Ingin mengabiskan waktu menunggu buka puasa dengan menonton film? Tentu Sedulur harus tahu beberapa film yang tepat untuk ditonton saat puasa. Ada banyak rekomendasi film saat puasa yang bisa jadi tontonan layak Sedulur.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi film saat puasa yang bisa jadi tontonan Sedulur. Dijamin dengan menonton film ini, Sedulur tidak akan terasa menjalankan puasa dan lemas serta rasa bosan pun akan hilang seketika.

Yuk, mari langsung kita simak daftar rekomendasi film saat puasa di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Animasi Tentang Puasa Ramadan, Cocok Untuk Anak

-->

1. Ayat-Ayat Cinta

rekomendasi film saat puasa
IMDb

Rekomendasi film saat puasa yang pertama yaitu Ayat-ayat Cinta, film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy. Film ini memiliki latar belakang di Mesir dan merupakan salah satu film yang meledak di pasaran saat pertama tayang.

Film ini berkisah tentang Fahri yang merupakan mahasiswa Indonesia yang belajar di Al-Azhar, Mesir. Selain mengisahkan sosok pribadi Fahri yang penuh teladan, kisah cintanya dengan Aisyah dan Maria juga menjadi daya tarik tersendiri pada film religi ini. Sampai sekarang pun film yang mengajarkan tentang keteguhan iman ini tetap menarik untuk dijadikan tontonan selama Ramadan.

2. Sang Kiai

rekomendasi film saat puasa
Tirto.id

Rekomendasi film yang kedua yaitu Sang Kiai. Film satu ini menceritakan tentang perjuangan K.H Hasyim Asyari, tokoh pendiri Nahdlatul Ulama, organisasi masyarakat Islam besar di Indonesia. Film ini menceritakan perjuangan tokoh Hasyin Asyari di masa penjajahan.

Bagaimana perjuangan ulama pempertahankan agama Islam di masa penjajahan Belanda dapat Sedulur tonton di film ini. Ada banyak pelajaran yang bisa Sedulur dapatkan di dalam film ini. Menonton film ini juga akan menambah wawasan sejarah islam di Indonesia, lho!

3. Mencari Hilal

rekomendasi film saat puasa
Tribun Jogja

Rekomendasi film saat puasa selanjutnya yaitu Mencari Hilal. Filim ini berkisah tentang perjalanan ayah dan anak dengan watak dan pola pikir berbeda. Tentu dengan perbedaan tersebut, akan muncul berbagai macam konflik yang cukup menguras emosi.

Film religi sarat makna ini akan memperlihatkan kepada kita tentang peran agama di dalam kehidupan sosial. Sambil menunggu berbuka, Sedulur bisa menonton sembari memetik setiap hikmah yang disampaikannya.

4. 99 Cahaya di Langit Eropa

Festival Film Indonesia

Apakah Sedulur pernah bertanya bagaimana agama Islam di pandangan orang-orang Eropa? Nah, untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, Sedulur bisa menonton film ini. Film ini diangkat dari nveol yang ditulis oleh Hanum Rais dengan judul yang sama.

Film yang rilis pada 2013 lalu juga memberikan sejumlah pesan yang sangat bagus untuk kita. Bahwasanya dakwah tidak mesti menggunakan kekerasan. Namun juga bisa dengan ilmu pengetahuan. Pesan dalam film yang dibintangi Ralin Syah ini masih sangat relevan hingga saat ini.

5. Sang Pencerah

FlixWatch

Film ini merupakan salah satu rekomendasi film saat puasa yang wajib Sedulur tonton. Film yang menceritakan tentang tokoh pendiri organisasi masyarakat Islam besar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah. Sosok KH Ahmad Dahlan merupakan tokoh utama dalam film ini.

Film ini menceritakan tentang bagaimana kegigihan dan perjuangan K.H Ahmad Dahlan dalam meluruskan aqidah dan mendirikan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia ini. Dalam film tersebut, sosok K.H Ahmad Dahlan diperankan oleh Lukman Sardi.

Pemeran pendukung lainnya dalam film ini yaitu Giring Ganesha, Zaskia Adya Mecca, dan sejumlah artis papan atas lainnya juga berperan dalam film religi ini.

6. Negeri 5 Menara

rekomendasi film saat puasa
Amir at The Movie

Rekomendasi film yang ditonton saat bulan puasa yaitu Negeri 5 Menara. Tokoh utama dalam film ini yaitu enam orang santri dengan latar belakang yang berbeda-beda. Meskipun memilik latar belakang berbeda, namun mimpi mereka sama.

