film thailand tentang sekolah

Walaupun tidak seterkenal Jepang atau Korea, kualitas dari film Thailand tidak dapat diremehkan begitu saja. Terlebih film Thailand tentang sekolah yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, baik itu anak muda hingga orang dewasa sekalipun.

Beberapa tahun belakangan, film-film Thailand mulai mendapat tempat di hati para penggemar film di Indonesia. Film Thailand biasanya memiliki alur cerita menarik dengan akting dari aktor dan aktris yang mampu membawa penonton terkesima.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari rekomendasi drama atau film Thailand tentang sekolah dan dunia percintaan di dalamnya, langsung saja simak daftar berikut ini, ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Drama Sekolah Jepang, Bisa Bikin Nostalgia!

1. SuckSeed (2011)

film thailand tentang sekolah
Cine Blog

SuckSeed menceritakan tentang sekelompok siswa SMA yang tidak terlalu populer dan berbakat. Akan tetapi, mereka mempunyai impian besar untuk membentuk sebuah grup band. Film ini berpusat pada sosok Koong dan Ped, dua sahabat yang tidak memiliki keahlian bermain musik.

Kendati demikian, mereka tetap bersemangat dan memiliki tekad untuk membentuk band yang terkenal. Bersama teman-temannya yakni Ex dan Ern, mereka bersama-sama menghadapi berbagai tantangan dan hambatan ketika berusaha membentuk band mereka sendiri.

Walaupun pada awalnya mereka tidak mempunyai keterampilan musik yang cukup, semangat dan tekad mereka mampu membawa perubahan dalam hidup mereka. Hingga pada akhirnya mereka berhasil lolos seleksi salah satu event band SMA terbesar di Thailand.

2. Bad Genius (2017)

Film Thailand tentang sekolah yang berikutnya adalah Bad Genius. Film ini mengisahkan tentang seorang siswi jenius bernama Lynn yang memiliki kemampuan akademis yang sangat luar biasa. Dia mempunyai kepintaran di atas rata-rata yang membuatnya menjadi siswi terbaik di sekolah.

Hingga pada suatu hari, Lynn diajak bekerja sama dengan temannya, Bank dan Grace untuk menjalankan skema curang dalam ujian internasional. Pada awalnya, skema ini hanya untuk membantu teman-teman mereka yang kesulitan dalam mengerjakan soal ujian.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, skema ini menjadi semakin rumit dan juga berbahaya. Mereka memutuskan untuk menjalankan operasi curang yang melibatkan salinan jawaban ujian di beberapa negara untuk membantu siswa-siswi yang ingin lolos perguruan tinggi.

3. Hormones (Serial TV, 2013-2015)

Hormones mengisahkan kehidupan sekelompok remaja di sebuah sekolah menengah di Bangkok. Serial yang satu ini mencakup berbagai macam aspek kehidupan remaja, termasuk pertemanan, tekanan akademik, cinta, dan juga eksplorasi identitas diri.

Dengan fokus yang terbagi menjadi beberapa karakter yang beragam, setiap episodenya membawakan tema-tema yang khas terkait masa remaja. Cerita-cerita dalam film Hormones mencakup kisah cinta pertama, masalah keluarga, persaingan antar teman, pertumbuhan pribadi, hingga pertentangan moral.

Serial TV yang satu ini, menyajikan karakter-karakter yang kompleks. Setiap karakter berhasil menggambarkan perjalanan mereka masing-masing dalam menghadapi masalah serta mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

4. May Who? (2015)

May Who? Adalah film Thailand tentang sekolah yang mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama May. May sendiri memiliki sesuatu yang unik dalam dirinya, yakni kemampuan untuk mengeluarkan sinar dari matanya setiap kali merasa malu atau gugup.

Walau keunikan tersebut menjadi tantangan dalam kehidupannya sehari-hari, ia selalu berusaha untuk menjalani kehidupan remajanya dengan semangat dan juga positif. Hingga suatu hari, pria populer di sekolah bernama Pong mengetahui rahasia May dan tertarik padanya.

Pong yang pada awalnya tidak terlalu memperhatikan May, kini telah menyadari bahwa dirinya tertarik pada kepribadian unik May dan keberaniannya untuk menjadi dirinya sendiri. Mereka pun menjalin hubungan istimewa dan belajar menghadapi berbagai tantangan yang ada.

