Associate Growth Manager

Untuk mengembangkan bisnis dalam sebuah perusahaan, Associate Growth Manager bisa dibilang memegang peran yang penting. Itulah mengapa dibutuhkan seseorang yang peka dan memiliki kemampuan analisis data yang baik, sehingga mampu melihat peluang-peluang apa saja yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Tantangan-tantangan itulah yang kini dihadapi oleh Winny Prihutami. Berperan sebagai seorang Associate Growth Manager di Aplikasi Super, membuat Winny harus menghadapi berbagai tugas dan tantangan dalam menumbuhkan bisnis Aplikasi Super sebagai social commerce terbaik di Indonesia Timur.

Jika kamu tertarik dengan perjalanan karier seorang Associate Growth Manager, yuk simak obrolan dengan Winny selama memegang posisi ini di Aplikasi Super.

BACA JUGA: 5 Skill Fresh Graduate yang Wajib Dimiliki di Perusahaan Startup

Perjalanan awal karier Winny

Associate Growth Manager

Jurusan kuliah yang Winny ambil terbilang tak sejalan dengan kariernya saat ini. Ia dulunya mengambil jurusan Teknik Pertanian di Universitas Brawijaya Malang. Setelah jadi sarjana Teknik Pertanian, Winny langsung bekerja di salah satu perusahaan ritel yang ada di Indonesia.

Di perusahaan tersebut ia menduduki posisi sebagai Business Development. Selama menjadi seorang BD, ia bertugas untuk mengakuisisi toko untuk mau bertransaksi di perusahaan Winny saat itu.

Setelah menjalani peran sebagai seorang Business Development, Winny kembali menjajal kemampuannya untuk menjadi seorang Product Commercial di sebuah start up groceries. Di posisinya tersebut Winny dituntut untuk bisa meningkatkan bisnis di cabang Surabaya yang meliputi Monthly Active User, orders, revenue, serta margin.

Setelah merasa cukup menjalani kedua peran tersebut, Winny akhirnya kembali menantang dirinya untuk menjadi Associate Growth Manager di Aplikasi Super. Meski baru sekitar 4 bulan menjadi seorang Associate Growth Manager di Aplikasi Super, sudah banyak pengalaman dan cerita yang bisa ia bagi.

Buat kamu yang penasaran seperti apa peran dan daily task seorang Associate Growth Manager, yuk simak wawancara lengkap dengan Winny Prihutami di bawah ini.

BACA JUGA: Bidang Pekerjaan Paling Diminati Perusahaan Startup. Fresh Graduate Wajib Tahu!

1. Apa yang membuat kamu tertarik menjadi seorang Associate Growth Manager?

Peran ini dapat dikatakan memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang, dimana profitability dan sustainability adalah goals. Selain itu, keduanya merupakan gabungan dari dua function yang aku jalankan di dua perusahaan sebelumnya.

Aku pun merasa tertantang untuk menjalankan berbagai tugas sebagai seorang Associate Growth Manager. Seperti misalnya kami diminta untuk menjaga customer, baik dari kuantitas maupun kualitas. Selain itu, kami juga ditantang untuk menjaga retensi, akuisisi, dan reaktivasi customer dengan cara yang efektif untuk meminimalkan expanding dan promotion cost. Berbagai proses untuk bisa menjalankan tugas-tugas tersebut dengan baik, sejauh ini bisa sangat aku nikmati.

2. Seperti apa sih daily task Associate Growth Manager yang akhirnya membuat kamu menikmati peran ini?

Daily task-ku di function Growth antara lain:

  • Pertama, memimpin proses akuisisi dan reaktivasi user dengan campaign yang atraktif dan efisien. Sehingga bisa mendapatkan ROI (Return of Investment) yang maksimal.
  • Kedua, memastikan para user melakukan retensi kembali.
  • Ketiga adalah mengembangkan strategi ekspansi ke kota-kota baru. Untuk semakin mengukuhkan Aplikasi Super sebagai social commerce nomor satu di Indonesia Timur, kami akan selalu terus mengembangkan strategi ekspansi ke kota-kota yang potensial untuk mengakuisisi customer belanja di Aplikasi Super.
  • Keempat, mengidentifikasi new leads (calon customer potensial) yang sejalan dengan tujuan bisnis perusahaan ke depannya.

Namun, selain tugas-tugas di atas, aku biasanya juga melakukan monthly reporting tentang performa dari program akuisisi dan aktivasi user yang dijalankan kepada COO dan AVP of Corporate Strategy and Growth. Tak berhenti di situ, aku dan tim juga harus bisa memberikan insight tentang customer behaviour dan mendalami tentang customer needs.

