film indonesia terbaru

Ada banyak film Indonesia terbaru yang layak Sedulur tonton. Ditambah, saat ini dunia perfilman Indonesia semakin tahun semakin seru dan menawarkan film dengan cerita yang beragam dan genre yang variatif. Hal ini tentu saja menunjukan kemajuan dari indsutri perfilman Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi film Indonesia terbaru, selain agar Sedulur tidak ketinggalan update, juga bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur. Apa saja daftar filmnya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Film Motivasi Terbaik Paling Inspiratif yang Buat Semangat

1. Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Visinema Pictures

Film Indonesia terbaru ini merupakan film garapan dari Angga Dwimas Sasongko dan M. Irfan Ramli. Film ini mengisahkan tentang kehidupan Aurora, karakter ini masih diperankan oleh Sheila Dara Aisha. Selain itu, Rio Dewanto dan Rachel Amanda juga kembali hadir sebagai Angkasa dan Awan.

-->

Selain sosok kakak beradik tadi, ada tiga karakter baru yang diperankan oleh Lutesha, Jerome Kurnia dan Ganindra Bimo. Berfokus pada kehidupan Aurora, usahanya untuk membuat rumah baru di London ternyata tidak mudah.

Pasalnya, ia malah terjebak dalam toxic relationship dengan pacarnya dan dihadapkan dengan tuntutan orang tuanya lagi dan lagi.

2. Virgo and The Sparkling

VOI

Rekomendasi film Indonesia terbaru yaitu Virgo and The Sparkling, salah satu film superhero besutan Bumilangit Cinematic Universe. Film ini digarap oleh Ody C. Harahap yang berkisah tentang kehidupan Virgo.

Dalam kesehariannya, ia dikenal dengan nama Riani, seorang gadis SMA yang aktif dan penuh semangat. Riani yang memiliki kekuatan sinestesia dan mengendalikan api selalu merepotkannya. Untungnya Riani memiliki teman-teman yang selalu menyemangatinya.

3. Kembang Api

Culturea Magazine

Kembang Api mengisahkan empat orang yang berupaya bunuh diri yaitu Fahmi, Raga, Sukma, dan Anggun. Keempat orang tersebut sama-sama sedang putus asa karena berbagai masalah yang menimpa hidup mereka.

Pada awalnya mereke berempat tidak mengenal satu sama lain, akan tetapi karena latar belakang mereka yang mirip. Latar belakang yang dimaksud adalah tekanan mental yang dihadapi masing-masing dari mereka berempat dalam menjalani hidup.

Tekanan mental yang dialami beragam, mulai dari masalah pekerjaan dan finansial yang berkaitan dengan faktor ekonomi. Masalah traumatis akibat kehilangan seseorang, hingga masalah bullying yang dialami di sekolah.

4. Perjanjian Gaib

Cineverse

Rekomendasi film Indonesia terbaru selanjutnya yait Perjanjian Gaib yang disutradarai oleh Hadrah Deang Ratu dan dibintangi oleh  Dennis Adhiswara, Della Dartyan, Ayu Laksmi dan Kinaryosih.

Film ini mengisahkan sepasang suami istri bernama Andri dan Wati yang ingin menjadi kaya raya dalam waktu singkat. Hari yang mereka nantikan pun datang ketika keduanya dimintai untuk merawat sosok nenek tua yang kaya raya.

Sialnya, sang nenek tiba-tiba saja meninggal dunia. Tak ingin kehilangan hidup nyamannya, pasangan ini berusaha menutupi kematian si nenek dengan mengawetkan tubuhnya.

5. Keramat 2: Caruban Larang

Kompas

Keramat 2: Caruban Larang menceritakan tentang sekelompok anak muda yang ingin membuat konten YouTube dan dokumenter. Awalnya, ada tiga anak muda yang bernama Arla (Arla Aliani), Jojo (Josephine Firmstone), dan Maura (Maura Gabriell) yang ingin melakukan riset tugas akhir mereka di Cirebon, Jawa Barat.

Kemudian, mereka dibantu oleh pembuat film dokumenter bernama Umay (Umay Shahab) untuk mendokumentasikan riset mereka. Saat proses riset, mereka kedatangan dua Youtuber yang suka membuat konten horor, yaitu Ajil (Ajil Dito) dan Keanu (Keanu AGL).

Ketika dua YouTuber itu datang, keadaan menjadi tegang. Pasalnya, Arla dan teman-temannya tidak setuju dengan kehadiran dua Youtuber itu. Namun, Umay menenangkan mereka dan mengatakan bahwa Ajil serta Keanu tidak akan mengganggu proses riset mereka.

