rekomendasi film action indonesia

Film aksi atau action memang jadi genre yang selalu menarik untuk ditonton. Belakangan ini, banyak rekomendasi film action Indonesia berhasil mencuri perhatian karena tak hanya menampilkan aksi penuh adrenalin tapi juga cerita yang apik.

Jika Sedulur sedang ingin menonton film-film karya para sineas tanah air, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat. Kami sudah menyiapkan deretan rekomendasi film action Indonesia terbaik berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Thriller Jepang yang Menegangkan

1. The Raid: Redemption

rekomendasi film action indonesia
IMDb

Film Indonesia rekomendasi action terbaik berikutnya adalah The Raid: Redemption. Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan film The Raid: Redemption yang sangat populer dengan aksi seru sekaligus menegangkan.

The Raid: Redemption rilis tahun 2011 silam berkisah mengenai aksi menegangkan sekelompok polisi untuk menangkap bandar narkoba. Para polisi berjuang melawan para penjahat dan terlibat dalam sebuah pertarungan sengit.

Penampilan Iko Uwais, Joe Taslim, hingga Yayan Ruhiyan di sini begitu fenomenal. Bahkan, dengan perannya yang mampu memadukan akting dengan aksi silat membuatnya dilirik banyak produser film di Hollywood.

2. Buffalo Boys

Masa penjajahan Belanda menjadi salah satu sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Perbudakan, kerja paksa, hingga perampasan mewarnai kehidupan di masa itu.

Potret itu kemudian diadopsi oleh Mike Wiluan untuk membuat film fiksi tentang sejarah Indonesia yang dipadukan dengan genre klasik western dan diberi judul Buffalo Boys. Ia bertindak sebagai sutradara, produser, sekaligus penulis naskah.

Kisahnya berangkat dari cerita dua orang anak Sultan, Jamar (diperankan Ario Bayu) dan Suwo (Yoshi Sudarso) yang ingin membalas dendam atas pembunuhan ayah mereka setelah bertahun-tahun diasingkan ke Amerika Serikat.

Bersama sang paman, Arana (Tio Pakusadewo) mereka pulang kampung untuk merebut keadilan di Tanah Jawa, tempat mereka dilahirkan. Pembalasan dendam ditujukan pada Van Trach (Reinout Bussemaker), Kepala VOC yang bertindak kejam dan semena-mena di daerah tersebut.

3. The Raid 2: Berandal

The Raid 2: Berandal menjadi seri berikutnya untuk film Indonesia rekomendasi action terbaik. Dalam film laga ini berkisah mengenai Rama seorang polisi yang berusaha menangkap para penjahat dan organisasi kejahatan.

Rama berusaha semaksimal mungkin untuk menumpas organisasi penjahat tersebut sampai menyamar jadi anggota mereka. Untuk film The Raid 2: Berandal rilis tahun 2014 yang masih diperankan oleh aktor utama yang sama yakni Iko Uwais.

4. Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni

Film Indonesia genre action selanjutnya ada Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni. Film action ini diperankan oleh Vino G. Bastian, Yayan Ruhian, hingga Faris Alfarazi.

Berkisah mengenai sosok Wiro Sableng yang dilatih oleh gurunya dengan misi tertentu. Misinya tersebut adalah untuk mengalahkan murid sang guru yang diketahui sudah berkhianat. Dalam petualangannya mencari murid sang guru yang berkhianat, Wiro Sableng justru menemukan jati dirinya sebagai pendekar.

Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni rilis pertama tahun 2018 dan menjadi salah satu film action Indonesia paling fenomenal yang pernah dibuat.

5. Headshot

Buat kalian penggemar film action, tampaknya juga perlu memasukkan film Headshot ke dalam daftar rekomendasi film action.

Pasalnya film Headshot termasuk film Indonesia rekomendasi action yang menghadirkan kisah menegangkan aktor laga Iko Uwais yang bertahan hidup dan mencoba lari dari para pembunuh yang menginginkan nyawanya.

Film Headshot juga menghadirkan kisah Ishmael yang menyelamatkan Ailin sembari mengembalikan ingatannya yang hilang. Film ini dirilis tahun 2016 silam dan juga diperankan oleh Chelsea Islan.

