Pernahkah Sedulur tiba-tiba mendapatkan panggilan dengan kode nomor 234? Ya, beberapa waktu akhir-akhir ini tidak sedikit netizen Indonesia yang melaporkan kejadian panggilan janggal dengan nomor telepon diawali kode tersebut.

Curhatan terkait panggilan aneh tersebut dapat Sedulur lihat di beberapa grup Facebook atau linimasa Twitter. Biasanya, mereka yang memperoleh panggilan ini akan mendapati smartphone-nya berdering, namun ketika diangkat panggilan akan langsung ditutup oleh penelepon.

Tentunya fenomena ini sangat meresahkan, ya Sedulur. Panggilan dari nomor 234 tersebut tidak jarang mengganggu aktivitas keseharian kita. Pun ada juga yang melaporkan bahwa kuota internet atau nominal pulsa mereka tiba-tiba saja habis setelah menerima panggilan dari kode nomor tersebut. 

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi? Dari mana kode 234 tersebut berasal? Apa sebenarnya tujuan dari panggilan mencurigakan tersebut? Simak informasi singkat berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

-->

BACA JUGA: Dampak Kemiskinan yang Ditimbulkan Beserta Penyebabnya

Fenomena aneh panggilan dari kode 234

234
LinkedIn

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat pada paragraf di atas, beberapa masyarakat Indonesia kerap mendapatkan panggilan aneh ke smartphone-nya. Panggilan tersebut biasanya berkode +234. Panggilan yang diterima biasanya bersifat missed call, atau hanya menelpon nomor Sedulur kemudian tiba-tiba saja mati atau dimatikan dengan sengaja oleh penelepon pada saat kita mengangkatnya.

Tentunya hal ini sangat meresahkan, terlebih lagi jika kita mengetahui kode penelepon tersebut bukan berasal dari Indonesia (+62). Laporan kejadian ini sudah banyak beredar di internet, terutama di media sosial seperti Facebook atau Twitter. Apakah Sedulur merupakan salah satu korban dari panggilan aneh ini?

BACA JUGA: Pengertian Produksi Massal: Keuntungan, Tahapan & Contohnya

Dari mana asalnya nomor telepon kode 234?

234
BBC

Apabila Sedulur mencari di internet, kode 234 ternyata merupakan kode nomor telepon yang berasal dari negara Nigeria. Selain kode tersebut, ternyata banyak juga orang-orang di internet yang bercerita bahwa mereka mendapatkan panggilan dari kode +257 (Burundi), +265 (Malawi), +92 (Pakistan), +7 (Rusia), dan negara-negara lainnya.

Apabila Sedulur adalah salah satu orang yang mendapatkan panggilan tersebut, Sedulur harus benar-benar waspada karena ia adalah salah satu trik penipuan melalui telepon, loh!

BACA JUGA: 24 Pantai Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Datangi!

Salah satu modus penipuan, benarkah?

Technext

Ya, panggilan missed call dari nomor asing tersebut memang merupakan salah satu modus penipuan melalui telepon klasik. Ia sudah ada sejak awal tahun 2000-an, diperkirakan pertama kali dilakukan di negara Jepang. 

Di Jepang, jenis penipuan ini disebut dengan Wangiri. Modus yang dilakukan penipu tersebut ternyata memang sama sejak dahulu, menelpon nomor target lalu dimatikan begitu saja. Beberapa laporan menyebutkan bahwa target yang ditelpon tiba-tiba saja akan kehabisan pulsa atau kuota data internet ketika mereka berusaha menelpon kembali nomor berkode asing itu.

Bagaimana bisa? Ternyata setelah ditelusuri, para penipu tersebut menggunakan akun international rate number (IRN) dari operator seluler setempat. Nomor-nomor yang terdaftar menjadi akun IRN dapat mengenakan biaya super mahal (tiga sampai empat kali lipat tarif telepon biasa) kepada peneleponnya. 

Nah, dari situlah ternyata asal-muasal mengapa ia bisa menyedot pulsa atau kuota data internet penelepon. Penipu biasanya menggunakan trik lain seperti menyuruh penelepon untuk menunggu jawaban lebih lama dengan memutarkan musik atau mengajak penelepon berbasa-basi terlebih dahulu. Dengan begitu, semakin banyak pulsa atau kuota data internet yang dikenakan lalu masuk ke dalam rekening penipu. 

BACA JUGA: 9 Contoh Surat Penawaran Barang yang Baik dan Benar

Cara menghindari modus penipuan lewat telepon

Psychology Today

Sedulur harus waspada ketika mendapatkan panggilan dari nomor telepon berkode luar negeri tersebut. Jangan sembarangan mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal. Perhatikan juga apabila kode nomor berasal dari negara seperti Nigeria, Rusia, Burundi, dan lain-lain, karena ia biasanya digunakan sebagai modus penipuan belaka.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat dari modus penipuan lewat telepon yang menggunakan nomor berkode awal 234. Kode nomor tersebut ternyata berasal dari negara Nigeria. Biasanya, panggilan dengan nomor kode tersebut akan masuk, lalu tiba-tiba saja dimatikan pada saat kita mengangkatnya. 

Salah satu tujuan penipu melakukan hal tersebut adalah untuk membuat kita penasaran, dan menelpon balik si pemanggil. Apabila kita menelpon balik, komplotan penipu ulung tersebut akan langsung melancarkan aksi kejahatannya.

Maka dari itu, kita harus selalu waspada dan tidak mudah terlena akan trik-trik kriminalitas tersebut, ya! Cari tahu terlebih dahulu dari mana kode nomor penelepon berasal. Apabila memang tidak memiliki kolega atau kerabat yang berada di luar negeri, sebaiknya abaikan saja panggilan mencurigakan tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.