6. Losmen Melati

KR Jogja

Selanjutnya dalam film Losmen Melati, yang merupakan film horor Indonesia terbaru. Tidak seperti namanya yang terdengar seperti film romantis komedi, nyatanya film ini adalah film horor yang dibintangi oleh  Alexandra Gottardo, Kiki Narendra, Dwi Sasono hingga Fandy Christian. Ia mengisahkan sebuah losmen misterius yang diurus oleh wanita bernama Bu Melati.

Pada awalnya ada satu keluarga dan pasangan yang menginap di losmen tersebut. Semuanya terlihat normal-normal saja, hingga berbagai gangguan mulai muncul. Ternyata Losmen Melati menyimpan banyak misteri yang berbahaya untuk pada pengunjungnya.

7. Ngeri-Ngeri Sedap

Meramuda

Film Ngeri-Ngeri Sedap menjadi sorotan setelah terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang bergengsi Piala Oscar 2023. Meski akhirnya tidak berhasil masuk sebagai nominasi Oscar, film arahan Bene Dion Rajagukguk ini tetap menarik untuk ditonton bersama keluarga di momen liburan.

Sebab, film ini menceritakan tentang lika-liku keluarga Batak yang dibungkus dalam genre komedi. Bukan hanya diperuntukan bagi orang Batak, namun film ini untuk setiap keluarga Indonesia dengan segala problematisnya. Wajib Sedulur tonton dan jangan kaget jika pada saat menonton film ini Sedulur akan berkucuran air mata.

8. Jin Qorin

Antv

Selanjutnya adalah film Jin Qorin yang menambah jajaran film horor Indonesia. Jin Qorin adalah film horor terbaru yang tayang di Maret 2023. Film ini digarap oleh sutradara ternama Ubay Fox dan dibintangi oleh jajaran aktor populer Indonesia. Mulai dari si tampan Marthino Lio, Rama Michael, Tyara Vanesha dan Annisa Hasim dipilih sebagai pemeran utamanya.

Ceritanya berpusat pada rumah tangga antara Seno dan Alya yang terlihat sangat harmonis dan penuh cinta. Apalagi semenjak kehadiran anak pertama mereka yaitu Reva, kebahagiaan Seno dan Alya rasanya semakin lengkap.

Meski begitu, ternyata Seno diam-diam menyimpan sebuah rahasia dan misteri yang sudah lama disembunyikannya dari sang istri dan anak.

9. Surga di Bawah Langit

Fimela

Rekomendasi film Indonesia terbaru selanjutnya yaitu Surga di Bawah Langit. Salah satu rekomendasi film keluarga di antara banya genre film horor dan komedi Indonesia yang tayang tahun ini. Film yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara tayang pada Maret 2023.

Film musikal ini bakalan dibintangi oleh Reza Rahadian, Acha Septriasa, Andien Aisyah, Happy Salma, Jajang C. Noer dan Kinaryosih. Film ini mengisahkan persahabatan antara Ayu, Agung dan Laras yang hidup di daerah kumuh di ibu kota.

Hidup dalam kekurangan, ketiga anak ini harus menghadapi banyak sekali rintangan dan tantangan untuk mendapatkan impiannya. Setelah sekian lama terpisah karena keadaan, Ayu, Agung dan Laras bertemu lagi ketika dewasa untuk menepati janji masa kecil.

BACA JUGA: 100 Film Terlaris Sepanjang Masa, Wajib Masuk List Tontonmu!

10. Bayi Ajaib

Tabloid Bintang

Rekomendasi film Indonesia terbaru yang bisa jadi tontonan Sedulur selanjutnya yaitu Bayi Ajaib. Film ini merupakan film adaptasi dari film horor Indonesia tahun 1980-an. Film bayi Ajaib bermula menceritakan tentang Kosim warga desa Hirupbagja yang menjadi kaya mendadak setelah ia menemukan emas di sebuah sungai tempat ia tinggal. Setelah menjadi kaya raya, Kosim kemudian menikah dengan Sumi (Sara Fajira) dan dirinya menjadi juragan tanah.

Kehidupannya berubah drastis menjadi sangat makmur dan sejahtera sampai akhirnya ia dan istrinya tersebut mempunyai seorang anak bernama Didi (Rayhan Cornellis). Namun kenyataannya, anaknya tersebut sering dirasuki oleh arwah Albert Dominique (Willem Bevers) yang sangat haus darah dan bahkan mulai meneror warga desa.

Kosim menutupi kejadian itu semua karena ia sedang mencalonkan diri sebagai kepala desa yang baru di desanya tersebut. Ia juga tengah berusaha mengalahkan calon yang lain yaitu Soleh (T Rifnu Wikana) yang ternyata lebih mendapatkan banyak simpati dari warga desa tersebut.

