monkey d luffy

Monkey D Luffy adalah tokoh utama dari manga dan anime One Piece yang ditulis dan digambar oleh mangaka terkenal Eichiro Oda. Saat ini, One Piece telah berusia 25 tahun dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. One Piece sendiri merupakan manga dan anime nomor satu di dunia.

Selain karena karakter utamanya yang bernama Monkey D Luffy, manga dan anime ini memang seru dan layak untuk diikuti. Banyak hal yang dapat diambil sebagai pelajaran dan tentu saja sangat menghibur. Hal ini yang membuat One Piece menjadi manga dan anime terlaris di dunia.

Bagi Sedulur yang belum banyak tahu tentang One Piece dan Monkey D Luffy, mari simak artikel kali ini sebagai motivasi untuk mengikuti kiprah sang kapten di dunia One Piece yang seru!

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

-->

Biodata dan Profil Monkey D Luffy

monkey d luffy
Pikiran Rakyat

Monkey D Luffy adalah karakter utama yang menjadi perhatian dalam komik One Piece. Berikut ini profil dari Luffy yang menjadi kapten dan raja bajak laut di masa depan:

  • Nama: Monkey D Luffy
  • Ulang tahun: 5 Mei
  • Tinggi badan: 172 cm – 174 cm
  • Julukan: Mugiwara no Luffy (Luffy si Topi Jerami)
  • Monkey D. Luffy Bounty: 1,500,000,000 Berry, 500,000,000 Berry, 400,000,000 Berry, 300,000,000 Berry, 100,000,000 Berry, 30,000,000 Berry
  • Buah iblis: Gomu Gomu no Mi (Karet), Hito Hito no Mi Model Nika (Terbaru)

Penampilan sebelum timeskip

Cermin Dunia

Monkey D Luffy umur dan penampilan berbeda saat sebelum dan setelah timeskip. Baik di manga dan di anime, terdapat perbedaan yang mencolok dalam penampilan Luffy. Luffy memiliki pakaian yang sama di sebagian besar seri, dibandingkan dengan kru lainnya (terutama Nami dan Nico Robin), yang sering berubah.

Luffy dapat mengenakan pakaian yang berbeda untuk menyesuaikan dengan iklim sebuah pulau (seperti jaket berkerudung di Pulau Drum atau jubah gurun di Alabasta) tetapi akan beralih kembali ke rompi merah khasnya dan celana pendek biru setelah petualangan itu pulau sudah berakhir.

Meskipun demikian, ia akan memakai pakaian yang biasa dalam warna yang berbeda dan telah dikenal untuk olahraga item lain-lain pada orangnya dari waktu ke waktu seperti di Thriller Bark dan Sabaody Archipelago.

Penampilan setelah timeskip

monkey d luffy
Rentetan

Setelah dua tahun, beberapa hal telah berubah. Luffy memakai kardigan merah terbuka dengan lengan panjang dengan empat kancing (yang menunjukkan bekas luka berbentuk X yang menutupi sebagian besar dadanya yang diterimanya saat itu oleh Laksamana Akainu), dengan selempang kuning diikatkan di pinggangnya, agak mengingatkan pada pakaian Gol D. Roger.

Monkey D Luffy telah tumbuh sedikit lebih tinggi dan terbukti secara signifikan lebih berotot karena pelatihannya. Ini bisa dilihat di lehernya yang agak lebih tebal, deltoids yang lebih jelas, dan dada yang lebih baik. Bukan hanya dari segi penampilan, kekuatan Monkey D Luffy pun meningkat pesat selama timeskip karena berlatih langsung dengan Reyleigh, wakil kapten Gol D. Roger.

Keluarga Monkey D. Luffy

Greenscene

Keluarga Monkey D. Luffy merupakan hal yang masih misterius hingga saat ini, terutama Monkey D Luffy ibu. Ayah Luffy adalah Monkey D Dragon, pimpinan tertinggi Pasukan Revolusi, musuh utama dari Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut. Kekuatannya masih belum diperlihatkan oleh Oda Sensei hingga saat ini. Namun diperkirakan kekuatannya sangat besar.

Sementara itu, Luffy dirawat oleh kakeknya, Monkey D Garp, seorang legenda Wakil Laksamana Angkatan Laut dengan kekuatan yang besar dan juga belum semua dibongkar oleh Oda Sensei. Selain itu, muncul juga rumor dan teori juga spekulasi dari fans bahwa kelak Luffy memiliki anak bernama Monkey D Flora, hasil hubungan dengan Boa Hancock. Perihal ini juga masih misterius.

Kekuatan Luffy

monkey d luffy
Greenscene

Monkey D Luffy adalah seseorang yang pemakan buah iblis bernama Gomu Gomu no mi (buah iblis karet) tipe Paramecia. Sebelum timeskip, Luffy hanya mampu menguasai kekuatan karetnya hingga Gear Second. Namun setelah berlalu 2 tahun dan berlatih bersama Silver Rayliegh, Luffy mampu menguasa 3 jenis haki serta bisa mencapai kemampuan penguasaan buah iblisnya hingga Gear Fourth..

