Apa yang Sedulur lakukan ketika waktu luang? Menonton film horor bisa menjadi salah pilihan Sedulur. Terlebih genre horor komedi yang bisa dinikmati bersama keluarga. Film horor komedi di Indonesia kini sudah banyak diproduksi oleh berbagai production house.

Hal tersebut karena peminatnya yang semakin meningkat tiap tahunnya. Nah, berikut ini adalah daftar rekomendasi film horor komedi di Indonesia yang siap menemani waktu luang Sedulur dan keluarga. Yuk, kita cek!

BACA JUGA: Sinopsis Keramat 2 Caruban Larang, Film Paling Seram 2023

1. Ghostbuser: Misteri Desa Penari

film horor komedi indonesia
Hotstar

Tayang pada 2021, menceritakan tiga sekawan yang memiliki cita-cita ingin kaya. Berawal dari memiliki kemampuan melihat hantu, menjadi ide untuk dijadikan sebuah usaha pengusir hantu.

-->

Seiring berjalannya waktu, tiga sekawan pengusir hantu ini kewalahan dan mendapat boomerang dari hantu-hantu yang telah diusirnya. Film horor komedi di Indonesia ini dikemas sangat baik dalam cerita pengusiran hantu ini. Sedulur dapat langsung menikmati film ini di Disney+ Hotstar.

2. Ghost Writer

film horor komedi indonesia
Kompas

Bagaimana rasanya jika sedulur memiliki sahabat hantu? Menyeramkan, bukan? Tapi tidak dengan Naya (Tatjana Saphira), seorang penulis dan Galih (Ge Pamungkas) seorang hantu yang tewas secara tragis. Kisah berawal dari Naya dan adiknya pindah ke rumah baru mereka dan menemukan buku harian Galih. Merasa terganggu, Galih Akhirnya meneror Naya.

Bukannya takut, Naya justru melobi sang hantu supaya cerita kisahnya di buku harian dapat dijadikan sebuah novel. Alotnya diskusi antara Naya dan sang hantu, membawa Naya menyetujui syarat dari Galih, yaitu memenuhi keinginan Galih ketika masih hidup sebelum novel diterbitkan. Suksesnya film pertama di 2019 membawa Ernest Prakasa merilis film keduanya di 2022.

3. Pelukis Hantu

Pelukis hantu
Hotstar

Pelukis Hantu menceritakan tentang kisah Tutur Adi Putra (diperankan oleh Ge Pamungkas), seorang pelukis yang berjuang setelah ia berhenti bekerja. Kemudian ia diberikan tawaran untuk menjadi pelukis hantu pada acara misteri. Namun, pekerjaan itu menguak latar belakang keluarganya setelah ia tidak sengaja melukis sosok kuntilanak yang ternyata ibunya sendiri.

Film horor komedi di indonesia ini menarik untuk ditonton bersama keluarga. Di dalamnya mengandung pelajaran bahwa kasih ibu tak akan pernah lekang oleh waktu.

4. Reuni Z

film horor komedi Indonesia
WeTV

Mengingatkan kita pada film populer World War Z yang diperankan oleh Brad Pitt, film ini juga mengisahkan serangan zombie. Petaka terjadi ketika para pemain dalam film sedang melangsungkan acara reuni SMA.

Acara yang awalnya ramai dan penuh nostalgia, berubah menjadi teror horor yang mengancam nyawa. Film ini cocok ditonton oleh Sedulur jika senang dengan cerita zombie yang menegangkan.

5. Bukan Pocong Biasa

Bukan Pocong Biasa
Bukan Pocong Biasa

Melalui film ini, Sedulur akan bertemu dengan Jaki dan kawan-kawannya ketika mereka hendak membuat film. Namun di perjalanan, mobil yang mereka kendarai mendadak kempes. Malangnya, mereka tidak memiliki dongkrak untuk memperbaiki ban mereka. Hingga akhirnya, mereka memasuki sebuah rumah angker.

Sejak saat itu, teror hantu dimulai. Mereka dihantui pocong yang tak hanya meneror mereka di rumah itu, namun mengikuti mereka hingga ke rumah. Kira-kira, bagaimana cara mereka bertahan hidup di tengah ancaman pocong?

6. Hantu Baru

Film horor komedi indonesia
Girinesa

Diperankan oleh Acha Septriasa, Hantu Baru menceritakan tentang seorang perempuan yang menjadi korban salah sasaran kecelakaan mobil. Menariknya, korban yang kemudian menjadi arwah gentayangan itu tidak sadar bahwa dirinya sudah meninggal dunia.

