Setiap film memiliki beragam alur cerita dan genre yang berbeda. Alur cerita tentang kriminalitas dan psikopat selalu berhasil menegangkan penonton, selain genre horor.  Tak heran jika film psikopat terbaik selalu menjadi daya tarik bagi penonton dan menarik minat yang tinggi dari para pecinta film. Sedulur pun bisa menontonnya di bioskop atau saluran televisi lokal.

Untuk lebih mengenal dan menambah daftar film psikopat Sedulur, informasi di bawah ini akan membantu Sedulur untuk memilih film yang menarik dan layak ditonton. Berikut adalah film psikopat terbaik untuk Sedulur!

BACA JUGA: Sinopsis Keramat 2 Caruban Larang, Film Paling Seram 2023

1. No Country For Old Men (2007)

film psikopat terbaik
Basement Rejects

Film yang dirilis pada tahun 2007 ini memiliki bintang utama aktor Javier Bardem yang memerankan tokoh dengan karakter brilian. Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul sama oleh Cormac McCarthy dan disutradarai oleh duo sineas terkenal, Coen Brothers.

-->

Premisnya berpusat pada seorang pemburu dan veteran bernama Llewelyn Moss (Josh Brolin) yang berada di tengah-tengah perang antar kelompok narkoba. Di sana, ia menemukan sejumlah besar uang dan memutuskan untuk membawanya lari.

2. I Saw The Devil (2010)

film psikopat terbaik
Taste of Cinema

Tidak hanya itu, I Saw The Devil juga memiliki alur cerita yang sangat kompleks sehingga sulit untuk ditebak. Faktor inilah yang membuat film ini semakin menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar film psikopat.

Film ini menceritakan kisah seorang agen intelijen bernama Soo Hyun yang mencari balas dendam atas kematian istrinya, Joo Yun, yang dibunuh dengan cara yang sangat brutal oleh seorang psikopat bernama Kyung Chul.

I Saw The Devil pertama kali ditayangkan di Sundance Film Festival pada tahun 2011 dan mendapatkan banyak pujian atas aksi-aksi yang ditampilkan dalam film ini. 

3. Orphan (2009)

film psikopat terbaik
IMDb

Orphan, sebuah film thriller psikologis dan merukapakn film psikopat terbaik yang mampu menghantui para penontonnya. Kisah dimulai ketika pasangan suami istri, Kate dan John Coleman, mengalami kesedihan yang mendalam setelah kehilangan anak perempuan mereka. 

Mereka memutuskan untuk mengadopsi seorang anak perempuan bernama Esther, yang ternyata memiliki tingkah laku aneh yang menyeramkan. Kate dan John mulai merasa curiga dan ketakutan setelah terjadi kejadian-kejadian misterius di sekitar Esther.

Esther memang terlihat seperti anak yang polos dan manis, tetapi sebenarnya ia memiliki keahlian manipulatif yang luar biasa. Ia mampu memanipulasi orang dewasa dan anak-anak sebayanya untuk melakukan kejahatan yang tidak terduga. 

4. Misery (1990)

The Guardian

Premis filmnya berkisah tentang seorang novelis, Paul Sheldon (James Caan), yang diculik oleh penggemarnya, Annie Wilkes (Kathy Bates). Alasannya sepele, dikisahkan Paul membunuh karakter novel yang disukai Annie.

Annie yang merupakan seorang suster awalnya menemukan Paul di mobilnya dalam keadaan pingsan akibat badai. Awalnya Paul tidak curiga, namun lama kelamaan perilaku Annie makin aneh. Nonton untuk merasakan sendiri ketegangan diculik oleh seorang psikopat.

5. We Need to Talk About Kevin (2011)

film psikopat terbaik
The Newyork Times

Ceritanya difokuskan pada sosok Kevin, seorang anak yang sejak kecil tidak diinginkan oleh ibunya, Eva. Film ini diawali dengan Eva yang hidup dalam keadaan yang suram dan terus-menerus merenungkan kehidupannya yang berubah drastis sejak Kevin lahir. 

Kevin menunjukkan sifat-sifat yang mencemaskan dan sangat sulit untuk dihadapi oleh orang tua maupun teman sebayanya. Kepribadiannya yang ganjil dan sikapnya yang sangat tidak menyenangkan membuat ibunya merasa khawatir dan tertekan.

6. There Will Be Blood (2007)

TCM

Salah satu aktor brilian Hollywood yang tak pernah sepi pujian mungkin adalah Daniel Day-Lewis. Dalam tiap filmnya dia mampu bertransformasi jadi karakter yang supermeyakinkan, termasuk di film ini.

Dalam 15 menit awal There Will Be Blood, kita akan disuguhi adegan penambangan minyak yang cukup intens tanpa dialog sama sekali. Iya, film ini berkisah tentang Daniel Plainview (Daniel Day-Lewis) yang merangkak dari bawah untuk menjadi penambang minyak.