6. Gundala

Netflix

Dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Gundala (2019) adalah salah satu film aksi dan superhero Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Film garapan Joko Anwar ini adalah pembuka dari Jagat Sinema BumiLangit yang mengadaptasi superhero dari komik lokal yang populer tahun 60-an.

Abimana Aryasatya berlakon dengan Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu hingga Rio Dewanto dalam film ini. Gundala mengisahkan seorang pria bernama Sanchaka. Memiliki hidup yang keras, siapa sangka Sanchaka malah jadi sosok pahlawan bagi masyarakat.

7. Pendekar Tongkat Emas

Siapa yang belum nonton Film Pendekar Tongkat Emas atau The Golden Cane Warrior? Film ini disutradarai oleh Ifa Isfansyah dan dibintangi oleh artis papan atas Seperti Reza Rahadian,  Christine Hakim, Nicholas Saputra, Slamet Rahardjo, Eva Celia dan Tara Basro. Dari tampilan awalnya pasti kamu sudah bisa mengira bahwa film ini adalah film drama action Indonesia yang menceritakan tentang dunia Persilatan

Dikemas secara apik Pendekar Tongkat Emas tidak memberi tahu latar dan setting tempat mereka berperan, jadi selama film ini diputar kesan mistis dan latar zaman dahulu Indonesia sangat berkesan di film satu ini. Film pendekar tongkat emas dirilis pada 18 Desember 2014.

8. Serigala Terakhir

Serigala Terakhir bercerita tentang persahabatan sekelompok remaja yang tinggal di pinggiran Jakarta. Lima karakter utamanya adalah Ale, Jarot, Lukman, Sadat, dan Jago. Di antara mereka, Ale dan Jarot yang paling menonjol.

Ketika sebuah pertikaian terjadi, Jarot membunuh salah satu musuhnya demi melindungi Ale. Jarot pun akhirnya masuk penjara. Namun selama berada di balik jeruji besi, tak satu pun sahabat Jarot menjenguk.

Konflik pun memuncak ketika Jarot keluar penjara dan dibawa seseorang masuk ke markas besar geng narkoba. Jarot pun harus berhadapan dengan sahabat lamanya. Alhasil, perkelahian pun tak terelakan.

9. Foxtrot Six

Film action di Indonesia mulai berinovasi dengan membuat formula yang menarik dari tahun ke tahun. Kali ini film persembahan MD Pictures dan Rapid Eye Pictures bertajuk FOXTROT SIX memberi sentuhan sci-fi di jalan ceritanya.

Bermula saat Indonesia mengalami perubahan iklim yang berdampak buruk pada perekonomian. Krisis pangan mulai merajalela hingga batas antara penguasa dan rakyat miskin semakin kentara. Saat itu, pemerintahan dikuasai oleh orang-orang dari Partai Piranas.

Konflik bermula saat terjadinya gerakan reformasi yang dibentuk oleh rakyat kecil. Mereka yang menginginkan perubahan ini dianggap ancaman oleh pemerintah. Namun, Angga Saputra ( Oka Antara), mantan Angkatan Darat yang kini duduk di kursi parlemen mengusulkan sebuah gerakan untuk menghancurkan reformasi.

10. Darah Daging

Film Darah Daging bercerita tentang hubungan kakak beradik bernama Arya, Rahmat dan Fikri yang terlibat sebuah perampokan besar di bank tempat Fikri bekerja sebagai pegawai magang.

Aksi perampokan ini dilakukan bersama dengan beberapa rekan-rekan mereka yang lain yaitu Salim dan Borne. Namun sialnya, rencana perampokan yang sudah disusun sempurna malah berantakan. Aksi perampokan itu memakan korban.

Di saat yang lain melarikan diri, Salim tertangkap dan dijatuhkan hukuman mati. Saat menunggu hari H tiba, datang seorang penulis bernama Hanan yang bertujuan untuk mendengarkan cerita yang sebenarnya dari perampokan yang dilakukan Salim.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Mitologi Yunani yang Seru untuk Ditonton!

11. Merantau

rekomendasi film action indonesia
Screen Rant

Merantau rilis perdana pada 2009, disutradarai oleh Gareth Evans. Pemerannya ada Iko Uwais, Chika Jessica, Yayan Ruhian, Yusuf Aulia, Christine Hakim, dan sebagainya. Anak laki-laki Minangkabau, di Sumatera Barat umumnya harus selalu menjalankan tradisi merantau.

