urutan nonton haikyuu

Tentu Sedulur tahu tentang anime Haikyuu!! yang merupakan anime olahraga paling populer saat ini. Anime ini sudah tayang beberapa season beserta dengan film dan OVA. Bagi Sedulur yang belum mengikutinya anime satu ini, Sedulur harus mengetahui urutan nonton Haikyuu!!

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas seperti apa daftar urutan nonton Haikyuu!! terutama bagi Sedulur yang belum menonton sama sekali anime ini. Seperti apa daftar urutannya? Yuk, mari langsung kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Anime Sekolah Terbaik Sepanjang Tahun 2023!

1. Haikyuu!! (2014)

Fandom

Haikyuu!! mengawali urutan nonton anime yang sport paling populer di dunia saat ini. Anime ini menjadi awal mula kisah Shouyou Hinata dan mimpinya untuk menjadi pemain voli berbakat. Sejak menyaksikan kehebatan pemain bertubuh pendek yang dijuluki sebagai “Raksasa Kecil”, Hinata telah membulatkan tekad untuk mengikuti jejak idolanya.

Meski gagal saat masih di bangku SMP, Hinata tak lantas menyerah. Hinata kini menjadi siswa di SMA Karasuno, sekolah yang melahirkan sosok “Raksasa Kecil” yang dikaguminya. Dia ingin membuktikan bahwa tubuhnya yang tak tinggi bukanlah penghalang.

Justru hal tersebut merupakan kelebihannya. Karena dengan tubuhnya yang pendek, Hinata memiliki kemampuan melompat yang sangat baik. Hal tersebut yang membuatnya semakin optimis, karena Hinata akan mengandalkan kekuatan lompatannya untuk mengatasi tubuhnya yang pendek.

Tidak disangka, sang “Raja Lapangan” yang dulu pernah membantai tim voli SMP Hinata masuk ke sekolah yang sama dengannya. Dia adalah Tobio Kageyama, anak ajaib yang dikenal sebagai setter egois. Meski keduanya terus berselisih sejak awal bertemu, tetapi Hinata dan Kageyama justru cocok.

Mereka berdua pun menjadi partner yang diwaspadai, menjadi kunci kebangkitan tim voli Karasuno yang tengah terpuruk. Bahkan keduanya merupakan pasangan permainan voli yang dapat menjadi kekuatan baru bagi tim Karasuno.

2. Haikyuu!! Lev Genzan! (OVA 2015)

Urutan nonton Haikyuu kedua yaitu merupakan sebuah Original Video Animation yang tayang pada tahun 2015. Selanjutnya, Sedulur bisa mengikuti side story yang menceritakan karakter penting dari tim lawan Karasuno, yaitu Lev dan Kenma dari Nekoma.

Lev adalah siswa berdarah campuran dengan tubuh tinggi. Berkat itu, dia cenderung menyombongkan tinggi badannya, meski pada nyatanya Lev tak menguasai teknik dasar bermain voli. Kehadirannya membuat setter Nekoma, Kenma cukup kesulitan. Apalagi, Lev dipilih untuk mengikuti latih tanding melawan SMA Kunihira.

Nekoma sendiri akan menjadi salah satu tim kuat yang harus ditaklukkan Karasuno. Hal tersebut akan ditayangkan di season selanjutnya. Di OVA ini sendiri, menjadi promosi awal mengenalkan calon musuh-musuh Karasuno di masa depan

3. Haikyuu!! Season 2 (2015)

Setelah mengikuti turnamen Inter-High, Karasuno terus melangkah ke depan dan fokus pada target berikutnya, yaitu turnamen Spring. Bersamaan dengan itu, Karasuno mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kamp pelatihan yang dihadiri oleh banyak tim besar SMA skala nasional.

Momen emas ini tak disia-siakan begitu saja oleh Hinata, Kageyama, dan pemain Karasuno lainnya. Mereka terus berkembang sambil mempelajari permainan tim saingan mereka, mulai dari Nekoma, hingga Aoba Johsai.

