Nama Tri Suaka mungkin sering didengar oleh Sedulur akhir-akhir ini. Sejak beberapa minggu yang lalu, namanya menjadi viral di media sosial dan kanal-kanal pemberitaan entertainment setelah aksi manggungnya bersama Zinidin Zidan yang disinyalir menghina serta mengolok-olok gaya menyanyi vokalis Kangen Band, Andika Mahesa.

Sebelum kontroversi tersebut, sebenarnya Tri Suaka sempat menjadi perbincangan hangat akibat suaranya yang merdu dan digadang-gadang mirip seperti karakter vokal Ariel Noah. Ia juga pandai dalam membuat cover dan mengaransemen lagu-lagu penyanyi lain yang ia bawakan di kafe-kafe sekitaran Yogyakarta.

Lalu, siapa sebenarnya Tri Suaka? Bagaimana latar belakang dan perjalanan kariernya hingga terkenal seperti sekarang? Yuk, simak ulasan mengenai biodata dan profilnya berikut ini!

BACA JUGA: Heboh Tarif Manggung Tri Suaka Sebesar Rp50 Juta

-->

Biodata dan profil Tri Suaka

tri suaka
Radar Cirebon
  • Nama lengkap: Tri Aji Suaka
  • Nama panggung: Tri Suaka
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Tempat dan tanggal lahir: Baturaja, 15 Mei 1994
  • Tri Suaka umur: 28 tahun
  • Domisili saat ini: Yogyakarta
  • Profesi: YouTuber, musisi
  • Tri Suaka agama: Islam
  • Hobi: Menyanyi
  • Akun Instagram: @xdjtrisuaka
  • Kanal YouTube: Tri Suaka Channel

Perjalanan karier

Suara.com

Tri Suaka merupakan seorang musisi dan penyanyi pendatang baru di belantika musik Indonesia. Pria kelahiran Baturaja, Sumatera Selatan tersebut memulai perjalanan karier di bidang musiknya pada tahun 2014 saat ia pertama kali menapakkan kaki di Yogyakarta.

Ketika merantau di Yogyakarta, ia sempat menjadi pengamen jalanan demi memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tri pun kemudian mendapatkan kesempatan untuk manggung di kafe-kafe berkat kegigihannya. Perjalanan kariernya semakin sukses ketika ia memutuskan untuk membuka kanal YouTube. Ia mulai aktif membuat cover lagu-lagu dari musisi ternama Indonesia dan kemudian mengunggahnya ke YouTube.

Namanya pun semakin sering diperbincangkan setelah penampilannya bersama Zinidin Zidan dan Nabila Maharani dalam lagu Malaysia berjudul “Buih Jadi Permadani”. Dari situlah kemudian nama Tri Suaka band menjadi dikenal masyarakat, terutama kalangan anak muda.

BACA JUGA: 10 Artis yang Kehamilannya Dipertanyakan Oleh Netizen

Tri Suaka gagal tes polisi

Suara.com

Diketahui, ternyata Tri sempat untuk mencoba peruntungannya dengan mendaftar tes polisi. Menjadi polisi memang salah satu dari sekian banyak impian pria berusia 28 tahun tersebut. Namun, mimpi tersebut harus kandas di tengah jalan karena ia tidak lolos tes polisi. Kegagalan tersebut akhirnya menjadi titik balik bagi Tri untuk terus bersemangat mengejar karier dan fokus pada bidang musik.

Pernah menjadi penjaga toko hewan

tri suaka
Spin Esports

Ketika merantau ke Yogyakarta, Tri berniat untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Tetapi karena satu hal lain, rencananya tersebut tidak berjalan dengan semestinya. Ia malah sempat menjadi penjaga toko hewan di sekitar tempat tinggalnya di Yogyakarta.

Di balik itu semua, ternyata pekerjaannya menjaga toko hewan bakal membawa Tri menuju kesuksesan. Pada saat itu, ia bertemu dengan salah satu temannya yang bernama Adlani Rambe. Mereka berdua kemudian menjadi pasangan penyanyi duet yang sering manggung dari satu kafe ke kafe yang lain di Yogyakarta.