Yuda (Iko Uwais), seorang pendekar silat Minangkabau aliran Harimau dalam persiapan akhir untuk memulai perantauannya. Ia harus meninggalkan keluarganya, ibu tercinta, Wulan (Christine Hakim), dan udanya, Yayan (Donny Alamsyah), kenyamanan, keindahan kampung halamannya, dan mencari eksistensi dirinya di keserabutan kota Jakarta.

Nasib mempertemukan Yuda dengan yatim piatu Adit (Yusuf Aulia) dan kakaknya, Astri (Sisca Jessica), yang akan menjadi korban organisasi ilegal human trafficking. Organisasi yang memperlakukan manusia seperti barang ini dipimpin seorang Eropa berhati batu, Ratger (Mads Koudal) dan tangan kanannya Luc (Laurent Buson).

12. The Big Four

The Big 4 (2022) memang pantas disebut sebagai film Indonesia paling sukses di tahun 2022. Tidak ditayangkan di bioskop, film garapan Timo Tjahjanto ini sukses besar secara global.

Film original Netflix Indonesia ini berhasil jadi film kedua non-Bahasa Inggris tersukses di Netflix. Aksi luar biasa dari Abimana Aryasatya, Putri Marino, Lutesha, Arie Kriting dan Kristo Immanuel memang tidak main-main.

Filmnya sendiri mengisahkan seorang polisi muda bernama Dina yang baru tahu bahwa ayahnya memiliki empat anak asuh. Bedanya, empat orang ini berprofesi sebagai pembunuh bayaran.

13. Hit & Run

Film Hit & Run bercerita tentang action komedi yang sayang untuk dilewatkan. Film ini berkisah tentang Tegar yang merupakan polisi selebriti. Ia memiliki reality show sendiri sehingga kehidupannya tak bisa lepas dari sorotan kamera.

Suatu hari Tegar mendapatkan misi untuk menangkap seorang gembong narkoba bernama Coki. Tegar biasanya beraksi sendirian, tapi kali ini ia harus bekerja sama dengan orang lain dan dipasangkan dengan Lio yang merupakan seorang penipu.

Bukannya makin mudah, keberadaan Lio justru membuat Tegar kesulitan menjalankan misinya. Tak hanya Lio, di misinya kali ini Tegar juga harus beraksi dengan seorang penyanyi bernama Meisa dan juga Jefri.

14. Satria Dewa: Gatotkaca

Satria Dewa: Gatotkaca adalah film aksi dan superhero asal Indonesia lainnya yang wajib kamu tonton. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini jadi film pertama dari Satria Dewa Universe.

Film ini dibintangi oleh deretan selebriti muda yang menjelma sebagai keturunan Pandawa. Untuk film pertamanya, Rizky Nazar, Yasmin Napper dan Omar Daniel akan didapuk jadi pemeran utamanya.

Film ini mengisahkan seorang pemuda bernama Yuda yang berusaha mengungkap misteri tewasnya sang sahabat. Tak lama, ibu Yuda pun menjadi salah satu korban dari pembunuhan berantai misterius ini.

15. Ben & Jody

Ben & Jody merupakan film laga Indonesia yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film yang diproduksi oleh Visinema Pictures ini dibintangi oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho. Karakter yang mereka perankan juga masih diadaptasi dari novel berjudul Filosofi Kopi yang ditulis oleh Dee Lestari.

Film ini mengisahkan tentang usaha Jody untuk menyelamatkan sahabatnya, Ben, yang terlibat dalam prahara perebutan tanah dengan sebuah perusahaan besar. Ben yang berusaha untuk melindungi petani di kampung halamannya itu, malah berakhir disekap oleh sekelompok pembalak hutan liar.

Di tempat berbeda, Jody tengah mempersiapkan diri untuk peluncuran konsep baru Filosofi Kopi. Dia tentu sudah mengundang Ben untuk hadir. Tapi karena Ben tidak muncul, Jody pun coba mencari keberadaan sang sahabat.

16. Sri Asih

IMDb

Sri Asih merupakan salah satu film superhero yang sangat dinantikan oleh para penonton Indonesia. Film kedua dari Bumilangit Cinematic Universe ini cukup bertabur bintang karena menggaet nama-nama terkenal seperti Pevita Pearce, Reza Rahadian, Jefri Nichol, hingga Ario Bayu sebagai pemerannya.

