film terjebak di masa lalu

Bagi Sedulur yang bertanya-tanya tentang perjalanan waktu dan membayangkan apakah hal tersebut dapat benar-benar terjadi, dengan menonton film terjebak di masa lalu atau juga dikenal dengan genre time traveller bisa menjawab penasaranmu. Film genre ini cukup populer dan banyak diangkat karena disukai para pecinta film di seluruh dunia.

Nah, bagi Sedulur yang suka dengan film tentang perjalanan waktu atau film terjebak di masa lalu. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar rekomendasi film tentang perjalanan waktu yang membuat seseorang bisa saja terjebak di masa lalu atau masa depan.

Tanpa berlama-lama lagi, apa saja daftar film terjebak di masa lalu yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Tentang Pertemanan dengan Anak Kecil

1. Back to the Future (1985)

film terjebak di masa lalu
The Independent

Rekomendasi film terjebak di masa lalu yang pertama berjudul Back to the Future, film jadul yang disutradarai oleh Robert Zemeckis. Film ini mendapatkan rating dari IMDB sebesar 8,5/10. Film bertema time travel ini dirilis pada tahun 1985.

Tentu tidak akan afdol jika berbicara tentang film terjebak di masa lalu jika tidak membicarakan film ini dan memasukkan film yang dibintangi oleh Michael J. Fox dan Christopher Lloyd ke daftar film kali ini. Pasalnya, Back to the Future termasuk salah satu film klasik yang menceritakan soal time travel.

Dalam cerita filmnya, film ini menceritakan Marty Mcfly yang secara tidak sengaja kembali ke masa lalu bersama Dr. Emmett Brown. Back to the Future sendiri memiliki dua lanjutan film yang bertemakan sama seperti halnya film pertamanya. Walaupun terbilang memuaskan, Back to the Future pertama sulit untuk ditandingi oleh kedua film lanjutannya

2. Interstellar (2014)

Rekomendasi film tentang penjelajahan waktu kedua merupakan film terkenal yang diarahkan oleh tangan dingin dari Christopher Nolan. Film ini sendiri memiliki rating cukup tinggi dari IMDB, yaitu dengan angka mencapai 8,6/10.

Christopher Nolan menjadi salah satu sutradara yang ditunggu kehadiran film besutannya tiap tahunnya. Salah satunya yaitu pada tahun 2014 dengan konsep time travel yaitu Interstellar. Di film tersebut, bumi sudah tidak bisa lagi menunjang kehidupan manusia.

Sehingga untuk menyelamatkan bumi, sekumpulan astronot diutus untuk melakukan perjalanan ke planet yang bisa menjadi rumah baru bagi manusia. Namun, justru saat menghabiskan waktu di beberapa planet yang harus dikunjungi ternyata relativitas waktu yang dihabiskan berbeda dengan waktu yang ada di bumi.

3. X-Men: Days of Future Past (2014)

Selanjutnya film dari komik Marvel yang juga terkenal yaitu, X-Men. Salah satu filmnya Days of Future Past memiliki cerita tentang penjelajahan waktu dengan fokus kembali ke masa lalu dan terjebak di sana. Film ini pun disutradarai oleh Bryan Singer dengan Rating IMDB 8,0/10.

X-Men: Days of Future Past menjadi satu-satunya film superhero yang dimasukkan ke dalam daftar film kali ini. Film yang dibintangi oleh Hugh Jackman, James McAvoy, dan Jennifer Lawrence ini menawarkan plot yang seru untuk ditonton.

Situasi bumi makin tidak terkendali tatkla populasi mutan di dunia meningkat sangat pesat. Sehingga, Sentinels diberi tugas untuk memusnahkan mutan-mutan yang ada. Akhirnya, para mutan yang masih selamat memutuskan untuk mengirim Wolverine (Hugh Jackman) kembali ke masa lalu tepatnya tahun 1973 untuk mencegah kehadiran Sentinels.

4. Looper (2012)

Film Looper merupakan film arahan sutradara Rian Johnson dengan rating sebesar 7,4/10 dari IMDB. Film ini sendiri mengombinasikan cerita yang menarik dengan aksi yang menawan dari para aktornya seperti Bruce Willis, Joseph Gordon-Levitt, dan Emily Blunt.

Film ini berpusat pada pembunuh bayaran, Joe (diperankan oleh Levitt untuk Joe muda dan Willis untuk Joe tua) yang bisa melakukan teleportasi dan disewa untuk membunuh target tertentu.

Namun, siapa sangka jika ia diharuskan untuk membunuh dirinya sendiri yang sudah mulai menua. Bagaimana kisah selanjutnya dari Joe sendiri? Sedulur bisa langsung menonton Looper untuk mengetahui lanjutan ceritanya.

5. Edge of Tomorrow (2014)

Salah satu film terjebak di masa lalu yang diangkat dari cerita Anime. Jarang sekali film Hollywood mengambil cerita anime untuk diadaptasi jadi film. Salah satunya adalah film Edge of Tomorrow arahan dari sutradara Doug Liman dengan rating IMDB 7,9/10.

