drama sekolah jepang

Drama sekolah Jepang, menghadirkan kisah romantis di lingkungan sekolah antara dua remaja yang menarik dan juga menggemaskan. Ya, terdapat sejumlah rekomendasi “japanese dorama” romantis tentang sekolah yang dapat membuat Sedulur baper (terbawa perasaan).

Ya, kebanyakan drama sekolah Jepang mempunyai alur yang mengasyikkan dan menarik untuk diikuti. Kisah cinta antara para remaja sekolah, menjadikan film-film tersebut tidak begitu membosankan, bahkan mampu membawa Sedulur kembali bernostalgia dengan indahnya romansa di masa sekolah.

Maka dari itu, sebagai referensi di bawah ini akan diulas mengenai beberapa drama school life Jepang romantis. Walaupun ada juga yang mengandung kisah cinta menyedihkan, namun dijamin beberapa film berikut ini sangat menarik untuk ditonton.

BACA JUGA: Sinopsis My Little Happiness, Kisah Cinta Sepasang Teman Kecil

1. One Week Friends

drama sekolah jepang
Popbela

One Week Friends merupakan sebuah drama sekolah Jepang yang dirilis pada tahun 2017. Film ini diadaptasi dari serial manga berjudul “Isshuukan Friends” yang ditulis oleh Matcha Hazuki.

One Week Friends mengikuti cerita dari seorang remaja bernama Yuki Hase yang mencoba mendekati Kaori Fujimiya, seorang gadis misterius bernama yang mengalami masalah kehilangan ingatan sosial. Yuki Kaori memang selalu tampak dingin dan jauh dari pergaulan.

Suatu ketika, Yuki memutuskan untuk mengajak Kaori berbicara dan mengetahui bahwa gadis itu mengalami kondisi langka, yang mana dia kehilangan ingatan sosial setiap minggu. Jadi setiap hari Senin, Kaori akan melupakan semua teman dan juga kenalan barunya.

Walaupun tantangannya besar, namun Yuki memutuskan untuk menjadi teman Kaori dan terus membantunya untuk melewati masa-masa sulitnya. Di setiap minggu, mereka akan memulai kembali persahabatan mereka, dan mencoba membangun kenangan meskipun Kaori selalu lupa tentang Yuki.

2. Wolf Girl and Black Prince

Wolf Girl and Black Prince adalah sebuah film asal Jepang yang rilis tahun 2016. Film ini juga diadaptasi dari serial manga populer dengan judul “Ookami Shoujo to Kuro Ouji” karya Ayuko Hatta.

Erika Shinohara adalah seorang siswi SMA biasa yang ingin mendapatkan perhatian dari teman-temannya. Tentu saja dia juga ingin memiliki pengalaman percintaan seperti gadis-gadis lainnya. Akan tetapi, Erika merasa malu karena sampai saat ini dia belum memiliki pacar.

Nah, dalam upaya untuk mempertahankan citra populer di sekolah, Erika pun mengambil foto seorang asing yang tampan, kemudian mengklaim bahwa dia adalah pacarnya. Namun, masalahnya terjadi ketika dia tahu bahwa orang asing itu adalah Kyoya Sata.

Kyoya Sata adalah seorang siswa yang terkenal di sekolahnya sebagai “Black Prince” karena kepribadiannya yang kejam dan dingin. Kyoya mengetahui bahwa Erika sudah berbohong tentang hubungan mereka, dan dia pun memutuskan untuk memanfaatkannya.

3. I Give My First Love to You

Drama sekolah Jepang berjudul I Give My First Love to You dirilis pada tahun 2009, dan merupakan adaptasi dari manga berjudul “Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu” karya Kotomi Aoki.

Film yang satu ini mengisahkan cinta yang mengharukan antara dua remaja yang menghadapi tantangan serius di dalam hidup mereka. Takuma Kakinouchi adalah seorang siswa SMA yang telah menghadapi masalah jantung sepanjang hidupnya.

Karena kondisinya, dia pun harus menjalani operasi jantung yang riskan dan harapan hidupnya juga terbatas. Setelah perawatan, dia kembali ke sekolah dan bertemu dengan seorang gadis bernama Mayu Taneda.

Mayu sendiri adalah teman masa kecil Takuma yang telah tumbuh menjadi seorang gadis yang penuh semangat. Walau pada awalnya Takuma menolak, namun Mayu bersikeras untuk menjadi temannya. Namun mereka harus menghadapi kenyataan jika Takuma mungkin tidak memiliki banyak waktu tersisa.