Kisahnya berpusat pada seorang gadis bernama Alana yang kebingungan karena dirinya selalu dipenuhi amarah, meski berusaha melawan. Alana pun mencari tahu tentang masa lalu dan misteri-misteri lain mengenai dirinya.

Ternyata dia lahir saat sebuah gunung berapi yang meletus, dan karena hal ini Alana terpisah dari kedua orang tuanya. Dari sinilah Alana juga mengetahui bahwa dirinya adalah reinkarnasi dari Dewi Asih, Sang Dewi Keadilan.

17. Merah Putih

Film ini menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Lima prajurit bernama Amir, Thomas, Soerono, Marius dan Dayan yang sedang mengikuti latihan militer di Barak Bantik Semarang kaget bukan main ketika kamp mereka diserah oleh tentara Belanda.

Mereka berlima mati-matian melawan dan berusaha untuk bersembunyi mengingat mereka kalah jumlah. Sayang, hanya Amir, Thomas, Dayan dan Marius yang selamat. Mereka akhirnya bergabung dalam pasukan gerilya di pedalam tanah Jawa.

Mereka bersembunyi dan membentuk strategi perang yang diyakini mampu untuk mengalahkan para tentara Belanda. Ketiak semua sudah siap, Amir, Thomas, Dayan dan Marius bersama dengan prajurit lain menyerang tentara Belanda dan menang telak.

18. Alif, Lam, Mim

Alif, Lam, Mim menjadi film Indonesia rekomendasi terbaik yang juga wajib kalian tonton. Dalam film Alif, Lam, Mim menghadirkan kisah penuh pesan moral.

Alur cerita kisah seru penuh aksi laga tentang usaha tiga sahabat yang berasal dari perguruan silat bernama Alif, Lam, dan Mim. Namun ketiganya justru harus dihadapkan pada situasi sulit bahkan harus saling bertempur satu sama lain. Alif, Lam, Mim dirilis di tahun 2015 silam dan sukses menarik perhatian penonton.

19. The Night Comes for Us

The Night Comes For Us menjadi film Indonesia rekomendasi action sayang buat dilewatkan. Berkisah mengenai aksi menegangkan Joe Taslim yang terjebak lagi dalam sebuah kekacauan berdarah.

Seorang pria bernama Ito pembunuh bayaran yang diperintahkan untuk melakukan pembantaian di sebuah kampung. Namun dirinya justru berkhianat dan menyelamatkan seorang gadis kecil di wilayah tersebut.

Aksi menegangkan dimulai yang mana Ito menjadi buronan para pembunuh. Namun, berhasilkan Ito selamat dari tindak kejahatan yang keji itu? Sebaiknya Sedulur langsung simak aja filmnya!

20. Qodrat

Jangan salah, Qodrat (2022) ternyata bukan sekedar film horor. Pasalnya, film ini juga menyuguhkan berbagai aksi laga yang cukup menghibur.

Film yang dibintangi oleh pasangan suami istri Vino G. Bastian dan Marsha Timothy ini, mengisahkan gangguan iblis terhadap manusia. Semua berawal ketika Qodrat kehilangan putranya yang bernama Alif, pasca anak ini dirasuki iblis jahat.

Untuk menenangkan diri, Qodrat memutuskan untuk kembali ke pondok pesantrennya. Namun, keadaan pondok dan masyarakat sekitar sangat aneh dan dipenuhi hawa mistis.

BACA JUGA: Urutan Film Insidious dari Chapter Pertama Hingga Terbaru 2023

21. Mencuri Raden Saleh

MUBI

Film ini bercerita tentang sekelompok anak muda yang mempunyai rencana untuk mencuri sebuah lukisan karya sang maestro yaitu Raden Saleh yang disimpan di istana negara. Mereka pun membentuk tim dan menyusun sebuah rencana mulai dari pemalsuan, peretasan, sampai manipulasi.

Sekelompok anak muda ini terdiri dari Piko yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan yang merupakan seorang mahasiswa seni rupa. Piko kerap mencari uang dari memalsukan lukisan.

