gilm thailand horor terseram

Film horor Thailand merupakan salah satu rekomendasi tontonan yang wajib disaksikan oleh pecinta film horor. Selain karena kualitas cerita dari film horor Thailand yang baik, dari segi cerita horor dan suasana yang dibangun pun sangat pas untuk ditonton sebagai sebuah hiburan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi film horor Thailand yang bisa jadi tontonan Sedulur. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak daftar rekomendasi film horor Thailand di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Film Indonesia Terbaru Wajib Kalian Tonton di Tahun 2023!

Film horor Thailand kental akan nilai budaya

film horor thailand
Sindonews

Mungkin saat Sedulur menonton film horor dari Thailand, akan terasa sangat relevan dengan kondisi yang ada di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena film dari Thailand selalu kental akan nilai budaya. Dan kebudayaan Thailand dan Indonesia ada kemiripan dalam beberapa hal.

-->

Kentalnya nilai budaya yang bersinggungan dengan hal mistis membuat negara-negara di Benua ini sukses menghadirkan kisah-kisah menyeramkan. Thailand adalah salah satu negara yang memiliki banyak kisah horor yang diangkat menjadi film.

Bahkan, berbagai kisah mistis dari negeri gajah putih ini memberikan inspirasi kepada para sineas untuk menghasilkan film horor Thailand yang bisa membuat bulu kuduk merinding.

Banyak film terinspirasi dari cerita rakyat dan legenda

film horor thailand
Suara

Tidak sedikit film Thailand, terutama film horor yang terinspirasi dari cerita rakyat dan legenda. Mulai dari cerita rakyat, hingga legenda mistis negara itu sukses diramu menjadi sebuah film. Tak hanya itu, para sineas Thailand juga dapat mencampurkan kisah horor dengan komedi yang tentunya membuat perasaan penonton campur aduk.

Hal tersebut yang membuat film horor Thailand terasa sangat komplit dan lengkap dibandingkan film horor lainnya. Lantas apa saja rekomendasi film yang dimaksud?

BACA JUGA: 15 Film Romantis Taiwan Bikin Hati Berbunga Terbaik 2023

Rekomendasi film horor Thailand

Ada beberapa rekomendasi film horor Thailand yang bisa jadi tontonan Sedulur, mulai dari film horor yang terbaru hingga film horor yang legendaris dengan cerita seram yang original. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak daftar rekomendasinya di bawah ini!

1. The Ghost of Mae Nak (2005)

Cinematic Diversions

Rekomendasi film horor Thailand pertama yaitu The Ghost of Mae Nak yang rilis tahun 2005. Film ini berkisah tentang legenda Thailand kuno. Cerita ini telah diangkat ke dalam buku, acara TV, dan film. Menurut cerita rakyat Thailand, seorang wanita hamil cantik bernama Nak meninggal saat melahirkan saat menunggu suaminya, Mak, pulang dari perang.

Sekembalinya, Mak menemukan istri dan anaknya menunggunya, tetapi para tetangganya mencoba untuk memberitahu bahwa istrinya sudah meninggal dan menjadi hantu. Akhirnya, Mak menyadari istrinya adalah hantu dan berusaha melarikan diri.

Tidak seperti dalam cerita ulang lainnya, Ghost of Mae Nak memiliki sentuhan modern yang menyegarkan, tetapi elemen tertentu dari kisah terkenal tersebut tetap sama.

2. Ghost Game (2006)

All Horror

Film horor Thailand selanjutnya yaitu Ghost Game, yang bercerita tentang sebuah reality show horor yang dikenal dengan istilah sebagai The Death Camp yang diselanggarakan di musim perang. Salah satu kontestannya bernama Dao yang telah bergabung dengan permainan dan berharap memenangkan hadiah sebesar 5 juta baht untuk ibunya.

Saat permainan berlangsung, dia dicurigai sebagai salah satu pengontrol permainan, sampai semuanya mulai menjadi kacau. Semua orang mulai melihat roh berkeliaran, dan mereka harus mencoba yang terbaik untuk melarikan diri dari permainan.

3. Alone (2007)

Moria Reviews

Alone merupakan rekomendasi film horor Thailand yang rilis tahun 2007. Film ini bercerita tentang Pim, seorang gadis muda yang baru-baru ini pindah ke Korea untuk menghindari rasa bersalah karena menjadi satu-satunya yang selamat setelah operasi pemisahan dengan saudara kembarnya.

