film indonesia tentang keluarga

Film Indonesia tentang keluarga memang secara sengaja dirancang untuk bisa ditonton oleh berbagai usia. Itulah sebabnya film-film tersebut disebut sebagai film keluarga, karena boleh ditonton oleh seluruh anggota keluarga, baik itu ayah, ibu, dan juga anak-anak.

Kisah yang dibawakan pada film-film ini juga sifatnya ringan dan menghibur. Para penonton tidak perlu berpikir terlalu keras untuk bisa memahami inti ceritanya. Selain itu, biasanya film keluarga juga mengandung nasihat dan juga pesan moral.

Nah, jika Sedulur sedang mencari rekomendasi film Indonesia tentang keluarga, berikut ini ada rangkuman judul-judul film pilihan yang bisa ditonton!

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Film Tentang Bisnis Terbaik yang Inspiratif

-->

1. Miracle in Cell no.7 (2022)

film indonesia tentang keluarga
Falcon PIctures/Miracle in Cell No.7

Rekomendasi film Indonesia tentang keluarga pertama ada Miracle in Cell no. 7, yang merupakan adaptasi dari film populer asal Korea Selatan dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang Dodo Rozak yang dijebloskan ke penjara karena tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan anak kecil.

Dodo yang mempunyai keterbatasan harus berpisah dengan Kartika, putri semata wayangnya. Untung saja, selama tinggal di sel nomor 7, teman-teman Dodo selalu membantunya untuk membawa sang putri masuk ke dalam ruang tahanan.

2. Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (2023)

Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang adalah sekuel dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, yang lebih fokus pada kisah Aurora selama di London. Auror yang menghilang selama dua bulan, jelas membuat orang tuanya merasa cemas.

Hal itu yang membuat ayahnya mengirim Awan dan Angkasa untuk menjemputnya. Disibukkan menata hidup baru setelah terlepas dari hubungan toxic, kehadiran Angkasa dan Awan justru membawa beban dan masalah keluarga bagi Aurora.

3. Keluarga Cemara 2 (2022)

Berikutnya ada Keluarga Cemara 2. Dalam film ini, diceritakan bahwa Abah dan Emak harus berusaha mencari cara supaya perekonomian keluarga mereka kembali stabil. Untung saja, saat ini Abah telah bekerja di pabrik ayam.

Akan tetapi, ternyata ada masalah lain yang datang menimpa keluarga tersebut. Abah serta Emak merasa bingung dengan fase pertumbuhan dari anak-anaknya. Mulai dari Euis yang mulai mengenal cinta, Ara yang merasa kesepian, dan juga Agil yang sedang rewel-rewelnya.

4. Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Film garapan yang dirilis tahun 2022 ini, menyuguhkan kisah tentang usaha dari seorang ibu untuk bisa mengumpulkan anak-anaknya yang merantau. Berawal dari sengaja membuat suatu masalah, siapa sangka hal tersebut membuat anak-anaknya mengetahui rahasia yang sangat penting.

Pasangan ayah dan ibu tersebut berpura-pura ingin bercerai, agar ketiga anaknya pulang. Si ayah yang memiliki sifat keras kepala pun akhirnya tahu, jika alasan anak-anaknya tidak ingin pulang adalah dirinya sendiri.

5. Losmen Bu Broto (2021)

Losmen Bu Broto menceritakan kisah keseharian dari Ibu dan Bapak Broto yang mengelola sebuah losmen bersama dengan ketiga anaknya. Walaupun terdengar sederhana, tentu saja ada banyak masalah yang terjadi selama film berlangsung.

Jadi dalam film ini, penonton akan diberikan gambaran mengenai berbagai macam konflik keluarga yang terasa dekat dengan kenyataan. Selain itu, film ini juga menunjukkan peran dari seorang wanita yang kuat dan berbagai dilema di dalam kehidupan berkeluarga.

6. Gara-Gara Warisan (2022)

Rekomendasi film Indonesia tentang keluarga yang berikutnya adalah Gara-Gara Warisan. Film ini mengisahkan tentang tiga bersaudara yang berusaha keras memperebutkan warisan dari ayah mereka. Perseteruan yang terjadi dari ketiganya pun menimbulkan berbagai masalah.

Bahkan, terdapat dendam masa lalu yang pada akhirnya terkuak, sehingga membuat hubungan ketiganya semakin tegang. Kira-kira siapa yang akhirnya dapat memperoleh warisan berupa wisma tamu milik ayah mereka?

