Roronoa Zoro

Roronoa Zoro adalah salah satu karakter manga dan anime Jepang paling terkenal di dunia. Karakter satu ini sering muncul bersama dengan Monkey D. Luffy dalam kisah berjudul One Piece. Zoro sendiri menjabat sebagai wakil kapten di grup Bajak Laut Topi Jerami yang dibentuk Luffy.

Dalam cerita awal One Piece, Zoro diceritakan sebagai sosok petarung dengan tiga pedang. Dia memiliki warna rambut hijau dengan badannya yang berotot. Namun semenjak ark One Piece di Wano dimulai, nama Zoro semakin banyak mendapatkan sorotan.

Hal ini tak lepas dari Wano yang merupakan kota para samurai, dimana Zoro memang memiliki latar belakang sebagai ahli pedang. Jadi tidak heran Zoro Wano merupakan kisah paling menarik di ark tersebut. Apalagi banyak rahasia tentang masa lalu Zoro yang akhirnya terungkap di Wano.

Menjadi sosok yang paling mencuri perhatian para pecinta manga dan anime One Piece beberapa waktu terakhir. Yuk, kita simak bersama-sama biodata Zoro dan kekuatannya selama menjadi kru Bajak Laut Topi Jerami!

-->

BACA JUGA: Biodata & Profil Monkey D Luffy Beserta Fakta-fakta Menariknya

Biodata Zoro

Roronoa Zoro
Nisomnia

Salah satu yang menarik tentang si ahli pedang satu ini adalah Zoro Biodata. Berikut ini profil lengkapnya.

Nama: Roronoa Zoro

Julukan: Marimo, Kaizoku Gari

Kelompok: Bajak Laut Topi Jerami

Pekerjaan: Ahli pedang, bajak laut, dan pemburu harta karun

Umur Zoro: 19 tahun (debut) dan 21 tahun (setelah time skip)

Tempat tanggal lahir: East Blue, 11 November

Tinggi Zoro: 178 cm (debut) dan 181 cm (setelah time skip)

Harga bajak laut: 60 juta Berry, 120 juta Berry, dan sekarang ini 320 juta Berry

Penampilan Zoro

Roronoa Zoro
Pigeon Week

Dalam cerita One Piece, sosok Zoro digambarkan sebagai pria tinggi berotot dengan kulit berwarna coklat cerah. Dia selalu membawa tiga pedang yang terbungkus haramaki berwarna hijau di atas pinggul kanannya.

Selain rambutnya yang berwarna hijau, Zoro juga identik dengan aksesoris tiga anting-anting emas yang menggantung di daun telinga kirinya. Dalam beberapa kemunculannya, Zoro suka mengenakan bandana hitam yang biasanya terikat di bisep kirinya.

Tubuh Zoro dipenuhi dengan banyak bekas luka akibat bertarung dengan banyak orang. Salah satu luka paling mencolok di tubuh Zoro adalah bekas sayatan besar yang membentang dari bahu kiri sampai pinggul kanan yang ia dapat setelah kalah bertarung melawan pendekar pedang nomor satu dunia, Dracule Mihawk, di Baratie.

Zoro sendiri jadi karakter paling unik di One Piece. Hal ini tak lepas dari kebiasaan mangaka yang selalu tidak pernah mengganti baju karakter di One Piece tapi tidak untuk Zoro. Dia memang identik dengan baju putih dan celana hitam bersepatu boots. Namun, dalam beberapa ark, Zoro memiliki tampilan yang berbeda.

Misalnya saat berada di Ark Arlong Park, Zoro menggunakan kemeja biru bermotif pusaran air. Lalu baju Zoro berubah saat masuk di Ark Alabasta dimana dia mengenakan kain keffiyeh berwarna oranye dengan aksesoris rantai emas. Baju Zoro ini terus berganti sampai di Ark Wano.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Overpower Paling Seru & Menarik

Pedang andalan

One Piece
1Fiftyfour

Sebagai seorang ahli pedang, Zoro memiliki tiga pedang andalan sebagai senjata utamanya. Tercatat sudah ada belasan pedang yang digunakan Zoro selama seri One Piece. Pedang-pedang tersebut, tak melulu dimiliki oleh Zoro tapi ada juga yang dipinjam.

Berikut ini beberapa daftar nama pedang Zoro yang pernah muncul dalam pertarungan melawan para bajak laut:

Wadou Ichimonji

Ini merupakan salah satu pedang legendaris yang dimiliki Zoro. Wadou Ichimonji merupakan salah satu pedang dari 21 O Wazamono yang digunakan oleh Kuina. Menurut sejarah, pedang ini ditempa oleh Shimotsuki Kozaburo.