BACA JUGA: Cinta Laura Pakai Celana Bolong, Sampai Dimarahi Sang Ibunda

Makin sukses melalui original single

Kompas.com

Tri Suaka memang dikenal luas sebagai penyanyi cover, di mana ia mayoritas manggung atau perform dengan membawakan karya-karya penyanyi lain. Tetapi ternyata, Tri memiliki bakat dalam menciptakan lagunya sendiri.

Pada 2021 lalu, ia berkesempatan untuk merilis original single yang berjudul “Aku Bukan Jodohnya”. Lagu tersebut langsung menjadi hit di tangga lagu Indonesia. Musik video dari “Aku Bukan Jodohnya” juga telah ditonton sebanyak lebih dari 57 juta kali di YouTube. Selain itu, Tri juga merilis versi koplo dan karaoke dari lagu tersebut. Dari situ, Tri kemudian berkesempatan tampil di televisi (TV) nasional Indonesia.

Di samping itu, Tri tetap aktif membagikan video-video di akun YouTube, baik secara pribadi maupun kolaborasi dengan pengguna YouTube lainnya. Tidak hanya membuat cover lagu, Tri juga kerap membuat konten hiburan. Bahkan, Ibu Tri Suaka juga beberapa kali muncul dalam konten YouTube.

Kontroversi Tri Suaka dengan Andika Kangen Band

tri suaka
Radar Cirebon

Di samping talenta yang Tri miliki, ia juga tidak lepas dari masalah serta kontroversi. Tri menjadi cibiran warganet karena ulah gegabahnya pada saat manggung. Dalam siaran langsung di media sosial, Tri dan Zinidin Zidan berkesempatan untuk menyanyikan salah satu lagu dari Kangen Band yang berjudul “Selingkuh”.

Namun, penampilan mereka berdua agaknya lebih condong ke arah mengolok-olok vokalis Kangen Band, Andika Mahesa, yang notabene lebih senior ketimbang dua orang tersebut. Lagu “Selingkuh” dibawakan Tri dan Zidan secara berlebihan menirukan mimik wajah serta gestur Andika. Mereka berdua pun tertawa-tawa saat sedang manggung.

Masyarakat banyak yang geram dengan aksi Tri dan Zidan tersebut. Keduanya dianggap tidak memberikan hormat dan penghargaan yang pantas terhadap Andika Mahesa sebagai musisi sekaligus penyanyi berbakat Indonesia.

Beberapa hari setelah insiden tersebut, Tri Suaka mengunggah video permohonan maaf kepada Kangen Band, khusunya sang vokalis yaitu Andika Mahesa. Video tersebut ia unggah melalui akun Instagram pribadinya. Meskipun begitu, banyak warganet yang masih jengkel dengan tingkahnya dan masih membanjiri kolom komentar dengan cibiran maupun cemoohan kepada Tri. Warganet berharap Tri dapat belajar dari peristiwa ini dan tidak mengulanginya lagi di masa depan.

Lebih lanjut lagi, buntut panjang dari permasalahan ini adalah beberapa akun media sosial Tri seperti Instagram, TikTok, dan YouTube kehilangan jumlah pengikut dan subscribers yang cukup signifikan. Dampak lebih lanjutnya, Tri harus berurusan dengan berbagai somasi dari banyak pihak yang ditujukan kepadanya dan pembatalan undangan manggung.

Sedulur, itu tadi merupakan ulasan profil dan biodata Tri Suaka, salah satu penyanyi pendatang baru yang saat ini sedang viral. Kita dapat belajar dari kesalahan yang dilakukan Tri saat menyanyikan lagu Andika Kangen Band. Sudah sepatutnya kita menghormati dan menghargai setiap orang dan selalu berhati-hati dengan segala ucapan serta tindakan yang kita lakukan, baik itu di dunia nyata maupun di media sosial.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!