hope

Film Korea tidak hanya terkenal karena kisah cintanya saja. Beberapa film Korea juga mengangkat tentang isu sosial. Salah satunya adalah film Hope yang tayang pada tahun 2013 lalu. Film ini mengangkat kisah nyata dari seorang gadis kecil yang mengalami pelecehan seksual hingga mengalami trauma berat.

Hope film Korea sangat populer, bahkan telah memenangkan banyak penghargaan dan nominasi. Penasaran dengan sinopsis dan pemain film ini? Lalu, apa saja penghargaannya? Selengkapnya akan dibahas di bawah.

BACA JUGA: Sinopsis She Would Never Know, Cinta Rumit Dua Karyawan

Sinopsis Hope film Korea

HanCinema

Kisah film ini bermula saat seorang gadis kecil berusia 8 tahun bernama Im So Won akan berangkat ke sekolah. So Won adalah anak tunggal yang tinggal bersama orang tuanya dengan bahagia. Ayahnya bernama Im Dong Hoon seorang pegawai pabrik, sementara ibunya bernama Kim Mi Hee membuka toko kecil di depan rumahnya.

-->

Suatu ketika, terjadi sebuah tragedi ketika So Won berangkat ke sekolah. Ia diperkosa secara sadis oleh seorang pria di sebuah toilet umum. Tubuh So Won terluka parah, bahkan ada luka terkoyak dari anus hingga perut yang membuat ususnya keluar sehingga ia harus memakai kantong kolostomi.

Tidak sampai di situ saja, So Won juga mengalami trauma berat setelah mengalami hal mengerikan itu. Trauma ini membuatnya selalu takut bertemu pria dewasa, termasuk ayahnya sendiri. Tentunya hal ini membuat ayahnya sangat sedih. Sang ayah harus memakai pakaian badut Kokomong untuk bertemu So Won. Tujuannya agar putrinya tersebut tidak takut padanya.

Untuk memulihkan traumanya, So Won dibantu oleh seorang terapis dari Yayasan Sunflower. Sementara pelakunya akhirnya tertangkap. Sayangnya, pelaku asli film Hope memiliki alibi bahwa ia mabuk dan tidak mengingat kejadian sadis tersebut. Oleh karena itu, si pelaku hanya diganjar hukuman 12 tahun penjara oleh pengadilan, meski jaksa sudah menuntut penjara seumur hidup.

Bagaimana akhir kisah tragis yang dialami So Won? Akankah So Won mampu pulih dari traumanya? Mampukah orang tua So Won menuntut hukuman lebih berat untuk pelaku? Kisah lengkapnya bisa Sedulur tonton di platform video daring seperti Viu atau Catchplay+.

Pemainnya

hope
IMDb

Film hope kisah nyata terinspirasi dari kasus Cho Doo Soon, yang tega melakukan kekerasan seksual terhadap anak perempuan berusia 8 tahun. Hope pemainnya merupakan deretan aktor ternama Korea Selatan. Berikut daftar pemainnya.

  • Lee Re sebagai Im So Won
  • Sol Kyung Gu sebagai Im Dong Hoon
  • Uhm Ji Won sebagai Kim Mi Hee
  • Kim Hae Sook sebagai Song Jung Sook
  • Kim Sang Ho sebagai Han Gwang Sik
  • Kim Do Yeob sebagai Han Young Seok
  • Ra Mi Ran sebagai ibu Young Seok
  • Yang Jin Sung sebagai Do Kyung

BACA JUGA: Sinopsis Find Me in Your Memory, Kisah Cinta Artis & Reporter

Penghargaan

Klikaktual

Hope review berdasarkan situs IMDb mendapatkan nilai 8.2/10 dari 7.217 penilai. Berkat kisah apik yang disajikan, Hope berhasil mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik dalam ajang Blue Dragon Film Awards ke-34. Film ini juga memenangkan kategori film terbaik di Baeksang Arts Awards ke-50. Beberapa penghargaan lain yang diperoleh film ini adalah sebagai berikut.

  • Grand Bell Awards ke-51 sebagai film terbaik.
  • KOFRA Film Awards ke-5 sebagai film terbaik.
  • Giffoni Film Festival ke-44 sebagai film terbaik.
  • Korean Film Actor’s Association kategori Top Film Star Award.
  • Chunsa Film Art Awards kategori Best Screenplay.

Selain penghargaan pada filmnya, aktor dan direktur filmnya juga memenangkan banyak penghargaan. Jadi, sudah tidak diragukan lagi kalau film ini memang layak ditonton.

Bagaimana, sudah siap menontonnya? Film yang punya judul lain Wish ini menampilkan banyak adegan mengharukan maupun menyedihkan yang bisa menguras emosi Sedulur. Disarankan menyiapkan tisu dan camilan agar aktivitas menonton makin seru. Selamat menonton!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.