film romantis terbaik

Ada banyak genre film di dunia ini, baik film Indonesia atau film yang keluar dari seluruh negeri di dunia ini. Dari sekian banyak genre film, ada beberapa genre yang paling disukai. Salah satu genre tersebut yaitu film romantis terbaik.

Nah, bagi Sedulur yang menyukai genre film romantis terbaik, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas daftar genre film romantis terbaik yang bisa jadi tontonan Sedulur. Apa saja daftar filmnya? Yuk, mari langsung kita simak daftar filmnya di bawah ini.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Drama China Romantis Menghibur Terbaik

1. 500 Days of Summer (2009)

film romantis terbaik
Glamour

Di awal film, seorang narator menyampaikan kalimat yang akan menjadi hal yang diingat dalam film ini. Kalimat tersebut berbunyi “This is a story of boy meets girl. But you should be known in advance, this is not a love story.

-->

Narator tersebut menyampaikan bahwa film ini bukan cerita cinta, meskipun di dalamnya banyak adegan tentan cinta yang berakhir menyedihkan. Film ini menceritakan Tom (Joseph Gordon-Levitt) yang tak bisa memalingkan pandangannya dari pesona yang diberikan oleh Summer (Zooey Deschanel), teman sekantornya yang baru.

Dalam film ini, definisi bagaimana sebenarnya ‘cewek PHP’ itu akan dijelaskan dengan detail. Kisah mengenai sepasang sahabat yang kemudian menjadi cinta, lalu akhirnya timbullah banyak konflik hingga film dibawa ke akhir cerita. Sangat tepat jika film ini termasuk ke dalam list film romantis terbaik sepanjang masa.

2. A Walk to Remember (2002)

Kompas

Film romantis terbaik selanjutnya adalah A Walk to Remember yang diadaptasi dari novel karya Nicholas Sparks dengan judul yang sama. A Walk to Remember menceritakan tentang anak SMA populer di sekolahnya, Landon (Shane West), yang tak menduga bisa jatuh cinta kepada Jamie (Mandy Moore) yang merupakan siswi cupu dan kutu buku.

Cerita kemudian berkembang di mana Landon mulai mendapati sisi positif di dalam diri Jamie, begitu pun sebaliknya, yang membuat keduanya larut dalam keromantisan mengikuti perasaan cinta keduanya.

3. About Time (2013)

Film Affinity

Film romantis selanjutnya berjudul About Time yang tayang pada tahun 2013. Film ini berkisah tentang Tim Lake (Domhnall Gleeson) yang memiliki kemampuan kembali ke masa lalu saat berusia 21 tahun. Tim memanfaatkan kemampuannya itu untuk mencari cinta sejati.

Sayangnya, ia tak berhasil mendapatkannya karena tak ada perempuan yang mau dengannya. Tim pun kembali ke masa saat ini dan bertemu dengan Marry (Rachel McAdams). Marry menyukai Tim dan keduanya berjanji untuk menjalin hubungan lebih serius.

Sangat disayangkan, Harry (Tom Hollander), sahabat ayah Tim terlibat kecelakaan parah yang membuat Tim harus kembali ke masa lalu. Apakah Tim dan Marry bisa tetap bersama setelah Tim kembali dari masa lalu? Bagaimana kelanjutan kisah cinta mereka? Sedulur yang penasaran bisa langsung menyaksikan film satu ini!

4. The Fault in Our Stars (2014)

The Independent

Film ini diambil dari novel yang ditulis oleh John Green dengan judul yang sama. Film ini menceritakan perjuangan seorang gadis bernama Hazel yang bosan dengan rutinitas yang dikerjakan setiap hari yang hanya berurusan dengan masalah kankernya.

Namun semua berubah saat ia bertemu dengan seorang pria bernama Augustus disebuah kelompok pendukung kanker. Diperankan oleh Shailene Woodley sebagai Hazel Grace Lancaster dan Ansel Elgort sebagai Gus Waters, film yang dirilis pada 2014 lalu ini tampaknya sukses membuat semua orang menangis.