Selain di film Looper, Emily Blunt pun tampil di film time travel lainnya yang berjudul Edge of Tomorrow. Dalam film ini, ia harus beradu akting dengan salah satu aktor papan atas Hollywood, Tom Cruise. Film bergenre action dan science-fiction (sci-fi) ini sangat unik dan menarik.

Pasalnya film ini akan mengajak para penontonnya untuk berputar-putar dengan plot waktu yang berulang-ulang yang harus dilakukan oleh Major William Cage (Tom Cruise). Major William Cage sendiri ditugaskan untuk memusnahkan sekelompok alien yang sedang menginvasi bumi.

Saat memasuki time loop, ia akhirnya meminta bantuan kepada Rita Vrataski (Emily Blunt) untuk mengasah kemampuan bertarungnya guna menghadapi alien.

6. Donnie Darko (2001)

film terjebak di masa lalu
US Weekly

Film arahan dari sutradara Richard Kelly ini menjadi salah satu film penjelajahan waktu dengan alur cerita rumit dan agar thriller. Film ini mendapatkan rating IMDB sebesar 8,0/10. Donnie Darko menjadi film time travel selanjutnya yang dijamin seru untuk Sedulur tonton.

Bahkan, film ini sendiri sampai saat ini sering menjadi bahan perbincangan baik lewat buku atau fans theory yang beredar di internet. Pasalnya, film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Drew Barrymore, dan Jena Malone ini memiliki alur cerita yang dijelaskan secara implisit.

Sehingga, bermunculan banyak teori terkait film Donnie Darko ini. Namun, plot mengenai perjalanan waktunya sendiri tidak akan ciamik jika tidak dibarengi oleh performa apik dari aktor-aktor yang bermain di film ini. Khususnya, Jake Gyllenhaal yang tampil menawan dalam memerankan Donnie Darko.

7. The Terminator 2: Judgement Day (1991)

Sama seperti halnya Back to the Future, film satu ini sendiri memiliki banyak film lanjutan guna merangkai potongan demi potongan cerita agar menjadi sebuah kesatuan yang pas. Sekarang ini, mungkin sering disebut sebagai sebuah universe film.

Dari sekian banyak seri The Terminator, sulit menyangkal jika The Terminator 2: Judgement Day yang dirilis pada tahun 1991 merupakan film terbaik dari seri film The Terminator. Film ini memiliki rating IMDB 8,5/10, rating yang cukup bagus dan sangat tinggi.

Secara umum, The Terminator 2: Judgement Day mengisahkan di mana Sarah Connor dan John Connor yang diburu oleh T-1000 yang dikirim ke masa lalu untuk membunuh John Connor saat masih muda. Namun, di saat yang bersamaan T-800 yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger dikirim juga untuk melindungi John Connor.

8. Predestination (2014)

Jika Sedulur sedang menginginkan film yang menuntut untuk berpikir mengenai film tersebut, rasanya Predestination menjadi salah satu film yang pas untuk Sedulur tonton. Dibintangi oleh Ethan Hawke, film satu ini memiliki plot cerita yang rumit dan kompleks.

Hal tersebut ditambah dengan dua timeline yang berbeda dan siap membuatmu berpikir keras untuk memecahkan maksud dari film ini. Predestination sendiri bercerita mengenai agen pemerintah, The Barkeep (Ethan Hawke) yang sering melakukan perjalanan lintas waktu untuk memburu penjahat.

Film ini menjadi sangat apik karena arahan dari dua sutradara terkenal, yaitu Michael and Peter Spierig. Film ini sendiri mendapatkan rating IMDB yang cukup tinggi, yaitu sekitar 7,5/10.

9. About Time (2013)

Selanjutnya film berjudul About Time arahan sutradara Richard Curtis dengan rating IMDB sebesar 7,8/10. Jika di beberapa film time travel sebelumnya, Sedulur dituntut untuk berpikir keras untuk memahami filmnya.

Kali ini rekomendasi film time travel yang lebih mudah dicerna dan termasuk ringan untuk ditonton. Film About Time arahan Richard Curtis ini menawarkan tema time travel yang dibalut dengan drama romantis untuk keseluruhan filmmya.

Film ini sendiri dibintangi oleh Rachel McAdams, Margot Robins, dan Domhnall Gleeson. Secara keseluruhan, film ini menceritakan Tim (Gleeson) yang bisa melakukan time travel yang berusaha untuk mengubah masa lalunya dengan harapan masa depannya bisa lebih cerah.

10. Hot Tub Time Machine (2010)

Film arahan dari sutradara Steve Pink dengan rating IMDB sebesar 6,4/10 cukup unik. Film time travel terakhir yang bisa rekomendasikan adalah Hot Tub Time Machine. Bisa dibilang, film time travel ini merupakan satu-satunya film bertema time travel dengan genre komedi.

