Mobile Development Engineer

Pernah dengar profesi Mobile Development Engineer? Profesi ini merupakan salah satu sosok penting dibalik adanya sebuah aplikasi. Secara garis besar, mereka bertugas merancang, mendesain, sekaligus memelihara aplikasi mobile yang ada di smartphone kamu.

Sama halnya seperti peran Zaula Al Ihsan di Aplikasi Super. Sebagai Mobile Development Engineer, dirinya memastikan agar setiap pengguna Aplikasi Super selalu bisa menikmati kemudahan berbelanja tanpa bug yang mengganggu. Yuk, coba intip kayak gimana cerita Zaula selama berada di Aplikasi Super!

Zaula Al Ihsan, berkarier dari Full-Stack Engineer sampai Mobile Development Engineer

Mobile Development Engineer

Menjadi seorang Mobile Development Engineer profesional seperti Zaula tentunya nggak bisa dijalani secara instan. Proses yang cukup panjang harus dilalui oleh Zaula, bahkan sempat berganti fokus dari software development ke mobile app development. Simak obrolan bersama Zaula berikut mengenai perjalanan awal kariernya dan juga beberapa project masterpiece yang pernah dibuat.

1. Ceritakan singkat tentang kamu dong dan hal apa sih yang buat kamu passionate dalam bekerja?

Halo, perkenalkan aku Zaula. Di Aplikasi Super, aku berperan sebagai Mobile Development Engineer sejak tahun 2018. Sebelum bergabung dengan Aplikasi Super untuk fokus di pengembangan mobile app, aku sempat bekerja di sebuah anak perusahaan BUMN di Jawa Timur.

Overall, aku paling passionate ketika ngulik hal-hal baru. Seneng banget kalo punya kesempatan untuk sharing berbagai macam hal bersama teman-teman engineer. Terutama kalau pembahasan kita itu nantinya bisa diimplementasikan ke Aplikasi Super. Sharing dengan teman-teman non-engineer di sini juga seru, kok. Aku kadang bisa nemuin insight atau sudut pandang baru yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya.

2. Gimana sih perjalanan kamu selama berkarier sebagai Mobile Development Engineer?

Awal perjalanan karier aku sebagai Mobile Development Engineer sebenarnya berangkat dari Full-Stack Engineer dulu. Waktu kuliah, aku udah sering dapat project-project ngembangin aplikasi berbasis web ataupun mobile app. Nah, habis lulus kebetulan dapat tawaran dari dosen untuk join di sebuah anak perusahaan BUMN dan berfokus di software development.

Setelah kurang lebih 2 tahun di sana, aku akhirnya memutuskan untuk join di Aplikasi Super buat menekuni bidang pengembangan mobile app. Jujur dulu sempat kaget sih, soalnya awal-awal memang belum banyak Mobile Development Engineer di Aplikasi Super. Jadi pasti banyak banget yang harus aku kerjain. Dari situ, aku kemudian terlibat juga ke dalam front-end dari web dashboard internal Aplikasi Super dan juga website company profile dari Aplikasi Super.

Di awal tahun 2020, akhirnya mulai banyak engineer baru yang ikut bantu pengembangan mobile app kita. Tentunya perjalanan kita nggak mulus-mulus aja, ya. Banyak ups and downs, dari bug-bug yang kecil di environment development kita sampai bug-bug deduction yang menjadi responsibility kita.

Masuk di tahun 2022, semakin banyak temen-temen engineer yang ada di sini. Aku akhirnya ditunjuk sebagai Engineering Squad Lead yang mengurusi aspek shopping experience di Aplikasi Super sampai sekarang.

3. Project-project apa saja yang kamu banggakan sampai sekarang?

Selama berkarya di Aplikasi Super, jelas banyak project pekerjaanku yang bikin bangga. Contohnya kayak enhancement authorization di Aplikasi Super, di sini aku dan tim memikirkan bagaimana system security Aplikasi Super ini aman digunakan buat user kita. Tapi di sisi lain, kita juga memikirkan bagaimana caranya agar aplikasi kita tetap mudah digunakan oleh end user.

Tak hanya bekerja sama dengan sesama tim Engineer, aku juga sering berkolaborasi dengan departement lain seperti Quality Assurance. Walau deadline padat, tapi aku tetap enjoy mengerjakan task-task yang diberikan karena kerjasama dengan tim sangat solid dan selalu seru bekerja di Aplikasi Super.

Menjadi Mobile Development Engineer yang handal menurut Zaula

Mobile Development Engineer

Pengalaman bertahun-tahun Zaula dalam bidang mobile app development memang patut diacungi dua jempol. Buktinya, Aplikasi Super jadi semakin sat set dan selalu siap untuk membantu penggunanya di Indonesia bagian Timur agar bisa mengakses kebutuhan sembako dengan harga terjangkau. Tak heran, kalau sekarang Aplikasi Super bisa menjadi leading social commerce di Indonesia berkat Mobile Development Engineer handal seperti Zaula dan tim. 

Berbicara soal Mobile Development Engineer yang handal, pastinya banyak tuntutan pekerjaan yang harus Zaula dan tim penuhi. Salah satunya adalah untuk terus up to date dengan segala tren baru di bidang teknologi dan industri. Zaula sempat bercerita sedikit tentang  bagaimana dirinya memenuhi tuntutan pekerjaan tersebut.