5. Hello Stranger (2010)

Hello Stranger menceritakan tentang dua orang asing, Cha dan Mew yang bertemu di Korea Selatan secara tidak sengaja. Keduanya datang ke Korea dengan alasan yang berbeda. Cha ingin menyusul pacarnya, sementara Mew berusaha untuk mengatasi rasa patah hatinya.

Takdir pun membuat mereka bertemu di sebuah restoran. Namun karena keduanya tidak saling mengenal sebelumnya, mereka pun mempunyai masalah dengan bahasa. Akhirnya mereka pun memutuskan untuk menggunakan nama samaran satu sama lain, yakni Rye dan Moo.

Meskipun berasal dari negara yang sama, namun banyak hal yang tak terduga dalam perjalanan mereka. Berbagai peristiwa yang lucu dan menyenangkan terjadi saat mereka menjelajahi Seoul bersama, membuat Cha dan Mew mulai saling memahami satu sama lain.

6. The Love of Siam (2007)

Cinejour

Film berjudul The Love of Siam berkisah tentang kehidupan dua keluarga berbeda yang sama-sama tinggal di Bangkok. Pada awalnya, seorang remaja laki-laki bernama Muda-Mula pergi ke Melbourne bersama keluarganya setelah adik perempuannya, Tang menghilang selama beberapa tahun.

Di Melbourne, Muda-Mula bertemu dengan pemuda yang bernama Tong. Sementara itu di Bangkok, keluarga Tang mengalami kesedihan yang mendalam setelah kepergian Tang. Nah, pada saat Muda-Mula kembali ke Thailand, hubungan antara dua keluarga tersebut semakin terjalin.

Lambat laun, akhirnya rahasia keluarga pun mulai terungkap. Ya, film Thailand tentang sekolah ini menggambarkan hubungan manusia yang kompleks, termasuk kisah cinta, kehilangan, dan juga pencarian identitas diri.

7. My True Friend (2012)

My True Friend adalah film Thailand tentang sekolah yang mengisahkan tentang dua teman baik, Gun dan Song. Pada awalnya, Song adalah anak baru di sekolah menengah atas yang polos. Dia mendapat perundungan akibat dekat dengan Dew, salah satu gadis yang disukai banyak orang di sekolah tersebut.

Hingga pada akhirnya dia bertemu dengan Gun, seorang siswa kaya yang juga merupakan ketua gangster kecil bernama Sperm. Lambat laun, pertemanan mereka pun menjadi semakin dekat dan banyak hal yang dilakukan bersama, termasuk menghadapi geng terbesar di kota bernama Night Bazaar.

Indahnya persahabatan mereka langsung hilang ketika Gun ditemukan tewas dibunuh oleh salah satu anggota geng Night Bazaar. Dan sebagai seorang teman sejati, Song pun berusaha untuk membalaskan dendamnya.

8. Make Me Shudder (2013)

Make Me Shudder bercerita tentang sekelompok siswa SMA yang menyelenggarakan ritual seram di sebuah makam untuk menguji keberanian mereka. Ritual tersebut melibatkan pembacaan mantra dan berbagai tindakan dengan tujuan untuk memanggil arwah.

Namun sesuatu yang tidak terduga terjadi selama proses ritual berlangsung. Mereka tidak menyadari jika mereka benar-benar sudah mengundang kekuatan supranatural. Semenjak kejadian itu, sekelompok siswa tersebut mengalami berbagai kejadian horor yang menakutkan.

Arwah yang mereka panggil telah mengikuti mereka dan menciptakan kekacauan. Mereka pun harus mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan kehidupan mereka ke keadaan normal seperti semula.

9. Crazy Little Thing Called Love (2010)

Rekomendasi film Thailand tentang sekolah yang selanjutnya adalah Crazy Little Thing Called Love. Film yang dirilis pada tahun 2010 ini, mengisahkan tentang seorang siswi SMA bernama Nam yang memiliki penampilan yang biasa dan sederhana.

Nam tumbuh dalam kehidupan yang biasa-biasa saja dan tidak terlalu menonjol di antara teman-temannya. Akan tetapi, segalanya berubah ketika Ohm, siswa paling populer dan juga tampan di sekolah, pindah ke sekolah Nam.