4. Heroine Shikkaku

Heroine Shikkaku merupakan drama sekolah Jepang yang dirilis pada tahun 2015, dan diangkat dari manga dengan judul yang sama karya Momoko Koda.

Hatori Matsuzaki adalah seorang siswi SMA yang pada awalnya menjalani kehidupan bahagia dengan kehidupan sosial yang aktif. Namun, hidupnya mulai berubah ketika dia jatuh cinta pada Rita Terasaka, siswa tampan dan populer di sekolahnya.

Hatori sangat yakin bahwa dia dan Rita akan menjadi pasangan yang benar-benar sempurna. Namun, ketika Hatori mengungkapkan perasaannya pada Rita, dia justru menolaknya dan mengatakan jika dia hanya ingin berteman dengannya.

Hatori pun tak tahu bagaimana cara untuk menangani penolakan tersebut, dan merasa semakin tertekan ketika Rita mulai berkencan dengan sahabatnya, Miho Adachi. Akhirnya, Hatori memutuskan untuk berubah dan menjadi pribadi yang lebih, agar dapat mendapatkan perhatian dan hati Rita.

5. ReLIFE

ReLIFE, sebuah drama sekolah Jepang yang dirilis pada tahun 2017, dan berdasarkan pada serial manga dengan judul yang sama karya Yayoiso.

Arata Kaizaki adalah seorang pria berusia 27 tahun yang sudah setahun menganggur setelah kehilangan pekerjaannya. Kehidupan Arata benar-benar tidak berjalan dengan baik, dan dia merasa seperti dia sudah mencapai titik terendah di dalam hidupnya.

Suatu hari, dia bertemu dengan seorang pria misterius yang menawarkan kesempatan kedua dalam hidupnya. Pria tersebut adalah Ryo Yoake, seorang agen dari perusahaan misterius bernama ReLIFE Laboratory.

Mereka menawarkan Arata untuk ikut dalam program eksperimental, di mana dia akan kembali ke masa SMA-nya dan menjalani kembali tahun terakhir di sekolah menengahnya. Dia pun diberikan penampilan fisik yang lebih muda dan harus memulai ulang hidupnya sebagai seorang siswa SMA.

Arata menerima tawaran tersebut, dan dia kembali ke sekolah sebagai siswa berusia 17 tahun. Dia bertemu dengan teman sekelasnya yang baru, Chizuru Hishiro yang juga memiliki masalah terkiat interaksi dengan teman-teman. Mereka pun saling mendukung untuk mengatasi masalah pribadi mereka masing-masing.

BACA JUGA: Urutan Nonton Battle Through The Heavens yang Benar!

6. We Are There

drama sekolah jepang
The Hollywood Reporter

Rekomendasi drama sekolah Jepang berikutnya adalah We Are There, yang rilis pada 17 Maret 2012. Drama ini diangkat dari manga karya Yuki Obata.

We Are There mengisahkan tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan dari seorang gadis remaja dengan teman di sekolahnya. Gadis remaja tersebut bernama Takahashi Nana, yang jatuh cinta pada Motoharu Yano, seorang siswa populer di sekolah.

Namun, sayangnya perasaan dari Nana tak pernah mendapat balasan. Akan tetapi, lambat laun muncul hal-hal kecil yang pada akhirnya membuat Yano pun jatuh hati kepada Nana. Naas, pada saat benih cinta mulai bersemi, Yano dan keluarganya harus pindah ke kota lain.

7. The Blue Skies At Your Feet

The Blue Skies At Your Feet menjadi salah satu drama sekolah Jepang terbaru yang dirilis pada tahun 2022 lalu. Film yang satu ini merupakan hasil adaptasi novel berjudul Kimi ga Otoshita Aozora karya Eeyo Sakra.

The Blue Skies At Your Feet mengisahkan tentang dua orang pelajar SMA yang bernama Miyu dan Shuya. Mereka berdua telah menjalin kisah asmara selama lebih dari 2 tahun. Dalam hubungan mereka, keduanya selalu berjanji untuk menonton film bersama di setiap bulan apapun yang terjadi.

Hingga pada akhirnya Shuya ternyata mengalami kecelakaan mobil yang mengancam nyawanya. Kepanikan pun merasuki hati Miyu pada saat dia mengetahui bahwa Shuya telah mengalami kecelakaan mobil yang parah.

