serial tv tahun 90an

Dekade tahun 90-an memiliki daya tarik sendiri, pada era tersebut menjadi banyak kenangan bagi sebagian orang di dunia. Salah satu yang mungkin tidak terlupakan adalah berbagai macam acara dari dunia pertelevisian yang berkembang begitu pesat. Bahkan, ada banyak film serial TV tahun 90an yang sangat ikonik dan dikenang banyak orang hingga sekarang.

Bahkan untuk mengenang film-film legendaris tersebut, beberapa produser dan rumah film melakukan remake atau pembuatan ulang film yang sama untuk diputar kembali di bioskop. Tentu, bagi Sedulur yang tumbuh dan berkembang bersama dengan acara film serial TV tahun 90an, pasti merindukan tontonan tersebut dan ingin bernostalgia.

Nah, untuk bernostalgia, berikut ini daftar film serial TV tahun 90an yang terkenal dan dikenang hingga hari ini. Apa saja daftar film dan serial TV yang dimaksud? Yu, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Serial Netflix Terbaik, Ratingnya Tinggi!

-->

1. Mr. Bean

film serial tv tahun 90-an
The Independent

Serial TV asal Inggris yang sangat melegenda dan melambungkan nama Rowan Atkinson menjadi terkenal di seluruh dunia. Mr. Bean ditayangkan di Inggris pertama kali pada 1 Januari 1990 dan hanya berjumlah 15 episode saja.

Namun, serial komedi ini mampu menjadi mahakarya yang tidak akan pernah bosan walaupun ditonton berkali-kali. Banyak adegan Mr. Bean yang ikonik dan bahkan hingga saat ini jika ditonton ulang masih ampuh mengocok perut dan membuat tertawa.

Mr. Bean mungkin menjadi salah satu sosok karakter televisi dan film yang akan selalu dikenal sampai kapan pun. Selain karena karakternya yang lucu, juga karena kehidupan Mr. Bean yang sederhana dan polos mencerminkan banyak kejujuran dalam kehidupan manusia.

2. Knight Rider

film serial tv tahun 90an
Spiegel

Selanjutnya yaitu Knight Rider. Knight Rider adalah serial TV asal Amerika yang pertama kali ditayangkan di Negeri Paman Sam pada tahun 1982 silam. Kemudian, di dekade 1990-an, serial ini meluncur ke Indonesia.

Dibintangi David Hasselhoff, salah satu yang paling ikonik dari film ini adalah mobil sedan yang bisa ngomong dan berjalan sendiri bernama KITT (Knight Industries Two Thousand).Mobil dinas Michael Knight itu adalah model Pontiac Trans Am Firebird bertenaga 240 HP.

Knight Rider pernah ditayangkan di RCTI dan saat itu menjadi tontonan favorit karena menghadirkan mobil yang keren. Di Amerika Serikat, Knight Rider pertama kali ditayangkan di NBC.

Knight Rider menceritakan tentang petualangan seorang detektif bernama Michael Knight (David Hasselhoff) dalam membasmi kejahatan. Dalam petualangannya, Michael Knight ditemani mobil canggih dengan kecerdasan buatan yang dinamakan Knight Industries Two Thousand (KITT).

3. Little House on the Prairie

film serial tv tahun 90an
CNN

Rekomendasi film serial TV tahun 90-an sleanjutnya adalah Little House on the Praire. Little House on the Prairie adalah serial televisi yang diproduksi oleh NBC dan pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat pada 1974. Sedangkan di Indonesia serial ini ditayangkan oleh TVRI. Little House on the Prairie terkenal dengan kisahnya yang sederhana, penuh dengan kehangatan, mengharukan, dan penuh dengan pesan moral untuk para penontonnya.

Little House on the Prairie berlatar di sebuah pedesaan di Minnesota pada 1870 sampai 1880-an, dan mengisahkan sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sana. Setiap episodenya bercerita tentang kehidupan sehari-hari keluarga Inggals yang sarat akan pelajaran bagi kehidupan.

4. Baywatch

film serial tv tahun 90an
Forbes

Baywatch adalah serial televisi produksi NBC yang ditayangkan untuk pertama kalinya pada 1989 dan di Indonesia pernah ditayangkan di RCTI sekitar tahun 1997 setiap Minggu sore. Serial ini berkisah tentang para penjaga pantai pantai yang bertugas untuk melindungi para pengunjung dari bahaya.

Setiap episodenya cerita berfokus pada interaksi para penjaga pantai seperti masalah persahabatan sampai asmara. Serial ini pernah dibuatkan versi film layar lebarnya yang dibintangi oleh Dwayne Johnson pada 2017 yang lalu.

5. Friends

film serial tv tahun 90an
Huff Post UK

Rekomendasi film serial TV tahun 90-an yang terkenal selanjutnya adalah Friends. Serial komedi yang menceritakan kehidupan enam sahabat yang hidup di Manhattan, New York.