Ada banyak pelajaran yang bisa Sedulur dapatkan dengan menonton film ini. Selain menoton filmnya, Sedulur juga bisa membaca versi novelnya yang ditulis oleh A. Fuadi dengan kisah yang sama.

7. Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2

rekomendasi film saat puasa
Liputan6

Rekomendasi film saat puasa selanjutnya yaitu Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2. Film ini dibintangi oleh Oki Setiana Dewi dan menjadi salah satu film relegi sukses di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Film ini berlatar di Mesir yang mengisahkan tentang Azzam yang berjang kuliah di Mesir.

Di fim ini, bertabur banyak bintang papan atas Indoensia. Film ini juga masih tetap menarik dan relevan  untuk ditonton di ramadan tahun ini.

8. Hafalan Shalat Delisa

Tentang Sinopsis

Hafalan Shalat Delisa merupakan film yang disutradarai oleh Sony Gaokasak. Film ini diadaptasi dari novel karya Tere Liye, yang berlatar di Aceh pada 2004 ketika tsunami melanda provinsi tersebut.

Kisahnya tentang seorang anak bernama Delisa (Chantiq Schargerl) dan ibunya sedang bersiap-siap untuk mengikuti ujian praktik shalat. Namun, tiba-tiba terjadi gempa yang kemudian diikuti oleh tsunami.

Delisa dan dan ibunya tak sempat melarikan diri, terbawa arus dan terpisah. Ayah Delisa, Abi Usman (Reza Rahadian), yang saat itu sedang bekerja di kapal tanker perusahaan minyak internasional, langsung bergegas pulang ke Aceh mendengar bencana itu. Abi segera mencari Delisa dan istrinya, berharap mereka bisa bersatu kembali.

BACA JUGA: 25 Film Misteri Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Ngabuburit!

9. Mudik

Detik

Rekomendasi film selanjutnya yaitu Mudik, film ini merupakan film drama yang disutradarai oleh Adriyanto Dewo. Film ini berkisah tentang sepasang suami istri, Firman (Ibnu Jamil) dan Aida (Putri Ayudya), yang sedang mudik.

Akan tetapi, selama perjalan menuju kampung halaman, ada ketegangan di antara keduanya karena Aida curiga kalau Firman berselingkuh. Konflik semakin memuncak ketika di tengah perjalanan, mereka terlibat dalam kecelakaan. Kecelakaan ini merenggut nyawa suami Santi (Asmara Abigail). Ditengah semua kekacauan ini, Aida perlahan-lahan belajar dan mengenal dirinya lebih dalam.

10. Ji Dullah

Tirto.id

Rekomendasi film saat puasa terakhir yaitu Ji Dullah. Film ini merupakan film pendek yang disutradarai oleh Alif Septian dan diproduksi bersama mahasiswa Program Studi Televisi dan Film Universitas Jember. Salah satu film indie dan lokal yang wajib Sedulur tonton di bulan puasa.

Film ini bercerita tentang Dullah, seorang haji yang berambisi menjadi kepala desa. Adegan dalam film ini mengundang tawa karena dibalut dengan komedi. Sebagian besar dialognya menggunakan bahasa Madura dan beberapa adegan menggunakan bahasa Jawa.

Film ini terkesan dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Ada nuansa religi, politik praktis, hingga kepercayaan masyarakat terhadap dukun.

Nah itulah daftar rekomendasi film saat puasa yang bisa jadi tontonan Sedulur. Dijamin dengan menonton film-film di atas. Rasa lemas dan bosan yang Sedulur alami saat puasa bisa hilang dan Sedulur akan terhibur dengan sempurna.

Jika Sedulur menonton rekomendasi film saat puasa di atas setelah waktu berbuka, jangan lupa untuk menyiapkan camilan untuk menemani waktu nonton Sedulur. Sedulur bisa membeli aneka camilan dan minuman segar dengan membelinya di Aplikasi Super.

Beli camilan di Aplikasi Super bisa membuat Sedulur lebih untung dan juga memudahkan Sedulur. Hanya melalui aplikasi, Sedulur bisa belanja berbagai camilan tanpa harus keluar rumah. Makanya, yuk segera download Aplikasi Super untuk mendapatkan kemudahan setiap harinya.