Dalam film ini, Acha kebingungan dan tidak tahu cara menjadi hantu. Ia melalui banyak hal untuk dilatih sehingga mampu menggunakan kekuatannya saat menjadi hantu. Di film ini juga diperlihatkan perjuangan seorang hantu untuk melindungi keluarga dan orang yang ia sayang dari bahaya. Mampukah hantu baru ini melindungi keluarganya dari bahaya?

7. Kuntilanak 3

Kuntilanak 3

Bintang film Kuntilanak 3 adalah Sara WIjayanto, salah satu aktris yang dikenal mampu melihat sosok tak kasat mata di kehidupan aslinya. Aktor lain yang memainkan film ini juga Nicole Rossi, Andryan Bima, Ali Fikry, Ciara Nadine Brosnan, Adlu Fahrezy, dan Nafa Urbach. 

Cerita bermula ketika Dinda (dimainkan oleh Nicole Rossi) memiliki sebuah kekuatan. Namun, kekuatan itu dianggap aneh oleh orang-orang di kampungnya. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk pindah sekolah ke Mata Hati, sekolah khusus supranatural untuk mengontrol kekuatan.

Tetapi tanpa sepengetahuannya, ia selalu diikuti oleh sosok kuntilanak dari sekolah. Siapakah sebenarnya kuntilanak tersebut? Mampukah Dinda mengontrol kekuatan yang dimilikinya?

8. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur

IDN Times

Pada tahun 2018, film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur sempat menjadi salah satu film terlaris. Dibintangi oleh Herjunot Ali (berperan sebagai Satria) dan Luna Maya (berperan sebagai Suzzanna), film ini mengisahkan mereka sebagai pasangan yang sangat ingin memiliki anak. Namun, sejak 5 tahun pernikahan, mereka masih belum dikaruniai seorang anak meski sudah berusaha.

Ketika pada akhirnya Suzzanna berhasil hamil, saat itu Satria tidak ada di sisi Suzzanna. Hingga kemudian tragedi dimulai. Saat itu, Suzanna yang seorang diri di rumah, tiba-tiba dirampok oleh sekelompok orang jahat. Ia kemudian dibunuh dalam keadaan tersebut. Hal itu lah yang kemudian memicunya bangkit menjadi seorang sundel bolong.

9. Hangout

Hotstar

Hangout adalah salah satu film horor komedi di Indonesia yang agak berbeda dengan film yang lainnya. Tidak seperti film horor lainnya yang memiliki pemeran hantu. Menggaet sembilan aktris ternama di Indonesia, Hangout mengirim mereka ke sebuah pulau terpencil.

Mereka dipaksa untuk bertahan hidup dan memecahkan misteri pembunuhan di pulau tersebut. Bayangkan jika sedulur berada di pulau terpencil tersebut, apa yang akan sedulur lakukan?

Para pemain tersebut menebak-nebak siapa yang menjadi pembunuh, dan ternyata pembunuh tersebut ada di antara mereka. Film in terkesan mencekam, namun Raditya Dika mengemas Hangout dengan baik, bumbu komedi dituangkan dalam setiap dialog dan scene. Film ini cocok sekali bagi sedulur yang ingin menonton horor tapi bukan hantu.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Saat Puasa yang Seru dan Penuh Hikmah

10. Poconggg Juga Pocong

Ainel Firas

Berbeda dari pocong lain yang menyeramkan, salah satu film horor komedi di Indonesia menceritakan pocong pendatang baru yang jauh lebih cupu dibanding pocong lainnya. Ialah satu-satunya pocong yang tidak mampu menakut-nakuti manusia, bahkan merasa takut dengan pocong serta sesama hantu. Terlebih, ia sering dibully oleh pocong senior dan kawanannya yang memintanya untuk tidak pengecut.

Dalam film ini, ada karakter kuntilanak yang digambarkan sebagai hantu paling cantik dan gaul. Ia yang kemudian membantu poconggg untuk bisa bangkit dan berkembang sebagaimana mestinya. Tak hanya itu, poconggg juga mengalami masa galau karena kisah cintanya yang rumit akibat sudah berbeda alam dengan gadis yang dicintainya. Bagaimana ya cara poconggg menghadapi masalahnya?

Demikian daftar rekomendasi film horor komedi di indonesia yang bisa Sedulur nikmati di waktu luang. Tak hanya menyajikan pengalaman horor, film-film di atas juga mengundang gelak tawa. Diantaranya bahkan memberikan pelajaran menarik dan berharga. Selamat menonton!