Belakangan posisi sebagai social media specialist sangat penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Hal ini tidak lepas dari efek penggunaan sosial media yang bisa meningkatkan kepercayaan publik kepada perusahaan.

Posisi sebagai social media specialist biasanya tidak ada batasan latar belakang. Selama seseorang memiliki kemampuan untuk menganalisa gejolak di dalam sosial media secara tepat dan cepat, seseorang bisa menjadi social media specialist yang handal. Lalu apa saja skill yang perlu dimiliki untuk pekerjaan satu ini? Yuk simak ulasannya berikut ya Sedulur.

BACA JUGA: Pengertian dan Manfaat Social Media Marketing

1. Paham kanal media sosial

Social Media Specialist
Unsplash

Memahami kanal media sosial atau social media channel sangat penting dalam posisi ini. Kenapa? Karena setiap platform media sosial memiliki karakteristik dan ciri khasnya masing-masing.

-->

2. Pandai storytelling

Social Media Specialist
Unsplash

Social media specialist atau SocMed spesialist harus memiliki kemampuan dalam storytelling. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan untuk membangun brand image perusahaan. Ketika socmed specialist sukses membuat story yang tepat untuk perusahaan, maka brand image company akan semakin baik juga.

3. Tepat menggunakan Ads

Social Media Specialist
Unsplash

Iklan di medsos dapat meningkatkan konversi kepercayaan dan penjualan sebuah persuahaan. Untuk itu, social media specialist harus bisa tepat menggunakan Ads karena biaya sebuah iklan biasanya tidak sedikit.

BACA JUGA: Mengenal Kanal Kreasi Fiverr & Cara Menggunakannya

4. Trend perception

Efek media sosial
Unsplash

Setiap platform media sosial biasanya memiliki trend topiknya masing-masing. Hal ini juga harus diperhatikan seorang SocMed spesialist karena isu terbari, update trend, dan pembaruan teknologi bisa menjadi senjata untuk meningkatkan brand perusahaan.

5. Skill analitis

Skill Social Media Specialist
Unsplash

SocMed spesialist tak hanya bisa mengetahui trend apa saja yang sedang diikuti banyak orang tapi juga harus bisa menganalisanya. Ada cukup banyak tools dalam menganalisa sebuah trend yang berkembang di media sosial dan untuk bisa mengumpulkan informasi tersebut, social media specialist biasanya akan membuat data statistik yang rinci.

BACA JUGA: Pengertian Marketing Mix Beserta Konsep, Fungsi & Manfaatnya

6. KPI management

Social Media
Unsplash

Bisa menentukan Key Performance Indicators atau KPI yang sesuai dengan tujuan perusahaan adalah skill wajib social media specialist.

7. Paham visual estetik

Media sosial
Unsplash

Tak hanya harus bisa melihat apa saja trend dan isu yang berkembang, SocMed spesialist juga dituntut untuk memiliki kemampuan visual estetik. Ini penting agar tampilan sosial media perusahaan bisa lebih menarik dan dipercaya oleh masyarakat.

8. Komunikasi yang baik

Komunikasi intrapersonal
Unsplash

Sosial media adalah sarana untuk brand atau perusahaan dalam berkomunikasi secara langsung dengan konsumennya. Untuk itu, kemampuan dalam berkomunikasi harus benar-benar diperhatikan. Dimana SocMed spesialist harus memiliki orientasi persuasif dalam berkomunikasi.

Demikian tadi deretan skill yang wajib banget dimiliki jika Sedulur ingin menjadi social media specialist. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu Sedulur meraih karir yang diinginkan ya!