Sedangkan, Ucup yang dibintangi oleh Angga Yunanda merupakan seorang hacker atau peretas. Selanjutnya ada Sarah (Aghniny Haque), Gofar (Umay Shahab), Tuktuk (Ari Irham), dan Fella (Rachel Amanda). Mereka semua dapat terbentuk karena sama-sama mengincar uang yang ditawarkan dari imbalan pencurian tersebut.

22. 9 Naga

9 Naga mengisahkan tiga orang sahabat bernama Marwan, Lenny, dan Donny. Mereka bekerja sebagai pembunuh bayaran. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai menyadari jika pekerjaannya itu tidak menjanjikan masa depan lebih baik.

Di samping itu, risiko yang ditanggungnya juga sangatlah besar. Cerita mulai menarik ketika pelbagai peristiwa yang tak terduga terjadi.

Sejak saat itu, mereka merasa muak dengan yang apa yang telah mereka lakukan selama menjadi pembunuh bayaran. Ketiganya pun berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. Perjuangan ketiga sahabat ini tentu sangat layak untuk menemani akhir pekan kamu.

23. Java Heat

Java Heat bercerita tentang dua detektif berbeda negara. Mereka saling bekerja sama demi memberantas teroris yang berada di Indonesia.

Film ini mengisahkan tentang kolaborasi antara seorang agen FBI Amerika Bernama Jake Travers dengan seorang polisi lokal, Letnan Hashim. Keduanya ditugaskan untuk menyelidiki kasus bom bunuh diri di sebuah hotel mewah yang berlokasi di Yogyakarta. Mastermind kasus pemboman ini adalah seorang teroris bernama Malik.

Ketika Jake dan Hashim bergabung dalam upaya pengejaran Malik, keduanya melalu petualangan beresiko tinggi. Tak hanya dihadapkan dengan sulitnya penangkapan sang pelaku, keduanya juga harus menghadapi agen ganda, pejabat korup hingga jaringan kriminal.

24. Night Bus

Film ini disutradarai oleh Emil Heradi yang menjadi debut Darius Sinathrya dan Teuku Rifnu Wikana sebagai produser. Kisah film ini terinspirasi dari pengalaman Teuku Rifnu terperangkap selama 12 jam di dalam bus yang melakukan perjalanan ke daerah bernama Sampar pada 1999.

Night Bus memperkenalkan para karakternya sedini mungkin lewat beberapa adegan di terminal sebelum keberangkatan bus menuju Sampar. Perjalanan bus Babad pada awalnya berjalan damai.

Petaka pertama muncul dengan masuknya karakter Mahdi yang diperankan Alex Abbad, membuka rahasia tentang konflik antara pemerintah pusat dengan pasukan Samerka (Sampar Merdeka). Mahdi yang datang dengan berdarah-darah membuat perjalanan berlangsung mencekam.

Konflik utamanya sendiri bermula dari perebutan sumber daya alam yang berhubungan dengan setiap penumpang bis. Tekanan datang dari dua sisi, baik pemerintah pusat maupun dari pasukan Samerka.

25. Police Evo

rekomendasi film action indonesia
Fimela

Polis Evo merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Andre Chiew dan Joel Soh. Film ini diperankan di antaranya oleh Zizan Razak, Shaheizy Sam dan Raline Shah. 

Film ini menceritakan tentang Rian (Raline shah) yang melakukan penyamaran dalam misi khusus pemberantasan mafia narkoba. Namun, Rian sadar bahwa ada pengkhianat yang selama ini selalu membocorkan rencana polisi kepada Riky (Tanta Ginting), sang pengedar narkoba. 

Rian bekerja sama dengan Inspektur Khai (Shaheizy Sam) dan Inspektur Sani (Zizan Razak). Mereka mengikuti jejak petunjuk kasus ke sebuah pulau terpencil.

Keadaan semakin sulit saat mereka terjebak di situasi mematikan yang tidak terduga. Mereka harus bersatu, bukan hanya untuk melumpuhkan para teroris dan melindungi nyawa puluhan manusia termasuk diri mereka sendiri. 

Demikian tadi deretan rekomendasi film action Indonesia yang bisa Sedulur tonton.Tak hanya menyajikan aksi laga yang seru, alur ceritanya juga akan membuat Sedulur terpukau. Jadi selamat menonton dan merasakan adrenalin film di atas ya!