urutan nonton violet evergarden

Bagi Sedulur yang menyukai anime, pasti sudah tidak asing lagi dengan anime Violet Evergarden. Salah satu anime yang disukai karena memiliki alur cerita yang penuh drama, visual yang memukau, musik yang bagus, dan karakternya yang begitu kuat. Jadi tidak heran jika anime ini memiliki jutaan penggemar di dunia. Namun, urutan nonton anime Violet Evergarden cukup membingungkan untuk para penonton baru.

Beruntung dalam artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang urutan nonton anime Violet Evergarden agar kamu tidak bingung dengan plot ceritanya. Jika kamu penasaran sebelum menonton animenya. Mari simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: Urutan Anime Nanatsu No Taizai (The Seven Deadly Sins)

Sinopsis Violet Evergarden

Geeks Under Grace

Sebelum Sedulur mengetahui urutan nonton Violet Evergarden, Sedulur harus tahu terlebih dahulu seperti apa sinopsis dari anime satu ini. Anime ini menceritakan tentang perempuan bernama Violet. Violet, perempuan muda yang dibesarkan di medan perang dipisahkan dari orang-orang terdekat.

Bukan hanya orang terdekat, namun juga orang-orang yang berperan penting bagi kehidupannya, yakni Mayor Gilbert yang tewas dalam pertempuran. Ia kemudian harus memahami hidup dan berhubungan dengan orang sekitarnya.

Suatu hari, Violet bekerja sebagai Auto Memories Dolls, sebuah layanan yang disediakan oleh Perusahaan Pos tempat para gadis menulis surat. Ia kemudian bergabung untuk menemukan arti cinta.

Secara garis besar, sinopsis dari Violet Evergarden sebagaimana yang dijelaskan di atas. Selanjutnya, kita masuk ke penjalasan penting yaitu urutan nonton Violet Evergarden. Berikut ini adalah urutan nonton anime satu ini:

1. Violet Evergarden (Series Episodes 1–4)

urutan nonton violet evergarden
Teen Central

Urutan pertama yaitu Violet Evergarden Series dengan 1 hingga 4 episode. Bercerita tentang perang besar telah usai, Violet kemudian memulai hidup baru dengan bekerja di CH Postal Service. Violet melihat “Auto Memory Doll”, sebuah layanan yang digunakan untuk menuliskan perasaan dan pikiran seseorang ke dalam sebuah kertas.

Saat bekerja, Violet memiliki petualangan menarik dengan kliennya sekaligus pencarian jati dirinya tentang arti cinta. Sedulur bisa menonton episode 1–4 terlebih dahulu, lalu lanjut menonton Violet Evergarden: Kitto “Koi” wo Shiru Hi ga Kuru no Darou (special).

Setelah itu, Sedulur bisa menonton serial anime ini episode 5–13 agar bisa disaksikan secara kronologis.

2. Violet Evergarden: Kitto “Koi” wo Shiru Hi ga Kuru no Darou (special) (2018)

Sebelum menonton episode 5–13, Sedulur bisa menonton Violet Evergarden: Kitto “Koi” wo Shiru Hi ga Kuru no Darou (special) ini terlebih dahulu. Dalam anime ini, CH Postal Service menerima permintaan surat cinta dari Irma Felice. Violet kemudian menemui Irma, sang penyanyi opera, untuk menanyakan detail surat yang akan dituliskan.

Namun, keinginan Irma untuk surat tersebut terkesan samar dan kompleks, serta membuat Violet kesulitan dalam menulis surat. Alhasil, Irma tidak puas dengan hasilnya. Violet kemudian meminta teman-temannya untuk menuliskan surat cinta yang akan digunakan oleh Irma. Namun, Irma menolaknya. Kemudian, Violet bersama Irma sama-sama mencari makna pesan yang tepat.

BACA JUGA: Urutan Anime Baki Terlengkap dan Berdasarkan Alur Cerita!

3. Violet Evergarden (Series Episodes 5–13)

urutan nonton violet evergarden
Lost in Anime

Setelah menonton Violet Evergarden: Kitto “Koi” wo Shiru Hi ga Kuru no Darou (special), Sedulur bisa melanjutkan Violet Evergarden (Series Episodes 5–13). Serial ini melanjutkan kisah Violet sebagai “Auto Memory Doll” di CH Postal Service untuk mengirimkan surat sesuai permintaan kliennya.

Banyak tantangan dan kisah menarik yang bisa Sedulur saksikan dalam serial anime ini.

4. Violet Evergarden Gaiden: Eien to Jidou Shuki Ningyou (movie) (2019)

Dalam film Violet Evergarden Gaiden: Eien to Jidou Shuki Ningyou, Violet menjadi pelayan pribadi dari Isabella, putri keluarga bangsawan York. Isabella awalnya tak menggubris Violet, tetapi dengan kegigihannya akhirnya Isabella luluh.

Isabella kemudian mengetahui perjuangan dan jati diri Violet sebelumnya. Ia kemudian meminta Violet untuk menemukan adiknya, Taylor Bartlett. Dengam pengalamannya sebagai “Auto Memory Doll” di CH Postal Service, Violet membantu Isabella untuk menyampaikan pesan kepada adiknya yang telah lama hilang.

5. Violet Evergarden: The Movie (2020)

urutan nonton violet evergarden
BiliBili

Setelah pembangunan semakin maju, “Auto Memory Doll” semakin sepi peminat. Dalam film ini,Violet berusaha untuk menemukan arti dan makna cinta. Ia kemudian ingin mencari seorang pria yang pernah mengatakan “Aku mencintaimu” kepadanya. Apakah pria tersebut masih hidup?

Nah itulah urutan nonton Violet Evergarden disertai dengan sinopsis singkat. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur sebagai panduan untuk menonton anime satu ini. Jangan lupa siapkan camilan dan aneka minuman saat maraton nonton Violet Evergarden.