Dalam season ini, fokus membahas perkembangan tim voli Karasuno dan melihat perkembangan tim ini agar dapat lebih siap dalam bertanding di turnamen Spring atau turnamen musim panas. Ada banyak adegan yang menarik di anime satu ini.

4. Haikyuu!! vs. Akaten (OVA 2016)

Urutan nonton Haikyuu selanjutnya diteruskan dengan OVA kembali. Ada cerita sampingan dari musim kedua Haikyuu. Mengadaptasi manga volume 21, OVA Haikyuu!! vs. “Akaten” menceritakan Hinata dan Kageyama yang gagal pada ujian akhir.

Untuk itu, anggota tim Karasuno lainnya berupaya keras membantu kedua junior ini belajar, sehingga akhirnya dapat turut serta dalam kamp pelatihan. Di OVA ini juga dijelaskan lebih detail lagi bagaimana perkembangan tim Karasuno agar lebih siap lagi dalam menghadapi berbagai lawan yang lebih hebat.

5. Haikyuu!! Season 3: Karasuno Koukou vs. Shiratorizawa Gakuen Koukou (2016)

The TV Regent

Sang “Gagak Tanpa Sayap” alias Karasuno terus berusaha bangkit dari keterpurukan. Untuk bisa melaju ke babak tingkat nasional, Karasuno harus menghadapi Shiratorizawa terlebih dahulu. Dalam tim tersebut, ada pemain terkuat dari Prefektur Miyagi, yaitu Wakatoshi Ushijima.

Dia bahkan diakui sebagai tiga pemain voli SMA terkuat di Jepang. Kesempatan emas ini harus Karasuno manfaatkan semaksimal mungkin, mengingat turnamen nasional yang menjadi target mereka adalah ajang nasional terakhir yang bisa diikuti pemain tahun ketiga, seperti Sugawara, Daichi, serta Asahi.

6. Haikyuu!! Riku vs. Kuu (OVA 2020)

Selanjutnya, ada OVA yang terdiri dari 2 episode, yaitu Haikyu!! Land vs. Air. Ceritanya berpusat pada upaya SMA Nekoma, SMA Fukurodani, Akademi Nohebi, dan Akademi Itachiyama dalam memperebutkan 3 slot terakhir agar bisa berkompetisi dalam turnamen nasional.

7. Haikyuu!! Season 4: TO THE TOP (2020)

Kembali ke sudut pandang tim Karasuno, tepatnya setelah keberhasilan mereka mengalahkan Shiratorizawa dan memastikan langkah mereka menuju turnamen nasional. Kageyama mendapatkan undangan untuk ikut serta dalam All-Japan Youth Training Camp.

Tak mau kalah, Kei Tsukishima pun mendapat undangan pelatihan rookie di Prefektur Miyagi.Dengan begitu, Hinata menjadi satu-satunya pemain inti di tahun pertama yang tak menerima undangan pelatihan. Tak tinggal diam, dia melakukan hal nekat dengan menyusup ke kamp pelatihan yang dihadiri Tsukishima.

8. Haikyuu!! TO THE TOP Part 2 (2020)

Karasuno membuka perjuangan mereka di kejuaraan nasional dengan menghadapi Akademi Tsubakihara. Selanjutnya, mereka justru sudah harus melawan tim tangguh, yaitu SMA Inarizaki, runner-up pada turnamen nasional sebelumnya.

Tak hanya harus menemukan cara menaklukkan Miya Bersaudara, Karasuno juga dibuat kesulitan dengan supporter Inarizaki yang cenderung mengganggu fokus mereka. Akankah Karasuno mampu melangkah lebih jauh? Tentu sangat layak untuk ditunggu kelanjutannya.

9. Haikyuu!! Final (TBA)

urutan nonton haikyuu
YT Titans Volleyball

Haikyuu!! Final merupakan movie yang akan menjadi sekuel dari Haikyuu!! TO THE TOP. Namun, hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait jadwal penayangannya. Jadi, kita tunggu saja, ya. Tentu saja dalam anime ini menjadi anime yang ditunggu-tunggu untuk tayang.