Bahkan saat ini di arc Wano, Luffy sudah bisa memakai Ryuo (pemahaman haki di Wano) setelah berlatih bersama kakek Hyogoro di penjara milik Kaido. Begitu juga dengan kekuatan nakama atau anggota bajak lautnya yang lain, meningkat pesat setelah time skip. Bukan hanya itu, di Arc Wano, Oda sensei akhirnya memberi tahu kita semua bahwa buah iblis yang dimakan Luffy adalah buah iblis paling konyol di dunia.

Yaitu buah iblis Hito Hito no mi: Model Nika (God of Sun) tipe Zoan. Kekuatannya yang melimpah dan tanpa batas membuat Luffy sangat kuat, bahkan musuh utama di Arc Wano sekalipun, yaitu Kaido tidak berkutik melawan Luffy. Kaido sendiri dikenal sebagai manusia paling kuat dan tidak bisa mati.

Selain informasi seputar Luffy di atas, berikut ini beberapa fakta lain yang wajib Sedulur ketahui seputar Luffy, sang kapten kita tercinta sekaligus raja bajak laut di masa depan:

1. Luffy memiliki saudara angkat yaitu Ace dan Sabo

Wallpaperbetter

Luffy tidak tumbuh sendirian di desa Foosha. Saat Garp menitipkannya ke Bandit Gunung Dadan, dia juga bertemu dengan Ace dan Sabo. Di sini ketiganya menjadi saudara.  Namun, saat ini Ace telah meninggal akibat insiden di Marineford dan Sabo dikabarkan mendapatkan kondisi yang buruk setelah ke Marijoa.

2. Mengidolakan Shanks

One Piece Wiki

Saat kru Shanks berlabuh di desa Foosha, Monkey D Luffy sangat mengagumi mereka dan ingin bergabung, namun dia masih terlalu muda dan tidak diizinkan oleh Shanks. Setelah insiden lengan Shanks, Luffy berjanji akan menjadi Bajak Laut, tapi tidak tanggung-tanggung yaitu Raja Bajak Laut.

3. Beraliansi dengan Trafalgar D. Law

Pikiran Rakyat

Trafalgar D. Law merupakan pemimpin Bajak Laut Hati, perannya sangat penting dalam menyelamatkan Luffy dan Jinbe yang melarikan diri dari kejaran Angkatan Luat di Arc Marineford. Kekuatan buah iblis Law adalah Ope Ope no mi (buah iblis operasi) tipe Paramecia. Kemampuan buah iblisnya dan juga profesinya sebagai dokter membuat Law dapat menyelamatkan Luffy.

Setelah itu, kedekatan keduanya semakin erat dan bersama-sama memutuskan untuk beraliansi. Mulai dari Arc di Dressrosa menumbangkan Doflamingo, hingga ke Arc Whole Cake Island, Arc Zoo dan saat ini di Arc Wano dan tengah menumbangkan Kaido. Keduanya beraliansi melawan musuh yang sama.

BACA JUGA: 26 Anime Keren Sepanjang Masa Rekomendasi Otaku Indonesia

4. Luffy salah satu Generasi Terburuk di Bajak Laut yang paling Muda

monkey d luffy
Siap Grak!

Luffy adalah salah satu dari Bajak Laut yang dikenal sebagai Generasi Terburuk yang mana mereka sudah mendapatkan harga buronan di atas 100 juta Belly padahal Bajak Laut baru. Luffy adalah Bajak Laut termuda dari Generasi Terburuk. Selain itu, merupakan salah satu bajak laut terkuat dengan kekuatan yang mengerikan.

5. Bergelar sebagai Kaisar Laut kelima

Grennscene

Di manga One Piece, terdapat 4 Kaisar Laut yang disegani oleh setiap bajak laut, bahkan oleh Pemerintah Dunia dan juga oleh Angkatan Laut itu sendiri. Mereka adalah Bajak Laut Kurohige, Bajak Laut Kaido, Bajak Laut Big Mom dan Bajak Laut Shanks. Setelah Luffy berhasil menjemput Sanji dan mengacak-acak Whole Cake Island, markas dari Big Mom, muncul berita bahwa Luffy merupakan Kaisar Laut Kelima. Hal ini akan jadi kenyatakan ketika Luffy berhasil mengalahkan Kaido

Itulah biodata terkait Monkey D Luffy juga seputar fakta lainnya. Sang calon Raja Bajak laut dalam dunia One Piece ini saat ini tengah jadi sorotan karena kekuatannya barunya yang mengerikan yang membuat semua pecintanya tercenggang. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan OPLovers semua, dan lebih sabar lagi mengikuti manga dan anime terlaris di dunia satu ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!