Hal ini penting dilakukan karena Aplikasi Super tentunya memiliki karakteristik customer yang berbeda di setiap kota ketika berbelanja menggunakan aplikasi. Sehingga input atau data yang kami kumpulkan dan olah bisa menjadi bahan evaluasi perusahaan untuk jangka panjang.

3. Bagian mana yang paling kamu sukai dari daily task sebagai Associate Growth Manager?

Bagian yang paling aku sukai dari daily task adalah pada saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak tim dan function yang berbeda untuk menjalankan inisiatif yang sudah kita sepakati bersama. Dan aku juga enjoy kalau aku harus menciptakan strategi atau plan untuk meningkatkan produk yang efektif dan efisien.

4. Kalau berbicara tentang kesulitan atau hambatan, apa yang pernah kamu hadapi? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Jadi yang paling menantang itu adalah ketika ada hambatan yang bisa dibilang nggak terduga. Contohnya seperti situasi pasar atau market fit yang tiba-tiba berubah. Untuk mengatasi hal seperti ini, aku biasanya melakukan alignment dengan tim terkait untuk mencari solusi yang tepat. Supaya tindakan yang kami ambil tetap konsisten dengan tujuan bisnis dan memberikan efek nyata bagi keberlangsungan perusahaan.

Selain itu, beberapa kali aku mengalami kesulitan dalam memahami audience atau tipe customer yang akan kami tuju. Jadi salah satu tantangan terbesar dalam memimpin proses akuisisi user baru adalah memahami mereka adalah tipe customer yang seperti apa karena memang belum ada histori pernah bertransaksi di Aplikasi Super.

Jadi aku dan tim harus terus belajar untuk mempelajari tipikal audience target di masing-masing kota, tren terbaru di industri FMCG, serta belajar tips dan trik untuk meningkatkan konversi dari user-user tersebut.

Namun bukan berarti semua kesulitan tersebut tak ada jalan keluarnya. Cara yang aku lakukan antara lain adalah memahami proses dari periode sebelumnya, sehingga bisa menemukan metode seperti apa yang efektif. Dari proses analisis inilah nantinya akan muncul inisiatif baru yang bisa mengatasi kesulitan-kesulitan yang sedang tim kami hadapi. Itulah mengapa analisis data sangat penting bagi function Growth untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga bermanfaat bagi perusahaan.

5. Project apa saja yang pernah atau sedang kamu kerjakan?

Saat ini aku sedang memegang beberapa project antara lain:

  • Akuisisi user baru
  • Melakukan re-aktivasi user
  • Melakukan improving user journey dengan berkolaborasi dengan tim lain. Seperti dari Corporate Strategy, Marketing, Product, Logistic, dan function lainnya.

Lalu kami juga ada project kolaborasi dengan tim lain untuk melakukan up selling produk private label dari perusahaan kepada customer-customer baru ataupun customer yang direaktivasi.

6. Apa yang kamu lakukan agar hasil project yang pernah atau sedang kamu lakukan bisa maksimal?

Jadi supaya project ini berjalan secara maksimal, hal utama yang aku lakukan adalah knowing the data atau pola sebelumnya, jika memang ada project yang sama. Jadi data dan analytical tool itu udah kayak bensin dan mesinnya bagi keberhasilan project yang dijalankan oleh function Growth. Keduanya sangat berperan penting supaya kami bisa mendesain proses yang efektif dan efisien sehingga ROI (Return of Investments) yang diharapkan bisa maksimal.

Selain itu, supaya sebuah project berhasil, function Growth juga melakukan koordinasi dengan tim lain yang terkait untuk merencanakan plan secara lengkap. Lalu kami juga melakukan analisis terhadap kompetitor untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari strategi mereka. Sehingga ada learning process yang bisa kita dapatkan.

Skill set yang harus dikuasai jika ingin menjadi Associate Growth Manager

Setelah mengetahui secara lengkap tentang keseharian dan daily task Winny sebagai seorang Associate Growth Manager, kamu mungkin semakin penasaran tentang kemampuan apa saja sih yang harus kamu kuasai agar bisa terjun di bidang Growth.

Tenang, kali ini Winny juga akan berbagi lho tentang skill set yang harus dikuasai oleh seorang Associate Growth Manager. Pastikan kamu benar-benar bisa menguasai agar bisa diperhitungkan di bidang ini.

