film detektif terbaik

Film detektif terbaik bisa jadi rekomendasi untuk mengisi liburan akhir pekan atau mengisi waktu senggang setelah Sedulur beraktivitas seharian. Karena film merupakan media hiburan terbaik yang bisa jadi pilihan untuk menghilangkan penat dan bersantai sambil relaksasi.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi film detektif terbaik yang menegangkan dan penuh dengan teka-teki yang bisa jadi pilihan Sedulur. Tanpa berlama-lama, kita langsung saja bahas rekomendasi filmnya di bawah ini!

BACA JUGA:  15 Film Horor Korea Terbaik, Layak Ditonton Saat Akhir Pekan

1. Memento (2000)

film detektif terbaik
Pop Optiq

Film detektif terbaik pertama adala Memento, yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Sebelum terkenal dan ahli membuat film dengan plot twist yang mind blowing, Nolan mengawali kiprahnya dengan film detektif Memento ini. Banyak kritikus film yang memberikan predikat bahwa film ini merupakan film terbaik sepanjang masa terkait detektif.

-->

Film ini menceritakan tentang seseorang yang amnesia dan tidak dapat membuat ingatan baru. Setiap ingatannya akan hilang setiap 5 menit. Kondisi tersebut yang membuat dirinya harus mencari tahu siapa pelaku penyerangan dan pembunuhan istrinya. Caranya adalah dengan menggunakan foto plaroid dan tato yang ada di tubuhnya.

Dengan gaya penceritaan yang baik dan tidak linear, film ini mendapatkan banya pujian dan tentu saja sangat menegangkan untuk ditonton. Terakhir, Sedulur jangan kaget jika di akhir film Sedulur akan mind blowing dengan polt twist ajaib ala Christopher Nolan!

2. Mystic River (2003)

Flickering Myth

Film detektif yang tidak kalah seru ditonton kendati pun lawas yaitu Mystic River. Kehidupan tiga pria yang merupakan teman masa kecil yang tumbuh di kelas pekerja Boston berpisah hancur ketika salah satu dari mereka memiliki tragedi keluarga. Bertahun-tahun kemudian, peristiwa brutal menghubungkan mereka kembali.

Sean Penn memerankan Jimmy Markum yang putrinya telah dibunuh. Teman masa kecil David Boyle (Tim Robbins) adalah tersangka. Dan Sean Devine (Kevin Bacon), sekarang seorang polisi yang berjuang untuk memecahkan masalah hukum setelah dipercaya Jimmy.

3. Celullar (2004)

Celullar
IMDb

Di film ini, Chris Evans berperan sebagai Ryan, pria yang tiba-tiba mendapatkan telepon misterius dari seorang perempuan yang mengaku menjadi korban penculikan. Meski pada awalnya Ryan menganggap hal ini sebagai ulah orang iseng, lama kelamaan sang penelepon berhasil meyakinkannya. Sayangnya, telepon tersebut kemudian terputus dan Ryan kehilangan jejak.

Film yang disutradarai oleh David R. Ellis ini menerima pujian berkat ketegangan serta teka-teki yang akan membuat adrenaline Sedulur meningkat. Dijamin merupakan sebuah tontonan seru yang tidak akan mengecewakan hari libur atau waktu senggang Sedulur.

4. Flightplan (2005)

Flix Watch

Dalam penerbangan dari Berlin menuju New York, Kyle Pratt melaporkan anak perempuannya yang hilang di pesawat. Namun, tidak seorang pun kru pesawat yang percaya. Kyle dianggap mengada-ada bahkan dituduh sakit jiwa karena baru saja kehilangan suaminya.

Namun, Kyle mencium sesuatu yang tidak beres dan memutuskan untuk menyelidiki keanehan tersebut. Sebuah film detektif yang sangat memikat dan membuatmu terperangah karena akhir cerita yang sangat-sangat tidak teduga. Butuh film detiktif untuk mengisi waktu santai? Film ini sangat cocok untuk Sedulur tonton!

5. The Davinci Code (2003)

The Davinci Code
Screen Rant

Dengan alur yang apik dan nuansa Romania, film ini mampu mengantarkan kita larut ke dalam kode rahasia pencarian Cawan Suci. Juga mengantarkan kita untuk ikut memecahkan kode dalam lukisan dinding Leonardo Da Vinci. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini merupakan adaptasi dari novel laris tahun 2003 karya Dan Brown.