Nam yang diam-diam mencintai Ohm sejak lama, memutuskan untuk melakukan segala cara untuk mendapatkan perhatian Ohm. Dia pun membuat daftar hal-hal yang harus dicapai untuk membuat dirinya lebih menarik di mata Ohm, terutama soal pengubahan penampilan.

10. The Teacher’s Diary (2014)

The Teacher’s Diary mengisahkan tentang seorang guru bernama Song yang ditempatkan di sebuah desa yang terpencil di negara Thailand. Song mengajar di sebuah sekolah yang hanya dapat diakses dengan menggunakan perahu kecil.

Pada suatu hari, Song menemukan buku harian bekas milik guru yang sebelumnya, Khun Lek. Melalui buku harian tersebut, dia tahu jika Khun Lek menyimpan kenangan indahnya dengan desa tersebut. Bahkan ada tulisan yang menyebutkan cintanya dengan seorang nelayan lokal bernama Somchai.

Hanya karena membaca buku harian tersebut, Song pun akhirnya terlibat dalam kisah cinta yang penuh dengan kenangan. Dia juga mulai merasakan adanya koneksi khusus dengan Khun Lek dan Somchai, yang memberikan inspirasi dan pandangan baru mengenai kehidupan dan cinta.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Terjebak di Masa Lalu Terbaik

11. Seasons Change (2006)

film thailand tentang sekolah
Netflix

Seasons Change merupakan film Thailand tentang sekolah yang mengisahkan tentang perjalanan hidup dari seorang pemuda bernama Sam. Sam tumbuh besar di sebuah desa kecil di Thailand dan dia mempunyai impian untuk menjadi seorang insinyur yang hebat.

Secara kebetulan, Sam berhasil memenangkan beasiswa untuk belajar di Bangkok, yang membawa perubahan besar di dalam hidupnya. Namun dia pun harus menghadapi tantangan besar terutama ketika beradaptasi dengan kehidupan di kota besar dan menjalani pendidikan di sebuah universitas.

Di Bangkok, dia bertemu dengan Meena, seorang mahasiswa yang baik hati dan suka membantu Sam untuk berintegrasi dengan orang lain. Seiring dengan berjalannya waktu, Sam mulai menghadapi konflik internal dan juga perbedaan antara kondisi di desa dan kota.

12. Ugly Duckling (2015)

Ugly Duckling adalah judul yang digunakan untuk rangkaian film dan serial TV Thailand yang rilis pada tahun 2015.  Ugly Duckling: Perfect Match, mengisahkan tentang seorang gadis bernama Junior yang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Namun, hidupnya berubah ketika dia bertemu dengan Aof, sosok pria populer dan tampan di sekolah dan menjalin hubungan yang unik dengannya.

Kemudian ada Ugly Duckling: Pity Girl, yang menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Hyacinth, yang sering dikasihani oleh teman-temannya karena sifatnya ceroboh. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang pria bernama Prince, yang justru mampu melihat kelebihan dalam keunikan dalam diri Hyacinth.

Sementara untuk Ugly Duckling: Don’t, mengisahkan tentang seorang gadis bernama Viyada yang bertemu dengan seorang pria tampan bernama Korn. Pada awalnya hubungan mereka memang tidak baik. Namun akhirnya mereka justru semakin kedekatan belajar menerima perbedaan yang ada.

13. Love of Siam (2007)

Love of Siam bercerita tentang dua keluarga yang terhubung karena kejadian tragis. Mew dan Tong adalah dua pemuda yang berteman dekat sejak kecil. Mereka kehilangan kontak satu sama lain setelah keluarga Tong pindah ke luar negeri.

Suatu hari, Tong kembali ke Thailand karena kepergian mendadak dari kakaknya, Tang. Nah, kembalinya Tong ini membuka luka-luka lama dan menimbulkan kebingungan di dalam keluarganya. Mew yang sekarang sudah remaja mencoba untuk memahami perasaannya terhadap Tong.

Kisah cinta tersebut dihadapkan dengan berbagai macam rintangan dan juga misteri yang terungkap secara perlahan. Film yang satu ini benar-benar menggali tema yang kompleks seperti persahabatan, cinta, hingga identitas seksual.

14. The Swimmers (2014)

Sesuai dengan judulnya, film Thailand tentang sekolah ini mengisahkan tentang dua atlet renang profesional di SMA, yakni Perth dan Tan. Masalah datang pada saat mereka berusaha mengejar kuota untuk bisa masuk ke dalam universitas.