Mereka adalah Rachel Green (Jennifer Aniston), Phoebe Buffay (Lisa Kudrow), Monica Geller (Courteney Cox Arquette), Joey Tribbiani (Matt LeBlanc), Ross Geller (David Schwimmer), dan Chandler Bing (Matthew Perry). Serial televisi buatan Amerika Serikat ini pertama kali disiarkan pada 1994.

Dari keenam tokoh itu, paling suka sama Rachel dan Joey (meskipun image si Joey ini rada-rada aneh atau malah oon ya he-he-he). Harapannya mereka bisa pacaran dan menikah. Sayangnya cinta Joey dan harapan saya bertepuk sebelah tangan. Rachel malah punya anak sama si Ross.

6. MacGyver

TVLine

Serial TV barat yang cukup terkenal di kalangan anak-anak era 90-an dan sempat ditayangkan di RCTI. Sedangkan di negara asalnya, Amerika Serikat, MacGyver pertama kali ditayangkan pada 1985. Serial ini mengisahkan seorang agen rahasia bernama Angus MacGyver yang jenius dan cerdik.

Di setiap episodenya MacGyver akan berpetualang untuk memecahkan kasus dan meloloskan diri dari para penjahat. Ciri khas dari serial MacGyver adalah alat-alat yang dibutuhkan oleh Angus MacGyver selalu ada di lokasi.

Banyak yang merindukan kisah MacGyver dan ingin melihat kisah MacGyver jika dibuat ulang sesuai dengan kecanggihan teknologi CGI saat ini. Tentu akan menyuguhkan visual yang lebih menarik lagi.

7. Xena: The Warrior Princess

Mid-Day

Xena: The Warrior Princess adalah serial TV yang bertemakan fantasi dan mitologi Yunani kuno. Di Indonesia, serial ini pernah ditayangkan di SCTV pada 1997. Xena diperankan oleh Lucy Lawless, merupakan seorang ksatria wanita yang sangat tangguh.

Xena adalah prajurit wanita yang jahat, namun kembali ke jalan yang benar. Kemudian dikisahkan Xena pergi berpetualang untuk melawan para penjahat, monster dan para dewa. Salah satu serial yang mengangkat cerita dengan memasukkan unsur mitologi di dalamnya.

Terbilang cerita yang cukup unik, karena pada era 90-an, banyak serial televisi yang mengangkat kisah dan cerita dengant ema teknologi dan detektif ketimbang mengangkat cerita tentang mitologi dan cerita rakyat.

8. The X-Files

Wired

Sebuah serial TV yang memiliki episode yang cukup panjang dan berjumlah 11 musim. Musim pertamanya ditayangkan pertama kali pada 1993 dan di Indonesia, The X-Files pernah ditayangkan di SCTV.  The X-Files mengisahkan duo detektif Fox Mulder dan Dana Scully dalam menangani berbagai kasus dan misteri.

Di awal seri, The X-Files berfokus pada penyelidikan yang diduga makhluk misterius. Serial ini juga termasuk dalam salah satu serial TV barat dengan episode terbanyak yaitu 218 episode. Tentu pada masa itu merupakan salah satu serial yang paling laris dengan jumlah episode yang banyak.

Bahkan jika dibandingkan dengan serial masa kini, yang mencapai episode 218 terbilang jarang. Sehingga wajar jika X-Files menjadi salah satu serial yang banyak disukai pada masanya.

BACA JUGA: Sinopsis The World of My 17, Serial Terbaik Adaptasi Webtoon!

9. The Six Million Dollar Man

TV Series Finale

Salah satu serial TV tahun 90-an yang terkenal pada masanya, The Six Million Dollar Man memiliki aksi seru terkait aksi manusia bionik hasil eksperimen ilmiah seharga enam juta dollar Amerika Serikat. Hal tersebut yang menjadi daya tarik dari serial ini.

Kecanggihan teknologi di dalam tubuh tokoh utamannya, membuat pecinta film laga betah mengikuti The Six Million Dollar Man. Dikisahkan, setelah astronot bernama Steve Austin mengalami kecelakaan, beberapa organ tubuhnya pun dibuat secara bionik hingga ia bisa memiliki kemampuan fisik melebihi manusia.

10. Time Trax

VHiStory

Daftar film serial TV tahun 90-an terakhir adalah Time Trax. Serial ini menceritakan tentang petugas polisi Darien Lambert (Dale Midkiff) dikirim dua abad ke masa lalu untuk menangkap dan mengembalikan penjahat yang dihukum yang telah melarikan diri dari penjara di masa depan.

Banyak peralatan super canggih yang ada pada serial tv ini seperti komputer super canggih yang dimiliki olehnya yang berbentuk kartu kredit dan dapat berwujud seorang wanita muda yang elegan. Time Trax adalah serial televisi AS dan Australia bergenre science fiction yang pertama kali tayang pada tahun 1993 selama dua musim.

Nah itulah daftar film serial TV tahun 90-an yang bisa bikin Sedulur nostalgia. Terutaman bagi Sedulur yang tumbuh dan berkembang di masa remaja di tahun 90-an. Beberapa serial TV di atas kini banyak ditayangkan kembali di beberapa platform streaming online. Sehingga Sedulur bisa semakin puas untuk bernostalgia.