Mendapat ulasan positif maupun negatif, The Davinci Code telah berhasil dan sukses menduduki tangga Box Office. Terdapat beberapa film yang menjadi sekuel dari The Davinci Code, yaitu Angels and Demons yang rilis tahun 2009. Bagi Sedulur yang menyukai teori konspirasi, Sedulur wajib menonton film satu ini.

6. Zodiac (2007)

Zodiac
After Credits

Sebelum Robert Downey Jr. menjadi Ironman dan Mark Ruffalo menjari Hulk, mereka berdua telah terlibat dalam film yang sama berujud Zodiac. Antara 1968 dan 1983, seorang kartunis San Francisco (Mark Ruffalo, Anthony Edwards) menjadi detektif amatir yang terobsesi melacak Zodiac Killer, seorang individu tak dikenal yang meneror California Utara dengan pembunuhan besar-besaran.

Detektif dan wartawan (Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr) menjadi terobsesi untuk mempelajari identitas pembunuh dan membawanya ke pengadilan. Sementara itu, Zodiac mengklaim korban demi korban dan menghina pihak berwenang dengan pesan rahasia, sandi, dan panggilan telepon yang mengancam.

7. Sherlock Holmes (2009)

film detektif terbaik
GenPI

Berbicara film detektif terbaik tidak bisa lepas dari sosok fiktif bernama Sherlock Holmes. Sherlock Holmes merupakan tokoh detektif dari novel yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Berangkat dari novel tersebut, beberapa film dan series telah berhasil diadaptasi untuk menghibur para pecinta film detektif.

Novel dan film ini berasal dari Inggris dan merupakan salah satu karya yang legendaris. Salah satu film Sherlock Holmes yang paling legendaris adalah film yang dirilis tahun 2009 yang lalu, yang disutradarai oleh Guy Ritchee. Film ini diperankan oleh Robert Downey Jr., Jude Law, Rachel McAdams, Kelly Reily dan banyak aktor lainnya.

Karena kesuksesan film ini, Guy Ritchie melanjutkannya dengan membuat sekuelnya yang dirilis tahun 2011. Sedulur wajib nonton film untuk mengisi waktu senggang Sedulur.

8. Shutter Island (2010)

Flickering Myth

Film detektif terbaik ini diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Film ini juga diadaptasi dari novel berjudul sama karya Dennis Lehane. Film bergenre thriller yang rilis pada tahun 2010 ini disutradarai oleh Martin Scorsese.

Shutter Island merupakan pulau terpencil yang hanya bisa ditempuh dengan kapal laut. Di pulau tersebut, terdapat sebuah rumah sakit jiwa sekaligus penjara yang dikelola oleh pemerintah.

Kisah film ini dimulai dari cerita seorang marsekal AS (Leonardo DiCaprio) yang datang untuk menyelidiki hilangnya seorang pasien rumah sakit jiwa tersebut. Dalam investigasinya, hal-hal aneh dan misterius pun bermunculan. Dan banyak misteri yang harus dipecahkan.

9. Trance (2013)

film detektif terbaik
Pop Optic

Trance merupakan film detektif misteri terbaik, film ini bergenre psikologikal thriller yang diperankan oleh James McAvoy, yang merupakan aktor watak yang terkenal dengan berbagai karakter yang sukses ia perankan. Film ini bercerita tentan sebuah perampokan dalam rumah lelang, dan melibatkan Simon yang merupakan seorang pegawai rumah lelang.

Simon kehilangan ingatan atas segala sesuatu, akibat hantaman yang diterimanya di bagian kepala. Semua ingatannya hilang, kecuali lokasi sebuah lukisan berharga jutaan dolar yang jadi sasaran sindikat perampok. Dalam perjalanan cerita, Simon akhirnya diculik oleh para perampok yang berusaha mendapatkan satu-satunya informasi berharga yang tersimpan di kepalanya. Bahkan, seorang hipnoterapist disewa untuk mencuri ingatan tersebut.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

10. Cold Eyes (2013)

Pop Optic

Film detektif dari Korea Selatan yang tidak kalah berkualitas adalah Cold Eyes. Film ini bercerita tentang sebuah tim dari kepolisian yang memiliki teknologi tinggi dan tengah mencoba melumpuhkan sekelompok penjahat yang akan merampok bank. Dalam film ini, Detektif Hwang menjadi pimpinan operasi kepolisian bersama Yoon-joo dengan kemampuan observasi dan hafalannya.