5. Me Before You (2016)

IMDb

Louisa Clark (Emilia Clarke) adalah seorang gadis lugu yang tinggal bersama keluarganya yang miskin. Ia rela melakukan apa saja demi mendapatkan uang untuk membantu ekonomi keluarganya.

Suatu hari, Louisa mendapat pekerjaan sebagai perawat untuk Will Traynor (Sam Claffin), orang kaya yang harus berbaring di tempat tidur karena lumpuh akibat kecelakaan lalu lintas. Perlahan, hidup Louisa dan Will berubah karena masing-masing memberikan warna baru yang tak pernah mereka duga sebelumnya.

6. If I Stay (2014)

IMDb

Mia (Chloe Moretz) memiliki kehidupan yang sangat sempurna. Ia memiliki keluarga yang sangat menyayanginya, sekolah yang sangat menyenangnkan, teman-teman yang selalu ada di sisinya, dan pacar yang tampan serta selalu mendukung hobinya bermusik.

Namun, kehidupan Mia berubah dalam satu malam saat keluarganya mengalami kecelakaan tunggal. Apakah Mia dapat bertahan di tengah kondisi kritisnya? Atau harus pergi meninggalkan semua kebahagiaannya?

7. Paper Towns (2015)

Netflix

Bukan hanya menghadirkan kisah yang romantis, Paper Towns juga penuh teka-teki yang membuat kita nggak ingin berhenti menontonnya sampai selesai. Film yang rilis di tahun 2015 ini berkisah tentang seorang anak laki-laki lugu bernama Quentin Jacobsen (Nat Wolff). Ia menyukai tetangga sekaligus teman sekolahnya yang cuek bernama Margo Roth Spiegelman (Cara Delevingne).

Suatu hari, Margo meminta bantuan Quentin untuk balas dendam karena kekasihnya sudah berselingkuh dengan sahabatnya sendiri. Setelah selesai melakukan aksinya, Margo menghilang. Quentin merasa kehilangan dan orang-orang pun menanyakan keberadaan Margo kepada Quentin.

8. Before We Go (2015)

IMDb

Before We Go mengambil latar waktu dalam satu malam saja. Namun, di satu malam tersebut, bisa mengubah hidup seseorang selamanya. Hal itulah yang dirasakan oleh Nick (Chris Evans) yang secara tak sengaja bertemu dengan Brooke Dalton (Alice Eve) yang tertinggal kereta.

Menemani Brooke untuk menunggu kereta selanjutnya, Nick dan Brooke banyak bercerita tentang kehidupan masing-masing. Dari kisah yang masing-masing mereka sampaikan, banyak hal berubah dalam satu malam saja.

9. Everything, Everything (2017)

IMDb

Everything, Everything diangkat dari novel berjudul sama karya Nicola Yoon. Film ini bercerita tentang sosok gadis bernama Maddy (Amandla Stenberg) yang mengidap penyakit Severe Combined Iimmunodeficiency (SCID). Penyakit yang menyerang sistem imun itu akan membuat Maddy jatuh sakit jika terkena bakteri atau kuman.

Suatu hari, Maddy secara tak sengaja bertemu dengan Olly (Nick Robinson), tetangga barunya, yang ia lihat melalui jendela. Keduanya pun jatuh hati dan berusaha untuk selalu bertemu. Kedekatan keduanya tentu membuat Maddy bimbang, apakah harus berjuang melawan penyakitnya atau menahan diri untuk tidak bertemu dengan Olly.

10. The Vow (2012)

IMDb

Bagaimana jadinya kalau kecelakaan yang terjadi dalam beberapa menit, kemudian menghapus ingatan seumur hidup? Hal itulah yang terjadi pada Leo (Channing Tatum) dan istrinya Peige (Rachel McAdams).