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Anime Sport Terbaik, Bikin Semangat

Urutan Nonton Movie Haikyuu!!

urutan nonton haikyuu

Selain serial dan OVA, Sedulur pun diberi alternatif lain untuk menikmati anime Haikyuu!! yaitu lewat movie yang menayangkan ringkasan cerita tiap musimnya. Urutan menonton movie Haikyuu!! adalah sebagai berikut.

  • Haikyuu!! Movie 1: Owari to Hajimari (2015)
  • Haikyuu!! Movie 2: Shousha to Haisha (2015)
  • Haikyuu!! Movie 3: Sainou to Sense (2017)
  • Haikyuu!! Movie 4: Concept no Tatakai (2017)

Selain itu, secara kronologis juga, anime ini juga memiliki daftar tayang yaitu sebagai berikut:

  • Haikyuu!! (2014) / Haikyu!! the Movie: The End and the Beginning (2014), Haikyuu!! the Movie: The Winner and the Loser (2015)
  • Haikyuu!! 2nd Season (2015) / Haikyuu!! The Movie: Talent and Sense (2017)
  • Haikyuu!! 3rd Season (2016) / Haikyuu!! The Movie: Battle of Concepts (2017)
  • Haikyuu‼ LAND VS. AIR (2020)
  • Haikyuu‼ TO THE TOP (2020)
  • Haikyuu‼ TO THE TOP Part 2 (2020)

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Anime Paling Banyak Ditonton

Fakta Seputar Tim Karasuno Haikyuu!!

urutan nonton haikyuu
Angry Anime

Anime ini merupakan salah satu anime olahraga terbaik, maka dari itu wajar jika anime ini memiliki animo yang sangat tinggi dari masyarakat. Agar Sedulur lebih mengenal lagi tentang tim Karasuno yang memiliki peran penting dalam anime ini, terdapat beberapa fakta yang perlu Sedulur ketahui. Yuk, mari langsung kita simak faktanya:

1. Kapten tim

Daichi Sawamura adalah kapten tim voli Karasuno. Dia adalah siswa tahun ketiga kelahiran 31 Desember 1994. Sebagai kapten, Daichi juga mengisi posisi wing spiker dan opposite hitter, dengan nomor punggung 1.

Daichi adalah kapten yang bertanggung jawab, peduli, dan selalu berusaha mengutamakan anggota timnya. Dia juga adalah sosok yang penyabar. Namun, Daichi akan sangat mengerikan ketika sedang marah.

Saat masih dilatih oleh pelatih Ikkei Ukai, Daichi pernah menjadi pelatih ketika pelatihnya tersebut masuk rumah sakit. Sekarang, Daichi Sawamura mengabdikan dirinya di Kepolisian Miyagi, Divisi Keamanan Masyarakat.

2. Pelatih tim

Pelatih tim voli Karasuno saat ini adalah Keishin Ukai. Laki-laki kelahiran 5 April 1956 ini adalah cucu dari pelatih sebelumnya, yaitu Ikkei Ukai. Ukai dulunya juga bersekolah di Karasuno. Sebagai alumni Karasuno, Keishin Ukai pun pernah bermain untuk tim volinya. Ukai bermain sebagai seorang setter.

Keishin Ukai adalah pelatih yang tegas. Namun, dia tetap mampu memosisikan dirinya agar dapat lancar berkomunikasi dengan para juniornya. Terbukti, dia mampu membawa tim voli Karasuno untuk kembali bangkit.

3. Memiliki manajer tim yang cantik

Fakta ini adalah hal yang membuat tim voli sekolah lain merasa iri dengan Karasuno. Tim voli Karasuno memiliki dua orang manajer yang cantik. Mereka adalah Kiyoko Shimizu dan Hitoka Yachi.