Ketika dia kembali ke Thailand untuk mengunjungi ibunya yang sekarat. Di sana, ia dihantui oleh roh saudara perempuannya yang marah. Selain menyajikan kisah menyeramkan, film ini juga memiliki akhir cerita yang tidak mudah untuk ditebak.

4. The Screen at Kamchanod (2007)

Far East Film

Rekomendasi film Thailand bertema horor selanjutnya berjudul The Screen at Kamchanod yang diangkat dari legenda urban yang ada di Hutan Kamchanod di kehidupan nyata. Masyarakat sekitar mengatakan bahwa hutan ini dulu tempat pemutaran film di luar ruangan sampai hal-hal supernatural mulai terjadi.

Film ini mengambil inspirasi dari legenda dan mengikuti Yuth, seorang dokter muda yang sangat suka dengan dunia supranatural. Dia memutuskan untuk menjelajahi Hutan Kamchanod bersama sekelompok temannya, tetapi mereka menemukan diri mereka dalam masalah saat menyadari bahwa mereka sedang berada dihadapan roh.

5. Coming Soon (2008)

Bloody Disgusting

Rekomendasi film horor Thailand selanjutnya yaitu Coming Soon, film ini merupakan salah satu film horor terbaik yang wajib Sedulur saksikan. Film ini berceritakan tentang Shaneyang secara ilegal merekam film di bioskop.

Tak lama kemudian, dia mulai melihat karakter wanita hantu dari film di kehidupan nyata. Sampai dia tidak tahan lagi, dia memutuskan untuk mencari tahu apa yang terjadi dan akhirnya mengetahui hal-hal tak terduga yang terjadi pada aktris dari film tersebut.

6. Phobia (See Phraeng) (2008)

Letterboxd

Rekomendasi selanjutnya terkait film horor Thailand yaitu See Phraeng, jika diterjemahkan secara bebas berarti persimpangan yang menghubungkan empat jalan utama untuk menjadi titik pusat. Film ini merujuk pada antologi cerita pendek Thailand yang berbeda.

Film ini pada dasarnya menceritakan tentang empat kisah menyeramkan, yaitu Lonely, Death Order, Middle Person, Flight 224. Setiap cerita menampilkan karakter yang berbeda, masing-masing memiliki plot berbeda untuk membuat penonton ketakutan.

7. Meat Grinder (2009)

IMDb

Meat Grinder masuk ke jajaran daftar film selanjutnya. Film ini penuh dengan jump scare dan tentu saja tidak cocok menjadi tontonan bagi Sedulur yang mudah kaget. Film ini sangat cocok untuk pecinta film thriller seperti Saw dan Hostel.

Hampir sepanjang film Sedulur akan disuguhkan dengan adegan-adegan sadis yang berlumuran darah. Karena hal tersebut, film ini menuai kontroversi saat perilisian pertamanya. Meat Grinder bercerita tentang seorang wanita muda yang mengalami gangguan jiwa dan membuka warung kie dengan bahan utama daging manusia. Karena tidak ada yang mengetahui, banyak sekali pelanggan yang hadir di tempat makannya itu.

8. Ladda Land (2011)

Netflix

Tidak seperti film horor Thailand lainnya. Ladda Land salah satu film penuh prestasi dari Thailand. Hal tersebut karena film ini menjadi salah satu film pembuka pada helatan Festival Film Internasional Busan ke-17. Salah satu helatan film internasional bergengsi di Asia.

Film horor yang meraih banyak penghargaan ini bercerita tentang keluarga kaya yang pindah ke Ladda Land, sebuah pengembangan perumahan kelas atas di pinggiran kota Bangkok. Sayangnya bagi para penghuni baru, Ladda Land hanyalah sebuah komunitas yang terjaga keamanannya dari energi gelap dan kejadian-kejadian paranormal yang menakutkan. Dan membuat para penghuninya berada di ambang kegilaan.

9. Long Weekend (2013)

IMDb

Long Weekend adalah film horor Thailand tentang seorang anak laki-laki bernama Thongsook yang mengalami pengucilan di sekolahnya. Thongsook hanya memiliki satu teman setia bernama Nam. Tanpa sepengetahuan teman-teman Nam yang lain, Thongsook adalah seorang cenayang.

Ia merasa tersinggung ketika teman-teman Nam merencanakan liburan tanpa dia. Setelah lelucon yang tidak masuk akal itu, roh jahat dan hantu dilepaskan pada malam kedua “akhir pekan panjang”, yang juga terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Berdasarkan hal tersebut juga film ini diberi judul Long Weekend atau akhir pekan yang panjang.