Sandai Kitetsu

Nama pedang Zoro selanjutnya adalah Sandai Kitetsu. Pedang ini merupakan senjata terkutuk. Bahkan, Ipponmatsu, pemilik Sandai Kitetsu pertama, tidak ingin menjual pedang ini karena bisa membawa malapetaka. Namun, Zoro yang bertaruh keberuntungan pada pedang ini akhirnya bisa mendapatkannya.

Shushui

Pedang Shusui didapatkan Zoro usai dirinya bertarung dengan zombi pendekar pedang bernama Ryuma. Awalnya, Shusui setia menemani Zoro tanpa masalah. Lalu Zoro sampai ke Wano, dan reputasi Shusui di negeri asalnya begitu besar hingga pedang itu akhirnya sampai dicuri oleh Gyukimaru. Walaupun menjadi pedang terbaru Zoro di Ark Wano, akhirnya Shuushui harus dikembalikan kepada pemilik aslinya di Wano.

Enma

Enma
Pinterest

Sebagai pengganti Shuushui, Zoro akhirnya mendapatkan pedang baru bernama Enma. Pedang ini memiliki kekuatan supranatural yang sangat dahsyat, dimana setiap orang yang memegangnya bisa mati karena kehabisan tenaga. Apalagi Enma merupakan salah satu pedang terbaik buatan Shimotsuki Kozaburo yang sempat dipakai oleh Kozuki Oden. Enma sendiri jadi pedang Zoro terbaru yang sangat kuat.

Yosaku dan Johnny

Ini merupakan pedang berpasangan yang dipakai Roronoa Zoro di Ark Arlong Park. Pedang ini sebenarnya hanya pedang pinjaman saat Zoro harus melawan Hatchan. Namun, walaupun pedang ini kuat, Zoro pada akhirnya kalah karena mengalami luka parah akibat melawan Mihawk dan Arlong.

Hana Arashi

Pedang ini didapatkan Zoro saat bersama Sogeking alias Usopp. Saat itu, Zoro memegang pedang Hana Arashi bersama dengan Yubashiri.

Yubashiri

Bila Sedulur mencari tahu tentang pedang Zoro yang hancur saat pertarungan, maka jawabannya adalah Yubashiri. Pedang ini merupakan salah satu dari 50 Ryo Wazamono yang diberikan Ipponmatsu kepada Zoro. Pedang ini cukup tangguh karena sudah digunakan Zoro sejak pertama kali muncul sampai ke Eneis Lobby. Namun, pada akhirnya pedang ini hancur karena kemampuan Angkatan Laut bernama Shu.

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

Kekuatan Zoro

Roronoa Zoro
Fiction Horizon

Melihat dari senjata yang dimiliki oleh Roronoa Zoro, tentu kita sudah bisa menyimpulkan kalau kekuatan terbesarnya adalah bermain pedang. Namun, dibalik kekuatan berpedangnya, Zoro juga memiliki kemampuan lain seperti Haki.

Kemampuan unik Zoro sendiri yaitu bisa menggambungkan kemampuan haki kepada pedang yang dimilikinya. Kemampuan unik itu juga dikombinasikan dengan ilmu berpedang santryuu yang sudah dipelajari Zoro sejak kecil. Alhasil, Zoro berhasil menciptakan berbagai macam jurus ampuh seperti berikut ini:

  • Tora Gari (pemburu harimau) Zoro memegang pedangnya sejajar dengan mulut dan mengayunkannya kebawah.
  • Oni Giri (pembasmi iblis) Zoro menyilangkan dua pedang di depan dadanya dan bergerak maju dengan cepat, pedang yang dimulut yang akan memberi kerusakan besar.
  • Nigori Zake (tikaman kekuatan 2 lengan) Zoro mengencangkan otot lengannya dan dengan kekuatan luar biasa melepaskan dorongan keras.
  • Enbima Yonezu Onigiri (Tebasan Iblis Cantik) Sama seperti oni giri, tapi saat Zoro menggunakan jurus ini, pedangnya seperti berkelok-kelok, dan menciptakan bayangan iblis di sekitarnya.
  • Tourou Nagashi (Darah Serigala) Sebuah serangan balik. Zoro memutarkan badannya untuk menghindari serangan, kemudian dua pedang yang memblokir menerjang setelah Zoro maju kedepan.
  • Tatsu Maki (Putaran angin naga) Zoro berputar dengan pedangnya mengakibatkan angin keluar ke atas seperti naga.
  • Kokujo Ootatsu Maki (Putaran angin naga betina hitam besar) Seperti Tatsu Maki, Tapi lebih besar berwarna hitam dan tidak berhenti sampai musuh berada di ujung neraka.
  • Ushi Bari (serudukan banteng) Zoro mengarahkan pedang ditangannya ke lawan dan membentuk seperti banteng, kemudian menusukkan pedang ke musuh berkali-kali diakhiri serangan pedang di mulut.
  • Gazami Dori (capit kepiting) Semua pedang Zoro diarahkan paralel dan mengarahkan ke musuh seperti akan memenggal kepala.
  • 108 Pound Hou (Meriam 108 pound) sama seperti 36 pound hou kali ini menggunakan 3 pedang.
  • Karasuma Gari (Pemburu Gagak) Zoro melompat dan memilah-milah target dengan cepat. Digunakan ketika diserang puluhan meriam.
  • Gyuuki Yuzume (Cakar maut sapi iblis) Zoro mengarahkan pedangnya ke musuh dan menerjang dengan kuat, digunakan ketika melawan kapten T-Bone. Serangan ini menggambarkan Sapi Iblis.
  • Santoryuu Ougi : Sanzen Sekai (Seluk beluk rahasia tiga pedang : 3000 dunia) Zoro memegang pedang dan menyatukan keduanya lalu memutarkannya dengan cepat. Zoro kemudian menyerbu musuh dengan sangat cepat dalam posisi seperti ini. Banyak yang bilang jika jurus ini adalah jurus terkuat Zoro, menilik dari kata “Ougi”.
  • Yasha Garasu (Cakar gagak iblis) Zoro dengan cepat menyerang target digunakan ketika untuk melawan oz serangan ini menggambarkan gagak iblis.
  • Dai Butsu Giri (Tebasan Buddha Yang Agung) Zoro memotong bangunan (menara) menjadi beberapa bagian.

Kelemahan Zoro

Zoro dan Hiyori
Greenscreen

Walaupun hebat dalam memainkan pedang dan menjadi wakil kapten Bajak Laut Topi Jerami, ternyata Roronoa Zoro juga memiliki beberapa kelemahan. Hal ini disampaikan sendiri oleh penulis One Piece, Eichiri Oda.

Menurut Oda ada 3 kelemahan Zoro yang sering dimunculkan pada seri One Piece yaitu:

  • Meski kerap tampil menakutkan dengan aura iblis, Zoro ternyata tidak mampu menebas wanita dengan sungguh-sungguh. Terbukti mulai dari Tashigi hingga Monet belum pernah benar-benar merasakan ‘sadisnya’ sabetan pedang Zoro. Para fans yakin bahwa semua itu adalah pengaruh dari Kuina di masa kecil Zoro. Meskipun begitu, Zoro banyak dipertemukan dengan wanita cantik yang juga membuat Sanji iri kepadanya.
  • Zoro mengakui bahwa minuman yang paling ia sukai adalah sake. Minuman beralkohol ini bahkan sempat membuat latihan Zoro terganggu saat berlatih bersama Mihawk. Jika musuh jeli, sake ini bisa saja dijadikan sebagai alat untuk menjebak Zoro.
  • Siapa sangka, Zoro merupakan sosok yang buta arah dan tidak bisa membaca peta. Dia sering sekali tersesat dalam masa-masa genting pertarungan. Tidak heran, Zoro kerap disebut sebagai karakter paling bodoh di One Piece.

Fakta unik Zoro

Karakter One Piece
Gamer Santai

Sebagai salah satu karakter utama di One Piece, Zoro memiliki beberapa fakta unik. Fakta-fakta ini muncul setelah ribuan seri panel manga One Piece tayang.

  • Sangat menyukai nasi
  • Oda sempat ingin menjadikan Zoro sebagai anak buah dari Bajak Laut Buggy
  • Pedang kesukaan Zoro adalah Wado Ichimonji dan Shusui
  • Memiliki luka yang mirip dengan Luffy
  • Memiliki intrik dengan Sanji
  • Pernah membunuh naga
  • Memiliki Haoshoku Haki

Nah, itu tadi profil lengkap Roronoa Zoro yang menjadi salah satu karakter One Piece paling favorit setelah Monkey D. Luffy. Semoga bagi Sedulur yang merupakan fans dan penggemar manga One Piece bisa terhibur ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!