Sesuai judulnya, Adam (John Cusack), Nick (Craig Robinson), and Lou (Rob Coddry) yang secara tidak sengaja kembali ke masa lalu saat berendam di sebuah hot tub saat sedang liburan. Namun, perjalanan mereka di masa lalu sendiri justru berakhir dengan tingkah laku kocak serta jokes yang siap membuatmu tertawa terbahak-bahak.

BACA JUGA: 25+ Rekomendasi Film Action Indonesia Terbaik

11. The Tomorrow War (2021)

Chris prat film
Syfy

Film ini merupakan sebuah karya yang menggabungkan elemen fantasi dan sains, dengan fokus pada perjuangan umat manusia melawan alien yang menginvasi bumi. Cerita dimulai ketika pasukan militer dari tahun 2051 tiba di tahun 2021 dengan maksud mencari orang-orang yang dapat melawan alien tersebut.

Akan tetapi, pada tahun 2051 pertempuran telah mencapai titik akhir dan masa depan umat manusia terancam punah. Kisah yang disajikan dalam THE TOMORROW WAR sangat layak masuk dalam daftar film perjalanan waktu terbaik yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Film arahan sutradara Chris Mckay ini mendapatkan rating IMDB sebesar 6,5/10.

12. To My 19 Year Old (2018)

Alur cerita dan kisah dalam film To My 19 Year Old ini yaitu tentang Mo Xiao Feng, seorang petualang yang tiba-tiba meninggal secara tragis. Saat pemakamannya, Yang Yixue mendapatkan sebuah kotak kayu yang berisi 99 surat dari Mo Xiao Feng.

Ternyata, Mo Xiao Feng dan Yang Yixue memiliki perasaan cinta satu sama lain sejak 10 tahun yang lalu. Akan tetapi, keduanya tidak memiliki keberanian untuk mengakui perasaan mereka. Kotak kayu tersebut ternyata memiliki keajaiban yang dapat menghubungkan masa lalu dengan masa kini.

Melalui ceritanya, film ini mengajarkan penonton untuk menghargai keberadaan orang-orang terkasih dalam hidup kita, karena kebersamaan tidak selamanya dapat dinikmati. Film arahan dari sutradara Chao-Liang Huang ini mendapatkan rating IMDB sebesar 7,3/10.

13. Inception (2008)

Film terjebak di masa lalu yang melakukan perjalanan waktu melalui mimpi ini merupakan film arahan dari Christopher Nolan. Nolan memang tidak pernah habis ide film gila dengan alur cerita yang rumit. Salah satunya adalah Inception.

Di Film ini, Dominick Cobb (Leonardo DiCaprio) dan Arthur (Joseph Gordon-Levitt) memiliki pekerjaan untuk mengendalikan mimpi dan dapat kembali ke masa lalu melalui mimpi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi itu, termasuk untuk mempengaruhi seseorang. Sedulur yang mendambakan film dengan ketengangan tinggi, film ini sangat cocok untuk ditonton!

14. Source Code (2011)

Source Code mengisahkan tentang Kapten Colter Stevens (Jake Gyllenhaal) yang mengalami kecelakaan saat bekerja sebagai pilot. Anehnya, ia malah menemui dirinya terbangun di sebuah kereta api menuju Chicago. Ia duduk di sebelah Christina Warren (Michelle Monaghan).

Lebih anehnya lagi, wajahnya sudah berubah. Ia pun memiliki kartu identitas sebagai Sean Fentress (Frédérick De Grandpré). Semua keanehan yang dialami oleh Colter Stevens karena ia menjadi kelinci percobaan program Source Code yang dibuat oleh Dr. Rutledge (Jeffrey Wright).

Program ini digunakan oleh Kapten Colleen Goodwin (Vera Farmiga) untuk mencari orang yang akan mengebom kereta menuju Chicago. Program ini akan membuat Colter Stevens kembali ke sebuah ruangan setelah delapan menit.

15. Deja Vu (2006)

film terjebak di masa lalu
Alternate Ending

Doug Carlin (Denzel Washington) ditugaskan untuk menyelidiki kasus ledakan bom di atas kapa feri di sebuah pelabuhan di New Orleans. Ia dibantu oleh agen FBI bernama Andrew Pryzwarra (Val Kilmer) dan anggota timnya, yaitu Denny (Adam Goldberg), Gunnars (Elden Henson), and Shanti (Erica Alexander).

Andrew Pryzwarra dan timnya merupakan unit khusus yang dibuat untuk menyelidiki kasus teroris di New Orleans. Mereka memiliki teknologi yang disebut dengan ‘Snow White.’ Teknologi ini mampu membuat mereka kembali ke waktu empat hari yang lalu.

Nah itulah daftar film terjebak di masa lalu yang menceritakan tentang perjalanan waktu. Tentu bagi Sedulur yang memiliki imajinasi tentang perjalanan waktu dan bertanya-tanya tentang hal tersebut, daftar film di atas setidaknya bisa membuat sedikit imajinasi Sedulur terpenuhi.