7. Ichi The Killer (2001)

film psikopat terbaik
Far East Films

Berikutnya, kita akan membahas tentang film Ichi The Killer yang dirilis pada tahun 2001. Film ini mampu menghadirkan ketegangan yang mendalam bagi para penontonnya.

Ichi The Killer mengisahkan tentang tokoh utama bernama Ichi, yang dalam adegan kilas baliknya sedang melakukan aktivitas di balkon apartemennya. Saat itu, Ichi menyaksikan seorang mucikari yang sedang menyiksa seorang pelacur.

Kejadian ini seolah mencerminkan kondisi psikologis Ichi yang juga penuh dengan kekerasan. Di sisi lain, terdapat seorang bos yakuza bernama Anjo yang tewas secara sadis dan brutal.

Setelah adegan pembunuhan tersebut selesai, seorang petugas kebersihan dibayar untuk menghilangkan bukti-bukti kejadian tersebut. Namun, dengan tiba-tiba, Ichi dituduh sebagai dalang dari pembunuhan bos yakuza tersebut setelah semua berlalu.

8. The Call (2020)

film psikopat terbaik
Indozone

Film The Call yang rilis pada tahun 2020 dapat dijadikan pilihan bagi penggemar film dengan tema psikopat. Film ini mengisahkan sebuah panggilan telepon misterius yang menghubungkan dua orang dari masa lalu yang terpaut selama 20 tahun.

Sebagai seseorang yang hidup di masa depan, Seo Yoon memberikan informasi penting kepada Young Sook tentang apa yang akan terjadi pada dirinya di masa lalu. Dengan bantuan informasi ini, Young Sook berusaha untuk mengubah nasibnya yang seharusnya akan terjadi.

Kerjasama yang terjalin antara Seo Yoon dan Young Sook menambah keunikan dalam alur cerita The Call.

9. Nightcrawler (2014)

film psikopat terbaik
The Guardian

Kisah Louis Bloom dalam Nightcrawler menggambarkan sebuah sisi kehidupan jurnalistik yang penuh dengan tekanan dan persaingan. Keputusannya yang terkadang kontroversial dan beresiko, menjadi refleksi dari ketidakpastian dan perubahan yang terjadi di dunia media. 

Film ini mengajak penontonnya untuk merenungkan tentang bagaimana media memainkan peran penting dalam membentuk opini dan pandangan masyarakat tentang suatu kejadian atau isu.

10. Prisoners (2013)

film psikopat terbaik
USA Today

Kisah dalam film ini mengangkat premis tentang penculikan dua anak perempuan. Salah satu anak perempuan yang diculik adalah putri dari Keller Dover (Hugh Jackman) yang berusia enam tahun, dan temannya. 

Selama penyelidikan, polisi menemukan petunjuk berupa sebuah mobil RV yang diparkir di dekat lokasi penculikan. Namun, ketika polisi menangkap sang sopir mobil tersebut, bukti yang cukup untuk menuduhnya tidak ditemukan sehingga ia dibebaskan.

Ia memutuskan untuk mengambil tindakan ekstrim untuk mendapatkan informasi yang ia butuhkan, dan semakin memperburuk situasi tersebut. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Ilmuwan yang Diangkat dari Kisah Nyata

11. Natural Born Killers (1994)

Frame Rated

Oliver Stone, seorang sutradara dengan ciri khas sinematografi yang unik, juga memiliki film psikopat yang patut dipertimbangkan untuk ditonton, yaitu Natural Born Killers. 

Film ini menampilkan pasangan kekasih, Mickey Knox (Woody Harrelson) dan Mallory Wilson (Juliette Lewis), yang sama-sama kejam.  Mallory membunuh ayahnya yang kerap menyiksanya, kemudian dia dan Mickey melakukan perjalanan dan membunuh orang di sepanjang perjalanan mereka. 

Namun, yang membuat mereka berbeda adalah kebiasaan mereka untuk menyisakan satu orang selamat di setiap aksi pembunuhan agar orang tersebut dapat menceritakan kisah mereka. Tindakan ini membuat pasangan psikopat ini semakin terkenal dan menjadi sasaran media.

12. Friday The 13th (2009)

IMDb

Film ini mengisahkan tentang sekelompok remaja yang melakukan perjalanan berkemah ke Camp Crystall yang terletak di tengah hutan. Awalnya, mereka hanya berniat untuk bersenang-senang di sekitar danau yang indah. 

Namun, hal-hal mengerikan mulai terjadi ketika mereka satu per satu dibunuh secara sadis oleh seorang pembunuh misterius yang mengenakan topeng hoki. Film ini juga salah satu rekomendasi untuk Sedulur film psikopat terbaik

13. Hush (2016)

Cultura Magazine

Maddie Young adalah seorang penulis yang hidup menyendiri di pinggiran kota karena ia memiliki keterbatasan fisik. Ia berharap hidup sendirian akan memberikan ketenangan dan membantu kariernya sebagai penulis. 