Akan tetapi, pada saat terbangun, Miyu justru menemukan dirinya hari di pagi hari sebelum kecelakaan tersebut terjadi.

8. Hirate

Rekomendasi Japanesse Dorama yang wajib untuk Sedulur tonton berikutnya adalah Hirate. Film yang satu ini, dirilis pada tahun 2021 silam dan merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Risa Wataya.

Film menceritakan seorang siswa bernama Ai Kumura, yang diketahui menyukai Tatoe Nishimura, yang mana adalah teman satu kelasnya. Sosok Ai Kumura sendiri, merupakan siswa yang cantik dan sangat populer di sekolahnya.

Namun Ai Kumura justru tertarik dengan Tatoe karena kepribadiannya yang menarik sekaligus misterius. Akan tetapi, Ai malah menemukan fakta jika Tatoe ternyata telah menjalin hubungan khusus dengan Miyuki, teman satu sekolahnya yang lain.

Mengetahui hal tersebut, Ai pun mulai berusaha untuk berteman dekat dengan Miyuki sembari mencari tahu tentang hubungan antara mereka berdua. Ya, walaupun masih tergolong baru, namun Hirate menjadi salah satu film Jepang romantis dengan kisah yang sangat menarik.

9. From Me to You

From Me to You adalah sebuah film drama Jepang yang dirilis pada tahun 2010, dan ceritanya diambil dari manga berjudul “Kimi ni Todoke” karya Karuho Shiina.

Film ini mengikuti kisah seorang gadis pemalu bernama Sawako Kuronuma, seorang siswi SMA yang reputasinya yang kurang baik. Dia bahkan sering dijuluki “Sadako” karena penampilannya yang seram dan seringkali membuat orang-orang merasa tidak nyaman.

Namun, sebenarnya Sawako sendiri memiliki sifat yang baik hati, pemalu, dan ingin mempunyai banyak teman. Berbeda dengan yang lain, Kazehaya Shota, siswa tampan dan populer di sekolah justru memperlakukan Sawako dengan baik.

Mungkin hanya dia satu-satunya orang yang melihat kebaikan yang ada di dalam diri Sawako. Saat Kazehaya mulai mengakui perasaannya kepada Sawako, hubungan pun mereka perlahan berubah. Sawako mulai mendapatkan kepercayaan diri untuk berinteraksi dengan teman-temannya.

10. Honey Lemon Soda

Honey Lemon Soda dirilis pada tahun 2021, dan ceritanya diambil dari manga web berjudul sama karya Mayu Murata.

Honey Lemon Soda mengikuti kisah cinta yang manis dan penuh akan emosi antara dua remaja, Sota Mochizuki dan Saku Kagaya. Sota adalah seorang siswa SMA yang tampan dan juga populer di sekolah. Dia merupakan atlet yang andal dan mempunyai banyak penggemar.

Kendati demikian, Sota menyembunyikan fakta jika dia sebenarnya adalah seorang pecandu video game yang memiliki ketakutan terhadap akan perempuan cantik. Namun saat dia bertemu dengan Saku, seorang gadis yang ceria dan energik, dia justru langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Akan tetapi, Sota takut untuk mengungkapkan perasaannya karena adanya rasa malu dan juga masalah pribadi. Di sisi lain, ternyata Saku juga mempunyai perasaan yang sama terhadap Sota. Namun dia tidak tahu tentang ketakutan dan masalah pribadi yang dimiliki Sota.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Terjebak di Masa Lalu Terbaik

11. Orange

Variety

Drama sekolah Jepang berjudul Orange ini dirilis pada tahun 2015, dan menjadi adaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Ichigo Takano.

Film ini mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Naho Takamiya, yang menerima surat dari dirinya sendiri yang datang dari 10 tahun di masa depan. Di dalam surat tersebut, versi masa depan Naho memberikan petunjuk dan peringatan tentang peristiwa-peristiwa yang akan datang.

Naho paham jika surat itu berkaitan dengan seorang teman sekolahnya, Kakeru Naruse, yang di masa depan telah meninggal. Surat tersebut berusaha untuk mengubah masa depan yang tragis dengan memberikan petunjuk tentang tindakan-tindakan yang harus diambil oleh Naho.

Walau pada awalnya dia merasa ragu dan bingung, Naho mulai mengikuti petunjuk dari surat tersebut dan mencoba mendekati Kakeru. Dia pun juga merasa terpikat oleh kepribadian Kakeru yang penuh dengan rahasia dan juga kesedihan.