Peige kehilangan ingatannya saat ia dan Leo pulang ke rumah dan terlibat kecelakaan. Peige sama sekali nggak ingat siapa Leo dan bagaimana ia bisa menikahinya. Leo pun berusaha keras untuk membantu Peige mendapatkan ingatannya kembali.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Ilmuwan yang Diangkat dari Kisah Nyata

11. My Sassy Girl (2001)

IMDb

Setelah daftar film romantis terbaik dari Hollywood, kini kita masuk ke daftar film romantis terbaik dari Korea Selatan. My Sassy Girl merupakan film yang terkenal akan cerita romantisnya. My Sassy Girl adalah film korea romantis komedi yang bisa dikategorikan salah satu yang tersukses.

Bahkan saking meledaknya, beberapa produsen film dari berbagai negara membeli lisensinya untuk di-remake. Plotnya tentang seorang pria yang tak sengaja menyelamatkan perempuan yang tampak mabuk di jalan.

Awalnya hanya menolong, ternyata hubungan mereka makin dalam dan serius walau awalnya saling tak suka. Bagi Sedulur yang terlewat karena terlalu kecil atau belum lahir saat film ini dirilis, silakan bunuh rasa penasaranmu dengan menyaksikannya di layanan streaming Vidio atau Netflix.

12. A Moment to Remember (2004)

AsianWiki

Film selanjutnya yaitu A Moment to Remember yang tayang pada tahun 2004 yang lalu. Film ini memliki genre romantis melodrama dengan twist yang menawan. Film romantis terbaikini juga berhasil menyabet gelar salah satu yang terlaris di masanya, bahkan juga mendulang sukses di Korea Selatan dan Jepang.

Pasangan di film ini berusia sekitar akhir 20an dan sebenarnya berasal dari kelas sosial yang berbeda, sehingga hubungan mereka pun rapuh dari awal. Ini diperparah dengan kondisi demensia yang diderita salah satu dari keduanya. Akankah mereka tetap bersatu? Jawabannya hanya bisa Sedulur temukan dengan menyaksikannya sampai tamat.

13. Always (2011)

film romantis terbaik
AsianWiki

Dilepas di tahun 2011, film yang sudah berusia lebih dari 10 tahun ini masih seru dinikmati. Lakonnya adalah seorang mantan petinju bernama Cheol Min yang jatuh hati pada perempuan yang hampir buta. So Ji Sub dan Han Hyo Joo didapuk jadi protagonis utama di sini.

Keduanya dipertemukan saat sang mantan petinju bekerja menjadi tukang parkir menggantikan seorang pria paruh baya. Saat itulah, seorang perempuan datang mengaku bahwa biasanya ia menonton televisi di pos tersebut bersama petugas parkir sebelum Cheol Min.

14. A Werewolf Boy (2012)

IMDb

A Werewolf Boy bisa rekomendasi film Korea romantis yang dibintangi Song Joong Ki. Aktor kawakan tersebut dikenal lewat banyak drama laris mulai dari Descendant of the Sun sampai yang terbaru Vincenzo.

Kali ini ia berperan sebagai seorang pemuda bernama Chul Soo yang sejak kecil hidup di hutan tanpa orang tua. Ini membuat perilakunya berbeda dengan kebanyakan orang. Suatu hari ia bertemu dengan keluarga yang dengan senang hati bersedia mengasuh dan mengajarinya membaca dan bertingkah layaknya orang normal.

Namun, sebuah insiden terjadi dan keluarga tersebut akhirnya memutuskan untuk melindungi Chul Soo dengan pindah dari rumah tersebut. Film produksi Korea ini berhasil tayang di berbagai festival film internasional dan menuai pujian.

15. Be With You (2018)

film romantis terbaik
Korean Herald

Be With You adalah film remake dari sinema asal Jepang berjudul sama yang pernah tayang di tahun 2004. Selain romansa, layar lebar yang laris manis di tahun perilisannya tersebut memasukkan unsur magis.