10. Pee Mak (2013)

Daniel CC Movie

Salah satu film horor legendari sekaligus dikenal dari Thailand yaitu Pee Mak. Salah satu film yang viral pada masanya. Film ini diperankan oleh Mario Maurer yang sebelumnya telah sukses berperan di film A Little Thing Called Loce. Di film horor ini, Maurer berperan sebagai Davika Hoorne.

Film Pee Mak merupakan adaptasi dari cerita rakyat legendaris Thailand berjudul Mae Nak Phra Nakong. Ini menceritakan tentang Mak (Mario Maurer) yang baru saja kembali dari perang, dan mendapati istrinya yang cantik telah meninggal dunia.

Meski telah meninggal, istri Mak tersebut masih berkeliaran sebagai hantu di rumah mereka. Walau film ini memiliki genre horor, namun sebagian cuplikan dalam film juga dihadirkan aksi-aksi lucu dari pada aktornya.

11. The Eyes Diary (2014)

True Visions

The Eyes Diary adalah film horor Thailand yang diangkat dari komik dengan judull yang sama. Bercerita tentang kisah cinta tragis seorang pemuda, Nott, yang kehilangan pacarnya dalam kecelakaan sepeda motor yang mengerikan, tapi itu belum berakhir.

Film ini mengikuti Nott saat dia menjadi sukarelawan untuk mengambil mayat dari bangkai kapal dan menyimpan suvenir dari mayat yang dia temukan. Hal tersebut dengan harapan dia akan dapat berbicara dengan orang mati dan melihat pacarnya sekali lagi.

Namun, berkomunikasi dengan orang mati bukanlah hal yang mudah. Perasaan ketakutan dan hantu akhirnya muncul untuk menciptakan film thriller ini lebih menegangkan.

12. The Promise (2017)

Far East Film

The Promise adalah film horor Thailand 2017 yang membuat heboh setelah dirilis. Bahkan The Promise masuk dalam daftar film lokal terlaris keempat tahun ini dan memenangkan Penghargaan Film Nasional Suphannahong ke-27 untuk Efek Visual Terbaik.

Film bercerita tentang dua remaja yang memutuskan untuk bunuh diri bersama setelah kedua keluarga mereka menghadapi kehancuran finansial setelah krisis keuangan Asia tahun 1997. Namun, hanya sati diantara mereka yang meninggal sementara yang satunya selamat. Dua puluh tahun kemudian, remaja yang selamat itu mendapat teror dari masa lalunya itu.

13. Siam Square (2017)

At The Movies

Siam Square adalah film horor Thailand tahun 2017 yang berkisah tentang legenda urban di “Shibuya” Thailand, atau pusat kota Bangkok. Dengan harapan lulus ujian masuk Universitas, siswa diharapkan menyembah setan dan mengikatkan benang merah ke kursi tertentu untuk keberuntungan.

Ketika sekelompok siswa menguji teori ini, skeptisisme mereka menjadi bumerang dan mereka mendapati diri mereka dihantui oleh roh jahat berwujud gadis muda dan mengincar para siswa satu per satu.

14. Inhuman Kiss (2019)

Picon

Inhuman Kiss merupakan film horor Thailand yang rilis pada tahun 2019. Kisahnya yang unik membuat Inhuman Kiss dipilih menjadi calon nominasi Academy Awards. Film horor Thailand ini bercerita tentang Krasue, sejenis roh perempuan nokturnal dari cerita rakyat setempat yang menjalani kehidupan normal, kecuali pada malam hari.

Pada malam hari, kepalanya terlepas dan terus mencari rezeki berupa darah dan daging. Selain mengharukan, film ini juga memiliki kisah yang membuart air mata Sedulur mengalir deras. Siapkan tisu ya Sedulur, jangan lupa!

15. Ghost Lab (2021)

Netflix

Rekomendasi film horor Thailand terakhir sekaligus yang terbaru adalah Ghost Lab. Film ini berkisah tentang dua dokter yang terobsesi untuk mendapatkan bukti ilmiah tentang keberadaan hantu. Keduanya mencari tahu dan meneliti tentang fakta-fakta tersebut.

Di dalam film ini akan banyak adegan jump scare, jadi Sedulur harus siap-siap mental agar tidak mudah kaget saat menonton film ini, ya!

Nah itulah daftar rekomendasi film horor Thailand yang bisa jadi tontonan Sedulur. Semoga dari daftar film di atas, ada yang bisa jadi pengisi waktu luang Sedulur di sela-sela aktivitas sehari-hari yang bikin Sedulur lelah. Semoga daftar film di atas bisa jadi hiburan yang tepat bagi Sedulur, ya!