Hmmm, sebenarnya  banyak cara sih untuk bisa up to date, tuh. Pertama, mungkin dari diskusi bareng teman-teman internal engineer. Kedua, aku sering dapat cerita dan pengalaman dari teman-teman non-engineer soal pengalaman mereka pakai aplikasi lain. Ketiga, belajar dari previous experience masing-masing engineer di Aplikasi Super,” jelas Zaula secara singkat.

Dukungan untuk terus up to date juga didapat Zaula dari e-course yang dia terima. Ia mengaku bersyukur dengan program Learning Wallet yang disediakan Aplikasi Super. Program ini memungkinkan seluruh karyawan Aplikasi Super bisa memilih kursus online di platform apapun untuk meningkatkan skill mereka. Menurutnya, e-course tersebut membawa banyak manfaat bagi seorang engineer seperti Zaula buat terus belajar dan up to date sama tren-tren di bidang mobile app development ini.

Jadi seorang Mobile Development Engineer yang handal juga nggak lepas dari bermacam-macam tantangan yang dihadapi. Zaula sempat sedikit sharing soal beberapa tantangan yang ia temui selama berkarya di Aplikasi Super.

In my point of view, tantangan terbesar sekarang ada pada device end user. Untuk device end user, kita para mobile app engineer dituntut harus bisa membuat aplikasi yang mumpuni dan bisa digunakan pada setiap device end user, terutama mereka yang mempunyai device dengan spesifikasi menengah ke bawah,” ungkapnya.

Walaupun tantangan tadi cukup menguras pikiran, Zaula tetap bisa ‘Delivering Super Result’ pada setiap proses pengembangan mobile app yang dilakukan. Mulai dari user requirements, product requirements document, pembagian tasks, hingga testing akhir dan rilis. Jadi, semua pengguna Aplikasi Super tanpa terkecuali dapat menikmati pengalaman belanja dan transaksi yang smooth tanpa hambatan sama sekali.

Ada kebanggaan ketika karyanya dipakai ribuan pengguna Aplikasi Super

Bergabung dengan Aplikasi Super di tahun 2018 silam menurut Zaula merupakan salah satu keputusan terbaik yang pernah diambil dalam hidupnya. Lebih dari sekadar bekerja sesuai passion, Zaula pribadi merasa kalau menjalani profesi ini makin seru berkat lingkungan kerja yang mendukung untuk ‘Tumbuh dan Menang Bersama’.

Dari sudut pandang lingkungan kerja, aku menganggap Aplikasi Super itu bukan hanya sekadar kantor tetapi juga tempat bermain bagi aku. Selain flexible hours, Aplikasi Super juga flexible akan segala-galanya asal kerjaan beres. Sering main game online bareng juga, bahkan selalu ikut turnamen game online sesama teman-teman di sini walaupun beda kota,” tutur Zaula.

Terlepas dari semua itu, Zaula mengaku kalau pada akhirnya ia menemukan kebahagiaan tersendiri ketika karyanya di Aplikasi Super bisa bermanfaat bagi ribuan pengguna di Indonesia bagian Timur.

Dan yang paling berkesan dari aku sih karena pekerjaanku bisa digunakan oleh banyak orang dan membawa manfaat besar bagi end user kita. Walaupun end user ada di kota-kota kecil, mereka tetap bisa menikmati belanja sembako dengan harga terjangkau melalui Aplikasi Super,” jelasnya.

Pesan Zaula buat kamu yang ingin terjun ke dunia mobile app development

Sebagai penutup dari obrolan bareng Zaula, ia memberikan beberapa pesan buat kamu yang sedang mengejar profesi sebagai engineer. Zaula menekankan pada tiga hal, mulai dari jangan pernah berhenti untuk belajar hal-hal baru, nggak takut untuk mencoba sesuatu, dan komunikasi.

  • Terus belajar hal-hal baru

Menurutnya, sebagai seorang engineer secara umum, wajib hukumnya untuk terus belajar hal-hal baru. Memperbanyak experience dan portofolio bakal membawa banyak manfaat untuk perjalanan karier engineer profesional ke depannya.

  • Jangan ragu mencoba sesuatu, nggak usah takut salah

Zaula juga berpesan agar tidak takut untuk mencoba sesuatu. As an engineer, wajar kok ketika mencoba sesuatu terus salah. “Kalau ada salah kan masih bisa di-undo. Tapi ya jangan sering-sering salah juga sih, hehe,” tambahnya.

  • Komunikasi adalah salah satu kunci sukses

Komunikasi juga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan oleh seorang engineer. Jangan hanya karena sehari-hari berkutat dengan proses pengembangan aplikasi, terus jadi lupa soal masukan dan sudut pandang dari temen-temen non-engineer. Padahal masukan dan sudut pandang itulah yang bisa membuat aplikasi karya seorang engineer berhasil.

Ingin berkarier di bidang mobile app development seperti Zaula? Yuk, segera cari tahu peran apa yang cocok buat kamu di Aplikasi Super melalui tautan ini!