urutan nanatsu no taizai

Anime Nanatsu No Taizai sedang banyak dibicarakan oleh pecinta film beberapa waktu terakhir. Selain karena sudah tayang di beberapa kanal nonton online berbayar seperti Netflix. Nanatsu No Taizai juga baru saja memiliki film spin off yang tayang di bioskop. Hal ini kadang membuat para pecinta film bingung dengan urutan Nanatsu No Taizai yang benar.

Memang, anime karya dari Tensai Okamura ini memang memiliki jalan cerita yang cukup membingungkan. Hal ini tak lepas dari karakter utamanya bernama Meliodas memiliki plot twist di masa sekarang dan masa lalu. Lantas, seperti apa sih cara dan urutan nonton Nanatsu No Taizai yang benar agar tidak bingung? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 45 Rekomendasi Anime Shounen Terbaik untuk Ditonton!

The Seven Deadly Sins (2014)

urutan nanatsu no taizai
IGN

Urutan Nanatsu No Taizai yang pertama untuk Sedulur tonton adalah seri The Seven Deadly Sins pertama yang rilis pada tahun 2014. Dalam seri ini, menceritakan awal mula terbentuknya Nanatsu No Taizai. Namun. mereka malah dituduh mencoba menggulingkan monarki. Para pejuang yang ditakuti sebagai Seven Deadly Sins dikirim ke pengasingan. Putri Elizabeth menemukan kebenaran, bahwa mereka dijebak oleh penjaga raja, Ksatria Suci.

Meski terlambat untuk mencegah mereka membunuh ayahnya dan merebut takhta. Sekarang sang putri dalam pelarian, mencari para pejuang tadi untuk membantunya merebut kembali kerajaan. Tapi Sin pertama yang dia temui, Meliodas, adalah pemilik penginapan kecil dengan babi yang bisa berbicara.

The Seven Deadly Sins OVA: Ban Story (2015)

Urutan kedua adalah tentang OVA yang masih berhubungan dengan seri sebelumnya. Pada cerita kali ini, berfokus pada pengenalan tokoh Ban yang memiliki masa lalu begitu suram dan getir. Dari episode ini juga, Sedulur juga akan diajak mengilas balik bagaimana Ban bisa menjadi tokoh abadi dan begitu penting dalam Nanatsu No Taizai. Walaupun jika Sedulur tidak menonton seri ini, kamu tetap bisa menikmati dan melanjutkan menonton Nanatsu No Taizai ke episode selanjutnya.

The Seven Deadly Sins: Signs of A Holy War (2016)

Judul aslinya adalah Nanatsu no Taizai: Seisen no Shirushi. Cerita orisinal empat bagian oleh mangaka Nakaba Suzuki. Setelah mengambil kembali kerajaan Leones dari Ksatria Suci, Nanatsu no Taizai bersama dengan Elizabeth dan Hawk, akhirnya dapat menikmati kehidupan damai yang mereka peroleh. Namun, dengan firasat ancaman baru, hari-hari bahagia dan biasa mereka akan segera berakhir.

The Seven Deadly Sins: Revival of the Commandments (2018)

urutan nanatsu no taizai
AnimeCrack

Judul aslinya adalah Nanatsu no Taizai: Imashime no Fukkatsu. Melodias, Hawk, dan Elizabeth merebut kembali Kerajaan Leones dari Ksatria Suci. Festival berlangsung tanpa hambatan dan para kru menikmati kedamaian yang mereka peroleh dengan baik. Namun, ancaman lain tampak. Ten Commandments, sekelompok prajurit elit klan iblis, mengincar kerajaan.

The Seven Deadly Sins the Movie: Prisoners of the Sky (2018)

Judul aslinya adalah Nanatsu no Taizai Movie: Tenkuu no Torawarebito. Nanatsu no Taizai melakukan perjalanan ke tanah terpencil untuk mencari “ikan langit.” Meliodas dan Hawk berakhir di “Istana Langit” yang ada di atas awan, di mana semua penghuninya memiliki sayap.

Meliodas dikira sebagai anak laki-laki yang melakukan kejahatan dan dijebloskan ke penjara. Sementara itu, penduduk sedang mempersiapkan upacara pertahanan terhadap binatang buas yang terbangun setiap 3.000 tahun sekali.

Tapi Enam Ksatria Hitam, pasukan Klan Iblis, tiba dan melepas segel pada binatang itu untuk mengancam kehidupan penduduk Istana Langit. Meliodas dan sekutunya bertemu Enam Ksatria Hitam dalam pertempuran.

The Seven Deadly Sins: Revival of the Commandments OVA (2018)

Episode OVA yang dibundel dengan manga volume ke-34. Pada cerita ini menceritakan tentang detail kebangkitan para commandments yang berhubungan langsung dengan Nanatsu No Taizai. Konon, musuh mereka telah diramalkan oleh Raja Bartra. Tak hanya itu, Elizabeth pun sempat memimpikan kemunculan Raja Iblis serta 10 Commandments yang bangkit dengan kekuatan baru yang lebih kuat.

The Seven Deadly Sins: Imperial Wrath of the Gods (2019)

urutan nanatsu no taizai
IGN

Judul aslinya adalah Nanatsu no Taizai: Kamigami no Gekirin. Meski memukul mundur invasi iblis dari Kerajaan Lioness, perang masih jauh dari selesai, karena Kerajaan Camelot Arthur masih diduduki oleh tentara iblis dan anggota Jikkai yang masih hidup.

Namun, untuk memulai serangan balasan, Nanatsu no Taizai membutuhkan semua anggotanya. Sayangnya, Raja dan Diane masih bersembunyi di Hutan Raja Peri, di mana mereka dibuat untuk menemukan sejarah aneh Jikkai.