Hingga suatu hari, ketika Kosim sedang berusaha menutup rapat kejadiannya yang menimpanya tersebut, ia berusaha membebaskan Didi dari arwah Albert Dominique. Sehingga mau tidak mau Kosim harus berhadapan dengan Dorman. Dorman (Adipati Dolken) dikenal sebagai dukun hitam yang sakti dan memiliki dendam tersendiri. Ia ingin membalaskan dendam kakek buyutnya terhadap orang-orang yang telah menghancurkan kehidupannya tersebut.

11. Mangkujiwo

Cultura Magazine

Selanjutnya adalah film Mangkujiwo yang merupakan film horor Indonesia terbaru yang tayang pada Januari 2023 yang lalu.  Film ini merupakan garapan dari Multivision Plus Picture yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis.

Dalam film ini, Yasamin Jasem dan Sujiwo Tejo kembali menjadi pemeran utama. Ada sederet nama baru seperti Kiki Narendra, Widika Sidmore dan Marthino Lio dalam film ini. Meneruskan Mangkujiwo, Brotoseno dan Tjokro Kusumo masih terus memperebutkan loji pusaka.

Namun kematian Tjokro Kusumo yang misterius, membuat berbagai rahasia yang sudah lama disimpan rapat-rapat pun akhirnya terbongkar. Sebuah sekte yang menjadikan kuntilanak sebagai media pesugihan, ternyata membawa banyak musibah.

12. Gita Cinta dari SMA

Layar

Gita Cinta dari SMA merupakan fil remake dari film legendari Indonesia yang menceritakan tentang kisah Galih dan Ratna. Film ini diarahkan oleh sutradara sekelas Monty Tiwa yang dibintangi oleh Prilly Latuonsina dan Yesaya Abraham.

Mengambil latar tahun 90-an, pertemuan Ratna dan Galih di sekolah membuat mereka merasakan banyak hal baru. Ratna yang cukup populer di sekolah, justru tertarik pada sosok cowok pendiam dan dingin seperti Galih.

Sayangnya kisah cinta ini tidak berjalan indah. Pasalnya, ayah Ratna tidak pernah menyetujui mereka dan meminta Galih menjauhi putrinya. Akhirnya, keduanya pun berjuang untuk mendapatkan restu sang ayah.

13. Dear David

Parapuan

Film Indonesia terbaru selanjutnya mengambil tema tentang imajinasi liar seorang remaja. Dear David menarik perhatian karena mengusung tema yang berbeda. Film ini disutradarai oleh Lucky Kudwadi dan mengisahkan tentang kehidupan seorang siswi berprestasi bernama Laras.

Namun di balik segala prestasinya, Laras memiliki sisi gelap dalam dirinya. Laras yang diam-diam menyukai seorang cowok di sekolahnya, melampiaskan perasaannya lewat tulisan. Sayangnya, tulisan yang dibuatnya berisikan khayalan-khayalan nakal dan cenderung ke arah pelecehan seksual. Ketika tulisan di blog rahasianya tersebar, masa depan Laras pun terancam pupus.

14. Waktu Maghrib

Cineverse

Lagi-lagi, film Indonesia terbaru diisi oleh film horor dengan judul Waktu maghrib. Film ini mengangkat mitos di Indonesia yang dilarang keluar saat waktu maghrib. Sutradara dari film ini sendiri adalah Sidharta Tata.

Film ini sendiri dibintangi oleh  Ali Fikry, Bima Sena, Nabila Fatia Rani hingga Andri Mashadi, Aulia Sarah dan Taskya Namya. Menjelang waktu Maghrib, para orang tua selalu menyuruh anak-anaknya pulang ke rumah agar terhindar dari gangguan setan.

Mitos ini ternyata benar, karena Ayu bertemu dengan sosok wanita menyeramkan pasca ia selesai sholat Maghrib di masjid. Sejak saat itu, masyarakat sekitar kerap mendapatkan teror dari sosok wanita berbalut kain putih menjelang Maghrib.

15. Cek Toko Sebelah 2

Asumsi

Sedulur yang sudah menonton Cek Toko Sebelah tentu tak boleh melewatkan film yang satu ini. Sesuai judul, Cek Toko Sebelah 2 merupakan sekuel atau kelanjutan dari film berjudul sama yang dirilis pada 2016 silam. Film ini sendiri masih mengusung genre yang sama, yaitu komedi keluarga.

Adapun film ini kembali menampilkan pemain dari film sebelumnya, yaitu Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, Adinia Wirasti, dan Chew Kinwah. Di sisi lain, ada aktris Laura Basuki yang ikut bermain dalam film yang dirilis pada 22 Desember 2022. Merupakan salah satu film terbaru yang ditonton di tahun 2023

16. Pesugian: Bersekutu dengan Iblis

Hypeabis

Masih dangan genre horor, film Indonesia selanjutnya adalah Pesugian: Bersekutu dengan Iblis yang disutradarai oleh Hanny R. Saputra dan diperankan oleh Gary Iskak, Nirina Zubir, Isel Fricella, Nicole Adelaide, Randy Martin.