Detektif Hwang dan Yoon-joo bertugas untuk mengalahkan kelompok kriminal James. Namun, para detektif tersebut kemudian menghadapi masalah ketika para kelompok kriminal menggunakan topeng saat merampok bank. Berkat sebuah sebuah teknologi canggih, pihak kepolisian bisa melacak wajah-wajah yang terlibat dalam perampokan.

11. Phantom Detective (2016)

film detektif terbaik
Head Topics

Film detektif Korea terbaik ini berkisah tentang Hong Gil-Dong, seorang agen detektif ilegal yang bekerja sama dengan Presiden Hwang. Mereka berdua bekerja sama untuk menjatuhkan orang jahat yang pernah dikendalikan oleh mendiang ayah Presiden Hwang.

Gil-Dong mampu melacak hampir semua orang, kecuali Kim Byeong-duk yang bisa menghindarinya selama 20 tahun. Byeong-duk merupakan orang yang membunuh ibu Gil-Dong saat Gil-Dong sendiri masih berumur 8 tahun. Sejak saat itu, ia terus memburu Byeong-duk sampai kapan pun di tengah kesibukannya untuk melakukan misi yang diperintahkan oleh Presiden Hwang.

12. Murder on The Orient Express (2017)

Washington Post

Film detektif terbaik barat ini diperankan oleh Johnny Depp. Film ini berasal dari novel yang ditulis oleh Agatha Christie dengan judul yang sama. Berencana berlibur, detektif terkenal Hercules Poirot (Kenneth Branagh) malah terpaksa harus kembali menyelidiki pembunuhan yang terjadi di kereta yang ditumpanginya, Orient Express.

Film ini disutradarai oleh Kenneth Branagh dan memiliki alur cerita menarik yang tidak akan dapat Sedulur tebak kemana arah jalannya berakhir. Ada banyak plot twist yang bisa membuat pikiran Sedulur mind blowing.

13. Forgotten (2017)

film detektif terbaik
Bilibili

Sedulur membutuhkan film detektif dengan pendekatan yang berbeda? Sedulur bisa menonton film Korea satu ini. Film ini menceritakan tentang pria bernama Jin-Suk yang kehilangan ingatannya akibat peristiwa yang masih misterius. Akibat dari hal tersebut, Jin-Suk juga kehilangan anggota keluarganya.

Sampai pada suatu saat, ingatan Jin-Suk mulai kembali dan sebua tabir misteri tentang peristiwa yang dialaminya dengan keluarga terbongkar satu per satu. Kembalinya ingatan Jin-Suk dapat menyelesaikan misteri yang tengah diselesaikan oleh detektif dan menjadi perhatian dari kepolisian setempat. Hati-hati, film ini mengandung bawang yang mungkin bisa membuat air mata Sedulur membanjiri wajah!

14. Outlaws (2017)

Bacaterus

Film detektif dari Korea yang bisa Sedulur tonton adalah Outlaws. Film ini dirilis pada tahun 2017 yang dibintangi oleh Ma Dong-seok atau Don Lee berkisah tentang sebuah peristiwa nyata yang terjadi pada 2004 dan 2007 hingga kemudian dikenal dengan Insiden Heuksapa.

Film ini mengisahkan pertarungan antara geng lokal dan seorang detektif yang sudah lama mengincar gangster tersebut. Ma Dong-seok terkenal dengan aksinya dalam film yang sangat pemberani dan membantai setiap musuhnya dengan sangat yakin. Tubuhnya yang super kekar tersebut membuat setiap musuhnya ketar ketir!

15. Dark Figure of Crime (2018)

film detektif terbaik
Solar Movie

Rekomendasi selanjutnya adalah film detektif terbaik Korea, berjudul Dark Figure of Crime. Film ini terinspirasi dari tayangan Unanswered episode ke-869, siaran yang menceritakan tentang kisah nyata yang terjadi di Busan. Film ini mengisahkan Kim Hyung-min, seorang detektif Busan yang tidak peduli dengan promosi jabatan di kepolisian, tetapi punya dedikasi tinggi untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya.

Suatu waktu, ia bertemu Kang Tae-oh, seorang informan yang ternyata membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas.

