sinopsis pengabdi setan

Pengabdi Setan merupakan salah satu film horor yang ramai dibicarakan setelah tayang pertama kali pada tahun 2017 yang lalu. Kini, film Pengabdi Setan telah tayang dan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak karena telah tayang di acara televisi.

Bagi Sedulur yang belum tahu tentang film ini, tentu harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa sinopsis Pengabdi Setan. Untuk itu, Sedulur bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: Sinopsis Strong Woman Do Bong Soon, Drama Hits Wanita Kuat

Sinopsis Pengabdi Setan

Cultura Magazine

Film Pengabdi Setan merupakan film arahan dari Joko Anwar yang mengambil latar pada tahun 1981. Film ini menceritakan tentang Rini yang tinggal bersana neneknya bernama Rahma Saidah, ibunya Mawarna, ayahnya Bahri serta tiga adik laki-lakinya yaitu Tony, Bondi dan Ian.

Keluarga ini tengah menghadapi masalah keuangan, lantaran tabungan habis buat biaya berobat Mawarni yang sakit parah. Mawarni sudah tak bisa bergerak, hanya rebahan di kasur dan memakai lonceng kecil untuk memanggil anak-anaknya. Mawarni dulunya penyanyi terkenal yang sukses lewat lagu ‘Kelam Malam’.

Berbagai usaha dilakukan untuk mendapat uang sebagai biaya berobat. Rini berusaha mendapat royalti, sementara Tony menjual motor. Namun tak lama Rini menemukan Mawarni sudah tewas dalam posisi jatuh di lantai.

1. Setelah Ibu Meninggal

Cinemagz

Selanjutnya, sinopsis Pengabdi Setan berlanjut setelah kondisi Mawarni yang dikenal dengan panggilan Ibu. Saat pemakaman, Pak Ustaz dan putranya Hendra mencoba menguatkan Rini dan adiknya saat berkabung. Di saat itu, Bahri malah memutuskan untuk pergi ke kota lain untuk mencari nafkah.

Setelah itu, kejadian mistis meneror keluarga ini. Rini didatangi sosok misterius seperti ibunya. Tak lama, nenek mereka tewas tenggelam di sumur, ditemukan Bondi. Sepeninggal nenek, Rini menemukan surat yang ditujukan pada Budiman Syailendra.

Budiman mengungkap bahwa dulu nenek Rini tak merestui pernikahan putranya dengan Mawarni, karena sang biduan disebut tak bisa punya anak. Mawarni disebut ikut sekte pemuja setan untuk bisa dapat keturunan.

2. Kejadian Mistis Bermunculan

sinopsis pengabdi setan
iRadio

Berbicara masalah sinopsis Pengabdi Setan, tentu akan menarik jika membicarakan tentang teror. Kondisi rumah makin mencekam setelah Bondi yang trauma dan bertingkah seperti kerasukan berusaha menyakiti Ian.

Di sisi lain, Tony membaca majalah yang menampilkan liputan sekte pemuja setan. Tony menduga Ian yang akan ulang tahun ke-7 bakal diambil sekte ini. Rini tak percaya. Masalah berkaitan sekte pemuja setan ini kemudian berkelindan dengan keluarga Rini.

3. Dikepung Teror Mencekam

sosok ibu di pengabdi setan
The Conversation

Di tengah teror yang makin seram, Budiman menghubungi Hendra memberi tahu soal artikel tambahan. Setelah mengambil artikel itu, Hendra kecelakaan hingga tewas.Setelah putranya tewas,  Pak Ustaz memutuskan tak mau ikut campur urusan keluarga Rini.

Rini berusaha mengorek informasi dari ayahnya yang sudah pulang dari luar kota. Kondisi kian genting tatkala rumah mereka dikepung sekelompok makhluk hidup. Mampukah Rini menyelamatkan diri dan keluarganya? Tentu Sedulur harus menonton langsung untuk mendapatkan jawabannya.

BACA JUGA: Sinopsis Taxi Driver, Aksi Balas Dendam Pengemudi Taksi

Daftar Pemain Pengabdi Setan

pemain pengabdi setan
Okezone

Film Pengabdi Setan diperankan oleh beberapa pemain papan atas. Peran ibu Mawarni sendiri dimainkan oleh Ayu Laksmi. Sementara Bapak diperankan oleh Bront Palarae. Keempat anaknya diperankan oleh Tara Basro sebagai Rini, Endy Arfian sebagai Tony, Nasar Anuz sebagai Bondi dan Mahammad Adhiyat sebagai Ian. Di sisi lain, Rahma Saidah diperankan oleh Elly D. Luthan.

Film ini sendiri disutradarai oleh Joko Anwar dan diproduksi oleh Rapi Films yang bekerjasama dengan CJ Entertainment. Pada saat penayangan pertamanya, film ini berhasil mendapatkan 4 juta penonton di seluruh bioskop Indonesia pada tahun 2017 yang lalu.

Hal tersebut membuat film ini menjadi salah satu film horor terlaris yang ada di Indonesia. Kini setelah berlalu beberapa tahun, film ini telah dapat Sedulur saksikan di TV karena beberapa stasiun TV pernah menayangkan film ini.

Perlu Sedulur ketahui juga, bahwa film garapan dari Joko Anwar ini merupakan film yang terinspirasi dari film horor tahun 1980-an dengan judul yang sama. Film Pengabdi Setan tahun 1980-an merupakan film arahan dari sutradara senior Sisworo Gautaman.

Ada banyak cerita yang diubah dan disesuaikan dengan jiwa zaman saat ini, meskipun latar film dari Joko Anwar mengangkat latar waktu tahun 1980-an. Pada masanya juga film ini merupakan film paling horor dan berbeda dari film horor lainnya.

Mengikuti kesusksesan pendahulunya, agaknya film Pengabdi Setan arahan Joko Anwar juga mendapatkan penghargaan yang serupa dengan film di tahun 1980.

Nah itulah penjelasan terkait sinopsis Pengabdi Setan yang bisa jadi informasi awal bagi Sedulur untuk menontonnya. Terutama bagi Sedulur yang belum menonton film ini, sinopsis dan penjelasan di atas tentu saja akan membantu Sedulr untuk memahami alur cerita dari film Pengabdi Setan ini.