Menceritakan tentang pemeran utama bernama Hendri dan Marini yang  merasa sangat stress karena kekayaan dan perusahaan yang mereka miliki hilang begitu saja. Kebangkrutan yang dihadapi keduanya, membuat rumah tangga mereka terguncang.

Berusaha mencari jalan keluar yang singkat, diam-diam Hendri memilih untuk bersekutu dengan Iblis. Mereka kembali mendapatkan kekayaan, tapi berbagai hal aneh kerap terjadi pada anak-anaknya.

17. Mendarat Darurat

Cultura Magazine

Mendarat Darurat adalah film Indonesia tentang drama perselingkuhan yang disajikan dalam genre komedi. Konflik dimulai ketika seorang suami berselingkuh dan kemudian berbohong kepada istrinya akan pergi ke luar kota menggunakan pesawat untuk urusan pekerjaan.

Tiba-tiba tersiar berita bahwa pesawat yang seharusnya ia tumpangi mengalami kecelakaan. Sementara, ia tidak naik pesawat dan malah sedang berselingkuh di hotel. Adapun film ini menghadirkan sejumlah aktor kenamaan, seperti Reza Rahadian, Luna Maya, dan Marissa Anita.

18. KKN di Desa Penari: Luwih Dowo Luwih Medeni

Detik

Salah satu film yang paling viral di tahun ini. Hal tersebut disebabkan beberapa tahun sebelumnya, cerita tentang KKN di Desa Penari sendiri sudah sangat viral di Twitter sebagai sebuah thread yang menceritakan kisah tentang Nur dan Widya. Kisah di Twitter sendiri pun diangkat oleh akun twitter Simpleman.

KKN di Desa Penari: Luwih Dowo Luwih Medeni menjadi versi lengkap dari kisah KKN Nur dan Widya. Film ini masih dibintangi oleh Tissa Biani, Adinda Thomas, Achmad Megantara, Aghniny Haque, Calvin Jeremy dan Fajar Nugraha sebagai pemeran utamanya.

Awi Suryadi dan MD Entertainment mengutarakan bahwa versi ini akan menjawab segala pertanyaan para penonton. Alasan Badarawuhi memilih Widya dan apa yang terjadi pada Ayu dan Bima, semuanya akan terjawab tuntas.

19. Sewo Dino

IMDb

Film Indonesia terbaru selanjutnya merupakan film horor yang diangkat dari thread viral Simpleman. Film Sewo Dino diperankan oleh Mikha Tambayong. Film ini mengisahkan Sri (Mikha Tambayong), seorang perempuan muda yang hidup dengan keterbatasan.

Ia hanya tinggal bersama ayahnya yang sakit parah dan butuh biaya pengobatan. Kehidupan sehari-hari Sri dihabiskan dengan bekerja pada Yu Minah. Banyak hal menakutkan dan menegangkan serta misteri dan teka teki dalam film ini.

BACA JUGA: Sinopsis Noktah Merah Perkawinan, Film Adaptasi Sinetron Legendaris!

20. The Big 4

Liputan6

Rekomendasi film Indonesia terbaru yang terakhir adalah The Big 4 yang ramai diperbincangkan di Netflix. Film ini merupakan film detektif yang berusaha memecahkan sebuah kasus dengan daya tarik sendiri. Benang merah The Big 4 menceritakan tentang seorang detektif yang bekerja sama dengan empat mantan pembunuh bayaran untuk mengungkap kasus pembunuhan.

Di samping menawarkan cerita yang menarik, film ini juga dihiasi dengan penampilan sederetan aktor kenamaan. Di antaranya adalah Abimana Aryasatya, Putri Marino, Lutesha, Arie Kriting, dan Kristo Immanuel.

Kisah film The Big 4 berpusat pada seorang detektif bernama Dina (diperankan oleh Putri Marino). Ia dikenal dengan karakternya yang lurus dan selalu berpegang teguh pada prinsip sebagai anggota kepolisian.

Suatu ketika, ia mendapati sang ayah (Budi Ros) meninggal secara misterius. Hal itu mendorong Dina untuk melakukan penyelidikan demi mengungkap penyebab kematian ayahnya. Ia lantas mengikuti berbagai petunjuk yang ternyata membawanya ke sebuah pulau tropis bernama Pulau Bersi.

Nah itulah daftar film Indonesia terbaru dan sekaligus bisa jadi rekomendasi tontonan Sedulur. Semakin hari industri perfilman Indonesia berkembang semakin baik. Saat ini, menonton film Indonesia tidak berbeda seperti menonton film luar negeri.