Plotnya berkutat pada kehidupan sepasang suami istri dan satu anak. Soo Ah, sang istri pernah berjanji sebelum meninggal bahwa ia akan kembali pada keluarganya pada musim hujan mendatang. Tak disangka, ia benar-benar mendapatkan kesempatan kembali. Mengandung bawang, siapkan tisu kalau niat menontonnya, Sedulur.

16. Sky of Love (2007)

AsianWiki

Setelah daftar film romantis dari Korea Selatan, kini kita masuk ke pembahasan daftar film terbaik dari Jepang. Film Sky of Love (atau yang dikenal dengan nama Koizora) merupakan film yang sangat romantis. Film yang diangkat dari cerita novel berjudul sama ini masuk dalam jajaran box office Jepang dan tercatat meraup pendapatan hingga 36 juta dolar.

Cerita film Koizora dimulai ketika seorang siswi SMA bernama Mika (Yui Aragaki) kehilangan telepon genggamnya. Setelah menemukannya kembali, ia mendapati bahwa semua kontak di telepon genggamnya sudah terhapus. Di sisi lain, ada nomor misterius yang terus menghubunginya.

Singkat cerita, Mika malah menjalin komunikasi secara intens dengan sosok misterius itu. Hingga akhirnya ia mengetahui bahwa orang yang menghubunginya selama ini adalah Hiro (Haruma Miura), pemuda nakal yang semula ia takuti. Tak lama kemudian keduanya resmi menjalin hubungan sebagai pasangan kekasih.

17. No Longer Heroine

Asian Wiki

Selanjutnya ada film romantis Jepang yang akan bikin Sedulur baper, yakni No Longer Heroine. Film yang memiliki judul asli Hiroin Shikkaku ini dibintangi oleh Mirei Kiritani, Kento Yamazaki, dan Kentaro Sakaguchi.

Cerita film ini berpusat pada Hatori Matsuzaki (Mirei Kiritani), seorang siswi SMA yang menyimpan rasa suka kepada teman masa kecilnya, Rita Terasaka (Kento Yamazaki). Ia meyakini bahwa dirinya adalah sosok heroine atau pahlawan wanita terbaik untuk Rita. Namun tanpa diduga, Rita malah menjalin hubungan dengan perempuan lain bernama Miho Adachi.

Kehidupan asmara Hatori Matsuzaki semakin rumit ketika seorang murid populer mendekatinya. Sebab, ia hanya menaruh rasa suka pada Rita seorang.

18. I Give My First Love to You (2009)

AsianWiki

I Give My First Love to You atau Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu merupakan film Jepang romantis sedih yang dirilis dari manga berjudul sama karya Kotomi Aoki. Film ini dirilis pada 2009 dengan menggandeng Mao Inoue dan Masaki Okada sebagai pemeran utamanya.

Film ini mengikuti kisah percintaan antara Takuma Kakinouchi (Masaki Okada) dan Mayu Taneda (Mao Inoue). Cerita mereka dimulai ketika Takuma dirawat di rumah sakit oleh ahli jantung yang merupakan ayah Mayu. Semenjak itu keduanya menjadi dekat dan tertarik kepada satu sama lain.

Namun saat beranjak remaja, Takuma memutuskan untuk menjauh dari Mayu karena penyakit yang dideritanya. Apalagi dokter juga menyebut bahwa mungkin ia tidak akan sanggup bertahan hingga berusia 20. Di saat yang sama, Mayu bertemu dengan pemuda lain yang mengaku menyukainya. Sementara Takuma bertemu dengan perempuan dengan kondisi yang sama dengannya.