12. Blue Spring Ride

Blue Spring Ride, drama sekolah Jepang yang rilis pada tahun 2014. Film ini berdasarkan pada serial manga berjudul “Ao Haru Ride” karya Io Sakisaka.

Film ini berkisah tentang Futaba Yoshioka, seorang siswi SMA yang mempunyai reputasi sebagai gadis nan populer dan ceria. Akan tetapi, pada tahun pertamanya di sekolah menengah, Futaba mengalami perubahan besar di dalam hidupnya.

Dia jatuh cinta pada teman sekelasnya yang bernama Kou Mabuchi, sosok yang juga sangat disukai oleh para gadis di sekolah tersebut. Ternyata mereka berdua memiliki perasaan yang sama, hingga akhirnya menjalin hubungan dan menghabiskan banyak waktu bersama.

Namun, sesuatu terjadi dan Kou tiba-tiba pindah sekolah tanpa memberi tahu Futaba. Futaba pun merasa kecewa dan bingung. Beberapa tahun kemudian, Futaba bertemu kembali dengan Kou yang sekarang telah berubah menjadi pria yang lebih dingin dan tertutup.

13. Good Morning Call

Good Morning Call merupakan serial drama sekolah Jepang yang dirilis pada tahun 2016 dan 2017. Serial ini diadaptasi dari manga berjudul sama karya Yue Takasuka.

Yoshikawa Nao adalah seorang siswi SMA yang baru saja pindah ke Tokyo untuk menjalani pendidikannya. Dia sangat bersemangat untuk hidup mandiri di sebuah apartemen yang disewa sendiri. Namun begitu dia tiba, dia menemukan jika apartemennya sudah ditempati oleh seorang pria bernama Hisashi Uehara, seorang siswa yang terkenal di sekolahnya. Pada awalnya, Nao dan Hisashi merasa tidak nyaman dengan situasi tersebut.

Namun, karena tidak ada pilihan, mereka pun memutuskan untuk tinggal bersama sebagai teman sebilik. Keduanya harus membagi ruang, tidur di tempat tidur yang berdekatan, dan juga menghadapi berbagai macam situasi konyol yang muncul karena kehidupan berdua.

14. Switched

Switched adalah serial drama Jepang yang rilis tahun 2018. Drama ini menggabungkan antara unsur supernatural dengan elemen misteri dan juga psikologis.

Suatu hari, Zenko dan Ayumi mengalami pertukaran tubuh. Mereka pun bangun di tubuh masing-masing, dan menciptakan kebingungan besar di dalam hidup mereka. Zenko yang sebelumnya menjadi soswa populer harus beradaptasi dengan hidup sebagai Ayumi.

Sedangkan Ayumi yang merasa tidak bahagia, mendapati dirinya berada dalam tubuh Zenko yang populer. Menghadapi situasi yang aneh ini, Zenko dan Ayumi mulai memahami kehidupan satu sama lain secara lebih mendalam. Mereka juga harus menghadapi berbagai tantangan baru.

15. Hana Yori Dango

Hana Yori Dango
IMDb

Terakhir ada Hana Yori Dango, drama sekolah Jepang yang dirilis pada tahun 2005. Drama ini merupakan adaptasi dari manga yang sangat populer dengan judul yang sama karya Yoko Kamio.

Makino Tsukushi adalah seorang siswi SMA biasa yang pindah ke sebuah SMA elit bernama Eitoku Gakuen. SMA tersebut dihuni oleh siswa-siswa kaya dan berpengaruh. Walauapun bukan berasal dari latar belakang kaya, Tsukushi adalah gadis yang tangguh dan tidak takut menghadapi tekanan sosial di sekolah.

Di Eitoku sendiri, ada kelompok pria berandalan kaya raya yang dikenal sebagai F4 (Flower Four). Suatu hari, Tsukushi tidak sengaja menghina Tsukasa Domyoji, anggota F4. Walau awalnya Tsukasa sangat membenci Makino, lama kelamaan Tsukasa mulai merasa tertarik pada Tsukushi karena kepribadiannya.

Dari beberapa drama sekolah Jepang yang ada di atas, mana yang belum sempat Sedulur tonton? Pastikan untuk menyaksikan semua judul tersebut, paling tidak sekali dalam seumur hidup. Dijamin kisah dan alur yang dihadirkan benar-benar mampu membuat Sedulur baper dan bernostalgia.