Namun sayangnya Perth tidak dapat mengalahkan bakat dari Tan. Bahkan dalam hal percintaan, Perth juga diam-diam menjalin hubungan asmara dengan pacar Tan, Ice yang ternyata juga memendam perasaan padanya.

Suasana jadi semakin memanas, ketika Ice ditemukan bunuh diri di kolam renang. Bunuh dirinya Ice tersebut menimbulkan misteri besar. Dan seiring dengan berjalannya waktu, rahasia Perth pun terungkap karena sesuatu yang sangat mengerikan.

15. Secret Seven (2017)

Secret Seven menceritakan kisah tentang Padlom dan Spoil, dua mahasiswi yang diwajibkan untuk mengikuti UKM. Akan tetapi, mereka berdua tidak berminat untuk bergabung ke UKM tersebut karena merasa tidak penting.

Pada akhirnya, Padlom pun membuat UKM-nya sendiri yakni kelompok orang-orang penggemar musik 1990-an. Kelompok tersebut beranggotakan Padlom, Litfoil, Spoil, Grace dan juga seorang mahasiswi yang dijuluki Si Hantu.

Namun sayangnya, anggota dari kelompok penyuka musik 1990-an sangat sedikit orang, hingga akhirnya digabung dengan kelompok fotografi non-human yang berisi 5 orang. Padahal Padlom dan Spoil merasa jika klub fotografi non-human tersebut sangat aneh.

16. School Tales (2016)

Perfilman Thailand lebih dikenal dengan drama percintaan dan film-film horrornya. Shutter, Laddaland, 4bia, Alone, Pee Mak merupakan sedikit dari banyaknya film yang telah sukses menakuti dan membuat bulu kuduk penontonnya berdiri. Tapi itu tidak terjadi dengan School Tales.

Ada 6 anggota marching band menginap di sekolah untuk latihan mempersiapkan lomba. Di sela-sela latihan, mereka berkumpul untuk bercerita tentang 3 hantu di sekolah. Cerita hantu pertama adalah seorang siswa pincang yang merupakan korban bullying yang jatuh dari tangga.

Cerita hantu kedua adalah seorang wanita yang berwajah seram, melepuh seperti terkena air panas. Hantu ini berada di perpustakaan yang akan muncul jika para siswa-siswi berisik.

Kisah film ini lalu berlanjut tentang tentang siswi yang terbunuh di ruang musik dan jika dimainkan nada tertentu di depan cermin, maka hantunya akan muncul. Ke enam murid tersebut uji nyali, karena penasaran apakah memang benar cerita hantu tersebut, atau hanya dibuat-buat saja.

17. Last Summer (2013)

Last Summer adalah film Thailand tentang sekolah yang mengusung genre horor dan pertemanan. Film ini mengisahkan persaingan antara 2 sahabat di sekolah, yakni Joy dan Meen. Cerita bermula pada saat Joy pergi berlibur ke pantai bersama dengan Singh, kekasihnya.

Namun penyakit Joy kambuh saat berlibur dan meninggal di vila Singh. Meen pun berusaha untuk menutupi kematian Joy dan juga mencoba menghilangkan jejak tubuh Joy. Hal ini karena Joy adalah artis terkenal. Akan tetapi, usaha mereka pun sia-sia karena arwah Joy ingin membalas dendam.

18. Senior (2015)

film thailand tentang sekolah
IMDB

Senior bercerita tentang dua orang detektif dari dua dimensi yang berbeda. Uniknya, mereka berdua bekerja sama untuk mengungkap sebuah misteri pembunuhan setengah abad lalu yang terjadi di sebuah sekolah asrama.

Keduanya pun berusaha menggali bukti dan juga menemukan saksi, sampai muncul seorang roh jahat yang mencoba menghalangi usaha mereka. Selama proses untuk mengungkap kebenaran tersebut, Adhiti juga berhasil menemukan siapakah orang atau senior yang telah menjadi roh tersebut.

Demikian deretan film Thailand tentang sekolah yang direkomendasikan sampai saat ini. Ya, menonton film-film Thailand memang mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda.

Apalagi budaya di Thailand dan Indonesia yang bisa dibilang cukup mirip, membuat penonton merasa lebih relate dengan kehidupan mereka di dunia nyata. Termasuk juga dengan beberapa film Thailand tentang sekolah yang sudah disebutkan di atas.