Sebagai seorang fresh graduate, Sedulur tentu tengah semangat untuk mencari kerja. Kini peluang pekerjaan begitu banyak, ditambah banyaknya startup yang tumbuh dengan baik di Indonesia.

Namun, sebagai fresh graduate tentu Sedulur harus tahu apa saja kebutuhan skill yang diperlukan oleh startup. Nah, Sedulur tidak usah khawatir, berikut ini akan kita jelaskan beberapa daftar skill yang biasanya dibutuhkan perusahaan. Yuk, kita cek bersama!

1. Good communication

fresh graduate
Daily Suka

Skill pertama dan paling penting dimiliki oleh fresh graduate yang ingin bekerja di startup adalah komunikasi yang baik. Di tempat kerja, kita salalu berinteraksi dengan lingkungan yang heterogen, baik dari usia, karakter ataupun pemirikan. Terutama di startup dengan lingkungan kerja yang cepat, kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan.

2. Teamwork

Warta Ekonomi

Teamwork atau kerja tim merupakan skill yang wajib dimiliki oleh Sedulur, terutama bagi yang berniat bekerja di startup. Kamampuan ini sangat membantu Sedulur dalam menuntaskan setiap pekerjaan dan project yang diberikan oleh kantor.

-->

3. Leadership

fresh graduate
Pixel

Kepemimpinan atau leadership dibutuhkan oleh setiap pekerja, dengan kemampuan memimpin yang baik, kamu dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan. Ditambah lagi, di dalam startup biasanya setiap karyawan akan diminta memegang satu project atau campaign yang melibatkan karyawan lain lintas departemen. Pada titik ini, kemampuan memimpin dibutuhkan.

4. Problem solving

Deposit Photos

Seorang fresh graduate dianggap memiliki ilmu yang masih segar yang didapatkan saat kuliah. Ilmu tersebut diharapkan dapat membantu startup atau perusahaan besar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Serta tentu saja dapat membantu perusahaan menciptakan inovasi-inovasi baru.

5. Public speaking

fresh graduate
Kerjoo

Tidak sebuah orang yang memiliki kemampuan public speaking yang baik, oleh karena itu skill ini merupakan kelebihan yang akan sangat bermanfaat. Terutama bagi Sedulur yang seorang fresh graduate dan bekerja di startup. Kemampuan public speaking yang baik juga dapat membantu Sedulur untuk mendapatkan jenjang karir yang baik.

Dari daftar skill di atas, apa yang belum kamu miliki? Jika Sedulur merasa memiliki semua skill yang dijelaskan di atas, Sedulur bisa langsung mengirim lamaran ke startup yang ada di Indonesia. Aplikasi Super merupakan salah satu startup di Indonesia yang bisa jadi tempat Sedulur berkarir. Sedulur bisa cek peluang karir yang tersedia di sini.