murda.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!