7. Ali & Ratu-Ratu Queens (2021)

Bicara soal alur ceritanya, Ali & Ratu-Ratu Queens sepertinya menghadirkan kisah yang sangat cocok ditonton bersama keluarga. Film yang satu ini, mengisahkan tentang seorang pria muda yang bernama Ali. Ali nekat pergi ke Amerika dengan tujuan untuk mencari keberadaan ibunya.

Di Negeri Paman Sam tersebut, Ali tidak sengaja bertemu dengan sekelompok ibu-ibu yang lebay dan rempong. Namun dari situlah Ali banyak belajar mengenai arti keluarga, persahabatan, hingga pada akhirnya menemukan cinta yang tidak terduga.

8. Eyang Ti (2021)

Dalam film ini, diceritakan bahwa Eyang Ti merupakan sosok nenek yang sangat peduli dan sangat mengerti keadaan Nares, cucu kesayangannya. Namun sayangnya, kehadiran dari Eyang Ti di rumah justru menimbulkan masalah dengan menantunya.

Sang menantu merasa jika kehadiran Eyang Ti di dalam rumah tangganya, membuat segala sesuatunya menjadi rumit. Konflik tersebut ternyata juga menimbulkan luka yang amat mendalam di dalam hati Nares. Lantas bisakah keluarga tersebut kembali damai?

9. Cek Toko Sebelah (2016)

Cek Toko Sebelah berkisah tentang konflik yang terjadi di dalam keluarga kecil, dimana orang tua yang ingin anaknya meneruskan usaha. Nah, Ernest ditunjuk untuk meneruskan toko si ayah karena punya karier yang lebih sukses dari kakaknya.

Sementara itu, kakaknya yang bernama Yohan dinilai sebagai anak yang gagal, sehingga ayahnya tidak mau mempercayakan toko itu kepadanya. Permasalahan menjadi lebih rumit ketika Ernest mendapat promosi jabatan di perusahaannya.

10. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Film ini bercerita tentang kakak beradik yakni Angkasa, Aurora, dan Awan, yang hidup dalam keluarga yang bahagia. Akan tetapi, kehidupan mereka berubah seketika saat si adik Awan membuat orang tuanya merasa tertekan.

Hal ini tentu menimbulkan pemberontakan dari anak-anak lainnya, yang membawa mereka ke dalam rahasia dan juga rasa trauma yang besar di dalam keluarga.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Film Thailand tentang Sekolah, Wajib Nonton!

11. Scandal Makers (2022)

MD Pictures

Scandal Makers merupakan film Indonesia tentang keluarga yang diadaptasi dari film Korea Selatan. Film ini mengisahkan sosok Oscar, penyiar radio sekaligus selebriti populer di kalangan masyarakat. Di dalam acara radionya, Oscar mempunyai segmen khusus dengan salah satu pendengarnya.

Nah, suatu saat, ada seorang gadis yang bernama Karin berkisah tentang usahanya ingin bertemu sang ayah. Ternyata, ayah yang dicari oleh Karin selama ini adalah dirinya. Belum lagi, Karin yang masih belia ternyata sudah mempunyai anak yang berusia lima tahun.

12. My Idiot Brother (2014)

My Idiot Brother mengisahkan Angel yang mempunyai seorang kakak dengan keterbelakangan mental bernama Hendra. Angel awalnya sangat membenci sang kakak, akan tetapi Hendra sangat menyayangi si adik. Dia tidak pernah sakit hati akan perbuatan adiknya.

Sampai sebuah tragedi terjadi pada keduanya yang membuat Angel tidak lagi memiliki kesempatan untuk mengucapkan kata maaf dan juga terimakasih kepada sang kakak.

13. Bunda: Kisah Cinta Dua Kodi (2018)

Film yang satu ini menceritakan perjuangan dari seorang wanita bernama Tika yang berusaha menyelamatkan rumah tangganya. Dengan bermodalkan cinta, harapan, serta impian dari suami dan anaknya, wanita ini nekad membangun sebuah bisnis sendiri.

Walaupun Tika hanya mempunyai modal untuk menjual dua kodi busana muslim anak, namun hal itu tetap dia lakukan demi mempertahankan rumah tangganya. Terlebih lagi ibu mertuanya juga mulai mengganggu rumah tangga mereka.

14. Susah Sinyal (2017)

Ceritanya mengenai Ibu dan anak yang jarang berkomunikasi karena memiliki kesibukan masing-masing. Si ibu yang sibuk bekerja, sementara anaknya cukup tertutup pada ibunya. Mereka saling tidak tahu perasaan masing-masing walau tinggal dalam satu rumah.