Sebelum Yachi bergabung, Shimizu adalah satu-satunya manajer tim. Siswi kelahiran 6 Januari 1995 ini satu angkatan dengan Daichi dan dulunya adalah seorang atlet lari. Shimizu adalah manajer yang sangat peduli dengan timnya. Katanya, setelah timeskip, Shimizu menikah dengan salah satu anggota tim, Tanaka.

Yachi adalah siswi kelahiran 4 September 1996. Dia merupakan siswi tahun pertama SMA Karasuno, satu angkatan dengan Hinata Shoyo. Yachi digambarkan sebagai perempuan yang imut. Bahkan, dia memiliki panggilan sendiri dari pemain voli sekolah lain, seperti Yacchan, Yacchi, dan Ya-chan.

4. Pemain aktif

Tercatat ada dua belas pemain aktif tim voli Karasuno termasuk Daichi Sawamura. Pertama, ada siswa tahun ketiga Koshi Sugawara dengan nomor punggung 2. Sugawara merupakan wakil kapten dan bermain sebagai setter dan pinch server.

Nomor punggung 3 dipakai oleh Asahi Azumane yang satu angkatan dengan Daichi dan Sugawara. Dia bermain sebagai wing spiker, outside hitter, dan ace. Berikutnya, ada siswa tahun kedua yang merupakan libero bagi tim, yaitu Yu Nishinoya. Nishinoya menggunakan nomor punggung 4.

Empat siswa lain yang seangkatan dengannya adalah Ryuunosuke Tanaka (#5, wing spiker, outside hitter), Chikara Ennoshita (#6, wing spiker, outside hitter), Hisashi Kinoshita (#7, wing spiker, pinch server), dan Kazuhito Narita (#8, middle blocker).

Siswa tahun pertama yang bermain dalam tim voli Karasuno di antaranya adalah Tobio Kageyama (#9, setter), Shoyo Hinata (#10, middle blocker, decoy), Kei Tsukishima (#11, middle blocker), dan Tadashi Yamaguchi (#12, middle blocker, pinch server).

5. Lambang dan slogan tim

Karasuno dilambangkan sebagai burung gagak. Ini sesuai dengan arti ‘Karasu’ dalam namanya yang berarti ‘gagak’. Selain itu, lambang ini juga dinilai sesuai dengan ciri khas penyerangan yang biasa tim voli Karasuno lakukan, yaitu menyerang secara bersamaan, persis burung gagak.

Sementara itu, slogan tim voli Karasuno ialah ‘Terbang!’. Tentu saja hal ini menyesuaikan dengan nama sekolah tersebut. Para pemain tim voli Karasuno yang dianalogikan sebagai gagak harus ‘terbang’ untuk mencapai target yang mereka harapkan.

6. Pernah dijuluki ‘Gagak Tanpa Sayap’

Sejak dulu, tim voli Karasuno adalah tim voli yang terkenal kuat bahkan bisa lolos untuk mengikuti kejuaraan nasional. Masa kejayaan tim ini tepatnya ketika mereka masih dilatih oleh Ikkei Ukai. Ikkei Ukai terkenal sebagai pelatih yang tegas.

Akan tetapi, Ikkei Ukai usianya sudah tak lagi muda. Itulah yang membuatnya sering sakit hingga perannya sebagai pelatih pernah digantikan oleh Daichi Sawamura.

Karasuno juga pernah memiliki seorang pemain bertubuh kecil dengan nomor punggung 10, mirip seperti Hinata. Pemain yang dijuluki ‘Raksasa Kecil’ itu juga yang pernah membawa nama Karasuno dan menjadi idola Hinata.

Setelah Ikkei Ukai berhenti, tim voli Karasuno berada pada posisi terendahnya. Kini akhirnya, di bawah arahan Keishin Ukai, mereka mulai bangkit, kembali mengepakkan sayap dan terbang.

Nah itulah daftar urutan nonton Haikyuu!! Beserta dengan beberapa fakta penting yang perlu Sedulur ketahui. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur dan memudahkan Sedulur untuk menonton dan mengikuti anime satu ini.