19. From Me to You (2010)

film romantis terbaik
AsianWiki

Film Jepang romantis yang selanjutnya adalah From Me to You atau juga dikenal dengan judul Kimi ni Todoke. Film yang dirilis pada 2010 ini menampilkan cerita tentang Sawako Kuronuma (Mikako Tabe), seorang siswi yang tidak memiliki teman karena penampilannya dianggap mirip dengan hantu Sadako dalam film horor Ring. Meski begitu, sebenarnya ia merupakan anak yang ceria dan peduli kepada orang lain.

Hidup Sawako perlahan mulai berubah semenjak berkenalan dengan Shota Kazehaya (Haruma Miura), seorang siswa populer di sekolahnya. Berbeda dengan murid lainnya, Shota bersikap baik kepada Sawako dan bahkan mengaguminya.

20. 1 Litre of Tears (2005)

film romantis terbaik
IMDb

Hanya dengan membaca judulnya, Sedulur tentu sudah bisa membayangkan alur cerita sedih yang ditampilkan oleh film yang dirilis pada 2005 ini. 1 Litre of Tears menceritakan tentang seorang gadis bernama Aya Kito (Asae Oonishi) yang menderita penyakit langka.

Dokter bahkan mendiagnosis bahwa penyakit tersebut tidak bisa benar-benar disembuhkan. Adapun film ini diangkat dari kisah nyata yang didasarkan pada buku harian yang ditulis oleh Aya Kito semasa hidupnya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Ilmuwan yang Diangkat dari Kisah Nyata

21.  More Than Blue (2018)

film romantis terbaik
Yoursay

Selain film romantis hollywood, Jepang dan Korea Selatan di atas, berikut ini adalah film romantis terbaik dari Taiwan. More Than Blue bercerita tentang

Dua orang teman SMA bernama K dan Cream memiliki kisah persahabatan yang unik. K mengalami masalah kesehatan yang serius sementara Cream dikenal sebagai gadis ceria dan nakal saat remaja. Keduanya tumbuh dewasa dan bekerja di label rekaman milik ayah K yang sudah meninggal. Mereka bersatu untuk menciptakan musik yang luar biasa.

Namun, Cream telah jatuh cinta pada seorang dokter gigi bernama You-Xian yang sayangnya sudah bertunangan. Di sisi lain, K sedang menghadapi masa-masa sulit karena penyakit kanker yang diidapnya semakin parah dan hanya tinggal beberapa waktu hidup.

Dalam upaya untuk bersama dengan Cream sebelum ajal menjemputnya, K memutuskan untuk menyewa seorang detektif untuk membuat You-Xian putus dengan tunangannya. Namun, hal ini menimbulkan banyak konsekuensi dan mempertanyakan integritas persahabatan mereka.

22. Our Times (2015)

Film romantis terbaik
Pikiran Rakyat

Daftar film romantis terbaik ditutup dengan film dari Taiwan berjudul Our Times. Suatu hari, Lin Zen-xin yang masih berusia 17 tahun menerima sebuah surat yang memperingatkan bahwa dia akan mendapat kesialan jika tidak meneruskannya ke seseorang.

Tanpa berpikir panjang, ia meneruskan surat tersebut kepada ketua gengster di sekolahnya, Hsu Tai-yu, serta kepada Tao Min-min, gadis paling populer di sekolah.

Ketika Tai-yu mengalami kesialan, dia meminta Lin untuk bertanggung jawab dan bahkan meminta bantuan untuk membuat cewek yang dia sukai putus dengan pacarnya. Namun, di tengah perjalanan, Tai-yu dan Lin justru saling jatuh cinta. Namun sayangnya, Tai-yu harus pindah sekolah karena sering terlibat masalah.

Nah itulah daftar film romantis terbaik yang bisa Sedulur tonton. Atau dari daftar di atas ada film yang sudah Sedulur tonton dan membuat Sedulur terkenang dan terbawa suasana haru di dalamnya. Jangan sampai terombang ambing oleh cerita romantis dalam film ya, Sedulur