Kemudian pada satu kesempatan, mereka meluangkan waktu untuk berlibur. Di sanalah hubungan mereka mulai menjadi baik. Hal ini karena tempat yang mereka tuju merupakan tempat yang susah sinyal. Dengan begitu, maka mereka dapat lebih banyak berbicara dan menjadi lebih dekat.

15. Kulari ke Pantai (2018)

Kulari ke Pantai bercerita tentang seorang anak bernama Sam, yang berencana melakukan perjalanan darat bersama Ibunya. Sehari sebelum berangkat, sepupu Sam yang bernama Happy berulah dengan merendahkan Sam di dalam keluarganya.

Ibu Happy pun meminta Happy untuk ikut dalam perjalanan Sam, dengan harapan anaknya akan menjadi lebih mengenal dan juga menghargai sepupunya. Nah, perbedaan keduanya membuat perjalanan tersebut dipenuhi dengan hal-hal di luar rencana.

16. Super Didi (2016)

Super Didi mengisahkan perjuangan sosok ayah yang harus mengurus kedua putrinya saat sang istri pergi ke Hong Kong. Si ayah yang bernama Arka pun harus sibuk mengurus segala kebutuhan anak-anaknya setiap hari, mulai dari bangun sampai tidur.

Alhasil, pekerjaanya yang sebagai seorang arsitek harus terbengkalai. Padahal, dia sedang mengerjakan proyek dengan nilai mencapai angka triliunan. Ya, film ini memperlihatkan jika pekerjaan sebagai ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah dan dapat dipandang sebelah mata.

17. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Film ini berkisah tentang seorang ayah atau bapak yang tidak ingin anak-anaknya merasa sedih dengan kepergiannya suatu saat nanti. Jadi sebelum hari itu tiba, bapak mempersiapkan rekaman dirinya yang kemudian ditonton oleh anak-anaknya setiap hari sabtu.

Dengan menonton film ini, rasanya seperti menyimak nasihat dari seorang Bapak. Hanya saja dikemas dengan cara yang sangat menarik. Pesan-pesannya terasa sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, membuat film ini terasa cukup ringan namun dalam dan juga bermakna.

18. Tampan Tailor (2023)

Tampan Tailor bercerita mengenai perjalanan hidup dari Topan, tukang jahit dan putranya yang bernama Bintang. Karena mempunyai masalah ekonomi, Bintang hingga dikeluarkan dari sekolahnya dan tidak dapat belajar lagi. Topan pun tidak diam saja, dia rela menjalani berbagai macam pekerjaan.

Hingga pada suatu ketika, cinta kembali datang padanya ketika Topan bertemu dengan seorang wanita yang bernama Prita. Berkat bantuan Prita juga, kini Topan secara perlahan dapat bangkit dan mengejar cita-citanya menjadi tukang jahit terkenal.

19. 9 Summers 10 Autumns (2013)

Film Indonesia tentang keluarga ini, menghadirkan kisah tentang perjuangan seorang anak dari keluarga sederhana. Dia tumbuh di kampung hingga menjadi seorang direktur di New York. Nilai tentang pendidikan dan ketekunan benar-benar ditekankan dalam film ini.

Perlu untuk diketahui, jika film ini diangkat dari kisah nyata. Jadi tidak hanya menjadi hiburan saja, namun juga dapat dijadikan sebagai pelajaran. Kisahnya sangat layak menjadi teladan bagi setiap orang untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar mimpinya.

20. Orang Kaya Baru (2019)

Legacy Pictures/Orang Kaya Baru

Rekomendasi film Indonesia tentang keluarga yang berikutnya adalah Orang Kaya Baru. Sesuai judulnya, film ini menceritakan sebuah keluarga yang pada awalnya hidup pas-pasan, namun sangat dekat. Setelah sang ayah meninggal, ternyata mereka mendapat warisan yang sangat banyak.

Kekayaan yang datang secara tiba-tiba membuat kehidupan mereka berubah secara drastis. Akan tetapi, masalah mulai terjadi sejak setiap anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing. Hingga pada akhirnya, mereka sadar bahwa yang paling penting dalam hidup itu bukan harta, melainkan keluarga.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi film Indonesia tentang keluarga yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini. Setiap film yang di atas, mengeksplorasi berbagai aspek kehidupan dalam keluarga, mulai dari cinta, kasih sayang, konflik, bajan sampai perjuangan dan kebahagiaan bersama.