Namun, keputusannya untuk hidup menyendiri ternyata membawanya pada situasi yang menyeramkan. Maddie harus berhadapan dengan seorang pembunuh bertopeng yang mengintainya di sekitar rumahnya.

14. Cape Fear (1991)

The Directors Series

Dalam film ini, Max Cady (Robert De Niro) adalah seorang pemerkosa yang sedang menjalani masa tahanan. Namun, jauh dari kata penyesalan, ia justru merencanakan pembalasan dendam terhadap pengacara yang telah membuatnya dipenjara.

Melalui rutinitas olahraga yang ketat dan belajar hukum secara mandiri, Cady berusaha untuk menemukan celah dan cara untuk melampiaskan dendamnya secara sempurna. Tidak dapat disangkal lagi, akting Robert De Niro sebagai seorang psikopat dalam film ini sangat memukau.

15. Pet (2016)

IMDb

Seth adalah seorang pekerja di penampungan hewan yang merasa kesepian. Suatu hari, dia bertemu dengan Holly yang datang untuk bekerja sebagai asistennya. Namun, ketika Holly menolak perasaan cintanya, Seth mulai melakukan perilaku yang mengerikan. Ia menahan Holly di kandang penampungan hewan yang terletak di bawah tanah, dan memperlakukan gadis itu secara kasar.

16. Se7en (1995)

The Script Lab

Film yang dibintangi oleh Morgan Freeman, Brad Pitt, dan Kevin Spacey ini mengisahkan tentang seorang pembunuh berantai yang menargetkan orang-orang yang melakukan dosa sebagaimana seven deadly sins, yaitu sifat-sifat manusia yang dapat memicu manusia melakukan dosa. 

Film ini merupakan film psikopat terbaik yang wajib ditonton Sedulur. Adegan-adegan yang dilakonkan Kevin Spacey sebagai John Doe dalam film ini dapat membuatmu terpesona, terutama dengan tema yang terkait dengan ajaran agama Katolik mengenai seven deadly sins.

17. Memoir of a Murderer (2017)

IMDb

Dirilis pada tahun 2017, film ini menceritakan kisah seorang mantan pembunuh berantai bernama Byung Su yang berusaha melupakan masa lalunya dan memulai hidup baru dengan putrinya.

Namun, kehidupan baru Byung Su terusik ketika putrinya memiliki pacar yang ternyata adalah seorang psikopat. Ditambah lagi, Byung Su juga mengidap penyakit Alzheimer yang semakin memperburuk ingatannya. Meski begitu, ia berusaha untuk menulis memoar kehidupannya sebelum penyakitnya semakin parah.

18. American Psycho

IMDb

American Psycho menceritakan tentang Patrick Bateman, seorang bankir sukses. Kehidupan Bateman tampak sempurna dengan kekayaannya, tunangan yang cantik, dan kesuksesan bisnisnya.

Namun, di balik itu semua, Bateman sebenarnya adalah seorang psikopat yang menakutkan. Ia dapat dengan mudah membunuh orang saat ia merasa ingin melakukannya.

19. Split (2016)

Eye for Film

Film Split mengisahkan tentang tiga remaja bernama Casey, Claire, dan Marcia yang diculik oleh seorang penyandera yang memiliki banyak kepribadian. 

Penyandera tersebut memiliki 23 kepribadian yang berbeda-beda, yang membuat para remaja semakin kesulitan untuk melarikan diri dari tempat yang mereka dijebak. 

Mereka semua terjebak di dalam ruangan bawah tanah yang terisolasi dan dihadapkan dengan ancaman yang berbeda-beda dari setiap kepribadian penyandera. Akting James McAvoy sebagai si penculik dengan kepribadian berganti-ganti dijamin akan membuat Sedulur merinding.

BACA JUGA: Sinopsis Film Drama Keluarga: The Glass Castle (2017)

20. Blood And Ties (2013)

Kompas

Kisah Blood And Ties berfokus pada seorang gadis bernama Da Eun yang merasa curiga terhadap ayahnya setelah terjadi sebuah kasus kriminal. Film asal Korea ini didapuk jadi salah satu film psikopat terbaik dari Negeri Gingseng.

Kepercayaan Da Eun terhadap ayahnya mulai goyah, meski sebenarnya ayahnya sangat menyayanginya. Namun, di balik rasa sayang tersebut, sosok ayah Da Eun juga menyimpan banyak misteri yang menarik untuk diungkapkan dalam film ini.

Demikianlah beberapa rekomendasi film psikopat terbaik yang dapat menjadi tontonan menegangkan bagi Sedulur para pecinta genre thriller dan psikologis. Setiap film memiliki alur cerita dan karakter psikopat yang berbeda-beda dan akan ada ketegangan.