16. Extreme Job (2019)

Fimela

Film detektif Korea terbaik lainnya yaitu Extreme Job. Bagi Sedulur yang butuh tontonan komedi namun dengan kasus yang serius, film ini sangat cocok menjadi pilihan tontonan. Film yang mengisahkan sekelompok detektif mencoba menangkap sekelompok penjahat yang terorganisir dengan baik. Karena itu, para detektif tersebut kemudian menyamar menjadi seorang pengusaha kedai restoran ayam.

Namun, hal yang tak pernah duga adalah kedai ayam tersebut malah laris manis dan upaya menangkap penjahat menjadi tidak fokus lagi. Dipenuhi dengan dialog-dialog kocak, film ini berhasil menampilkan kekonyolan para karakternya.

17. Knives Out (2019)

film detektif terbaik
Showmax

Masih termasuk dalam film detektif terbaru, Knives Out bisa jadi pilihan Sedulur yang ingin menonton film dengan teka teki penuh misteri, Film ini berkisah tentang Harlan Thrombey (Christopher Plummer) adalah seorang penulis novel misteri yang super kaya, yang meninggal secara misterius di ulang tahunnya yang ke-85.

Bagi Sedulur yang suka menonton film misteri sambil ikut main detektif-detektifan selama film berlangsung, Knives Out merupakan film yang wajib Sedulru tonton. Saat menonton film ini, Sedulur seakan merasa sedang turut memecahkan misteri pembunuhan Harlan Thrombey bersama Benoit Blanc, seorang detektif terkenal yang dimainkan oleh Daniel Craig.

18. Me and Me (2020)

Besok Sore

Me and Me menceritakan Hyeong-goo, seorang detektif yang menyelidiki sebuah kasus kebakaran di sebuah desa. Kebakaran tersebut menimpa rumah milik pasangan suami istri Soo-hyeo dan Yi-young yang turut meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Hyeong-goo mencurigai kasus kebakaran tersebut bukan karena kecelakaan. Ia pun memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut. Suatu hari, ia terbangun di rumah tersebut dalam kondisi yang berbeda. Rumah tersebut berdiri lagi dan ia tak lagi menjadi seorang detektif. Perlahan, di dunia baru tersebut, ia tahu siapa pelaku yang membakar rumah pasangan suami istri tersebut.

19. Enola Holmes (2021)

film detektif terbaik
Head Topics

Jika dalam film sebelumnya kita membahas tentang Sherlock Holmes yang merupakan sosok detektif super jenius, dengan kemampuan deduksi yang baik. Bagaiman jika Sherlock Holmes memiliki seorang adik perempuan? Apakah dia akan mewariskan kejeniusan yang dimiliki kakaknya dalam dunia detektif?

Hal tersebut dapat Sedulur cari tahu dengan nonton film Enola Holmes. Dalam film ini, Sedulur akan mengikuti petualangan dari Enola yang tengah mencari keberadaan ibunya yang hilang secara misterius. Sebelum menghilang, sang ibu meninggalkan berbagai hadiah aneh.

Tapi, ia tidak memberikan petunjuk apapun mengenai tujuan ataupun alasan mengapa ia pergi. Tentunya sebagai adik dari detektif ternama, Enola juga mewarisi kemampuan detektif dan mencari keberadaan ibunya dengan mengikuti berbagai petunjuk yang ada.

BACA JUGA: 24 Rekomendasi Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa

20. Death on the Nile (2022)

Head Topics

Menutup daftar film detektif terbaik 2002 ini, yaitu pada film Death of the Nile. Film ini merupakan sekuel dari The Orient Express. Berkisah tentang seorang detektif yang sama dalam film Murder on The Orient Express yaitu Hercules Poirot. Memecahkan tentang kematian yang ada selama di Sungai Nil.

Film ini diperankan oleh Gal Gadot yang tengah naik daun saat ini. Film ini diangkat dari novel Agatha Christie dan masih disutradari oleh Kenneth Branagh. Film ini juga menyajikan banyak misteri yang akan terbongkar di akhir film. Sedulur wajib nonton film ini, ya!

Nah itulah tadi daftar rekomendasi film detektif terbaik yang bisa jadi tontonan Sedulur. Semoga daftar film di atas bisa jadi pilihan Sedulur untuk bersantai dan menikmati waktu libur atau waktu senggang setelah beraktivitas. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.