mainkan pac-man

Salah satu permainan klasik yang masih ada hingga saat ini adalah Pac-Man. Permainan dengan desain karakter tokohnya yang menyerupai bentuk pizza kecil berwarna kuning dengan irisan seperti mulut tersebut dirilis pada tahun 80’an. Karena sangat terkenal, banyak orang yang ingin mencoba untuk mainkan Pac-Man.

Dalam bahasa gaul para pemuda Jepang, nama Pac-Man juga dikenal dengan “paku-paku”. Hal tersebut dikarenakan tokoh original Pac-Man memiliki gerakan seperti membuka dan menutup mulut. Permainan ini dulunya dibuat untuk menarik para wanita bermain games, namun bukan games yang mengerikan seperti membunuh alien. Namun, seiring berjalannya waktu, permainan ini menjadi favorit semua kalangan bahkan hingga saat ini.

Bagaimana sejarah dan cara mainkan Pac-Man tersebut? Simak artikel berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Cara Mainkan Snake Lewat Aplikasi Google Maps

-->

Apa itu game Pac-Man?

mainkan pac-man
iStock

Pac-Man merupakan sebuah game atau permainan klasik yang dibuat tahun 1980 oleh Namco pada 22 Mei 1980 dan sangat populer pada zamannya. Permainan ini memiliki prinsip berupa permainan dalam labirin yang berisi makanan, power pellet, buah ceri, empat hantu, dan tentu saja tokoh utama yaitu Pac-Man. 

Desain tokoh Pac-Man dibuat menyerupai pizza kecil berwarna kuning dengan irisan yang berfungsi sebagai mulut. Mulut tersebut digunakan untuk memakan makanan ataupun power pellet dan buah ceri sembari menghindari kejaran empat hantu yang mengerikan. Meskipun terkesan sederhana, namun permainan ini sangat asyik ketika dimainkan.

Sejarah game Pac-Man

mainkan pac-man
iStock

Setelah mengetahui pengertiannya, Sedulur pasti ingin tahu bagaimana sejarah adanya permainan ini. Jadi, game Pac-Man dikembangkan oleh Namco serta diluncurkan oleh Mindway. Permainan ini awalnya hanya disebutkan sebagai permainan tentang arkade saja, namun kemudian berubah nama menjadi Pac-Man karena rancangan seorang karyawan Namco bernama Toru Iwatani. 

Pac-Man dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Permainan ini memiliki tokoh utama berwarna kuning dengan nama Pac Man. Dalam memainkan game ini, para pemain harus membawa tokoh tersebut untuk berkeliling mengikuti labirin yang berliku serta menuju makanan yang berbentuk seperti titik-titik kecil atau benda lain yang ada. Satu hal yang harus diperhatikan adalah kehadiran empat hantu yang juga berkeliling untuk mengejar dan menangkap tokoh utama tersebut.

Satu level pada game ini akan tercapai jika pemain dapat memakan keseluruhan titik dan semua benda yang ada serta tidak tertangkap oleh salah satu dari keempat hantu yang ada. Menurut teorinya, Pac-Man merupakan game yang dapat terus dimainkan tanpa mempunyai batasan level. Namun, ada sebuah kasus dimana ketika sampai pada level 256, game ini memiliki bug yang menyebabkan gambar menjadi tidak beraturan sehingga pemain tidak dapat menyelesaikan level tersebut.

Ditinjau dari sejarahnya, Pac-Man menjadi game yang menjadi ikon game klasik di era tahun 1980-an yang digemari hingga sekarang. Selain karena alasan mudah dimainkan, kesulitan pada level game ini juga masih bisa ditaklukkan bagi sebagian besar orang.

BACA JUGA: Spesifikasi PUBG PC Beserta Cara dan Link Downloadnya

Level dalam game Pac-Man

mainkan pac-man
iStock

Disebutkan sebelumnya, game ini tidak memiliki batasan level. Namun, setelah dimainkan oleh sebagian besar orang, Pac-Man merupakan permainan yang memiliki 255 level yang bisa dimainkan dengan skor tertinggi mencapai 3.333.360 poin yang bisa diraih. PacMan level tertinggi tersebut diselesaikan oleh Billy Mitchell, seorang pemain game arcade kompetitif pada masanya.

Perayaan pacman 30th anniversary

mainkan pac-man
iStock

Karena menjadi salah satu permainan klasik yang masih ada hingga saat ini, perayaan hari jadi Pac-Man kerap kali dilakukan. Salah satunya adalah perayaan Pac-Man 30th Anniversary yang dilakukan pada tanggal 22 Mei 2010. Bahkan pada saat itu, Google membuat logo Google khusus hari libur untuk memperingati acara tersebut karena Pac-Man menjadi salah satu game terpopuler pada Doodle Games yang terdapat pada Google.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi PS4 Emulator Terbaik untuk PC dan Laptop

Cara mainkan Pac-Man

mainkan pac-man
iStock

Untuk dapat memainkan game ini, Sedulur dapat memiliki salah satu diantara kedua cara berikut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Sedulur ikuti untuk memainkan Pac-Man.

1. Melalui browser Google Maps

Cara pertama mainkan Pac-Man dapat Sedulur lakukan dengan masuk pada browser Google Maps. Setelah menunggu beberapa saat, akan muncul kotak bergambar game Pac Man pada bagian kiri bawah. Sedulur dapat memilih lokasi untuk memainkan game ini sesuai selera dengan menggeser peta hingga posisi kotak bermain berubah menjadi game Ms Pac Man. Selanjutnya, Sedulur dapat memainkan game ini menggunakan kursor pada PC yang dimiliki. 

2. Melalui smartphone pada Aplikasi Android

Jika Sedulur memainkan game ini menggunakan smartphone, maka Sedulur harus memastikan terlebih dahulu jika aplikasi Google Maps sudah dalam update terbaru. Jika belum, maka Sedulur dapat melakukan update terlebih dahulu. 

Saat aplikasi sudah terbuka, maka Sedulur akan melihat ikon Ms Pac Man yang berwarna merah muda pada sisi kanan. Apabila menggunakan smartphone, maka Sedulur dapat mengakses lokasi dengan cara melakukan pencarian terlebih dahulu.

Namun, banyak juga yang mainkan Pac-Man ini dengan menemukan lokasi acak di seluruh dunia. Sedulur dapat memainkan game ini dengan cara swipe atau menggeser jari ke arah yang diinginkan pada layar. Tidak hanya itu, Sedulur juga dapat melihat nyawa atau health yang akan berkurang ketika tertangkap oleh hantu. Tak perlu khawatir, saat Sedulur berada dalam posisi chomp, maka Sedulur dapat memakan hantu tersebut serta mendapatkan nilai tambahan.

Nah, itulah informasi mengenai cara memainkan Pac-Man beserta sejarahnya. Meskipun permainan ini termasuk dalam permainan lama atau klasik, namun permainan ini masih memiliki banyak pengguna yang setia. Selamat bermain!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.