Mendengarkan pendapat buruk orang lain tentang hidup kita pastinya akan membuat telinga terasa panas. Alih-alih membalas perkataan mereka dengan keburukan yang sama, akan jauh lebih baik jika Sedulur mulai belajar bagaimana cara tidak peduli dengan omongan orang lain.

Selain membuat lelah pikiran, mendengarkan omongan negatif dari orang lain juga akan membuat Sedulur merasa sakit hati. Apalagi jika orang-orang yang berkomentar tidak pernah mengatakan fakta dan hanya berpegang pada opini pribadi. Tentu saja Sedulur akan merasa kesal dengan mereka.

Nah, jika Sedulur sedang mencari tips dan cara tidak peduli dengan omongan orang lain, berikut  ini delapan hal yang bisa Sedulur lakukan agar tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

1. Jangan mudah terpengaruh omongan orang lain

cara tidak peduli dengan omongan orang lain
iStock

Tips dan cara tidak peduli dengan omongan orang lain yang pertama adalah jangan mudah terpengaruh dengan omongan orang lain. Dalam hal ini, omongan yang dimaksud adalah komentar-komentar negatif yang membuat Sedulur merasa sakit hati dan omongan-omongan yang membuat diri sendiri tidak berkembang.

Sebenarnya, mendengarkan omongan orang lain itu boleh saja dilakukan. Apalagi jika tujuannya untuk memberikan saran dan masukan yang membangun. Namun, jika omongan orang lain sudah membuat Sedulur tidak nyaman, maka segeralah pergi dari mereka agar omongan tersebut tidak bisa mempengaruhi Sedulur lebih jauh lagi. 

2. Belajar berpikiran terbuka

cara tidak peduli dengan omongan orang lain
iStock

Belajar untuk bisa berpikiran terbuka dengan banyak situasi juga penting dilakukan sebagai cara tidak peduli dengan omongan orang lain. Sedulur bisa memperbanyak relasi dengan orang lain agar lebih mudah dalam menerima setiap perbedaan, termasuk omongan negatif dari orang lain di sekitar. 

Dengan belajar menerima kritik dari orang lain, Sedulur juga akan semakin cuek dengan omongan mereka ke depannya. Dengan begitu, seburuk apapun orang lain memberikan kritik kepada Sedulur, hal itu tidak akan berpengaruh besar karena sudah terbiasa dengan hal itu. Intinya, Sedulur perlu memahami bahwa sifat setiap manusia itu berbeda-beda.

3. Menjadikan perkataan orang lain sebagai angin lalu 

cara tidak peduli dengan omongan orang lain
iStock

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, cara berikutnya agar tidak terlalu peduli dengan omongan orang lain adalah dengan menjadikan perkataan mereka sebagai angin lalu. Sedulur bisa mendengarkan omongan mereka, namun jangan sampai memasukkannya ke dalam pikiran apalagi hati.

Biarkan semua yang mereka bicarakan begitu saja. Jangan ingat-ingat apapun yang mereka ucapkan untuk melindungi hati Sedulur sendiri. Selain itu, pikirkan juga bahwa Sedulur bukan siapa-siapa, sehingga Sedulur tentu saja hanyalah angin lalu bagi mereka. Dengan begitu, omongan mereka tidak akan berpengaruh apapun dalam hidup Sedulur ke depannya.

BACA JUGA: Contoh Portofolio Fotografi yang Menarik dan Tips Membuatnya!

4. Mengenali diri sendiri 

cara tidak peduli dengan omongan orang lain
iStock

Cara berikutnya adalah dengan mengenali diri sendiri. Cara ini dapat dilakukan untuk mencegah diri memikirkan apa yang dikatakan oleh orang lain. Dengan mengenali diri sendiri, Sedulur bisa melakukan apapun yang selama ini ingin Sedulur lakukan tanpa harus memikirkan orang lain.

Cobalah bertanya pada diri sendiri, untuk siapa sebenarnya hal yang selama ini Sedulur lakukan? Apakah untuk diri sendiri atau untuk memberi kesan kepada orang lain? Jika memang untuk diri sendiri, maka omongan orang lain bukanlah hal yang penting untuk dipikirkan. 

5. Merasa cemas dalam batas wajar

tidak peduli
iStock

Munculnya rasa cemas setelah mendengarkan omongan orang lain adalah hal yang wajar. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Jika memang terpaksa, Sedulur harus bisa menempatkan rasa cemas dalam batas wajar.

Maksudnya, jangan sampai rasa cemas yang Sedulur rasakan setelah mendapatkan perkataan negatif dari orang lain membuat diri Sedulur semakin buruk. Hal ini karena rasa cemas yang berlebihan akan berakibat buruk pada kondisi mental Sedulur sendiri, yang mana hal itu juga bisa membuat Sedulur merasa takut untuk menjadi diri sendiri.

6. Melakukan yang terbaik

tidak peduli
iStock

Cara tidak peduli dengan omongan orang lain berikutnya adalah dengan melakukan yang terbaik. Mengapa demikian? Hal itu karena sebagai manusia, kita memang tidak akan pernah bisa menjadi sosok yang sempurna dan sesuai dengan harapan semua orang. 

Jadi, dengan melakukan yang terbaik, Sedulur sudah berusaha sekuat tenaga untuk menjadi sosok yang baik, terlepas dari pandangan orang lain yang beraneka ragam. Pada akhirnya, Sedulur tidak akan lagi memikirkan perkataan orang lain yang membuat sakit hati ataupun menyalahkan diri sendiri.

BACA JUGA: Tips Jitu untuk Bisnis Properti Tanpa Modal yang Bisa Dicoba!

7. Mengubah mindset 

 tidak peduli
iStock

Mengubah mindset juga dapat membuat diri Sedulur melepaskan omongan negatif dari orang lain begitu saja tanpa memikirkannya. Dengan mindset bahwa omongan orang lain bukanlah hal yang penting, maka rasa tidak peduli dengan mereka akan muncul dengan sendirinya.

Tanamkan juga pada diri sendiri bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, apapun yang mereka katakan tentang Sedulur, bisa jadi itu karena mereka iri dengan Sedulur. Entah iri dengan kebahagiaan yang Sedulur dapatkan, atau hal lain yang tidak Sedulur sadari.  

8. Menjadi diri sendiri

 tidak peduli
iStock

Cara terakhir agar tidak peduli dengan omongan orang lain adalah dengan menjadi diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri, Sedulur tidak akan lagi merasa takut dengan penilaian manusia lain. Biarkan mereka berbicara sepuasnya, jika tidak ada respon apapun yang Sedulur berikan, mereka pasti akan merasa lelah dan berhenti sendiri.

Dengan menjadi diri sendiri, Sedulur tidak perlu menjadi sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Lakukan apapun yang Sedulur sukai dan bahagiakan diri Sedulur dengan sebaik mungkin. Bisa jadi, mereka yang berkata negatif tersebut sebenarnya iri dengan diri Sedulur yang mereka anggap lebih baik.

Demikianlah tips dan cara tidak peduli dengan omongan orang lain yang bisa Sedulur coba lakukan. Semoga beberapa tips dan cara di atas dapat Sedulur terapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, terutama jika ada orang lain yang sering berkata buruk terhadap Sedulur. Tetap semangat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.