The Seven Deadly Sins: Dragon’s Judgement (2021)

Judul aslinya Nanatsu no Taizai: Funnu no Shinpan. Waktu hampir habis. Kutukan yang dikenakan pada Elizabeth akan membunuhnya dalam beberapa hari. Untuk mengangkat kutukan Meliodas dan Ban telah melakukan perjalanan ke Alam Iblis untuk menantang ayah Meliodas, Raja Iblis.

Sementara itu, Merlin, Escanor, dan Archangel Ludociel akan membunuh saudara laki-laki Meliodas, Zeldris. Di tempat lain, saudara laki-laki Meliodas yang lain, Estarossa, telah menculik Elizabeth, dan Raja, Diane, Gowther, dan Hawk harus menyelamatkannya.

The Seven Deadly Sins: Cursed by Light (2021)

urutan nanatsu no taizai
IMDb

Judul aslinya adalah Nanatsu no Taizai: Hikari ni Norowareshi Mono-tachi. Berlangsung di antara dua episode terakhir Nanatsu no Taizai: Fundo no Shinpan. Dalam urutan Nanatsu No Taizai ini, Meliodas dan teman-temannya kembali beraksi ketika era baru perdamaian terancam oleh aliansi magis yang kuat yang bisa mengakhiri semuanya.

Diceritakan bahwa Zelbris yang sedang bersama Gelda tidak tahu Dunia Iblis diserang oleh kekuatan jahat. Mereka mengetahui setelah menemukan sesosok iblis terkapar dan tewas. Bersama Meliodas dan Elizabeth yang kebetulan sedang ada di tempat yang sama, mereka pergi ke Dunia Iblis dan mendapati semuanya sudah porak-poranda.

Di hutan Raja Peri, pernikahan Harlequin dan Diane yang semula berjalan bahagia dirusak oleh sekawanan Klan Raksasa dan Peri. Mereka bingung sebab diserang oleh klan sendiri. Belakangan diketahui jika penyerangan tersebut dikendalikan oleh satu kekuatan besar.

The Seven Deadly Sins: Grudge of Edinburgh Part 1 (2022)

Judul terbaru Seven Deadly Sins dengan format CG yang diproduksi Netflix ini akan dirilis mulai Desember 2022 nanti. 14 tahun sejak Kerajaan Lioness mengalahkan Klan Iblis dan membawa perdamaian ke negeri itu, Pangeran Tristan tersiksa oleh ketidakmampuannya mengendalikan dua kekuatan besar: kekuatan Klan Iblis ayahnya, Meliodas, yang menjabat sebagai Dragon Sin of Wrath, dan kekuatan Goddess Clan dari ibunya, Elizabeth.

Ketika kehidupan Elizabeth terancam, Tristan melarikan diri dari kerajaan dan menuju Edinburgh, di mana Deathpierce, yang pernah menjadi anggota kelompok Ksatria Suci kerajaan, Pleiades of the Azure Sky.

The Seven Deadly Sins: Four Knights of the Apocalypse (2023)

urutan nanatsu no taizai
Ready Steady

Judul terbaru Seven Deadly Sins dengan format CG yang diproduksi Netflix ini akan dirilis mulai Desember 2022 nanti. 14 tahun sejak Kerajaan Lioness mengalahkan Klan Iblis dan membawa perdamaian ke negeri itu. Pangeran Tristan tersiksa oleh ketidakmampuannya mengendalikan dua kekuatan besar dari Klan Iblis ayahnya, Meliodas, yang menjabat sebagai Dragon Sin of Wrath, dan kekuatan Goddess Clan dari ibunya, Elizabeth.

Ketika kehidupan Elizabeth terancam, Tristan melarikan diri dari kerajaan dan menuju Edinburgh, di mana Deathpierce, yang pernah menjadi anggota kelompok Ksatria Suci kerajaan, Pleiades of the Azure Sky.

Trivia Nanatsu No Taizai

  • Meliodas menjadi satu-satunya iblis yang dapat hidup lebih dari 1000 tahun. Pada alur ceritanya, dia disebut sudah hidup selama 3000 tahun, tanpa penuaan meskipun tidak menggunakan jurus penyegel. Dia lahir pada 25 Juli dan memiliki tinggi badan 152 cm.
  • Mungkin sedikit terdengar aneh, karena jelas hawk memiliki fisik dan tingkah laku seperti babi. Namun nyatanya, ia bukanlah seekor babi seperti kebanyakan babi yang tinggal di Bumi. Sebenarnya dia adalah makhluk Purgatory yang memiliki tubuh layaknya babi, sama seperti saudara kembarnya yang tinggal di Purgatory terlihat seperti babi juga.
  • Asal mula kekuatan khas Ban ternyata dari air keabadian yang tersimpan di kampung halaman King dan Elaine. Setelah mengetahui lokasi tersebut dari Zhivago, Ban memutuskan untuk mengunjungi Benwick, tempat di mana air tersebut berada. Di situ ia hampir bertarung melawan Elaine sampai gadis peri itu mengetahui bahwa Ban aslinya tak sejahat kelihatannya. Namun, nyawa gadis tersebut berakhir saat iblis menginvasi negerinya. Tragedi itulah yang memotivasi Ban untuk mencari cara menghidupkan kembali Elaine.

Demikian tadi ulasan tentang urutan Nanatsu No Taizai yang benar agar Sedulur bisa menontonnya dengan nyaman. Plot twist cerita dari anime ini memang begitu banyak dan cukup rumit, tapi semoga dengan penjelasan di atas Sedulur bisa semakin menikmati salah satu anime shonen terbaik ini ya!