  • Leadership

Bagi Winny, leadership adalah skill set paling pertama yang harus dikuasai. Sebab sebagai seorang Associate Growth Manager, kamu akan ditunjuk untuk memimpin berbagai macam project. Jika kemampuan kepemimpinan sudah kamu miliki, kamu akan lebih mudah bekerja sama dengan tim agar project yang dikerjakan bisa berhasil.

  • Analisis data

Seperti yang sudah dijelaskan Winny sebelumnya, data dan analytical tool memegang peranan penting untuk menjalankan daily task di dalam function Growth. Oleh karena itu jika ingin menjadi seorang Associate Growth Manager, kamu harus memiliki kemampuan analisis data yang mumpuni. Kemampuan analisis yang harus kamu miliki baik dari sisi angka maupun kualitas data target pasar secara keseluruhan.

Kemampuan analisis data ini sangat penting karena nantinya akan bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menciptakan produk dan strategi baru untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

  • Kreatif

Sebagai seorang Associate Growth Manager, mampu berpikir out of the box juga terkadang diperlukan. Dalam peran ini, kamu akan dituntut agar mampu menciptakan strategi baru untuk meningkatkan market share perusahaan.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi yang baik dan kreatif juga penting dimiliki. Menurut pengalaman Winny, ia harus banyak berinteraksi, baik dengan internal perusahaan maupun eksternal. Sehingga kemampuan komunikasi harus sangat diperhatikan.

“Communication skill juga sangat penting. Berdasarkan pengalamanku, seorang Associate Growth Manager akan banyak align dan melakukan sosialisasi kepada customer untuk meningkatkan retensi dan jumlah user baru,” jelas Winny.

  • Customer Experience

Terakhir, skill set kunci yang harus dikuasai jika ingin terjun ke bidang Growth adalah customer experience. Kemampuan ini sangat penting karena menjadi faktor yang menentukan apakah seseorang akhirnya menjadi user tetap di Aplikasi Super atau tidak dengan pengalaman yang kamu berikan saat pertama kali calon user mencoba bertransaksi di Aplikasi Super.

“Kualitas pelanggan dan aktivitas yang telah dilakukan seseorang sampai orang itu menjadi user merupakan elemen yang penting. Jadi gimana caranya kami meningkatkan customer experience yang baik ketika berbelanja di Aplikasi Super,” ungkap Winny.

BACA JUGA: Tips Jadi Public Relation Person yang Handal

Tips mengejar karier sebagai Associate Growth Manager

Associate Growth Manager

Tak hanya berbagi skill set apa saja yang harus dikuasai untuk menjadi seorang Associate Growth Manager, Winny juga berbagi tips untuk kamu yang ingin mengejar karier untuk role ini.

  • Menguasai dasar bisnis tempat kamu bekerja

Kamu harus memahami aspek-aspek bisnis pada level yang mendasar di perusahaan tempat kamu bekerja. Sebelum kamu berencana mengembangkan bisnisnya, kamu harus benar-benar paham model bisnis apa yang perusahaanmu jalankan.

Pastikan kamu memahami tentang bisnis perusahaan tempatmu bekerja seperti jargon, cara atau sistem kerja, produk, serta bagaimana cara perusahaan membuat profitability path. Dari data-data inilah, kamu bisa mengembangkan inisiatif baru untuk proses pengembangan.

  • Jangan takut berinovasi

Inovasi adalah kunci keberhasilan seorang Associate Growth Manager. Jangan takut untuk terus mencoba hal baru dan menciptakan produk yang dapat membantu meningkatkan valuasi bisnis dari suatu perusahaan.

  • Membangun hubungan baik dengan customer

Seorang Associate Growth Manager harus bisa menjaga retensi dan membuat customer tetap melakukan transaksi. Jadi kamu harus pintar dalam mengelola hubungan baik dengan customer agar mereka tetap nyaman menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Itu dia hasil obrolan dengan Winny Prihutami seputar perannya sebagai Associate Growth Manager di Aplikasi Super. Semoga jawaban dan tips yang diberikan Winny bisa memberikan gambaran untuk kamu yang sudah berniat terjun di bidang ini.

Apalagi jenjang karir di bidang Growth ternyata cukup menjanjikan lho. Kamu bisa mulai dari entry level, naik ke level spesialis, lead, middle manager, hingga senior manager. Dan tak menutup kemungkinan jenjang karier bisa membawa kamu ke level eksekutif maupun C-Level. Cukup menarik bukan?

Buat kamu yang ingin terjun di bidang yang sama dengan Winny Prihutami, kamu bisa cek berbagai kesempatan di Aplikasi Super di sini ya.